Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Edukasi Anak Perempuan tentang Menstruasi

 

Edukasi Anak Perempuan tentang Menstruasi

"Ma.. mama sudah shalat?" Tanya si sulung selesai melipat mukena miliknya.

"Mama sedang haid" Jawabku kemudian.

"Ma.. haid itu mens ya? Kayak kak Yumna?" Tanyanya lagi. Aku cuma mengangguk mengiyakan.

Itu secuil percakapanku dengan gadis sulung berusia 9 tahun, kala itu.  Sebelumnya aku selalu bersembunyi makan/minum bila tak berpuasa di bulan Ramadhan, menghormati ia yang berpuasa bersama adiknya. Namun seiring waktu ia semakin besar dan sudah mengerti. Bahkan di saat aku mengalami kram perut saat menstruasi ia akan berempati dan mempersilahkan aku beristirahat sementara ia menjaga adik.

Apakah masih ada emak-emak yang bingung bagaimana mengedukasi anak tentang Menstruasi? Sini-sini kita kumpul biar Emak ceritain gimana kemarin webinar yang Emak ikuti. 

Sehat dan Bersih saat Menstruasi

Sehat dan Bersih Saat Menstruasi


Judul webinar yang Emak ikuti adalah Sehat dan Bersih saat Menstruasi. Ini acara bergizi banget loh Mak karena dipandu oleh host yang keren yakni Novita Angie. Diisi pula oleh narasumber profesional yakni:

1. Mada Shinta Dewi yakni Country Manager Mundipharma Indonesia

2. Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp. OG (K), MPH yaitu anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI)

3. Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Psi yakni Ketua Ikatan Psikologi Klinis (IPKI) Indonesia wilayah Jakarta

4. dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid selalu Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.


Pertama sekali acara ini dibuka secara ontime oleh host Novita Angie, kemudian Bu Mada Shinta Dewi memberikan kata sambutan. Menyambut hari Kebersihan Menstruasi yang diperingati setiap tanggal 28 Mei maka Mundipharma Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan juga POGI sejak 2017 untuk melakukan campaign tentang edukasi mengenai menstruasi dan dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia. Waaah Emak jadi kepengen donk punya satu buat anak perempuan di rumah.

Edukasi Anak Perempuan tentang Menstruasi


Setelah kata sambutan dari Bu Mada, maka Prof Dwiana memberi paparan cukup mencengangkan buat Emak.. ternyata satu dari 2 anak perempuan tidak tahu apa yang harus dilakukan saat mengalami menstruasi pertama sekali (menarke). Ini membuat Emak flashback ke belakang. Betapa beruntungnya Emak karena dulu mendapatkan pengetahuan tentang menstruasi secara tepat dari keluarga. 

Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi

1. Cuci bersih pembalut yang sudah dipakai dan masukkan ke dalam kantong plastik.

2. Buanglah pembalut yang sudah dipakai ke tempat sampah.

3. Apabila menggunakan pembalut cuci ulang, cucilah pembalut tersebut setelah digunakan. 

4. Pembalut sebaiknya diganti setiap 4 - 5 jam sekali.

5. Mandi dua kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh.

6. Selalu cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalut.

Mengapa penting menjalankan Manajemen Kebersihan Menstruasi? Karena area vagina akan lebih banyak dihinggapi bakteri buruk saat menstruasi. Akibat paling tidak kita suka tentu saja mengakibatkan penyakit, seperti:

1. Vaginitis.

2. Vaginosis Bakterialis.

3. Kandidosis Vulvovaginalis.

4. Infeksi Saluran Kemih.

5. Resiko Kanker Serviks.


Lanjut lagi ke pemaparan dari psikolog Anna Surti, menurut data UNICEF tahun 2020 menyebutkan bahwa 1 dari 4 anak Indonesia tidak pernah menerima informasi tentang menstruasi sebelum menarke. Sungguh sangat disayangkan. Apakah karena orangtua menganggap tabu atau si anak enggan bercerita kepada orangtua, khususnya Emak. 

