WA Grup Keluarga, Pentingkah?


Gak terasa ini adalah hari libur terakhir anak-anak. Besok rencananya pada kembali masuk sekolah setelah diumumkannya rencana new normal. Ada perasaan ketar-ketir melepas anak ke sekolah. Perasaan takut anak terpapar virus ini mirip perasaan takutnya terpapar Hubungan Toxic Friend seperti tulisannya Kak Icha.

Ngomong-ngomong hubungan toxic, saya jadi teringat akan curhatan seseembak yang pernah ngomong "Aku gak kuat berada di wa grup keluarga, mau keluar gak enak.. tetap di situ aku tertekan.." katanya. Kenapa? Tetiba kepoku kumat. Katanya "isinya poto-poto semua. Ada yang jalan-jalan ke sana sini, ada yang makan di sana-sini, eh giliran aku cuma jadi viewer doank karena sibuk cari makan kesana-kemari" ucapnya datar.

"Kadang heran, sempat pergi ke sana-sini yang jauh, tapi singgah ke rumah aku gak sempat.. eh jangan singgah juga dink.. di rumahku gak ada apa-apa yang mau dihidangkan.." curhatnya. 

Aku cuma diam. Takut kalo kepo lebih lanjut malah bikin embak-embak ini sedih. Rasa ini sebenarnya normal sih.. Dan sebenarnya di semua grup wa hal ini bisa terjadi. Gak ada yang aneh. Makanya di puluhan grup wa yang kamu ada di dalamnya, akan berbeda perasaan di dalamnya. Ada grup wa yang kamu aktif di dalamnya. Ada grup wa yang kamu hanya menjadi pemirsa, ada grup wa yang kamu selalu tunggu infonya, ada pula grup wa yang kamu selalu ingin leave group tapi gak enak. Semua hanya karena masalah nyaman. Lah kenapa bisa nyaman di sini, di sana gak? Balik lagi soal bahasan grup.

Grup wa yang berisi info biasanya kita netral di dalamnya. Namun kalo grup wa yang berisi sesuatu yang sifatnya pribadi kadang membuat beberapa pihak gak nyaman. Posting mobil pribadi, villa pribadi, wkwkwk. Bukannya baper, namanya juga manusia yang punya perasaan. Jangan samakan dengan pisau belati.(you sing, you lose, eeeh)

Nah.. kenapa kok orang-orang kebanyakan malah bapernya ke grup wa keluarga? Ya karena keluarga adalah orang terdekat. Terserah orang mau exhibition milik pribadi, kebanyakan gak ngaruh ke hati. Tapi kalo keluarga kebanyakan exhibition apalagi di saat keadaan ekonomi kita sedang memprihatinkan, kok rasanya gak etis sekali mereka pamer ya.. (bener juga kata si embak itu..)

Saya sendiri hanya punya satu grup keluarga. Isinya gak banyak. Cuma bertiga. Saya, kakak dan adik laki-laki kami. Semuanya sudah menikah. Semuanya di satu kota yang sama bahkan sering bertemu. Lalu ngapain juga buat grup wa?

Grup wa kami memang gak pernah bahas pergi liburan, pergi makan ke sana-sini dan lainnya. Isinya kadang absurd dan bikin perut tertawa. Seperti beberapa chat kami di bawah ini..


Memang kesannya receh ya chat nya. Tapi jauh dari saling iri dan bikin anggota keluarga lainnya rendah diri. 

Terkadang isi chat kami saling minta tolong. Ada yang minta tolong diisikan pulsa, kadang ada yang minta tolong transfer dan lain sebagainya. Hal yang kami syukuri adalah semakin dewasa hubungan keluarga semakin baik.

Untuk itu saya punya tips, bagaimana agar wa grup keluarga jauh dari saling iri. 

Tips Nyaman di WA Grup Keluarga:

1. Saling Menjaga Perasaan

Saling menjaga perasaan ketika hendak posting sesuatu. Apakah postingan pribadi kita aman. Aman dari membuat orang lain menjadi iri. Bukan tidak mungkin kakak beradik berbeda jauh karakter dan juga kemampuan ekonomi.

Baper gak bisa dicegah. Bahkan saya, di saat sedang dalam keadaan prihatin pernah baper melihat sampah kotak susu di tong sampah. Saya dan tetangga punya satu tong sampah bersama untuk memudahkan tukang angkut sampah. Saat melihat kotak susu formula ukuran 1 kilo milik anak tetangga saya baper terus merasa "eh anakku gak rutin minum susu ya..". Meskipun saya mengerti manfaat susu bisa didapat dari makanan lain. 

Daripada bikin sedih anggota keluarga yang kita gak tau "sedang resesi mending kirim artikel humor yang meringankan beban anggota keluarga yang mungkin tidak ia ceritakan.

2. Tidak Ada Salahnya Saling Berbagi

"Eh aku lagi buat jahe hangat nih dek, mau?" Si kakak kadang bikin announcement di grup. Apalagi saat tau anggota keluarga lain sedang gak fit. Gak lama driver ojol muncul mengantar jahe buatan si kakak. 

"Masak bebek yuk.." kadang si adek suka menyediakan bahan makanan untuk "makan besar". Setelah itu makan rame-rame. Ini semacam tradisi yang diturunkan Almarhum ayah kami. Beliau suka sekali makan bersama dalam satu keluarga besar.

3. Saling Menguatkan

Kadang saat resesi bareng muncul chat "nanti kita makan rame-rame di X ya.." (tempat makan). Atau, muncul chat rencana lain. "Aku kepengen liburannnn". Dan kadang terealisasi secara tiba-tiba. Meski gak jauh dari kota Medan, jadi juga rencana liburan.

Kadang kita gak pernah tau keadaan sebenarnya dari keluarga kita, maka saling menguatkan adalah cara menghibur yang ampuh untuk anggota keluarga yang lain.

4. Tabayun

Kadang kita bisa salah mengartikan isi chat dari anggota keluarga yang lain. Ini bisa saja jadi masalah meskipun gak besar. Eh tapi masalah besar bisa muncul dari masalah kecil yang gak selesai. 

Maka ketika kita gak nyaman dengan chat anggota keluarga lain kita bisa kok wapri yang bersangkutan. Agar kita tidak menduga-duga. Hal ini juga bisa menghindari baper berkepanjangan.

5. Mute Notifikasi Grup

Bila ternyata kita terjebak. Mau keluar susah, tetap bertahan juga berat. Solusi terakhir adalah membisukan notifikasi chat grup. Dengan begini semua aman. Sekali buka grup hanya clear chat.


