Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Alam Armaya

 

Wisata Alam Armaya

Setelah habis lebaran, biasanya kebiasaan kami sering pergi ke tempat wisata. Namanya tinggal di Medan, kalo pengen jalan-jalan cuma seharian pasti mengarah ke Berastagi. 

Kali ini yang ngotot pengen jalan-jalan ya anak-anak. Pasalnya, mereka kepengen banget ke Bahorok (Sebelum Bukit Lawang) diajakin bou nya (Saudara Perempuan Ayah). Namun pada hari H ayah anak-anak ada kerjaan. Jadilah mereka ngambek. 

Akhirnya setelah melalui negosiasi yang panjang, dipilihlah tengah pekan sebagai waktu untuk pergi jalan-jalan. Anak-anak pun request mandi-mandi seperti di daerah Bahorok.

Karena judulnya mandi-mandi dan mencari daerah terdekat, pilihan gak jauh-jauh dari aliran air Berastagi seperti Sayumsaba atau pemandian di dekatnya. Tapi, Sayumsaba biasanya ramai dan padat. Maka kami pun bergerak ke arah lain yakni sungai Binge lewat dari Binjai. 

Dasar keluarga rempong, sudahlah pergi saat Dzuhur, dari Medan sudah singgah ke masjid agung Kota Binjai, selesai shalat malah bertukar rencana. Kami pun putar balik ke Wisata Alam Armaya. Wkwkwk penonton harap jangan palak. 

Dari maps kami menuju Armaya dengan jalan yang cukup berliku. Padahal aslinya ya.. dari kota Medan, wisata alam Armaya ini dilalui dengan jalur mulus semua. 


Lokasi?

Di mana sih tepatnya Wisata Alam Armaya ini? Letaknya di JL. Wisata Alam, desa Sukarende, kec. Kutalimbaru, Pancurbatu, Salam Tani, Pancur Batu, Salam Tani, Kec. Pancur Batu, Deli Serdang Regency, Sumatera Utara 20000.

Mudahnya begini, kalo dari medan kita jalan dari Padang Bulan menuju Berastagi. Sebelum Pajak /Pasar Pancur Batu kita belok ke kanan. Orang Medan pasti tau lah jalan potong untuk menghindari polisi macet di pajak Pancur Batu kalo mau ke Berastagi. Dari jalan tersebut cukup lurus saja hingga menemukan pamplet Lokasi Wisata Alam Armaya. 

Oh ya, di simpang Tuntungan sebelum Jalan Masuk yang Emak sebut tadi, bisa jadi kalian akan menemukan juga petunjuk jalan menuju Wisata Alam Armaya, Emak sarankan dari Pancur Batu saja. Karena jalan alternatif dari Tuntungan mengalami putus jembatan yang belum diperbaiki sejak terkena banjir bandang di Desember 2020. Kok tau sih Mak? Lah.. pas ngikutin google maps dari Binjai Emak dibawa ke situ😂. Akhirnya zonk dan harus cari jalan lain yang lebih jauh hingga 17 km. 

Lagian, jalan dari Tuntungan gak semulus dari Pancur Batu. Percaya deh.. soalnya pas pulang dari Wisata Alam Armaya Emak saksikan sendiri. 


Harga Tiket ?

Setelah bertemu dengan petugas di depan pintu masuk, saat itu kami dikenai biaya 5.000 per orang dengan biaya parkir mobil juga 5.000 rupiah. Oh ya, biaya ini gak termasuk kalo pengen berenang, naik kuda, naik ATV/wahana lainnya yang ada. Masuk ke wisata sungai gratis tapi jangan lupa bayar pondokan seharga 40.000 per pondok. Syukurnya Wisata Alam Armaya menerapkan protokol kesehatan. Jadi saat masuk kita di cek suhu tubuh juga wajib memakai masker. 

Apa Saja yang Ada?

Berhubung kami datang bukan di saat weekend, maka yang tersedia hanya kolam renang dan juga wisata sungai yang selalu terbuka. 

Sebenarnya ada ATV dan juga Flying Fox. Berkuda juga ada loh.. ternyata setelah kami masuki, di sini ada penginapannya juga. Namun tau lah ya di masa pandemi.. semua serba sepi. Fasilitas lain ada mushalla dan taman bermain buat anak di bawah 12 tahun. 