Sekarang, yuk kita ubah data ini. Jadi orangtua yang peka dan terbuka memberikan edukasi tentang menstruasi kepada anak kita agar mereka tidak terjebak dengan mitos atau malah mendapat fakta yang salah di internet. Padahal, 90 persen remaja menganggap ibu maupun guru adalah pemberi informasi terpercaya. Jadi, yuk kita maksimalkan peran kita.

7 Tips Bicara tentang Menstruasi

1. Ingat, ibu = orang yang paling diharapkan.

Ibu adalah sosok yang paling diharapkan oleh anak perempuan untuk mendapatkan informasi mengenai menstruasi yang terpercaya. Maka ibu wajib membekali diri dengan informasi mengenai menstruasi, mana yang hanya sekedar mitos mana yang fakta. Ibu juga harus tau bagaimana cara menyampaikan informasi dengan benar.

2. Bicara tentang Menstruasi Tidak Tabu

Yang harus ibu sadari bahwa Pembicaraan tentang menstruasi penting untuk meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan generasi penerus bangsa. 

3. Lakukan Berulang Kali

Jangan berpikir topik ‘menstruasi’ bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan saja. Topik ‘menstruasi’ dapat dibicarakan sejak ada tanda-tanda awal pubertas, atau sebelumnya.Sesuaikan pembicaraan dengan usianya.

4. Bersikap Positif

Isu-isu pubertas (termasuk menstruasi) bisa merupakan topik yang sensitif buat remaja. Maka seorang ibu harus menampakkan sikap positif yang membuat remaja merasa nyaman ketika berbicara mengenai isu tersebut.

5. Banyak Bertanya dan Berdiskusi

Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan jawaban remaja, dibandingkan banyak menceramahi /menasihati. Ibu bisa berbagi pengalaman pribadi secara positif. Jika tak siap menjawab pertanyaana anak katakan butuh waktu berpikir dulu. Setelahnya cari informasi dan jawablah. 

6. Jelaskan secara Konkrit

Gunakan gambar anatomi tubuh sederhana sembari menjelaskan. Tunjukkan pembalut dan ajari cara menggunakannya. Dapat dilakukan dengan games, misalnya Menstrual Maze.

7. Jelaskan juga Kepada Anak laki-laki

Tujuannya agar anak laki-laki dapat lebih menghargai dan memahami perempuan. Anak laki-laki diharapkan tidak mengejek atau mempermalukan anak perempuan yang sedang menstruasi, namun dapat membantu. Bantuan misalnya dengan ikut menutupi teman perempuan yang mengalami ‘bocor menstruasi di roknya’. Contoh bantuan lain misalnya membawakan minuman hangat untuk teman yang lesu karena menstruasi.

Setelah psikolog Anna Surti selesai, dr. Dwi Oktavia, TLH, M.Epid selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  Dinas Kesehatan Prov DKI Jakarta memberitahu bahwa pemerintah memberikan dukungan untuk mewujudkan Manajemen Kebersihan Menstruasi serta memiliki program kesehatan yang mendukung kesehatan reproduksi remaja. Dukungan dengan dibuatnya undang-undang dalam PERATURAN PEMERINTAH NO. 61 TAHUN 2014 TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI. Serta beberapa program seperti:

1. UKS

2. Posyandu Remaja

3. Aku Bangga Aku Tau

4. Vaksinasi HPV

Setelah membaca banyak pemaparan dari para ahli, sudah aware kan Mak betapa pentingnya menerapkan Manajemen Kebersihan Menstruasi. Memberitahu anak bahwa mencuci tangan dengan sabun saat memakai dan mengganti pembalut. Pastikan anak perempuan tidak menggunakan sabun tersebut untuk mencuci area kewanitaan. Karena pH tubuh berbeda dengan Miss V. Apalagi saat menstruasi, banyak bakteri buruk yang berkembang. Untuk itu, Mundipharma Indonesia mempunyai beberapa produk yang mendukung kesehatan area kewanitaan.

