Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Sentabi Review

Pantai Sentabi review


Si sulung baru menyelesaikan pendidikan dasarnya selama 6 tahun. Selesai wisuda, rencananya bareng temen sekelas mau berangkat ke tempat wisata. Kali ini dipilihlah tempat yang murah meriah karena berangkatnya bareng orangtua. 

Setelah nge-list beberapa daftar tempat wisata yang gak jauh dari Medan dan sekitarnya, dipilihlah Pantai Sentabi. Jangan heran ya dengan penyebutan pantai di sekitar Medan. Bisa jadi itu pantai yang mendeskripsikan daerah tepian laut, bisa juga tepian sungai. 

Jadi kalo nanti diajak orang Medan ke pantai katanya, jangan sungkan tanyakan lagi apakah di pinggir laut atau sungai. Hihi. Seperti apa keseruan di Sentabi? Kuy kita bahas ya.. 

Pantai Sentabi

Terletak di Jalan Binjai-Sangga Pura, Desa Belinteng, Dusun, Namo Mbiring, Kec. Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara 20771.

Meski secara administratif sudah masuk ke kawasan Kabupaten Langkat namun masih selalu disebut Binjai karena tidak jauh dari kawasan Binjai. Apalagi nama jalannya adalah Binjai-Sangga Pura. 

Sebenarnya tidak sampai satu jam setengah dari Medan. Tuh lah makanya kami bisa berangkat naik odong-odong dari kawasan Bandar Setia. 

Jangan khawatir kalo gak tau jalan. Google maps bisa dijadikan acuan karena titik lokasi tersedia dengan nama Pantai Sentabi Grup. Sinyal di area ini juga masih oke banget jadi gak akan kesasar ke lain tujuan. 

Tiket Masuk

Bisa jadi beda di tiap hari biasa atau weekend. Sebelum datang Emak pernah menghubungi nomer WA yang tertera di GMaps. Menurut orang tersebut, uang masuk termasuk parkir dihitung per-kendaraan yang masuk. 

Naik kereta (sepeda motor, Medan red) biasanya 15K hingga 20K. Naik mobil 50K. Naik angkot 60K. Naik bus 100K. Tergantung pula dari pande-pande (pintar-pintar) kita melobi. 

Untuk pondok atau tikar sekitar 40K. Tapi bisa dilobi juga 30K. Satu rombongan cukup sewa 1 pondok saja sudah aman lah itu. Lumayan terjangkau lah untuk wisata murah meriah di kala libur panjang. 

Enaknya Pantai Sentabi

Setelah mendatangi Pantai Sentabi, ada beberapa hal yang paling disuka di sini, yaitu:

1. Arusnya Santai

Arus sungainya santai sehingga asyik banget buat meluncur dengan ban. Makanya ada penyewaan ban juga di sana. Sekitar 10 ribu. Masih cukup aman lah di kocek. 

2. Airnya Dangkal

Dibilang terlalu dangkal juga gak, terlalu dalam juga gak. Ini pas banget lah. Bawa bocil juga gak takut karena terbilang menyenangkan buat mereka aktivitas di sungai. 

3. Airnya Cukup Jernih

Aliran air yang mengalir masih berasal dari pegunungan Leuser juga ya. Jadi enak banget pas musim panas begini. Airnya cantik. 

Bisa jadi kalo ke sini pas musim hujan airnya bisa keruh seperti saat kami ke Pantai Buaya Besitang ya.. Kalo curah hujan banyak pengaruh buat air sungai.

4. Sepi

Pas ke sini, berasa tempat wisata pribadi karena yang datang cuma rombongan kami aja. Menjelang sore pas mau pulang baru lah hadir orang lain lagi. Jadi asyik banget gak terlalu rame di sini. 

Memang begitu sih yang Emak cari. Wisata yang lebih privasi. Jadi asyik pas mandi dan main di sungai. Mengawasi anak juga lebih mudah. 

5. Asri

Tempat yang dikelola bersih dan rapi. Sungai pun tidak bersampah. Maka dari itu, diharapkan kalo kita berkunjung juga menjaga alam tetap bersih dan asri. Yang senang kan kita juga. Iya gak? 

