Si Picky Eater



Assalamualaikum, masih semangat kan Mak nemenin si anak belajar daring selama pandemi? Menantikan Belajar Di Sekolah kembali, ada baiknya kita terus berdoa agar pandemi segera berakhir ya Mak .. seperti kata Blogger Tuban, Jawa Timur..

Nah.. lain kakak lain pula di adik. Kalo Emak rempong dengan masalah belajar daring pada si kakak, mungkin ada Emak lain yang rempong urusan makan si kecil karena picky eater.

By the way, Emak tau picky eater? Yuk segera kita bahas.

Apa itu Picky Eater

Picky eater adalah kondisi di mana anak cenderung memilih jenis makanan tertentu yang berujung pada makanan itu-itu saja.  Pernah lihat kan Mak, anak yang cuma mau makan sosis goreng saja? Ketika piring nasinya berisi sayur biasanya ditinggal di pinggir. Picky eater ini biasa dialami oleh anak pra sekolah, mulai usia 2 tahun ke atas.

Dampak Picky Eater

Tentu saja picky eater ini akan berdampak terhadap kesehatan dan tumbuh kembang anak. Misalnya, ketika si kecil cuma mau makan ayam goreng saja, bukankah ia akan kekurangan nutrisi lain yang dibutuhkan selama masa tumbuh kembang?

Misalnya omega 3 yang didapat dari ikan. Atau beta-karoten yang didapat dari sayur. Nah lama-kelamaan si kecil akan mengalami mal nutrisi. Dampak mal nutrisi bukan cuma badan yang kurus. Namun dampak yang lebih besar lagi anak bisa mengalami stunting bahkan lemahnya otak dalam berpikir. Duh.. Emak mana yang mau anaknya mengalami semua masalah tersebut kan??

Tips Menghindarkan Anak dari Picky Eater

Picky Eater adalah salah satu gangguan makan Mak. Ini jelas harus kita cari jalan keluar dan solusi. Tips berikut InsyaAllah akan membantu anak terhindar dari picky eater.

1. Teladan

Anak lebih mudah meniru ketika orang tua mencontohkan. Anak-anak memang jarang mendengar nasehat. Segala sesuatu yang mereka lihat lebih sering mereka contoh. Karena anak suka mengcopy maka, teladan yang paling mempengaruhi mereka adalah orangtuanya. Maka dari itu, Emak harus terlihat sebagai orang yang gemar makan buah, sayur atau makanan lain yang tidak disukai anak. Tunjukkan ekspresi bahwa makanan ini sangat enak. 

2. Paparkan Makanan lebih dari 10 Kali

Berdasarkan penelitian Mak, anak-anak cenderung lebih tertarik pada makanan baru lebih dari 10 kali diperkenalkan. Mungkin bila dia tidak suka sayur hijau pada pertemuan pertama, lebih baik lebih sering diperkenalkan agar mencapai goals yang diinginkan. 

3. Letakkan Makanan di Tempat yang Mudah dijangkau

Anak-anak cenderung lebih suka mengambil makanan sendiri dibanding kita menawarkan makanan. Di saat kita tawarkan anak-anak lebih mudah menolak. Namun ketika mendapat kuasa untuk mengambil makanan biasanya mereka lebih tertarik.

4. Jangan Paksa

Bila si kecil tidak menyukai jenis makanan tertentu, jangan terlihat memaksa. Lebih baik si kecil diceritakan hal menyenangkan dari sebuah makanan. Misalnya ketika tidak suka ikan, kita ceritakan Mak bagaimana ikan yang banyak gizinya sehingga membuat super Hero kesukaan si kecil menjadi pintar memecahkan masalah. 

5. Makan Bersama

Ajak si kecil makan bersama rekan sebayanya atau mungkin kakaknya. Di saat makan bersama tersebut, ia akan melihat betapa kakaknya menyukai jenis makanan yang mungkin tidak ia suka. Hal ini akan membangun kepercayaannya bahwa makanan tersebut enak rasanya.