Wisata Alam Armaya
Taman Bermain


Kami memilih mandi di sungai. Suasananya saat kami datang cenderung sepi. Jadi merasa aman lah main di Wisata Alam Armaya. Aliran airnya tidak terlalu deras, batu-batu besar juga banyak di sekitar, jadi anak-anak terlindung dari arus sungai yang bisa membawa mereka.

Wisata Alam Armaya
Serasa Sungai Pribadi

Wisata Alam Armaya
Airnya jernih, arus tak terlalu deras

Wisata Alam Armaya


Sayangnya, karena kami datang sudah hampir sore, anak-anak jadi gak puas main air. Di sini, jam 5 sore sudah diperingatkan untuk bersiap meninggalkan area. Karena petugas penjaga area sungai akan meninggalkan kita di pukul 17.30 WIB. 


Tips Membawa Anak Main di Wisata Sungai

1. Membawa Bekal

Sebelum turun ke air sebaiknya anak-anak diberi makan lebih dahulu. Jangan biarkan perut kosong saat bermain air. Jangan lupa membawa termos berisi air panas untuk menghangatkan perut selesai bermain air. 

2. Pengawasan 

Anak-anak di bawah 12 tahun sebaiknya diawasi agar bermain di area yang aman. Air tidak melebihi dada anak tersebut, apalagi bila anak tersebut belum mahir berenang di air yang berarus.

3. Perlengkapan Ganti

Membawa baju ganti, sabun, shampo lengkap dengan minyak telon/minyak kayu putih.

4. Warning Sign

Ada kalanya, anak sudah kedinginan karena lama bermain air. Namun saking asyiknya bermain air anak enggan untuk keluar dari air. Perhatikan anak bila sudah terlampau menggigil atau bibir kebiruan tanda kedinginan. Segera ajak naik ke pondokan dan minum air hangat.

5. Beri Pengetahuan Singkat

Tentang daerah yang akan kita tuju, anak umur 6 tahun ke atas sudah bisa diberi pengetahuan singkat tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Apa yang harus dilakukan bila terjadi kejadian di luar perkiraan. 

Wisata Alam Armaya
Salam dari keluarga Mak Ali (mamak anak lima)


Nah.. itulah beberapa tips tentang membawa anak bermain di wisata sungai serta tentang Wisata Alam Armaya. Jangan lupa ke sini ya kalo ke Medan karena tempatnya masih belum terlalu ramai sehingga tepat dijadikan tujuan liburan atau sekedar bermain air. Di lain waktu kami akan kembali lagi biar anak-anak puas bermain air. Kalo kamu Mak, ada tips lain kah ketika membawa anak bermain di wisata sungai? Kuy kita cerita di kolom komen ya..



blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

24 komentar untuk "Wisata Alam Armaya"

  1. Jadi ii cerianya, rencana kemana, jalan kemana dan akhirnya kemana haha...muter aja jadinya.
    Tapi senang anak-anak bisa keturutan mandi-mandi di wisata alam raya. Kebayang segernya. Aku belum pernah ajak anak mandi di sungai. Di Jakarta sungainya kayak gitu dududud

    BalasHapus
  2. Kami juga kalau wisata alam lebih senang bawa bontot (bekal nasi) sendiri. Gelar tikar sama lihat sumber mata air, anak-anak berenang. Seru deh. Btw emang murah ya tiket masuknya cuma 5 ribu doang.

    BalasHapus
  3. Aduh, Binjai. Makin elok nian mungkin sekarang ya. Dulu saya pernah main ke sana. Soalnya kampung saya relatif dekat ke Sumut.

    Nukar rencana perjalanan di tengah jalan itu sesuatu banget mba. Wkwkwk. Rempong yaaa emang. Kami saja yang udah nyampe Ragunan, pernah balik kanan ke Taman Mini. Emang lah rempong kali kita ini yaaa mak.

    Waah, serunya main di sungai. Apalagi airnya gak terlampau deras sepertinya. Aman buat anak-anak.

    BalasHapus
  4. Lumayanlah dapat juga liburan tipis2 ga jauh juga dan ga ramai juga

    Jadi tetap dapat amannya, dapat juga nuansa liburannya...

    BalasHapus
  5. Makasih tipsnya dan referensi tentang Pemandian Alam Armaya, kk

    BalasHapus
  6. Hahaha udah jalan aja bisa berubah ya dari rencana awal. Tapi asyik banget ini wisatanya, bisa mandi di air sungai yang jernih airnya. Duh jadi ingat masa kecil sukanya mandi di sungai, bisa betah seharian sampai dimarahi ortu

    BalasHapus
  7. Wah, jauh banget dari tempatku, saya di Sulawesi Tenggara.