Itulah 5 tips agar kita nyaman berada di WA Grup Keluarga. Namun ada 3 tips khusus buat si baper seandainya masih belum nyaman dengan WA Grup Keluarga miliknya meskipun sudah melakukan 5 tips di atas.

Tips Tambahan Buat si Baper:

1. Periksa Hati

Coba sekali saja periksa kembali hati kita. Apakah kita merasa baper memang disebabkan orang lain yang selalu pamer atau kita yang kurang bersyukur menerima keadaan kita.

2. Ubah Pandangan

Coba ubah dulu mindset kita pada sebuah postingan di Grup Keluarga. Mereka yang post Poto liburan anggap saja sedang membagikan kebahagiaannya. Bisa saja keluarga kita tidak tau keadaan kita yang sebenarnya karena kita memang tertutup. Karena kita tidak pernah menceritakan keadaan kita yang sedang sulit. Sekali lagi, ketika keluarga ada yang post saat liburan atau saat makan di restoran, langsung saja balas "lain kali kami mau donk diajak" 

3. Jujur

Ini yang terakhir. Ketika tidak nyaman dengan post dari keluarga kita, katakan apa perasaan kita yang sebenarnya. Jujur saja apa adanya. 

Misalnya, "Enak sekali liburannya.. sebenarnya kami juga ingin merasakan seperti itu, tapi keadaan kami sedang sulit. Bolehkah post tentang liburan dikurangi sedikit?"


Nah.. bila telah menjalankan 3 tips tambahan namun tidak berhasil nyaman juga, apa boleh buat lebih baik leave grup daripada nanti merusak hati.

Thats'all semua tips agar nyaman di WA Grup Keluarga. Btw, selain WA Grup Keluarga, biasanya Grup spa lagi ya yang bikin kamu gak nyaman?

Cerita yuk di komen..

Siwak Untuk Kesegaran Nafasmu



Hai Mak.. masih pada semangat kan Lebarannya?  Memang tahun ini kita mengalami perubahan dibanding Ramadhan dan Idul Fitri sebelumnya. Tadinya setiap sore bisa ngabuburit bareng keluarga cari bukaan, eh sekarang harus selalu buka bersama di rumah saja ya. Apalagi lebaran kali ini.. tadinya bisa berkumpul dan mudik tapi harus menahan rindu cukup dengan sungkeman virtual aja.

Tapi, meskipun begitu bersama keluarga di rumah saja bisa tetap menyenangkan. Asalkan saat kita bercengkrama mulut tetap segar apalagi saat berpuasa Ramadhan kemarin,  rawan mengeluarkan bau mulut ya kan? Tau gak bau mulut itu disebabkan oleh beberapa hal seperti gigi berlubang dan caries pada gigi.

Ada satu bahan alami yang bisa kita gunakan, dan ini Sunnah loh yang dicontohkan langsung oleh Rasulullah SAW. Yakni penggunaan Siwak! Siwak atau Miswak merupakan batang atau ranting pohon Arak (Salvador Persica). Tumbuhan ini memang banyak banget di daerah Timur Tengah. By the way, Udah pada tau belum manfaat Siwak? 

Duh manfaat siwak banyak banget Mak.. karena secara alami siwak mengandung alkaloid, silika, sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride. Gak cuma itu, siwak juga mengandung vitamin c, kalsium, sulfur dan tannin. Ini dia manfaat siwak, aku jabarin ya..

Manfaat Siwak:

1. Mencegah Gigi Berlubang
2. Menguatkan Gigi 
3. Menghilangkan Bau Mulut
4. Menjaga Kesegaran Nafas
5. Mencegah Caries
6. Melindungi Gusi

Nah, beragam banget ya manfaat yang bisa kita dapatkan dari siwak. Namun sekarang gak banyak yang memakai siwak karena kurang praktis. Padahal manfaatnya segudang. Untuk itu sekarang sudah hadir pasta gigi keluarga muslim. Sasha Pasta Gigi Siwak. Ini tuh mempermudah banget buat keluarga kami mendapatkan manfaat dari siwak tanpa bersusah payah memakai siwak.


Kenapa Harus Sasha?

1. Mengandung Siwak

Dengan beragam manfaat siwak, menggunakan Sasha Pasta Gigi lebih praktis. Gigi anak-anak terjaga dari bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu, gigi orang dewasa pun terhindar dari pembentukan plak/Caries.

2. Pasta Gigi Halal

Hal mendasar bagi keluarga muslim adalah kepastian produk halal yang digunakan. Tentu sangat nyaman ketika mengetahui bahwa produk yang kami gunakan adalah produk halal.

3. Aman tanpa unsur Hewani

Ini juga salah satu aspek penting yang membuat kita nyaman ketika menggunakan produk yang bersinggungan dengan mulut. Memastikan produk bebas dari unsur Hewani yang rentan jatuh ke haram.

4. Harga Bersahabat

Kabar baiknya, Sasha ini punya dua ukuran. Yakni tube 150 gr dengan harga 10.500 rupiah dan tube 65 gr hanya 4500 rupiah. Ramah banget kan di kantong?

5. Hasil sesuai dengan klaim

Aku udah nyobain memakai Sasha pasta gigi halal untuk keluarga ini, kesan pertama ketika dipakai menyegarkan nafas. Saat sedang berpuasa seperti kemarin tidak ada kesan mulut kering seperti penggunaan pasta gigi lain. Selain itu, mulut lebih bersih karena tidak ada plak yang menempel. Akhirnya berefek pada aroma mulut yang tetap terjaga hingga seharian berpuasa. 

Karena di rumah anak-anak yang berpuasa ada 3 orang, masalah gigi mereka pun beragam. Si sulung punya gigi berlubang. Si nomer dua giginya juga ada yang keropos. Sementara si nomer 3 giginya mulai punya karang di sela-sela gigi seri. Gak mau ketinggalan, sebelum berpuasa kemarin si Ayahnya juga sering merasakan sakit gigi karena masalah gusi. Nah pilihan tepat mengganti pasta gigi sebelum masuk Ramadhan agar bisa melalui Ramadhan dengan hati tenang, mulut pun sehat.

Jadi, meskipun kita di rumah saja namun tetap perlu menjaga kesehatan mulut agar keluarga yang berinteraksi dengan kita juga merasa nyaman. Untuk Produk Sasha pasta gigi bisa didapatkan di sini. Untuk informasi yang lebih lengkap lagi boleh kepoin IG Sasha dan juga Facebooknya
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk kita jaga kesehatan mulut dan juga kesegarannya di mulai dari Ramadhan ini hingga seterusnya dengan Sasha Pasta Gigi Siwak.