6. Kreasikan Makanan

Si kecil cuma suka ayam doank Mak? Coba buat nugget atau olahan ayam dicampur brokoli dan wortel. Si kecil gak suka ikan? Coba si ikan dibuat menjadi otak-otak atau bakso ikan.

7. Bento

Terkadang Emak memang harus bisa segalanya. Coba belajar buat bento sederhana, bentuklah makanan menjadi sesuatu yang disukai si kecil. Mungkin awalnya dia akan menyukai karena bentuknya, namun lama kelamaan si kecil akan suka jenis makanan tersebut karena sudah terbiasa dengan rasanya.

Baca juga: Tips Menghadapi Aksi GTM si Kecil

Nah.. itulah beberapa tips agar si kecil tidak menjadi picky eater. Mudah-mudahan bermanfaat ya Mak..

Jangan lupa stok sabar dibanyakin karena memang masalah makan pada anak sering membuat kita stres. Selamat mencoba...



Reactions

60 comments:

  1. Anak saya tuh mak, dulu waktu kecil semua makanan masuk. Eh sekarang liat ada ijo2 di telor aja langsung disingkirin dulu. Padahal udah sengaja emaknya nyelipin sayuran dikit. Harus lebih kreatif lagi nih emaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibikin bakwan bisa juga hehe.... kk gitu gak tau anaknya udah makan sayur semangkok

      Delete
  2. wah emang kebetulan banget nih anak aku picky eater. Huhuhu. nanti mau cobain tips diatas ah. Makasi tips tipsnya ya maaaak

    ReplyDelete
  3. anakku sih gak picky eateer, alhamdulillah. segala dia mau, cuma yaa itu, seringan GTM-nya daripada lahapnya. haha

    ReplyDelete
  4. Bungsuku picky eater Mbak...benar tips di atas, terutama makan bersama. Saat makan bareng dia jadi tertarik coba makanan yang saya atau Bapaknya dan kakaknya makan. Tapi beneran menguji kesabaran emaknya nih si picky eater ini

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah anak-anak saya tidak selalu memilih mb, ada makanan yang memang tidak terlalu disukai anak-anak tapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Betul banget tips di atas memang sudah saya lakukan sejak awal mengenalkan makanan.

    ReplyDelete
  6. Hahaha bener mba kalau anak-anak lagi picky eater itu stock sabarnya harus banyak. Anak aku picky eater kalau untuk urusan sayur. Jadi dia itu cuma seneng sayur wortel ama kangkung. Kalau sayur yang lain kurang. Emang harus sabar sih ngehadepinnya karena kadang ada gemes-gemesnya kan hahaha 😂

    ReplyDelete
  7. Anak pertama saya mah ini, picky eater.
    Dia nggak ASI sejak lahir, makannya picky, nggak mau sayur, buah juga milih danjarang mau.
    Dooohhh...

    Nanti setelah dia masuk SD baru bisa diarahkan makan seadanya, termasuk sayuran dan buah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan bersama itu memang bagus banget ya buat ngajak anak biar nggak picky eater.
      Anak saya nomor 2 ini Alhamdulillah nggak separah kakaknya picky eater, soalnya dia liat kakaknya makan lahap, dia juga ikutan :D

      Delete
  8. Wah ternyata si kakaka si picky eater juga kak. Dia susah sekali makannya. Milih-milih. Sering kumarahi malah. Jangan ya seharusnya. Klaau adiknya semuanya lahab dan mau. Terimakasih sharingnya kak. Supaya kakak mau dan gak milih makanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anehnya si kakak kalau kusediain apa yang ia suka, ia tetep nyari yang tidak ada. Pokoknya kayak beretengkarlah saya dengan kakak soal makanan nih.