Sebenarnya masih ada lagi sih, dari segi harga yang masih masuk akal. Makanan yang dijual pun masih dibanderol dengan harga terjangkau, hingga jarak yang tak begitu jauh dari Medan. Plus banget ini untuk liburan budget murah. 

Lokasi Sentabi

Tiket masuk sentabi

Pantai sentabi



Penutup

Liburan apalagi di bulan Juni Juli adalah bulan di mana pengeluaran Emak-emak sangat mengalami kebocoran 🤣. Jadi daripada anak berisik minta liburan mending diciptakan liburan low budget. 

Salah satu liburan low budget ya begini.. Ke sungai, bawa bekal makanan yang banyak biar anak gak minta jajan lagi. Pantai Sentabi mungkin  bisa menjadi pilihan karena letaknya yang tidak jauh dari Medan dan sekitarnya. 

Nah.. Liburan ini kamu kemana Mak? Kuy cerita di kolom komentar.. 




blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

14 komentar untuk "Pantai Sentabi Review"

  1. Liburan ini aku pengennya ke luar negeri cha...
    Umroh kek atau kemana lah gitu..
    tapi apa daya cha, keinginan besar tapi kemampuan tak ada kwkwkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh kemampuan bukan tak ada cha, gak boleh bilang gitu kan ya...
      kemampuan belum ada....
      (sapa tau besok-besok jadi ada) Aaamiin ya Allah

      Hapus
    2. Aamiin..
      Isss samalah kak.
      Doa kali awak ini soal umrah ya kak..

      Hapus
  2. Ternyata aliran sungai ya. Kirain beneran pantai. Kan bisa sunsetan heheh Tapi klo main ke sungai itu rame-rame juga seru. Bisa mandi-mandi atau foto-foto. Seru deh liburan yang murah meriah hihhih

    BalasHapus
  3. Tempatnya tenang dan buat rileks ya. Cocok buat orang kota yang selalu dipenuhi dengan pekerjaan yang "bising"

    BalasHapus
  4. Iyes wajib nanya kalau di Medan, ini pantainya tepi laut apa sungai. Aku dulu kena jebakan soalnya kirain laut ternyata sungai...syukur masih alami memang dan bersih sungai di sekitaran Binjai. Asyik kalau wisata low budget begini, anak happy emak apalagiiii hihihi

    BalasHapus
  5. Ada resiko banjir kayak sembahe ga ni mba? Pengen juga bawa anak2 kesungai tp masi ada rasa takut gt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw rame kah pengunjungnya disana? Kalau hr biasa gmn ka, udh pernah ksana hari biasa?

      Hapus
  6. Unik banget ya kukira Pantai Sentabi ini beneran di pesisir tapi setelah lihat dan zoom zoom fotonya ternyata di pinggir sungai. Hihihi ... beragamnya penggunaan bahasa indonesia di tanah air. Ya ampun kelihatan banget kalau airnya jernih dan kebayang kalau airnya dingin dari foto-fotonya, Kak.

    BalasHapus
  7. hihihi, sejuk banget bisa mainan air rame-rame. sama kaya Geng Ambil Remot, aku kira pantai tuh kaya pantai pada umumnya. Ternyata memang orang Medan mengartikan pantai lebih luas. hihi

    BalasHapus
  8. Juli emang waktunya liburan keluarga ya. Asyik main air bareng kawan satu kelas tuh apalagi didampingi para ibunya. Sekalian makan bersama. Wah mantap...

    BalasHapus
  9. Kesukaan awak baca blogpost Kakak jadi ngebuka cakrawala yang agak kudet sama tempat wisata daerah sendiri. Hahaha. Bisa jadi pilihan healing yang nggak ngerusak kocek, ya, Kak.

    BalasHapus
  10. Cuma di Medan sungai dibilang pantai hahaha. Sungai dekat rumah kami jaman kapan itu terkenal Pante bokek tiap weekend selalu rame. Btw lihat sungai sentabi ini inget masa kecil pengen mandi mandi jadinya

    BalasHapus
  11. Tulisannya medan kali bah..
    Hahahah
    Jadi berasa becakap awak padahal baca aja.

    Ayok kepantai kalau kata orang Medan, kau tegas kan lagi. Agak lain soalnya bentuk bentuk pantai di Medan ini.
    Hahahah

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️