1. Daily Protection

Untuk penggunaan sehari-hari, ada dua pilihan, yakni:

- Betadine Feminine Wash Foam

- Betadine Feminine Wash Natural

2. Red Days

Untuk saat-saat menstruasi, dapat menggunakan Betadine Feminine Hygiene.

3. Infection

Ketika terjadi infeksi, gunakan Betadine Vaginal Douche.

4. On The Go

Ada Betadine Feminine Wipes untuk menghindari infeksi ketika menggunakan toilet umum ketika bepergian.

Sehat dan Bersih saat Menstruasi


Tentang BETADINE®  

BETADINE® adalah produk yang sudah dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia untuk mencegah dan mengobati infeksi. Sebuah merek terpercaya di antara konsumen rumah tangga untuk mengobati luka kecil dan luka gores, sakit tenggorokan, infeksi kewanitaan, dan untuk menghentikan masalah kecil agar tidak meningkat menjadi masalah besar. BETADINE® Feminine Care merupakan rangkaian lengkap untuk mendukung kebersihan dan kesehatan area kewanitaan, mulai dari sehari–hari, menstruasi dan juga infeksi area kewanitaan. Untuk sehari–hari, BETADINE® Feminine Wash dilengkapi dengan Prebiotik yang merupakan makanan dari bakteri baik dan memberikan perlindungan alami sehari–hari. Untuk infeksi di area kewanitaan, BETADINE®  Feminine Hygiene dengan Povidone–Iodine yang memiliki spektrum luas dan terbukti mengatasi keputihan berlebih, gatal, bau tak sedap dan iritasi ringan yang kerap terjadi saat menstruasi. Untuk semua produk yang disebut di atas bisa dibeli di Shopee atau Tokopedia.











blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

76 comments for "Edukasi Anak Perempuan tentang Menstruasi"

  1. Sebagai ibu, punya tanggung jawab besar untuk mengajari dan mendidik anak perempuan khususnya tentang menstruasi dan menjaga kebersihan area sensitif.

    ReplyDelete
  2. Dulu saya masih ingat sekali waktu SD, ada salah satu teman saya yang sedang menstruasi dan dibully sama teman sekelas. Kasihan sih, karena "bocor" hehe. Tapi memang penting mengedukasi anak2 perempuan dan laki2 untuk lebih bijak dan mau menghargai teman perempuannya yang sedang menstruasi.

    Dan materi menstruasi ini ada di kelas XI SMA yang saja ajar, thanks kak menambah wawasan saya untuk nanti saya sampaikan ke kelas untuk pelajaran berikutnya. Oya, yang terpenting saat menstruasi tidak boleh seorang perempuan menceritakan tanggal pertama mens-nya kepada teman laki2/ayahnya/kakeknya (bisa bahaya ya disalahgunakan), karena nanti bisa dihitung masa subur/ovulasinya. Masa subur bisa terjadi kehamilan. hehe..itu yg selalu saya sampaikan kepada anak2 perempuan SMA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener banget ini, Mas. Selain memberi edukasi seputar menstruasi dan cara menjaga kebersihannya, orang tua juga wajib memberi tahu cara menjaga diri setelah anak dapat menstruasi salah satunya dengan tidak memberi tahu hari pertama haid ini yaa

      Delete
  3. Sebagai ibu adlah sumber terpercaya bagi anak ya. Maka jadi itu ibu tempat cerita anak2 tentang hal apapun kdang suatu cerita yg rahasia atau malu untuk diceritakan ke orang lain, maka larinya tempat cerita adlah ke ibu. Dulu aku jg gitu makanya aku tanya2 ttg menstruasi kpd ibuku hehe malu kalau nanya2 ke orang lain waktu pertama kali mens.

    ReplyDelete
  4. Aku mulai jelasin ke anakku soal menstruasi tahun ini diusianya ke-7. Meskipun dia selalu nanya tiap kali datang bulan kok ibu tidak puasa dan sholat? Terus kenapa ibu sudah besar kok pakai pospak/pembalut kayak adek?