      Delete
  9. Kalao anak saya belum mau makan sayur2 an nih kak. Kalau sayur mau sama kuahnya saja, sayur disingkirkan, heem

    ReplyDelete
  10. yg nomor 3 ini kami terapkan di rumah, jadi di meja yang terjangkau si Ocean selalu ada camilan yang bisa diraihnya kapan saja. Memang ada ya saat anak jd picky eater. Emak gak boleh kehabisan akal.

    ReplyDelete
  11. Kayak anakku nih picky eater juga, kalau pengalamanku sering buat kreasi makanan, cara itu paling berhasil, selain itu buat bento juga paling menarik.

    ReplyDelete
  12. Harus kreatif ya menghadapi anak picky eater ini..klo saya pernah buatkan nugget hasil blend ayam dan brokoli..soalnya si anak ga suka sayur ehh udah jadi nugget nya dia lahap makannya katanya enak..gatau aja klo ada campuran sayurnya hehehe

    ReplyDelete
  13. Aku juga ampek berasa stress mak ngadepin anak-anak yang susyaah makan. Apalagi ci bontot, GTM. Ugh...

    ReplyDelete
  14. Baru aja dicurhati sama temen karena anaknya yang GTM, hiks. Di sini benar2 kondisi mama diuji kesabarannya ya mbak. Belum lagi kalau si kecil picky eater juga

    ReplyDelete
  15. Saya yakin setiap anak pasti pernah merasakan picky Eater namun sejak ada informasi ini pasti bisa tau bagaimana mengatasi picky Eater

    ReplyDelete
  16. Kenalkan sebanya 10x dalam waktu berbeda ya. Sipp. Jadi jangan buru-buru menyimpulkan anak tak suka A kalau belum ditolak 10x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget ya mbak, terkadang mood anak lagi kurang baik saat menerima menu makanan baru. Jadi kalau dia tidak mau, jangan langsung menyimpulkan anak tidak suka itu. Seperti anakku saat aku masak udang sambel mereka gak mau, pas udangnya kugoreng tepung ehh malah ketagihan.

      Delete
  17. Anak kedua saya nih picky eater banget awalnya. Alhamdulillah sekarang udah gak. Seingat saya solusinya waktu itu yaa saya coba kasih menu makan dalam bentuk bento.

    ReplyDelete
  18. Pe er banget ini punya anak yang picky eater. Anakku juga begini, usianya 6tahun. Berawal dari mpasi alerginya banyak banget, akhirnya keterusan sekaramg ga mau coba makanan baru.

    ReplyDelete
  19. Menurutku semua orang termasuk anak-anak adalah picky eater, tergantung kadarnya gimana.. Karena namanya manusia punya kebutuhan dan selera makan yang beda kan :)

    ReplyDelete
  20. Aku termasuk picky eater loh kak, Hehehe.. bersyukur berjodoh dengan suami yang pemakan segala asal itu halal dan thoyib. Alhamdulillah, anak-anak ya walaupun masih suka pilih makanan tapi gak terlalu parah.

    ReplyDelete
  21. Yap yap sepakat. Mengkreasikan makanan nih buat anak anak penting biar nafsu makannya bertambah ya

    ReplyDelete
  22. Oh yang seperti itu namanya Picky Eater, tetep bisa diarahkan ya, yang penting trik tersebut bisa dicoba jadi solusinya

    ReplyDelete
  23. Anak saya dulu juga gitu. Maunya makan kentang goreng melulu. Untung sekarang apa-apa mau..intinya harus terus dikenalkan makanan baru ya. Biar lebih banyak mengenal rasa.

    ReplyDelete
  24. anakku niih, tapi kadang anak2 tuh picky eater cuma sementara waktu. yaah yang paling penting emaknya sabar ajaa dan terus ngasih makanan wkwk

    ReplyDelete
  25. Anakku yang pertama juga awalnya picky eater. Setelah sering dipaparkan dengan makanan-makanan yang dia hindari, akhirnya sekarang masuk juga. Selain itu faktor kepepet juga sih. Akunya gak mau bikinin lauk lain selain yang udah ada di meja makan. KAlau dulu dia kuat nahan lapar, sekarang mau gak mau dia makan. Eh, akhirnya doyan juga.