#Pasta Gigi Siwak
#Sasha Pencegah Gigi Berlubang
#Siwak
#Gigi Berlubang
#Sakit Gigi

Aturan Masak di Slow Cooker




Hai Mak.. selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah ya..  Semoga amalan kita selama Ramadhan diterima Allah SWT dan kita tetap menjadi pribadi yang baik meskipun sudah keluar dari tarbiyah Ramadhan. Jangan sampe deh pas Ramadhan tahan untuk tidak Ghibah, habis Ramadhan malah Hobi Membuka Aib Orang lain seperti ceritanya Mas Agung. Iih jangan ya..


Btw, aku mau kasih beberapa tips and trik ni buat emak yang punya slow cooker tapi jarang dimanfaatkan. Cuma beli pas lagi heboh masak MPASI habis itu bingung buat masak apa lagi. Yihaaaa, cerita dulu yuk awalnya..

Ini tuh pengalaman aku masak pertama kali buat persiapan Syawal. Alias masak buat hari raya. Selama menikah, udah 10 tahun ini ketemu sama sebelas kali Ramadhan, aku belum pernah buat persiapan buat masak-masak. Maklum aja, setelah shalat Ied, aku dan suami beserta anak pasti langsung ke rumah mertua atau rumah mama buat sungkeman dan makan. Jadi emang gak pernah di rumah nerima tamu buat hari raya.

Akhirnya kejadian, mama lagi sakit. Si kakak yang tiap tahun kena jadwal masak lagi persiapan lahiran. Udah keluar tanda lahir genkss... Gak mungkin juga disuruh masak. Akhirnya aku lah yang ditunjuk buat masak. Sebenarnya cuma 3 menu aja yang harus aku siapkan. Bebek panggang, Kalio entok dan juga kuah sayur buat lontong. Tapi karena mama sakit, aku gak bisa langsung masak dari siang hari. Masih harus membuka warung yang ramai dengan orang belanja karena persiapan lebaran. Kerjaan parut kelapa lebih dari 30 buah pun tuntas dilakukan di warung. Akhirnya warung bisa tutup setelah jam 10 malam. 

Setelah warung tutup, aku coba nidurin dek Ghazi dulu, bareng kakaknya Zia. Entah energi apa yang mereka punya, hingga jam setengah 2 malam belum tidur juga. Pengen nangis tapi gak juga bisa bikin mereka tidur. Hihi. Akhirnya si adik yang nemenin aku masak, memisahkan duo krucil itu. Setelah Zia bobok, gak lama Ghazi bobok. Aku mulai masak, baru 15 menit Ghazi gentayangan lagi mengganggu emaknya masak. Ya sudahlah dinikmati saja masak sambil diganggu. 

Pertama kali aku masak bebek panggang. Agar dagingnya enak dan lembut, sebelumnya aku masukkan dulu ke slow cooker. Untungnya sebelum jam 12 malam udah bebek duluan masuk slow cooker beserta bumbunya. Jam 3 aku angkat untuk memasukkan ke oven. Sebelum dimasukkan ke oven, dibungkus dahulu dengan aluminium foil. Biar gak tumpah-tumpah bumbunya. Dua jam dioven, bebek pun beres. 

Kebetulan slow cooker yang kami pakai punya si kakak. Ukurannya lumayan besar hingga muat masuk 2 bebek sekaligus. Beres dengan bebek, aku masukkan entok yang mau dikalio. Oh ya, gimana cara masak dengan slow cooker? Ternyata cukup mudah.

Slow cooker yang orang Indonesia tau cuma buat MPASI doank. Padahal slow cooker bisa buat masak apa aja. Khususnya yang berkuah. Seperti sup, soto, gulai, Kalio, dan lainnya.

Tapi ada beberapa hal yang penting untuk kita ketahui. Apa tuh? Ini dia :

Aturan Masak di Slow Cooker:

1. Namanya juga slow cooker alias pemasak lambat, jadinya rentang waktu memasaknya antara 4-12 jam tergantung dari pilihan button atau setelan masak yang kita pilih. Pilihan tombol pada kebanyakan slow cooker adalah high dan low. Bila memilih tombol low, maka kita memasak antara 10-12 jam tergantung apa yang kita masak. Bila memilih tombol high waktu masak antara 4-6 jam.

2. Bila memasak sup udang atau ikan atau sayur seperti kentang wortel, cukup 4 jam dengan tombol high, dan 10 jam dengan tombol low.

3. Bila memasak daging yang agak keras seperti kambing, sapi maupun entok sebaiknya hingga 6 jam dengan tombol high, dan 12 jam dengan tombol low. Agar daging benar-benar bertekstur lembut.

4. Jangan pernah membuka tutup slow cooker ketika posisi sedang memasak. Karena slow cooker tidak perlu diaduk dan dikarenakan memiliki tutup kaca transparan kita bisa melihat proses memasaknya.

5. Letakkan garam di akhir masak. Sebaiknya 5 menit sebelum kita matikan. Nah pemberian garam juga kita beri saat kita pindahkan tombol memasak ke tombol off dulu. Jangan dibuka saat memasak. 

6. Pemberian santan dimasukkan 15 menit sebelum kita matikan slow cooker. Jangan lupa selalu pindahkan tombol off dulu ya.

7. Jangan lupa untuk membaca aturan Masak yang terdapat di slow cooker yang kita punya. Kadang ada beberapa perbedaan antara satu merk dengan merk lainnya.

8. Jangan memasukkan air terlalu banyak hingga mengenai tutup slow cooker, untuk mencegah kuah tumpah ruah saat proses memasak.

Mungkin kalian bertanya-tanya, aduhai lama banget masak di situ.. apa enaknya sih?
Nah dulu saya kepikiran seperti itu, hingga mama menyuruh kami pindah di sebelah rumahnya. Ini berakibat sekolah anak kami akan jauh dari rumah. Sementara anak sekolah hingga jam 3 sore. Bagaimana bila masak buat bekal gak terkejar. Kadang terasa lelah bila harus masak mulai jam 4 pagi kan..

Jadinya, slow cooker ini bisa diandalkan banget. Di malam hari sebelum tidur, kita bisa masukkan semua bahan masakan di slow cooker dan ketika bangun subuh, makanan sudah siap. Tinggal diberi garam saja. Praktis kan?

Beberapa Keunggulan Slow Cooker:

1. Tidak perlu repot berlama-lama di dapur. Cukup masukkan semua bahan ke dalam slow cooker dan voila.. makanan hampir jadi.

