Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PRSU 2023

PRSU 2023


Kalo Jakarta punya PRJ, Sumatera Utara punya PRSU. Ya.. Pekan Raya Sumatera Utara! Tahun ini, alias 2023 Emak akhirnya bisa juga mengunjungi PRSU. 

Jujur, hadir di PRSU itu udah lama banget. Bahkan Emak sampe lupa, apakah pas SMA saat ekskul Teater SMA kami nampil di sana, ataukah pas kuliah diajak sama kakak. Duuuh lupa! 

Yang pasti tahun ini hadir juga gak sengaja. Anak kami yang sulung ada penampilan juga di sana. Tepatnya di panggung yang diselenggarakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Sumut. 

Lokasi

Dulu banget, lokasi diadakan PRSU (pas Emak masih kecil) adalah di Taman Ria Medan. Namanya juga bukan PRSU. Masih Medan Fair. 

Hampir sama dengan fungsi PRSU yakni mengenalkan berbagai macam adat, budaya serta daerah di sekitar Medan. Taman Ria sendiri adalah tempat bersejarah bagi anak Medan khususnya kaum milenial ke atas. 

Gimana gak bersejarah, setiap bagi raport 4 bulan sekali (catur wulan dulunya, gak seperti sekarang per semester) bagi anak yang berprestasi ranking 1 hingga 10 mendapat tiket masuk gratis. 

Bukan cuma tiket masuk kalo Emak, secara masih kecil sering jadi juara kelas maka mendapat hadiah dari Taman Ria juga tiket main segala permainan yang ada di sana. Pokoknya nostalgia yang gak dilupakan deh di saat kecil. 

Lokasinya dulu tepat di Plaza Medan Fair sekarang. Sementara kegiatan Medan Fair berubah nama menjadi PRSU dan dipindah lokasi menjadi di Tapian Daya. Meski sama-sama berlokasi di jalan Gatot Subroto, namun berbeda kecamatan. 

Dulu di Kecamatan Medan Petisah, sekarang tepatnya di Jalan Jenderal Gatot Subroto KM 5, Sei Sikambing C Kecamatan Medan Helvetia, 20123. Akhirnya nama Tapian Daya ikut berubah menjadi PRSU sekarang. 

Tiket Masuk

Kalo gak ada kegiatan, biasanya PRSU dikenal sebagai rumahnya UMKM di Sumut. Gedung paling depan PRSU memang berisi berbagai macam stand produk UMKM. Nah kegiatan PRSU yang sedang diadakan sekarang berada di belakang Gedung Utama. 

Acara di tahun 2023 ini dihelat dari 16 Juni hingga 17 Juli 2023. Iya, sebentar lagi habis. Harga tiket di hari Senin hingga Jumat, 20K Rupiah, sementara di hari Sabtu menjadi termahal yakni 50K Rupiah, di hari Ahad 35K Rupiah. 

Secara anak Emak tampil di hari Sabtu makanya Emaknya doank yang nemenin. Sayang tiket 50K nya. Kenapa sayang? Padahal PRJ dengan tiket 50K rupiah banyak temen blogger yang merasa untung banget masuk ke sana. Begini ceritanya:

Bukan mau mengecilkan daerah sendiri, namun PRSU itu memang beda banget sama PRJ. Dari segi antusias warga deh.. Jauuuuh. PRJ di siang hari orang udah rame bahkan memang beneran belanja karena memang harganya worth it sampe borong banyak di dalam. 

PRSU itu rame pas malam akhir pekan saja, itupun karena mendatangkan artis ibu kota sehingga orang Medan ini cuma tertarik seakan nonton konser musik. Padahal di dalam terdapat banyak sekali stand yang berisi semua dinas yang ada di Sumut. 

Bahkan, setiap wilayah pemerintahan daerah di Sumut memiliki stand masing-masing yang berbentuk rumah adat yang mencerminkan budaya yang mewakili rumah adatnya. 

Bayangkan! Ada 33 Kabupaten dan Kota di Sumut ini. 8 merupakan Kota Madya sementara 25 sisanya merupakan Kabupaten. Semua ada! Sayangnya itupun kurang menarik minat warga untuk berkunjung ke dalamnya. 

Pekan Raya Sumatera Utara

Tiket PRSU 2023


Bukan cuma Stand Pemerintahan aja, di satu gedung tempat si sulung tampil bersama teman-temannya di dalamnya terdapat keseluruhan stand dinas yang ada di Sumut. Ada bazar makanan di sebelah gedung tersebut. 

Ada pula pojok seni, bahkan beberapa BUMN yang ada di Sumut seperti PLN Sumut, beberapa Bank BUMN bahkan saking luasnya, sampe ada tempat penyewaan sepeda listrik untuk berkeliling dan odong-odong berbentuk naga yang membawa pengunjung berkeliling PRSU. 

Sebaiknya sih, tahun depan harus lebih banyak belajar lagi bagaimana PRJ bisa maksimal mendatangkan tamu ke dalamnya. Belajar kan vibes nya positif ya, bukan mengecilkan. Serius deh Mak.

Penutup

Sebenarnya Emak masih pengen memberi masukan agar ke depannya PRSU lebih rame pengunjung dan lebih meriah tapi apalah daya, Emak cuma IRT. Emak pun yakin sebenarnya EO PRSU sudah maksimal dalam bekerja. 