    ReplyDelete
  26. Untuk menghadapi si picky eater ini, emak selain harus sabar, juga kreatif yaa. Membuat kreasi makanan yang kurang disukainya.

    Btw anaknya teman ada yang memilih untuk vegan saat kecil, mbak.
    Orangtuanya menghargai keputusan anaknya, dan menyesuaikan menu jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stok sabar emak-emak memang kudu oke ya mbak. termasuk dalam menghadapi anak yang picky eater begini.

      Delete
  27. Anakku juga ada kecenderungan picky eater Bun... Cuma masih tergolong normal, ngga parah gitu.

    Anak masih suka sayur asal masak disop, suka ikan tapi hanya ikan lele, daging hanya daging ayam.. sesekali daging kambing jika masaknya empuk.

    Hal yg aku hindari juga tuh bilang "iih... kok doyan makanan A? kan bentuknya aneh?" Soalnya bisa memberi sugesti anak untuk tidak menyukai makanan tertentu.

    Semangat Bunda Pejuang nutrisi anak!

    ReplyDelete
  28. Jadi inget sahabat saya, anaknya yang bungsu juga picky eater dia jadi pusing. Saya juga tahu gimana perasaan Ibu saya, karena saya emang sangat pemilih soal makanan dari bocah sampe sekarang huhu. Baca artikel ini jadi banyak belajar banget.

    ReplyDelete
  29. Hmmmm, memang susah-susah gampang ya ngadepin si picky eater. Dan butuh trik serta stok sabar yang banyak hehehe..

    Untungnya anak saya mau makan apa bae

    ReplyDelete
  30. Mengenai teladan, bener banget ini ya, kak. Karena aku ngalamin sendiri. Aku termasuk yang suka banget sayur. Dan anakku saat ini juga suka banget sayur. Sementara keponakanku, karena adikku kurang suka sayur, alhasil anaknya pun ngga suka juga. Pembuktian banget memang ya. Kalau anak tuh melihat kebiasaan lingkungan sekitarnya

    ReplyDelete
  31. Bener banget stok sabar jangan pernah kurang apalagi habis. Dan jadilah kreatif entertaining apa yg di piring

    ReplyDelete
  32. Hmm pantes ya mbaa anakku picky eater karena emaknya juga pemilih banget. hiks jadi merasa bersalah aku :') baca artikel ini berasa ketampar dan disuruh ngaca nyari kesalahan sendirii sebelum nyalahin anak.

    ReplyDelete
  33. Beneran mesti kreatif emaknya kalau anak picky eater begini...Kreasikan makanan jadi solusi
    Tips yang lengkap Mbak Icha..anak bungsuku nih si picky eater

    ReplyDelete
  34. Kasus Picky Eater ini jadi ngingetin punya 5 anak berturut turut yang kayak gini.
    Alhamdulillah, sekarang udah gak milih milih makanan tertentu.
    Emak pun jadi lega

    ReplyDelete
  35. Oalah ternyata picky eater itu anak2 yg mkn mknn tertentu sesuai kesukaannya aja yah, aku pikir dlu picky eater it ank2 doyan makan apa saja �� btw thank you tipsnya mom

    ReplyDelete
  36. Repot ya mak kalau anak picky eater tuh..ponakan saya sampe kayak anak busung lapar saking ga ada asupan nutrisi yang benar...pdhal sukanya minum sufor ..tapi engga mau makan padat sampai usia 5 tahun dan herannya lincah2 dan sehat aja tuh.. sampe bingung si dsa nya

    ReplyDelete
  37. Waduh, pas banget tips tipsnya mak, soalnya kafa tambah besar suka banget pilih pilih makanannya :( kalau begini jadi tau solusinya deh :)

    ReplyDelete
  38. Bener banget ya bunda, anak gak bisa dipaksain ya, biar sikecil jadi nyaman pas lagi makan, tipsnya bisa ditiru ni bunda