2. Tidak perlu diaduk, ditungguin apalagi dimandorin hihi.. tinggalkan saja.. bisa disambil tidur malam atau mengerjakan kerjakan lain bila masak di pagi hari untuk makan siang.

3. Tidak perlu tambah penyedap. Karena proses masak slow cooker itu lambat, membuat sari makanan keluar dengan rasa asli yang manis. Beda hasilnya dengan masak di kompor apalagi presto.

4. Hasil masakan slow cooker sehat, karena nutrisi makanan tetap terjaga dikarenakan masak dengan suhu rendah dan juga menggunakan keramik (porselen). Bagus juga nih untuk masak obat herbal atau jamu.

5. Gak pake minyak. Jadi hemat juga kan... Biasanya aku selalu ngoseng bawang dulu sebelum masak sup. Tapi sekarang dengan slow cooker gak perlu lagi tuh. Cukup masukkan semua bahan termasuk ayam atau udang. Lemak/minyak asli daging akan keluar sehingga lebih gurih.

6. Hemat listrik. Ini tergantung juga sih merk slow cooker dan juga berapa liter kapasitas yang kita pakai. Semakin kecil semakin hemat. Tapi saya suka slow cooker yang besar biar praktis masak buat sekeluarga.


Nah.. itulah beberapa pertimbangan kenapa akhirnya aku memilih slow cooker untuk memasak. Cocok banget digunakan untuk emak anak banyak kayak aku.. hahaha..

Semoga info ini menambah insight tentang slow cooker ya.. karena memang di Indonesia masih jarang digunakan selain buat MPASI. Namun di negara maju slow cooker sering digunakan agar nutrisi makanan tetap terjaga hingga 90 persen. 

Kalo kamu Mak, udah pernah pakai slow cooker belum? Atau punya tips lain yang belum aku tulis? Ngobrol yuk di box komen..

MAMYPOKO ROYAL SOFT, Bayi Nyaman, Ibu Bahagia



"masuk bulan terakhir nih dek.." Jawab si kakak ketika aku menanyakan usia kandungannya. Wah aku langsung terbayang ketika tahun lalu mau melahirkan dek Ghazi. Semuanya dilakukan sendiri setelah lahiran. Teringat fase ibu baru, kebanyakan ya kurang tidur karena bayi belum bisa membedakan siang dan malam.


Hal tersebut memang wajar bagi bayi, tapi bagi ibunya? Tentu saja pasca melahirkan tubuh masih butuh banyak istirahat. Ketika kurang tidur, ada banyak efek negatif yang timbul. Apa sih dampaknya bila ibu baru kurang istirahat?

Dampak Kurang Istirahat:


1. Mudah Sakit

Ibu baru yang belum pulih rentan terhadap penyakit, ditambah lagi dengan efek kurang istirahat. Maka daya tahan tubuh menjadi lemah dan mudah sakit. Padahal, bayi butuh asupan yang baik ketika baru lahir. Bayi kan masih menjalani 1000 hari pertama perkembangannya. 

2. Sulit Konsentrasi dan Fokus

Bahaya yang mengancam bila ibu kurang konsentrasi dan fokus akan berdampak pada pengasuhan bayi. Lagi-lagi bayi akan menjadi objek pertama yang merasakan dampaknya. Saya masih ingat cerita tetangga, ketika akan memberi minum si bayi susu dalam botol, namun akibat kurang istirahat si bayi malah tertelan minyak kayu putih. Bahaya banget kan ya..

3. Mudah Marah dan Sensitif

Ketika kurang tidur dan istirahat tubuh akan lelah dan berpengaruh pada mood. Bila terjadi terus-menerus, bukan tidak mungkin ibu akan mengalami baby blues hingga post partum syndrom. Kalau sudah tahapan begini, sering ibu tidak menyadari sudah melakukan kekerasan pada bayi hingga berakibat kehilangan nyawa. Duh serem banget ya..

4. Mudah Lupa

Ketika tidur, tubuh ikut beristirahat. Namun otak kita masih aktif bekerja menyimpan berbagai memori. Nah ketika kurang tidur, kondisi otak ikut lelah dan mengakibatkan memori terganggu. Jadinya, suka lupa deh. Jangan kira sering lupa ini gak bahaya loh.. Masih mending lupa mematikan air keran ketika sedang menampung air minum, ketika lupa mematikan kompor saat memanaskan sayur? Tau kan bahayanya?

5. Berkurangnya Produksi ASI.

Ketika kurang istirahat, tubuh ibu menghasilkan hormon kortisol. Artinya tingkat stress bertambah. Ketika stress maka aliran ASI semakin sedikit berproduksi. Akhirnya ini membuat "lingkaran masalah" yang tak selesai. Ibu menghasilkan sedikit ASI, bayi menjadi rewel, ibu semakin stress lalu ASI semakin mandeg.


Ternyata, kurang tidur menyebabkan masalah yang begitu kompleks bagi ibu baru. Namun tahukah mommies? Kebanyakan ibu kurang istirahat dikarenakan bayi baru lahir yang kurang tidur. Padahal harusnya bayi baru lahir itu tidur hingga 17 jam.  Nah, apa sih yang menyebabkan bayi menjadi kurang tidur?

1. Kurang Menyusu
2. Kolik / Masalah pencernaan.
3. Tidak Nyaman

Untuk masalah yang ketiga, bayi tidak nyaman biasanya disebabkan oleh popok yang kurang nyaman dan basah. Masalah kecil ini bisa berakibat besar seperti beberapa masalah di atas. Untuk memutus rantai masalah yang ada, ada satu rahasia yang bisa saya bagikan. 


MamyPoko Royal Soft NewBorn 




Ini adalah rahasia ibu baru bisa tidur dengan nyenyak. Kenapa harus Mamypoko Royal Soft? 

Karena kulit bayi baru lahir lebih tipis dari kulit orang dewasa. Karena itu, menjadi rentan terhadap ruam popok dan sensitif. 


MamyPoko Royal Soft NewBorn memiliki banyak kelebihan, antara lain:

1. Extra Dry Speed Wave  


Bagian Lembut yang bergelombangan ini dapat menyerap air pipis dengan cepat dan banyak. Sehingga melindungi dari kebocoran . Setara dengan 5 Gelas air dan menjaga kulit baby tetap kering selama 12 jam. 



2. Bersirkulasi Udara


MamyPoko Royal Soft mampu melepas udara panas dan lembab.Dari percobaan yang dilakukan, ketika air panas dituangkan ke popok MamyPoko tampak uap panas langsung dilepaskan. 


