Tips Menghadapi Aksi GTM SI kecil
popmama.com


Seiring bertambahnya umur bayi, pastinya semakin banyak pengalaman baru yang terkadang membuat kita bingung menghadapinya.  Misalnya saja, perubahan dari pemberian ASI eksklusive ke pemberian MpASI yang diberikan saat bayi menginjak usia enam bulan. 

Emak harus belajar mulai dari pemilihan bahan makanan, tekstur,  jam makan bayi, cemilan dan lain sebagainya. Belum menemukan masalah saja sudah banyak yang harus dipelajari dan diketahui. Konon lagi bila menemui masalah. Seperti alergi pada jenis makanan, bayi sulit mencerna tekstur, sembelit hingga drama GTM.

Eh, udah pada tau kan Mak apa itu GTM?
GTM adalah kependekan dari Gerakan Tutup Mulut. Biasanya aksi ini di lancar kan oleh bayi hingga balita karena beberapa sebab. 

Beberapa alasan kenapa anak melakukan GTM biasanya karena bosan dengan menu yang sama, sakit dan trauma. Memang aksi GTM ini akan membuat emak sangat khawatir akan kekurangan nutrisi harian anak. 

Nah, Emak ada beberapa tips bila si kecil melancarkan aksi GTM.  Simak yaaa...

1. GTM tidak selamanya

Nah, yang perlu emak ketahui dan ditanamkan dalam pikiran bahwa GTM bukan aksi selamanya. Anak sama dengan orang dewasa. Ada kalanya ia merasa bosan makan. Ada kalanya ia pun tidak berselera.  Jadi emak jangan terlalu khawatir. Hanya saja emak harus pastikan nutrisi harian anak cukup dengan memberi beberapa makanan yang tinggi gizi. Misalnya avocado.


2. Cari tau penyebab anak GTM

Ini penting sekali, dengan mengetahui kenapa anak menjadi tak mau makan akan memudahkan kita mencari solusi dari GTM yang sedang melanda. Misalnya anak GTM karena bosan menu, kita bisa mengganti dengan menu lain. Seandainya anak GTM karena sakit atau gusi bengkak sebab pertumbuhan gigi baru kita dapat memberikan menu yang nyaman di gusi anak. Bila anak GTM karena trauma, ubahlah kebiasaan kita memberi makan. Bisa jadi dikarenakan kita memaksa si kecil makan terus menerus.


3. Jangan memaksa anak 

Ini pun tidak kalah penting untuk diperhatikan. Anak yang selalu dipaksa melahap habis makannya akan mengalami trauma dan akhirnya GTM. GTM jenis ini tentunya akan sangat lama dirasakan oleh anak dan dihadapi oleh ibunya. Lama kelamaan anak menjadi kebiasaan tidak suka makan. Belum lagi kalau berkembang menjadi picky eater. Ini lebih gawat lagi karena jelas saja anak tidak akan tumbuh maksimal karena nutrisi yang masuk juga tidak sesuai dengan perkembangan si kecil.

Maka, buatlah suasana yang menyenangkan saat anak makan.  Perhatikan pula batas pemberian makan pada anak. Jangan makan lebih dari 30 menit. Artinya si kecil tidak antusias dengan menu yang emak tawarkan.


4. Makan porsi kecil tapi sering

Menu harian si kecil bisa 2-3 kali sehari ditambah cemilan 2 kali. Makanya jangan buat si kecil kehabisan waktu bermain dengan porsi makan yang kebesaran dan juga durasi yang lama. 

Jangan juga memberi anak cemilan yang mengandung gula untuk usia di bawah setahun, dan cemilan terlalu banyak gula untuk anak di atas setahun. Cemilan seperti ini yang membuat si kecil masih merasa kenyang ketika makan siang atau makan malam tiba. Sehingga si kecil pun akhirnya GTM.