Yuk lah warga Medan dan sekitarnya, PRSU sudah mau ditutup di tanggal 17 Juli ini.. Yuk ramaikan, bisa membawa anak untuk mengenalkan ragam daerah di Sumatera Utara, berikut budaya dan hasil alamnya. 

Sebenarnya bagus loh buat pengetahuan anak, semoga ke depannya banyak bekerjasama dengan sekolahan agar tiket menjadi maksimal terjual ya. 

Kalo di Medan, Sumatera Utara ada PRSU tempat kalian disebut apa Pekan Raya-nya? 





blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

16 komentar untuk "PRSU 2023"

  1. Wah asik bgt bisa lihat pekan raya. Saya sih nggak tahu nama yg sama di daerah saya. Jarang lihat juga mak.. Semoga bisa menyaksikan acara sejenis nih di Jawa Tengah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, ternyata di Jateng belum ada festival pekan raya ya Bu?

      Hapus
  2. PRJ lebih dominan yang jualan..stand UMKM bukan dominan. Perusahaan memanfaatkan event ini untuk jual barang stok gudang, bekas display, barang defect,.. sementara untuk barang baru ada harga khusus dengn tujuan jumlah banyak terjual meski untung tipis. Mungkin PRSU bisa mengadopsi ini..sehingga akan lebih menarik lagi.

    BalasHapus
  3. Wah aku baru tahu juga kalau misalnya di Jakarta ada PRJ dan ternyata PRSU di sumut ini bukan yang pertama kali nya ya. Kirain baru launching 🤭

    BalasHapus
  4. PSU ini semacam festival makanan. Sayang di sidoarjo tidak ada seperti itulah. Coba aja di sidoarjo pasti rame banget tempatnya hehe.

    BalasHapus
  5. Wah sampe skr blm berkunjung kesana. Yg bikin ga mau berkunjung itu : 1. Dari taun ketaun gitu2 aja. 2. Ga ada barang yg menarik dalam artian unik atau murah. 3. Parkir mobil mehong, infonya sampe 25rb, agak ga rela gt rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. By the way, prsu trakir sampai kapan ya? Sampai sekaramg masih belum terkunjungi juga, 🤭. Ngajak iatri jg tampak kurang minat belio

      Hapus
    2. Nah saya juga begitu.
      Maleusnya ke prsu karena semua poin itu.
      Saya pernah datang ke prj, pas bandingin sama prsu, memang beda level.
      Semoga prsu berubah de.
      Apalagi parkirnya mahal, ga sebanding sama isi di dalam sana.

      Hapus
  6. Baru tahuuuu ternyata Pekan Raya besar besaran yang diadakan setiap tahun itu bukan hanya milik Jakarta saja dengan PRJ alias Jakarta Fair. Eh ternyata dulu sekali, di Medan juga sudah ada Medan Fair alias PRSU. Wah ... apa ada di daerah lainnya juga ya, Mak?

    BalasHapus
  7. Oalah. Padahal 18 Juni kemarin lagi di Medan kok ya nggak ke mari. Emang sih ada pelatihan, tapi kok tau infonya bisalah mlipir. Hehehe, moga tahun depan ada lagi, ya, Mak. Pengen dateng. Nggak sah jadi warga Sumut rasanya kalo belum main ke PRSU. Hahaha.

    BalasHapus
  8. Uwoooo...kalo Upin dan Ipin bilang ini adalah Fun Fair. dan memang pekan raya bikin fun kan? duh sudah lama banget di tempat saya tinggal ngga ada pekan raya. Tapi kalo PRSU level besar ya eventnya. Top markotop

    BalasHapus
  9. Biaya tiketnya perkepala ya cha? Aih lumayan kali tuh, kenapa gak lebih dimurahin aja ya kan, biar makin banyak orang yang datang. Karena yg awak tengok orang banyak yg mau lihat konser artis daripada liat stand umkmnya hihihi

    BalasHapus
  10. Mungkin pas masuk prsu dan ga borong banyak karena tingkat pendapatan per kapita di medan masih rendah. Uang masuk aja 50k, untuk emak2 itu sudah bisa di belikan 5 mangkok bakso
    Hehehehe

    Dan untuk Literasi yang mendukung UMKM, Medan juga masih kurang berminat atau mungkin masih kurang di perkenalkan ke masyarakat kita

    BalasHapus
  11. Semoga makin sering ada agenda spt pameran itu ya bun supaya anak2 bisa belajar tapi tergantung sih kadang orang tua malas mengajak anak2 lihat pameran atau anak mager mending lihat hp...dilema jaman sekarang (gusti yeni)

    BalasHapus
  12. Wah seru ya kegiatan di PSU. Ada stand jajanya gak ya? Hmm tikwet harga 50 worth it banget sih mba

    BalasHapus
  13. Kami tahun ini aja gak PRSU, Alhamdulillah tahun2 sebelumnya rajin main ke sana, apalagi ada adek sepupu yg kerja di PRSU di stan Tobasa. Mudah2an PRSU 2024 bisa turut menyemarakkan lg lah, yuk Sumut jaya terusss, semangat!

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️