    Tapi sepertinya menyenangkan, wisata sungai yang jernih dan menyegarkan, apalagi membawa anak-anak.

    Jadi iri deh, karena saya termasuk yang kurang jalan-jalannya, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang gitu Mas Rizky. Orang Sulawesi pengen main ke Sumatera. Orang Sumatera pengen main ke Sulawesi. Rumput tetangga akan selalu tampak lebih hijau. Wkwkwk.

      Hapus
  8. Ahahah, jadinya malah ke tempat yg nggak direncanakan ya mbak. Seger banget sungainya, jadi pengin main2 ke sungau juga nih.. Worth it ya tiket masuk dan parkirnya, trs bayar 40rb lagi buat pondokan.. Nah iya kl wisata ngajak anak mesti siap siaga bekal dan baju ganti ya, nggak lupa dibriefing dulu dr rumah😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah setuju bgt sm mbak ella, tp beberapa kali kalo keluarga kita dadakan mandi gitu, biasanya ada penjual kaos oleh2 gt, nah itu bs jd solusi untuk yg gak mau bw banyak barang hehe

      Hapus
  9. wah lihat ini jadi kangen banget pengen jalan-jalan deh jadinya, lihat airnya dan batunya terlihat segar dan adem banget kayaknya, jadi pengen ke sana deh

    BalasHapus
  10. Wah asik banget ya kak wisata alam Armaya, rasanya ingin menghilangkan penat dan cocok emang di sini bersama keluarga

    BalasHapus
  11. Wah serunya bisa liburan,, apalagi tempatnya keren yah mbak..
    Tapi harga pondoknya lumayan mahal juga yah menurutq sih...

    Salam mbak sama ke5 jagoannya...

    BalasHapus
  12. Sebab pandemi, objek wisatanya jadi sepi. Tapi itu jadi peluang juga buat pengunjung untuk menikmati suasana tanpa riuh pengunjung yang lain

    BalasHapus
  13. Sedih eh kalau baca cerita tempat wisata yang sepi. Apalagi kan tempat wisatanya itu menerapkan prokes. Semoga bisa ramai lagi. Amin.

    BalasHapus
  14. enak yaaaa kek sungai punya sendiri, sepi kaliii, keknya emang enaknya pas weekday ya kak, gak segitu ramenya. kalo gak salah pernah ke daerah tp deket2 armaya ini, sungai aja yg ada hehe merefreshkan pikiran enak kali ya ke air2 tenang gini

    BalasHapus
  15. Wah murah bangett dengan suasana yang nyenengin kek gini.
    Jadi keinget pernah beli suasana aja harus keluar banyak. karena emang ngga tahu tempat2 bagus kek gini sih

    BalasHapus
  16. Biaya masuknya/harga tiketnya murah ya Mbak. Walaupun cuma sebentar, sepertinya pas ya waktunya, lagi tidak rame ...

    BalasHapus
  17. Berarti jembatan, jalan masuj ke armaya sudah diperbaiki ya mba?, kami dulu suka juga kesini, sayangnya, saat terakhir datang jalan dan jembatan rusak..

    BalasHapus
  18. Wah ini rekreasi samb edukasi...seru wihhh pengen ikutan

    Lokasinya lengkap, ada wisata alam, wisata adrenali, nggam cuma anak anak yang hepy oramg dewasa ikutan refreshing

    BalasHapus
  19. Enaknya mandi rame2 gini ya cha mana sungainya bersih lagi. Kakak kira ini di bukit lawang lho mirip banget soalnya

    BalasHapus
  20. Taman wisata Armaya ya namanya, kami kl ke arah Bukit Lawang gak pernah yg ada namanya,, soalnya memang ada sodara di Kecamatan Bahorok, hehe... Next time bolehlah nih, ke Armaya ini

    BalasHapus
  21. Wah masih asri ya itu jernih airnya anak anak jadi ga takut nyebur

    BalasHapus
  22. Blom pernah kami kesini mak. Enak juga kayaknya ya.. Kok jadi pengen nginep disana juga karena ada penginapannya. Tak ceki2 dulu ya. Thx infonya.

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️