3. Selembut Kapas


MamyPoko Royal Soft nyaman digunakan karena lapisan penyerap selembut kapas. 


4. Perekat yang Lembut


MamyPoko Royal Soft dapat direkatkan berulang kali.


5. Indikator Pipis


MamyPoko Royal Soft dilengkapi dengan indikator pipis yang memberikan informasi pada mamy kapan mengganti popok. Garis kuning akan berubah warna bila popok sudah penuh. 


6. Ban Pinggang Nyaman Berlekuk


MamyPoko Royal Soft Newborn sangat peduli pada bayi baru lahir. Pusat (navel) bayi belum benar-benar sembuh sempurna, sehingga harus bebas dari tekanan popok yang ketat. Namun berbeda dengan MamyPoko Royal Soft Newborn, lekukan pada bagian pusat akan memberi kenyamanan ekstra dan melindungi pusat yang belum sembuh.


Nah, dengan 6 kelebihan yang dimiliki oleh MamyPoko Royal Soft Newborn gak salah lagi bila dikatakan MamyPoko mendukung ibu baru selalu bahagia. Karena baby nyaman, ibu pun bahagia. Buktikan cinta dengan kelembutan no 1, makanya sekarang aku ingin merekomendasikan ke kakak yang mau lahiran untuk memakai MamyPoko Royal Soft Newborn. 

Karena pengalaman dengan MamyPoko Royal Soft Tipe Perekat  yang bikin puas, makanya dek Ghazi sampai sekarang pake MamyPoko Royal Soft Tipe Celana..


(Dek Ghazi sampai sekarang tetap memakai MamyPoko Royal Soft Pants karena dulunya nyaman dengan MamyPoko Newborn )



MamyPoko memang selalu mengerti kebutuhan bayi baru lahir dan juga kebutuhan ibu yang baru lahiran. Yuk untuk ibu yang sedang persiapan lahiran, siapkan MamyPoko Royal Soft Newborn dari sekarang ya.. 

Produk MamyPoko Royal Soft bisa didapatkan di market terdekat atau di online shop Lazada dan Shopee




Mengunjungi Ibu Baru Lahiran Saat Pandemi



Kehidupan selama pandemi ini memang sedikit banyak merubah kebiasaan kita. Tak terkecuali saat mendengar kerabat yang baru lahiran. Gak bisa terburu-buru datang mengunjungi. Tentu ada beberapa aturan yang patut kita perhatikan. Salah satunya seperti apa  Kata Kak Enny ada Hal yang tak perlu dikatakan pada ibu baru.


Nah, sebenarnya apa sih hal-hal yang harus kita perhatikan bila ingin mengunjungi ibu baru? Ada beberapa poin yang berbeda di saat keadaan normal sebelum pandemi datang ke negara kita. Maka saya akan tuliskan beberapa aturan yang harus kita perhatikan. Ini dia...

1. Konfirmasi Terlebih Dahulu
Untuk mengunjungi ibu baru, kita gak bisa ujuk-ujuk langsung datang menemui mereka. Meskipun ini bukan kelahiran pertama atau kita sudah pernah berkunjung di kelahiran sebelumnya, ada perbedaan ketika pandemi sedang merebak. Anak bayi menjadi rentan tertular virus. 

Mungkin kita merasa aman karena tidak demam atau batuk flu, namun setiap keluarga mungkin punya pertimbangan tersendiri mengenai kunjungan setelah lahiran di saat seperti ini.

Untuk itu, pertama sekali ucapkan saja selamat melalui pesan pribadi. Kemudian tanyakan apakah kita boleh datang berkunjung untuk melihat si bayi.


2. Tanyakan Detail Syarat Kunjungan
Apabila keluarga baby yang baru mengizinkan kita untuk mengunjungi mereka, kemudian tanyakan pula dengan detail kapan kita boleh mengunjunginya. Apakah ketika mereka masih di klinik atau ketika mereka sudah pulang ke rumah. Tanyakan juga syarat-syarat lain misalnya ketika berkunjung harus memakai full masker dengan sarung tangan. 

Penting untuk menjaga kesehatan orang yang kita kunjungi. Selain bayi yang masih rentan, ibu baru melahirkan juga mengalami penurunan daya tahan tubuh dikarenakan lelah fisik saat melahirkan ataupun kehilangan banyak darah ketika melewati proses tersebut.

Saya jadi ingat rekan yang membawa anak bayinya ke rumah sakit karena radang paru. Anak bayi tersebut ternyata terpapar asap rokok dari tamu yang mengunjunginya. Kasian banget kan.. jadi jangan sampai kita menjadi penyebab ringkihnya kesehatan orang lain.

3. Tanyakan Keperluan Ibu Baru 
Sesaat sebelum berkunjung coba tawarkan sesuatu kepada ibu baru lahiran yang akan kita kunjungi, apakah ia butuh makanan atau cemilan sehat? Apakah ia kehabisan sesuatu dan belum sempat membelinya? 

Kadang ada satu atau dua item keperluan yang mendesak namun belum sempat dibelinya. Mudah-mudahan kedatangan kita membawa manfaat kepada keluarga tersebut.

4. Batasi Jumlah Pengunjung
Di saat hari biasa, sebelum kita dihadapkan pada keadaan pandemi ini mungkin kita terbiasa mengunjungi rumah si ibu baru tersebut lengkap dengan semua anggota keluarga kita. Namun saat ini, ketika hendak berkunjung sebaiknya kita pergi sendiri saja. 

Ini adalah upaya mengurangi banyak pertemuan untuk menjaga keamanan keluarga yang akan kita kunjungi. Selain itu kita juga menjaga agar anak-anak kita juga aman di rumah saja. Terkadang anak-anak tidak bisa menahan untuk tidak memegang bayi ataupun perlengkapannya. 

5. Bawa Hand Sanitizer
Sesaat sebelum masuk ke dalam rumah atau ruangan ibu baru lahir tersebut, semprotkan dahulu hand sanitizer ke tangan kita. Penting untuk menjaga tangan kita tetap steril ketika berada di dekat bayi baru lahir maupun ibunya. 

Sekali lagi ini untuk menjaga kesehatan mereka karena bayi belum memiliki perlindungan daya tahan tubuh yang kuat.

6. Tidak Memegang Bayi
Memang, bayi baru lahir selalu memiliki daya tarik tersendiri. Ingin rasanya mengangkat mereka dari box nya dan mrnggendong. Terlebih lagi rasanya ingin mencium bayi tersebut. 

