Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Wisata Low Budget Sekitar Medan

 

Rekomendasi Wisata Low Budget Sekitar Medan

Halooo Mak.. Bulan Juni sudah kita masuki setelah kemarin heboh di timeline yang bilang Bulan Mei itu kok rasanya lama buaaaanget..

Hihihi wajar ya Mak.. banyak liburnya. Tentu kalo liburan, anak-anak banyak maunya. Belum lagi Mei dapat jatah 31 hari. Kayaknya tanggal gajian semakin lama saja. 

Nah masuk Bulan Juni artinya adalah bulan aktif belajar terakhir di semester genap anak-anak yang masih sekolah. Bahkan beberapa sekolah sudah ujian. Artinya?

Artinya liburan sebentar lagi menjelang. Huhuhu anak-anak pasti pada minta liburan. Minimal jalan-jalan seharian. Duuuuh untuk beberapa emak-emak yang anaknya ada masuk tahun ajaran baru di SD, SMP bahkan SMA apalagi UKT kuliah yang sempat gempar naiknya pastilah terasa sekali.

Pengen gak nurutin liburan, tapi sebenarnya emaknya pun butuh liburan. Coba kepala panas mikirin kebutuhan biar cukup dan semua happy siapa yang gak berasap.. 🤣

Solusinya ya bawa anak-anak ke tempat wisata yang murah meriah. Nah Emak ada beberapa rekomendasi tempat wisata murah meriah sekitaran Medan.

1. R Zoo and Park

Dikenal sebagai R Zoo atau Rahmat Zoo. Sekitar 30 Km dari Medan. Infrastruktur masuk ke sini cukup oke ya. Meski harus masuk wilayah perkebunan di Desa Bengabing, Pegajahan tapi tidak buruk kok jalannya.

Masuk ke sini terbilang murah tempatnya juga rindang. Pokoknya enak deh ke sini bareng anak apalagi yang masih butuh menghabiskan energi karena lumayan bisa berlarian di sini.

Oh ya jangan lupa bawa bekal dan makanan yang banyak. Jangan lupa juga tikar lipat kita biar bisa makan siang di bawah pohon rindang. Dijamin habis makan bisa ketiduran saking angin semilir yang menghembus kita sepoi-sepoi. 

2. Pantai Sentabi

Jangan heran kalo orang Sumut khususnya daerah Langkat mengatakan pantai, tapi saat didatangi ternyata sungai ya guys.. hihi. Begitu juga Pantai Sentabi ini.

Terletak di Jalan Binjai - Sangga Pura Kecamatan Sei Bingai Langkat sekitar 30 Km juga dari Medan.  Bisa dibilang aliran sungai di wilayah Langkat banyak sekali tempat wisatanya.

Masuknya murah. Biasanya bayar per-kendaraan. Jangan lupa bawa makanan juga ya Emak hemat. Emak saranin malah bawa mie instan cup sekaligus termos air panas agar lebih hemat. 

Biasalah kalo mandi di sungai pasti sukanya makanan hangat berkuah. Btw kalo ke sungai jangan musim hujan ya. Airnya keruh. Cocok di bulan seperti sekarang di Medan. Matahari lagi cerah. Airnya pasti jernih dan bersih. 

Gak cuma Sentabi. Kalian Mak bisa menemukan banyak sekali sungai di Langkat. Semuanya murah meriah.

3. Wisata Armaya

Kurang dari 30 Km, sebenarnya Wisata Armaya ini memiliki wilayah yang luas. Di dalamnya ada kolam renang dan taman. Tapi tujuan kita yang low budget adalah mandi di wisata sungai Armaya. 

Terletak di Kecamatan Pancur Batu, sebenarnya aliran pemandian Armaya masih berasal dari aliran Berastagi. Airnya jernih. Ingat ya kalo ke sungai saat musim panas.

Oh ya, di sepanjang dari aliran sungai yang berasal dari mata air pegunungan di Berastagi, kalian banyak menemukan wisata sungai. Misalnya wisata Sayum Sabah. 

Emak rekomendasikan Armaya karena paling dekat dari Medan. Dudududu jangan lupa always bawa makanan dan bekal. Hemat budget liburan.

4. Jona Garden 

Masih di wilayah Binjai yang terletak sekitar 28 Km dari Medan. Di Jona Garden ini banyak sekali wahana yang disediakan. Hanya saja, karena kita sedang mencari yang low budget, ya kita main di area sungai ya Mak. Hihihi

Yang harus diperhatikan adalah, tidak menyewa gazebo Mak. Mahal. Kena biaya 100K untuk sewanya. Mendingan kalo mau makan sebelum dan sesudah mandi di sungai kita pilih pondok umum yang luas dan gratis.

Meski tergolong rendah air sungainya, tetap perhatikan anak-anak karena ada area yang dalam dan arusnya kencang. Jadi tetap waspada Mak.

5. Medan Zoo

Iya.. iya tau.. Medan Zoo gak terawat. Hewannya banyak yang mati karena salah urus. Tapi cara kita membantu mereka untuk bertahan adalah dengan mengunjungi mereka. 

Emak memang kecewa saat walkot Medan tak mau menyerahkan mereka ke konservasi untuk menyelamatkan yang tersisa. Tapi ya sudahlah. Jalan yang bisa kita lakukan sekarang untuk mereka adalah membeli tiket agar mereka punya dana untuk memberi makan binatang dengan layak. 

Penutup

Wisata bersama anak di saat kebutuhan tahun ajaran baru tampak depan mata memang sesuatu yang harus dilakukan dengan cermat. 

Misalnya memilih tempat wisata yang murah namun anak-anak tetap senang dan suasananya menyenangkan.

Tak lupa bawa bekal adalah koentji. Duhhh ini yang gak boleh diskip bila kita mau liburan lebih hemat. 




blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Wisata Low Budget Sekitar Medan "