    ReplyDelete
  5. Saya mungkin termasuk generasi zaman old ya, belum teredukasi dengan baik soal menstruasi oleh ibu saya. Apalagi di zaman saya belum ada tuh produk pembersih area kewanitaan seperti Betadine ini.

    Malah dulu nasihat yang saya terima ketika mulai menstruasi adalah saya diminta harus lebih pandai menjaga diri, khususnya dari lawan jenis, harus berpakaian sopan, menjaga kehormatan soalnya anak perempuan yang udah menstruasi itu sudah bisa hamil. Duuuh gak nyambung ya. Ngakak kadang saya mengingatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada benernya sih, kalau udah menstruasi bisa hamil. Tapi engga dijelaskan kenapa dan bagaimananya yah. Mungkin bingung cara jelasinnya.
      Alhamdulillah, sekarang informasi semakin terbuka, bisa kita jadikan media untuk mendekatkan ke anak perempuan.

      Delete
  6. Menstruasi memang tidak boleh dianggap tabu, karena itu sudah alamiah dan selalu ada pada diri perempuan. Orang tua perlu membuka diri dengan segala informasi. Tidak hanya ibu juga sih, ayah juga. Tidak hanya ke anak perempuan, anak laki-laki juga.

    Problem menstruasi ini berbeda-beda. Ada yang tidak sakit, ada pula yang sampai tidak bisa apa-apa. Bangun tidur pun tidak. Sakit sekali di perutnya. Hal seperti itu perlu dipahami bahwa pendidikan menstruasi adalah edukasi untuk keluarga juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Pak, bila menstruasi masuk dalam pendidikan keluarga juga. Sebab kaitannya menstruasi adalah dengan perempuan. Dan karena perempuan adalah sebagai istri, ibu, dan saudara perempuan di rumah

      Delete
  7. sepakat edukasi terhadap anak perempuan semenjak usia dini sangat penting.. dan edukasi juga aank lakinya agar menghormati, mengerti dan tidak menjadikan haid bahan ejekn atau cemoohan...

    ReplyDelete
  8. Iya nih ganti pembalut kudu beneran sering2 deh soalnya risih aja gtu kalau dipakai berjam2 apalagi kalau sedang banyak2nya ya mbak.
    Asyik banget dapat banyak insight dan tips dari webinar yang mengangkat ttg menstruasi kmrn ya mbak

    ReplyDelete
  9. penting banget ya rupanya menjelaskan masalah mentruasi ini ke anak, dan bukjan cuma anak perempuan saja, tp laki-laki jg penting buat tahu, keren deh materi webinarnya :)

    ReplyDelete
  10. Yup nggak cuma anak perempuan saja yang harus dijelaskan soal menstruasi, tapi anak lelaki juga. Jangan sampai saat dewasa nanti dia bingung ngadepi wanita dewasa yang sedang menstruasi

    ReplyDelete
  11. sepakat banget kalau seorang ibu mestinya memberikan edukasi sejak si anak belum menstruasi. bukan hal tabu lagi karena demi kebaikan anak juga nantinya. bener banget nih, ganti pembalut 4 jam sekali. kadang kl lg deras malah 2 jam sekali, hehe

    ReplyDelete
  12. Dulu tahunya Betadine hanya produk antiseptik untuk obat luka. Ternyata ada ya Betadine Feminine Care nya. Lengkap pula mulai perawatan keseharian, saat infeksi, saat datang bulan dan saat bepergian.
    Menjaga kebersihan dan kesehatan saat menstruasi memang penting diajarkan sejak dini

    ReplyDelete
  13. Anakku bentar lagi nih mbak. Deg deg an karena menghadapi anak remaja itu pasti enggak mudah. Pas dia lagi haid juga bisa jadi nanti dia akan moodswing kan? Heuuuu oiya buku sakunya aku juga mauuuu heheh

    ReplyDelete
  14. Masya Allah. Anak jadi bisa memahami kalau memang sudah dikenalkan lebih awal ya Mba. Pun ketika akhirnya ia mengalami mens, bisa jadi sudah lebih siap.