    ReplyDelete
  39. Anakku untungnya gak picky eater tapi tips2 di atas ini bisa dicoba praktekkin buat anakku

    ReplyDelete
  40. dulu sih gak inget pas kecil dikasi makan apa aja. tapi pas adek lahir keliatan dia cm mau itu ya diturutin akhirnya BBnya susah naik, pdhl bikin anak happy pas makan tidaklah sesulit itu ya kak

    ReplyDelete
  41. picky eater ya mbak..aku baru tahu harus memaparkan makanan 10 kali wow...bener2 harus dijangkau makanan sama anak-anak..anak pertamaku malah makan mulu kalau ngelihat makanna jadi harus diatur jamnya haha

    ReplyDelete
  42. Anak kk yg no 2 pun eks member picky eater haha, Alhamdulillah la sekarang dah berkurang picky nya

    ReplyDelete
  43. Anak emang lebih cepat bosan dan suka dengan hal-hal baru. Saya setuju nih dengan makanan bento yang engga bikin anak bosa

    ReplyDelete
  44. saya punya ponakan juga picky eater banget, tapi mungkin emang nurun kali ya. soalnya ibunya juga hihi. tapi setuju nih untuk teladan. karena anak-anak pasti nyontoh orang tuanya. makasih mba sharingnya.

    ReplyDelete
  45. Betul, mengajak anak untuk mau makan itu memang harus stok sabar yang banyak

    ReplyDelete
  46. Anakku yg pertama picker eater bgt...

    Sampai sekarang emaknya udah bingung mesti gimana lagi.
    Meskipun sekarang ini udah lebih baik tapi s3mpat dimana dia cuma mau makan sama telor ceplok nuget dan sosis doang.
    Ya Allah...

    Mungkin kedengarannya gampang ah, yg penting mau makan. Tapi aku jg khawatir gizinya. Prosesnya penuh perjuangan bgt sampai si kakak mau makan sayur bayam dan lauk lain...

    ReplyDelete
  47. Kalau aku punya keponakan juga picky eater, tapi aku selalu merayunya jika dia maunya makan itu2 aja, biasanya sih orang tua harus kreatif memberi variasi makanan ya.

    ReplyDelete
  48. Keponakanku nih pitcy eater banget nih Kak. Makan nggak mau kecuali nugget ayam goreng nggak mau sayur gua Susu pun baru mau akhir-akhir ini karena dilihat temannya makan. Enak sih kalau enggak jam Jalan paling-paling perginya cuma ke KFC tapi yaitu badannya jadi kurus banget dan kaya kekurangan gizi gitu. BTW trims tipsnya ya Kak bisa dicoba ini tips-tipsnya

    ReplyDelete
  49. Ternyata kita tidak memaksakan anak untuk menyukai sayuran tertentu tetapi mengenalkannya selama 10 hari sampai anak itu menyukainya. Wah ini ilmu baru yang bisa diterapkan

    ReplyDelete
  50. buat ngobatin picky eater memang bs banget pake bento cantik-cantik ya, kita aja jadi makin tergugah kalau tampilan makannannya cantik2 apalagi anak2

    ReplyDelete
  51. Wah, makasih banyak mbak tipsnya, soalnya aku ngerasain juga anak suka pilih-pilih, kayaknya nurun dari aku yg suka pilih pilih juga hehe

    ReplyDelete
  52. Adek saya ini termasuk dan ibu belum dapat solusinya buat atasi

    ReplyDelete
  53. Menjadi ibu dituntut harus kreatif... perkara anak ga suka makan, bukan dibiarkan tapi dicarikan solusinya... tetap sehat dan tetap semangat utk para ibu

    ReplyDelete
  54. Saya merhatiin beberapa ponakan saya kebanyakan kalau dikasih sayur suka diambil kuahnya aja sih kak. Kenapa ya bisa gitu?

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️

Total Pageviews