5. Jangan turun tekstur

Biasanya,  karena si kecil sedang sakit atau gusi bengkak emak sering memberi si kecil makanan yang lebih cair atau tekstur lebih halus dari usia nya. Pemberian makanan sebagai menu utama diusahakan tetap mengikuti perkembangan usia anak.   Namun boleh memberikan menu yang lembut untuk gusi seperti puding atau agar - agar sehingga gusinya nyaman.



6. Hindari junk food

Ketika anak GTM, terkadang emak tidak peduli dengan apa yang masuk ke dalam pencernaannya. Prinsip biarlah,  yang penting masuk makanan ke perut tidak baik diterapkan.

Kenapa dengan junk food? 
Pertama, junk food membuat anak akan mau makan bbila kita menyediakan junk food lagi, junk food lagi. Anak akan menjadi pemilih makanan dan biasanya meninggalkan sayur dan buah.
kedua, junk food tidak cukup nutrisi buat kebutuhan harian anak.
ketiga, junk food malah menyebabkan anak mengalami obesitas. Obesitas pada anak tentu akan bahaya ya Mak. Si Anak akan mengalami perkembangan yang terganggu. Ia akan cenderung lebih suka diam tanpa beraktivitas maupun lincah sebagaimana perkembangan anak seharusnya. 


Nah, itu beberapa tips yang sudah emak bagi bila mana anak mengalami GTM dan tidak tau apa yang harus dilakukan.  
Alhamdulillah selama ini anak emak tidak pernah berlarut aksi GTM.  Paling lama 3 hari sudah kembali makan dengan lahap. 
Semoga anak kita sehat-sehat dan berkembang sesuai dengan usia ya Mak..

Semoga bermanfaat ♡

51 Comments

  1. Dengar2 keseringan nge junk food, si anak akan bermasalah pada tinggi badan jugak..

    Wallahhu a'lam ya mak...

    ReplyDelete
  2. Makasih tips GTM-nya
    Anakku dulu juga sama masalahnya. Ternyata beneran, karena tumbuh gigi dia jadi GTM
    Terus juga dia bosanan ternyata.
    Maka setelah divariasi menunya mau makan lagi. Tapi Emaknya memang mesti kreatif jadinya hihi

    ReplyDelete
  3. Kalo ponakan saya dulu pas GTM suka dikasih buah naga, abis itu biasanya mau makan lagi. Jadi dikasih buah naganya gak sering, cuma pas GTM aja gitu..

    ReplyDelete
  4. Iya aku jadi ingat dulu waktu kecil suka nutup mulut rapat-rapat kalo lagi nggak mood, istilahnya GTM ya, thanks buat tips mengenali kenapa seorang anak melakukan GTM. Semoga bermanfaat untuk orang tua kedepannya

    ReplyDelete
  5. Tipsnya jitu sekali, Mbak. Memang GTM ini sering dialami oleh para orang tua, ya. termasuk saya, saat krucil saya GTM juga. Hanya memang kadang bingungnya, mereka itu kenapa GTM. Kalau yang sudha gede sih tinggal ngomong, nah yang belum bisa bicara kan, kita bingung hehehe.
    Terima kasih tipsnya, Mbak.

    ReplyDelete
  6. GTM hampir jadi tantangan para ibu sejagad ya. Saya awalnya rada stress juga menghadapi anal GTM. Tapi setelah banyak membaca tulisan seperti ini membuat hati lebih tenang ngadapin GTM

    ReplyDelete
  7. Anaku jarang GTM, paling saat sakit nafsu makannya emang menurun . andalanku mengganti konsumsi nasinya dengan buah or roti. Tapi emang ya kalau mereka udah GTM, emak jadi uring-uringan

    ReplyDelete
  8. Wah, terima kaish nih informasinya. Kebetulan setengah bulan lagi anakku sudah MPASI. Jadi emang lagi cari referensi terkait dengan makanan untuk MPASi, termasuk juga GTM. Jadi ngerti kalau tiba-tiba anak GTM.