    ReplyDelete
  15. Untung saya laki2, pling yg dipikir sunat tp sekali seumur hidup,, kalo cw2, mens nya hihi
    Tp semangat yah cw2 hehe

    ReplyDelete
  16. Menstruasi merupakan fase penting bagi perempuan. Fase ini harus dihadapi dengan ilmu yang mumpuni. Edukasi dalam artikel ini sangat bermanfaat. Pas banget untuk anak perempuan. Agar mereka bisa maksimal menjalani dan mengalami menstruasi. Artikel keren

    ReplyDelete
  17. Daku juga gitu sama ponakan, kalau pas puasa makannya ngumpet. Cuma pas dia kelas 1 SD ngasih tahunya bahwa perempuan itu istimewa, ada waktu merahnya untuk istirahat. Hehe

    ReplyDelete
  18. Walaupun saya tidak punya anak perempuan, tapi ternyata penting juga ya mengedukasi anak laki-laki. Jika jaman old anak remaja laki-laki suka mengejek dan menertawakan perempuan yang bocor, saatnya kita jadi ibu pembawa perubahan. Asyek... Biar anak laki-laki melindungi anak perempuan yang sedang datang bulan.

    ReplyDelete
  19. Dulu waktu aku beranjak remaja si mamahku udah kasih tau kalau nanti bakalan menstruasi, kasih tau juga cara menjaga kebersihan selama menstruasi.

    ReplyDelete
  20. kemarin aku juga ikut webinar ini mbak icha. penting banget untuk edukasi anak perempuan kita nanti ya

    ReplyDelete
  21. Penting banget memberikan edukasi menstruasi pada anak perempuan agar tdk salah mendapat informasi

    ReplyDelete
  22. BETADINE Feminine Wash manfaatnya untuk mengurangi rasa gatal dan bau saat mengalami menstruasi

    ReplyDelete
  23. dulu sebelum mens kaga dijelasin mens tu begimane, alhasil pas mens pertama, syukurnya dirumah baru ngerti. selama SD liat temen mens cm kayak oh dia g bs solat, puasa, gt doang, liat temen bocor di kelas kayak ih jorok, pdhl emg darahnya lg banyak2 nya 😂😂😂 astaga bener2 dah anak skrg kudu dikasi tau, jgn kayak dulu2

    ReplyDelete
  24. Kalo hostnya Novita Angie pasti ruameeee dan heboh ya mba. Wkwkwk. Apalagi bahas yang sensitif begini, soal edukasi menstruasi untuk anak perempuan. Anak laki-laki kita juga penting loh diedukasi hal sama dari sudut pandang mereka.

    ReplyDelete
  25. Keren nih artikel, bakal aku save kl punya ank cewe ntr. Berhubung anak jantan semua jd sementara edukasi buat emaknya dlu 😅. Trimakasih infonya mbak.

    ReplyDelete
  26. Webinar yang bermanfaat ya cha, jadinya awak lebih prepare memberikan edukasi yang baik pada anak perempuan tentang menstruasi ini

    ReplyDelete
  27. Aku punya anak laki-laki, sejauh ini bocah cuman tahu kadang-kadang aku pakai pembalut, tapi bilangnya kaya popok buat perempuan dewasa :)))

    ReplyDelete
  28. anak laki-laki kalau baru bisa bicara banyak bertanya yang ada di hadapanya dan orang tua harus pintar2 menjelaskan supaya anak lebih mengerti dan paham

    ReplyDelete
  29. Materinya lengkap banget Mbak. Cocok banget buat kawan-kawan yang masih tabu membicarakan tentang haid. Padahal, penting banget untuk dibahas karena berkaitan dengan kesehatan pribadi.

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah anak sulungku juga sudah kusounding tentang menstruasi. Nggak lagi kaget kalau bundanya lagi nggak sholat. Seneng banget sih bisa join webinar yang materinya komplit dan penting banget. Pengen kubagikan saat arisan PKK dan dawis juga nih, biar semakin banyak para ibu yang tahu.