Kali ini, asumsikan diri kita adalah carrier. Jangan menyentuh bayi sama sekali. Bila si ibu menanyakan perilaku kita yang mungkin berbeda dengan sebelumnya saat mengunjungi si kakak bayi yang baru lahir, sampaikan bahwa kita hanya menjaga si bayi dari segala kemungkinan yang terjadi.

Namun lain hal bila si ibu ternyata memerlukan bantuan kita. Misalnya si ibu ingin sekali mandi karena tidak ada yang membantu, kita boleh menggendong bayi tapi jangan menciumnya. 

7. Tidak Makan dan Minum
Namanya juga ibu baru lahiran, kondisinya bukan untuk melayani tamu. Jadi diharapkan kita tidak meminta dilayani seakan kita sedang berkunjung di hari biasa. 

Kalau bisa, jangan makan dan minum saat mengunjungi mereka. Selagi bulan Ramadhan mungkin aman ya.. tapi selesai Ramadhan kalau bisa tahan diri untuk tidak makan dan minum di tempat ibu baru lahir.

8. Doakan Ibu dan Bayi
Selesai berkunjung, jangan lupa untuk mendoakan ibu dan bayi baru lahir. Sampaikan kata-kata penyemangat buat si ibu agar cepat pulih dan jauh dari baby blues. 

Ingat, jangan pernah mengeluarkan kata-kata yang rentan membuat si ibu stress dan sedih. Sebelum pulang juga ingatkan si ibu untuk menelpon atau menghubungi kita bila memerlukan bantuan. Karena tidak semua orang memiliki keluarga yang menyertai setelah lahiran. Bisa saja mereka adalah keluarga perantau yang tidak memiliki kerabat di sini.


Demikianlah beberapa tips saat akan mengunjungi ibu baru lahir di masa pandemi. Selagi masih berada di sepuluh hari terakhir Ramadhan, yuk kencangkan doa agar pandemi segera berakhir di negeri kita tercinta. 

Semoga masyarakat cepat bangkit dari keterpurukan kesehatan dan ekonomi. Aamiin.

Kalau kamu, punya tips gak ketika ingin mengunjungi ibu baru lahiran? Yuk cerita di bawah ya.. di kolom komentar.

Tips Mencegah Perut Kembung pada Bayi



Hai Mak, masih tetap sabar dan tenang di rumah kan ya? Memang kita kudu sabar terus menjaga kesehatan keluarga di masa PSBB ini untuk tetap happy di rumah. Bukan cuma happy aja, tapi juga harus bersih. Meski di rumah, kita tetap harus memperhatikan aspek kebersihan agar keluarga selalu terlindungi.


Apalagi yang punya baby di rumah kayak aku. Baby itu rawan banget masuk angin, perut kembung. Ya karena sewaktu di dalam perut, bayi selalu hangat terlindungi di dalam rahim. Sejak lahir dan merasakan atmosfer bumi, tentu saja bayi butuh sesuatu untuk menghangatkan tubuhnya.

Maka bayi diberi pakaian yang tebal. Apalagi setelah mandi. Ini nih saat rawan baby perutnya kembung. Yuk cek tips dari aku bagaimana mencegah perut kembung pada bayi!

1. Perhatikan pelekatan saat menyusui

Buat baby ASI seperti dek Ghazi, menyusui memang bisa membuat perut bayi kembung jika pelekatannya tidak pas. Makanya Mak, perhatikan dengan benar ya apakah bayi sudah posisi menyusuinya sudah pas atau belum pelekatannya. Penting banget loh pelekatan yang pas saat menyusui pada bayi, selain mengurangi jumlah gas yang ditelan, bisa juga menghindari puting lecet pada emak.

Nah, bila baby tidak menyusu langsung, perhatikan pula saat bayi dot pada botol susu. Bila susu yang diminumnya sudah habis, langsung cabut botol dari mulut bayi agar bayi tidak menghisap udara dalam botol. Ini rawan membuat bayi mudah kembung loh.. 

2. Jaga Asupan Makanan

Bayi perlu serat setelah 6 bulan kan Mak. Sama nih.. dek Ghazi juga selalu dipenuhi kebutuhan seratnya. Tapi jangan berlebihan. Ini bisa membuat perut gak nyaman pada bayi apalagi bila buah atau sayur yang dikonsumsinya tinggi serat. Selain bisa rawan perut kembung, terlalu banyak serat pada bayi malah membuat baby konstipasi. Kasian kan, jadinya rewel terus.

3. Mandi Dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat pada bayi, selain bisa membuat perutnya nyaman, juga membuat si kecil tidak rentan masuk angin. Air hangat memberikan efek relaksasi dan juga membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

4. Pijat Bayi

Nah, pijat bayi ini banyak sekali manfaatnya loh Mak. Selain meredakan perut kembung, bisa juga membuat bayi lebih sehat dan tumbuh kembangnya juga baik. Karena pada saat dipijat tubuh bayi mendapat banyak stimulasi yang baik untuk pertumbuhannya. Selain itu juga meningkatkan bonding ibu dengan si kecil.

Pijat bayi juga harus diperhatikan ya Mak tahapannya. Sebelum dipijat, baluri dulu tubuh baby dengan Telon Oil. Selain membuat kulit nyaman saat dipijat. Telon Oil juga menghangatkan tubuh bayi dan melancarkan pernafasan.

Jangan sembarangan pilih telon Oil. Rahasiaku adalah Telon Oil dari Sleek Baby. Ini produk baru dari Sleek Baby yang sudah terbukti memberi perlindungan bagi bayi. Selain itu, telon Oil dari Sleek Baby juga mengandung 2x lebih banyak minyak anisi. Artinya 2x lebih efektif mencegah perut bayi dari kembung dan juga melegakan pernafasan bayi. Hangatnya begitu melindungi. Namun tidak panas di kulit bayi. Karena kandungan yang terdapat di dalam minyak telon dari Sleek Baby membuat kulit bayi terlindungi.


Review Telon Oil Sleek Baby

Aku udah coba nih, pijat dek Ghazi dengan telon Oil dari Sleek Baby. Ada beberapa keunggulan yang aku suka dari minyak telon Sleek Baby. Apa aja sih? Ini dia...

1. Telon Oil Sleek Baby mengandung 2x minyak Anisi.
Jadi kandungan telon Oil Sleek Baby gak hanya minyak kayu putih dan minyak kelapa saja. Namun ada minyak Anisi yang lebih banyak dari minyak telon lainnya. Kandungan ini membuat telon Oil lebih efektif mencegah perut kembung pada bayi dan juga menghangatkan. Selain itu membuat pernafasan si kecil juga lebih lega.