    ReplyDelete
  31. Penting sekali nihi edukasi ke anak perempuan kita ttg kebersihan menstruasi, apalagi saat dapat menarche mens perdana hrs didampingi ibunya agar tahu cara membersihkan

    ReplyDelete
  32. Setuju bgt mbak, bicara menstruasi memang bukan tabu lagi. Ini sangat bermanfaat utk anak perempuan agar bisa menjaga kebersihan saat mens & menyehatkan organ reproduksi.

    ReplyDelete
  33. Momen menstruasi pertama itu krusial dan penting memang peran Ibu untuk edukasi sekaligus mendampingi masa-masa tersebut. Sehingga anak-anak perempuan kita jadi lebih aware sm kesehatan area kewanitaannya

    ReplyDelete
  34. gegara ikutan zoominar ini aku jadi rajin ganti pembalut kak, nggak nunggu 4 jam sih tiap kali basah gak nyaman langsung ganti. Allhamdulillah semoga aku juga makin aware nih aakan managemen kesehatan pas mens begini

    ReplyDelete
  35. Memberikan edukasi memang sangat penting kepada anak perempuan agar nantinya saat mens gak panik dan bisa melakukan MKM dengan tepat

    ReplyDelete
  36. Mitos mengenai menstruasi di Indonesia sendiri sudah cukup banyak yang menyesatkan. Alhamdulillah, kemarin mendapat ilmu dari webinar bersama Betadine. Jadi tinggal prakteknya niih..ngobrolin masalah menstruasi dan kesehatannya bersama si anak pra remaja.

    ReplyDelete
  37. peran seorang ibu memang sangat penting ya buat memebrikan pengetahuan kepada anak-anak soal menstruasi, agar mereka mempunyai pengetahuan untuk merawat dan menjaga area intim saat menstruasi ataupun sedang tidak

    ReplyDelete
  38. Edukasi sejak dini tentang menstruasi bukan hanya penting buat anak putri tapi juga anak putra. Anak putri mesti paham agar bisa sigap saat mendapat menarke, biar ga malu. Anak cowok harus mengerti biar bs menghargai teman teman ceweknya bukan malah meledeknya. Bagus banget ini acaranya jadi mendorong wanita untuk mewujudkan kebersihan organ kewanitaan lewat manajemen kebersihan menstruasi, salah satunya dengan dukungan Betadine Feminine care.

    ReplyDelete
  39. senangnya ya ka dapat ilmu banyak dari webinar ini dan jadi ingat dulu waktu remaja jarang sekali mendapat penyuluhan terkait menstruasi dan acara webinar seperti ini sangat bagus untuk mengedukasi anak-anak remaja yang baru mengalami menstruasi agar dijaga dan dirawat pada saat mengalaminya

    ReplyDelete
  40. Wiwin | pratiwanggini.netJune 06, 2021 12:23 am

    Ilmunya lengkap dan sangat bermanfaat. Sebagai seorang ibu, saya merasa wajib turut serta menyebarkan edukasi seputar menstruasi ini.

    ReplyDelete
  41. Setuju sama tips2 yg ada di artikel ini, yakin dan percaya ngomongin soal kesehatan seperti ini bukan lagi hal yg tabu. Ini penting dan sangat penting.

    ReplyDelete
  42. Saya juga ngasih edukasi soal mens ke anak cowok saya (kelas 5 SD). Soalnya dia sering ngeliat mamahnya nggak sholat karena mens. Ya udah, sekalian aja saya ceramahin soal mens.

    Edukasi soal menstruasi memang perlu banget loh, biar ketika si gadis ngalamin menstruasi pertamanya, dia nggak kaget lagi dan telah siap menghadapinya dengan senyuman, hahaha.

    Sekarang mah nggak perlu tabu lagi, setiap orang tua perlu banget edukasi sejak dini mengenai menstruasi kepada setiap anak gadisnya. Orang tua juga wajib menambah ilmu soal menstruasi, jadi bisa memberikan penjelasan yang komprehensif sekaligus berbagi pengalamannya.

    Penting banget nih menjaga kebersihan saat menstruasi. Untung ada Betadine Feminine Care....

    ReplyDelete
  43. Manajemen kebersihan menstruasi harus didukung oleh berbagai pihak terutama di tempat umum ya degan menyediakan toilet bersih dan tersedia air mengalir yang bersih juga supaya perempuan bisa terjaga kebersihan area kewanitaannya juga

    ReplyDelete
  44. Kalau enggak dijelaskan dengan detil biasanya memang akan bingung. Enggak masalah kita ditanya tanya sampai banyak asal anak paham dan percaya informasi kita sudah pasti 100% benar

    ReplyDelete
  45. baiknya laki2 dan perempuan memang harus tau apa mens ini ya, agar tdk jd hal yg diduga2 saja keberadaannya haha apalagi kalo yg mens msh anak SD kak cha, kek gak tega aja gt

    ReplyDelete
  46. Penting banget mengajari anak perempuan menjaga kesehatan area feminimnya untuk efek jangka panjang kesehatannya

    ReplyDelete
  47. Jaman sekarang membersihkan organ kewanitaan makin mudah karena ada rangkaian produk Betadine Feminin Care.

    Karena peduli terhadap kebersihan menstruasi ialah tanggung jawab kita sebagai perempuan.

    ReplyDelete
  48. Memang penting sekali mengedukasi anak perempuan tentang kebersihan saat menstruasi. Karena area vagina akan lebih banyak dihinggapi bakteri buruk saat menstruasi.

    ReplyDelete
  49. Aku pun ikut webinarnya kemarin mba. Pematerinya keren keren. Dapat banyak ilmu baru sebagai ibu yg punya anak prempuan. Ilmunya bakal kepake banget sih yakin. Semoga makin sering ya event yg mensosialisasikan tentang kebersihan dan edukasi saat menstruasi

    ReplyDelete
  50. Mengedukasi anak perempuan tentang menstruasi memang tanggung jawab ortunya. Aku sepakat sekali dengan yang disampaikan bu Anna dan narasumber lainnya. Manajemen kebersihan menstruasi apalagi sangat penting. Siapa sih yang mau kena infeksi vagina dan isk

    ReplyDelete
  51. Ganti pembalut tiap 4 jam itu yang masih sering abai. Apalagi kalau pas lagi nggak banyak. Abis ikut webinar ini jadi lebih sadar untuk rajin ganti.

    ReplyDelete
  52. Edukasi mengenai menjaga kebersihan saat haid ini memang penting banget ya Mbak sampai-sampai ada hari untuk memperingati Kebersihan Menstruasi. So sudah jadi kewajiban kita juga sebagai orang tua untuk memahamkan or mengedukasi anak sejak dini mengenai hal ini.

    ReplyDelete
  53. Aku baru ngeh ada hari untuk memperingati kebersihan menstruasi. Kayak gini bikin kita sadar bahwa kebersihan menstruasi itu penting. Mana berhubungan dengan penyakit organ reproduksi wanita yang berbahaya.

    ReplyDelete
  54. nyetok pembalut banyak banyak deh, tak perlu yang ukuran besar dan lebih lebar tapi yang biasa aja, agar saat di rumah lebih rajin untuk ganti pembalut. Karena ternyata dampaknya ngeri kalau kita kurang menerapkan MKM

    ReplyDelete
  55. jangan lupa si anak dikasih tahu kalau membersihkan area kewanitaan itu jangan pake sabun, melainkan pakai betadine feminine care. soalnya aku pernah sih, haha, ya karena gak tahu
    dan sekarang udah nyiapin betadine feminine care di kamar mandi

    ReplyDelete
  56. Kedekatan mama sama anak gadisnya musti bagus ini ya,, jd komunikasi ttg kebersihan menstruasi pun jd gampang ya,, Betadine Feminine Hygiene OK