2. Telon Oil Sleek Baby Lembut di Kulit Bayi.
Telon Oil memiliki kandungan 60% oelum Cocos sehingga sangat aman di kulit bayi. Tidak menyebabkan ruam kulit dan juga tidak membuat kulit kemerahan karena panas. Telon Oil aman melindungi dari bakteri penyebab iritasi kulit.

3. Kemasan Anti Tumpah

Telon Oil punya dua size yang tersedia. Ukuran 30 ml dan juga 70 ml. Kedua kemasan ini memiliki tutup flip top yang kalau kita balik tidak akan tumpah. Selain aman dari jangkauan anak-anak juga asyik banget dibawa traveling atau bepergian ke mana saja.

4. Harga Terjangkau
Dengan segudang manfaat bagi bayi, telon Oil ini sangat terjangkau. Ukuran 30 ml bisa kita dapatkan dengan harga tertinggi 13.000 rupiah. Dan yang ukuran 70 ml dengan HET 28.000 rupiah. Terjangkau banget kan..

5. Wanginya Tahan Lama
Aroma menenangkan dari Anisi yang lebih banyak dua kali lipat dari minyak telon oada umumnya, membuat aroma menempel pada bayi lebih tahan lama. Aku suka banget mencium bayi dengan aroma telon Oil.

6. Hangatnya Pas 
Dengan kandungan 20% oelum cajuput membuat telon Oil hangatnya pas di kulit bayi. Jadi jangan lupa donk, sehabis mandi juga selalu balur dan usap-usap kulit si kecil dengan telon Oil daei sleek baby.

7. Aman Untuk Bayi Sejak 0 bulan
Produk Sleek Baby memang selalu memperhatikan 1000 hari perlindungan bagi si kecil. Makanya gak heran, di kemasannya langsung tertulis jelas telon Oil dapat dipakai sejak 0 bulan.


Nah dengan sekian banyak kelebihan dari telon Oil Sleek Baby, jangan lupa untuk selalu balur si kecil dengan telon Oil. Penting banget untuk selalu menjaga kehangatan di kecil agar terhindar dari perut kembung. Apalagi sejak pandemi merebak di Indonesia, kita harus ekstra menjaga si kecil lebih baik lagi.

Oh ya Mak, boleh liat Instagram Sleek Baby dan juga Facebooknya untuk melihat lebih banyak tips buat mengasuh si kecil dan juga info produk bayi yang aman. Sudah oles si kecil belum dengan telon Oil?

Instagram @Sleekbaby_id,

Website https://www.sleekbaby.co.id/ ,

Facebook
https://www.facebook.com/SleekJugaSayangAnak/

#Sleek Baby
#Sleek Baby Telon Oil 
#Perlengkapan Bayi
#Produk Bayi
#Minyak Telon
#Mengatasi Kembung

Kalo Aku SSA, Aku Harus Apa?



Masih suasana Ramadhan, puasanya gimana? Masih semangat kan Mak? Meskipun di rumah aja, kita bisa bikin aktivitas seru bareng anak di rumah. Misalnya Aktivitas Finger Painting Sama Anak. Silahkan gih baca di Blognya Kak Citra.

Btw, belakangan ini semakin banyak muncul pasangan sejenis atau LGBT yang menjadi idola anak muda. Kadang kalo udah kepo ke Instagram mereka saya mereka energi positif saya kesedot. Abis tu jadi lemes.

Kalo kemarin  ada Lucinta Luna dan Abash (sumpah saya bingung ngomongin yang ini. Yang laki berubah jadi perempuan, yang perempuan berubah jadi laki trus jadi pasangan. Gak bisa ya, gak usah tukeran trus jadi pasangan yang normal aja.. hiks). Nah sekarang yang lagi rame diomongin adalah pasangan Nino dan Jeje yang mengadopsi anak. 

Tadinya saya gak peduli dengan kehidupan dua perempuan yang jadi pasangan itu. Sampe akhirnya mereka adopsi anak. Saya khawatir sama masa depan anak tersebut. Lah orangtua mereka aja yang normal gak berhasil mendidik mereka sesuai fitrah, bagaimana mereka bisa mencontohkan fitrah yang benar sesuai dengan ajaran agama? Sungguh bikin saya merasa embuh.

Belum lagi, fans mereka ini banyak sekali. Ditambah lagi banyak yang terinspirasi mau suntik hormon sendiri segala. Ya Allah, tambah embuh. Emang dipikirnya suntik hormon udah kayak suntik insulin aja gitu..

Yang anak muda banyak belum tau adalah informasi mengenai SSA. Di postingan sebelumnya, saya pernah membahas Apa itu SSA

SSA (Same Sex Attraction) alias tertarik sesama jenis, atau suka dengan sesama ini berbeda dengan LGBT ya. 

LGBT sudah pasti SSA. SSA belum tentu mau jadi LBGT. Silahkan dibaca dulu deh postingan sebelumnya biar paham.

Nah, SSA itu bisa jadi ada banyak di sekitar kita. Banyak faktor yang membuat seseorang bisa menjadi SSA. Ini bukan bawaan gen ya. Allah menciptakan makhluk sudah sangat sempurna. Mengenai faktor pencetusnya kebanyakan karena salah asuhan.

Kita kesampingkan dulu kenapa bisa jadi SSA. Tulisan saya kali ini khusus buat remaja ataupun orang yang sedang galau mengenai dirinya. Kenapa kok rasa-rasanya ada perasaan pada seseorang yang sejenis.

Daripada orang tersebut mencari informasi di tempat lain (atau malah nyari yang ke pro LGBT bisa gawat). Lebih baik saya kasih aja deh informasi buat yang butuh dengan informasi yang insyaAllah baik dan benar.

Kalau ternyata kamu punya kecenderungan menyukai sesama jenis. Itu bukan musibah. Jangan anggap itu kutukan. Tapi juga jangan menganggap itu sebuah anugerah untuk bebas melakukan hubungan yang dilarang agama.

Anggaplah itu sebagai cobaan. Ingat, cobaan yang berhasil kamu lalui ada balasan baik yang Allah berikan. Kalau hanya menyukai sesama jenis itu gak berdosa. Yang berdosa adalah mengungkapkan perasaan itu dan mengekspresikan hubungan tersebut layaknya kaum Luth.

Lalu apa yang harus saya lakukan? Mungkin itu pertanyaannya. Yang harus dilakukan adalah mencari bantuan ahli untuk konsultasi dan melakukan pendampingan untuk berubah.

Ada banyak lembaga yang membantu SSA atau bahkan LGBT yang ingin bertobat. Salah satunya "Peduli Sahabat" yang didirikan oleh kak Sinyo Egie. Boleh cari laman beliau di Facebook atau Oorth.

Buku Kak Sinyo sebagai bahan tulisan Blogpost ini


Bila belum yakin untuk melakukan pendampingan, apakah ada yang bisa saya lakukan untuk merubah diri secara mandiri?

Menurut kak Sinyo, berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk diterapkan pada diri sendiri (baik untuk SSA maupun yang sudah pernah menjalani hubungan dengan sejenis):

1. Berniat Berubah
Niat ini bukan sekedar niat. Tapi benar sebuah niat yang kuat. Niat selalu berbanding lurus dengan usaha. Menurut pengalaman yang beliau share di media sosial, orang yang memang berniat teguh utnuk berubah akan menemukan "kesembuhan" dengan cepat dan juga bisa mengendalikan dirinya seumur hidup.

Namun berbeda dengan mereka yang ikut pendampingan karena dibujuk istri atau karena terpaksa.

2. Tobat Nasuha
Bila di masa lalu pernah melakukan kesalahan atau maksiat sebagaimana kaum Luth, maka tobatlah secara keseluruhan. Lakukan shalat sunnat Taubah bila diperlukan.

Sebagaimana yang tertulis dalam Al Qur'an, surat At Tahrim ayat 8.

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu".


3. Hapus Segalanya
Hapus semua foto, video, gambar maupun kontak yang berhubungan dengan dunia LGBT maupun SSA. Hal ini berguna agar otak maupun hati tidak tercemar dengan ajakan pornografi yang merusak. Karena biasanya dari tontonanlah awal mula untuk coba-coba praktek.


4. Perbanyak Ibadah dan Olahraga
Perbanyak ibadah dan puasa, sekaligus melakukan aktivitas fisik yang bermanfaat untuk tubuh misalnya olahraga.

5. Lakukan Kegiatan Positif
Makna yang terkandung adalah untuk mencari komunitas dan lingkungan yang positif untuk mendorong dan mengingatkan agar diri ini berubah. Jangan malah ikut grup chat atau grup medsos yang isinya LGBT semua.

Semakin sering kita melakukan kegiatan positif, bahkan yang cenderung kepada kemaslahatan orang lain, akan berdampak pada perbaikan diri. Karena kegiatan positif yang kita sebarkan akan kembali lagi pada diri kita.

6. Menjaga Kehormatan Diri
Selalulah ingat untuk menjaga kehormatan diri sendiri, keluarga, bahkan muslim lain di hadapan Allah. Bila ingin melakukan maksiat, ingatlah bahwa hal itu akan menjatuhkan Marwah kita di hadapan Sang Pencipta.

7. Sabar
Semua hal yang terjadi pada diri kita adalah ujian dan cobaan. Rumusnya hanya sabar dan syukur.

Sabar bila Allah beri cobaan SSA. Bersyukur karena lewat ujian ini banyak pahala yang bisa kita raih. Bagaimana mungkin?

Bila terdapat godaan lalu kita bersabar, bukankah lewat hal itu Allah sudah memberi pahala yang baik pada kita?

Ingat, jadikan cobaan sebagai jalan untuk mencari keridhoan Allah dan Masuk ke syurgaNya.


Nah itu beberapa langkah yang dapat dilakukan bila kita adalah seorang SSA maupun LGBT.

Sebagai orangtua, patutnya kita mencontoh Rasulullah dalam mendidik anak. Diantaranya:

1. Menjadi Panutan yang Baik bagi Anak-anak
Bagaimanapun anak memerlukan role model. Biasanya SSA tumbuh dari bibit anak yang tidak punya role model sesuai dengan jenis kelaminnya.

Lalu bagaimana bila berasal dari keluarga yang tidak lengkap? Tidak ada ibu atau ayah? Coba carikan role model lain yang mumpuni. Misalnya Kakek, Paman, atau keluarga terdekat yang layak dijadikan contoh.

2. Mencari Lingkungan Masyarakat yang Baik
Ini adalah kewajiban orangtua. Usahakanlah mencari lingkungan atau tempat tinggal yang dekat dari masjid. Lingkungan yang baik insyaAllah akan membawa dampak positif bagi anak kita.

Bayangkan bila kita tinggal di daerah lokalisasi. Apakah yang selalu anak kita saksikan?

3. Ajarkan Adab kepada Anak
Beberapa adab dasar misalnya menjaga aurat. Mengetuk pintu bila masuk kamar orangtua. Lalu sebagai orangtua, memisahkan tidur anak kita yang sudah baligh dan dilarang satu selimut meskipun saudara kandung sesama jenis.

4. Pertegas Identitas dan Karakter Anak
Besarkan anak sesuai dengan jenis kelaminnya. Jangan pernah bercanda memakaikan jilbab pada anak lelaki. Begitupun anak perempuan. Jangan sekalipun memanggilnya "Bang" bila wajahnya mirip dengan ayah/kakak lelaki.

Beri mainan pun menurut dengan jenis kelamin. Anak lelaki boleh main boneka, tapi boneka berkarakter binatang yang mempunyai nilai edukasi.

Begitu pun anak perempuan, boleh main mobil bila bernilai edukasi. Namun jangan memberikan mainan Barbie kepada si lelaki. Mengurangi maskulinitas sejak dini.

Pakaian pun begitu. Jangan pakaikan anak perempuan baju kakak lelakinya meskipun masih bagus. Ajarkan perbedaan sikap antara lelaki dan perempuan.

5. Waspada Terhadap Pelecehan dan Kekerasan Seksual
Waspada terhadap segala bentuk pelecehan dan kekerasan seksual pada anak. Kebanyakan malah dilakukan oleh orang terdekat. Antisipasi dengan mengajarkan anak melindungi diri. Beri edukasi mengenai menjaga tubuh dari apa yang boleh dan tidak boleh disentuh oleh orang lain. Laporkan dan Teriak bila mengalami kejadian yang tidak menyenangkan. Selalu ajak anak bercerita agar ia selalu speak up tentang kejadian yang menimpa dirinya.

Begitulah beberapa cara mengajarkan anak agar terhindar dari bibit SSA dan paham LGBT.

Semoga Allah jaga anak cucu kita dari perbuatan buruk. Semoga bermanfaat, boleh kita membahas lebih lanjut di kolom komentar ya..


Total Pageviews