    ReplyDelete
  57. Alhamdulillah ya mba, ternyata Betadine feminine care punya produk yang cocok dan pas banget buat menjaga kebersihan area kewanitaan

    ReplyDelete
  58. Habis baca ini, kayaknya aku makin memantapkan diri untuk menggunakan Betadine Feminine ini deh. Nama besar Betadine kayak udah jaminan mutu gitu untuk menerapkan gaya hidup MKM yang tepat

    ReplyDelete
  59. Produk2 Betadine komplit banget ya. Apalagi sekarang sudah ada Feminine Care series juga. Pengen nyobain yang khusus red days dan wipesnya..keknya wajib punya buat pas pergi2 biar lebih bersih.

    ReplyDelete
  60. menjaga area kewanitaan memang penting banget, jangan sampai didiamkan saja. aku beberapa kali ada masalah di area kewanitaan, selalu diobati dengan betadine feminine.

    ReplyDelete
  61. Si Rara kami suka nanya dan cerita ttg menstruasinya apalagi tinggal di pesantren apa gak seru tuh dengerin pengalaman asyik teman2nya

    ReplyDelete
  62. Seneng rasanya ikut webinar tentang menstruasi ini kemarin, jadi tambah ilmu buat sounding ke auni yang hampir berusia 9 tahun.

    ReplyDelete
  63. Bener dan setuju banget untuk edukasi menstruasi memang seharusnya diberikan pemahaman lebih dini pada remaja putri karena mereka harus bertanggung jawab dengan organ kewanitaan mereka setelah mendapat menstruasi

    ReplyDelete
  64. obrolan tentang menstruasi memang sebaiknya berangkat dari rumah ya bund. obrolan yang ringan dan rutin, tentu akan membuat anak pra remaja lebih paham tentang apa yang mereka hadapi dan bagaimana menjaga kebersihannya.

    ReplyDelete
  65. Pentingnya memberikan pemahaman kepada anak perempuan untuk menjaga kebersihan saat menstruasi sangat penting bgt ya mbak. Terutama ibu-ibu yang memiliki anak perempuan, pemahaman itu harus diberikan sebagai edukasi pada mereka

    ReplyDelete
  66. kemarin juga aku ikutan nih mom acaranya, seru banget ya dan bermanfaat tentunya

    ReplyDelete
  67. Edukasi tentang haid memang penting, apalagi untuk remaja putri. Mereka memang perlu tahu sejak dini untuk kebersihan selama masa haid. Tidak bisa diabaikan begitu saja.

    ReplyDelete
  68. Tips bagi ibu untuk memulai bicara masalah menstruasi kepada buah hati ini oke banget diikuti ya. Selain itu kita juga jadi tahu kapan saat pas anak2 diajak bicara tentang menstruasi. Yaitu saat tanda-tanda puber mulai kelihatan. Jadi anak nggak kaget.

    ReplyDelete
  69. Webinar ini yang wajib diikuti oleh para perempuan, soalnya banyak banget ilmu yang didapatkan. Trus aku juga baru tau kalo sekarang produk Betadine Feminine Care makin banyak variannya.

    ReplyDelete
  70. Anak anak perempuan yang baru "mulai" harus paham ya mengenai hal ini. Agar mereka bisa menyesuaikan dengan pas, kapan waktunya untuk menjalankan ibadah dan kapan harus stop dulu. Btw minum jamu kunyit juga memperlancar haid dan membuang kotoran. Setahu saya sih gitu.

    ReplyDelete
  71. para remaja perempuan harus banget tau tentang ini. Karena ini demi kebaikan dan kesehatan organ intim.

    ReplyDelete
  72. Emang penting banget edukasi soal menstruasi. Aku juga ngerasain sendiri manfaatnya waktu dikasih tau Mama dulu soal ini.

    ReplyDelete
  73. Iya nih penting banget edukasi ttg menstruasi dan kebersihannya ke anak. Makasih tips mengomunisasikannya. Btw aku baru tahu ada games menstrual maze segala ya? Kayak apa jadi penasaran, hehe

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️