    ReplyDelete
  9. Yes, begitulaaahh suka duka punya bocah cilik :D
    Ada drama GTM dan drama2 lainnya.
    Tapi tenang ajaaaa. Drama sesungguhnya bakal dimulai ketika anak beranjak remaja hahahahahah
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  10. Informasi semacam ini penting sekali apalagi untuk calon ibu seperti saya. Sering baca-baca tentang GTM yang embuat ibu jari panik dan pusing. Padahal banyak tips n trik yang bisa dicoba saat anak GTM ya ternyata

    ReplyDelete
  11. Pengalaman banget ya kak? Tapi hampir semua anak pernah gitu deh GTM, kasihan kadang kalau mamanya suka maksa padahal memang anaknya ada alasan buat gitu ya

    ReplyDelete
  12. Iya kak vivi.
    Stunting ya kan maksudnya. Itu memang karena kurang nutrisi.

    ReplyDelete
  13. Bener mba dian..
    Itulah emak-emak. Kudu rajin dan Kreatif.
    Balik lagi supaya anak sehat ya kan mba..

    ReplyDelete
  14. Iya mba Nuniek, kalo anak GTM gak lama2 gak terlalu khawatir ya kan mba.. ♥

    ReplyDelete
  15. Iya mas Faisol. Anaknya tutup Mulut karena gak mau makan. Biasanya si ibu bakalan kejer anaknya ke sana sini biar masuk makanan ke mulut anaknya, hehehe

    ReplyDelete
  16. Kadang yang gede pun mau juga mas. Saya gak ambil pusing kalo masih di batas wajar. Karena anak yang udah banyak aktivitas biasanya mudah lapar.

    ReplyDelete
  17. Bener mba Eka. Intinya anak jangan dipaksa terus buat makan. Akhirnya dia trauma begitu kita pegang piring.

    ReplyDelete
  18. Mungkin kan kak dyah, emak-emak khawatir karena perut mereka kosong..

    ReplyDelete
  19. Yap mas erfano. Trims udah mampir

    ReplyDelete
  20. Hihi mba nurul, kalo udah remaja mereka bakalan banyak aksi yang bikin geleng2 ya.. hehehe

    ReplyDelete
  21. Iya Iya mba aini.. semoga bermanfaat..♥

    ReplyDelete
  22. Anak saya gtm paling banter 1-2 hari doank kak yanti.. hehehe

    ReplyDelete
  23. Bermanfaat tipsnya, intinya jangan bosan mencari menu yang variatif ya, biar anak gak jenuh... Dan jangan juga menyerah terus kasih anak makanan cepat saji. Ntar anak jadi ketagihan..

    ReplyDelete
  24. Saya lupa siapa ya dokter yang bilang yang intinya tu jangan menilai "pemasukan" makanan anak dari yang dia makan tiap hari, tapi ada periode waktunya kyk akumulatif gtu, ntr coba kucari artikelnya haha. Jd kalau anak GTM sebaiknya malah dibiarkan aja, nanti kalau lapar dia akan cari makanan sendiri. Katanya udah semacam "insting" gtu kalau manusia lapar ya makan, jd supaya ngajarin anak jg ttg rasa lapar gtu...

    ReplyDelete
  25. Iya mba Sapti. Asal jangan main paksa.. hehe

    ReplyDelete
  26. Yes mba April. Anak sama kayak orang dewasa. Nanti kalo lapar ya nyari makanan juga, asal jangan berprofesi kalo belum makan nasi berarti belum makan. Karena karbohidrat bukan cuma nasi aja.

    ReplyDelete
  27. Teorinya tahu, tapi tetap saja kalau anak sudah GTM dan mulai ngambek tingkay dewa, benar benar diuji tuh kesabaran.

    ReplyDelete
  28. Noted bgt nih Mak. yang penting jangan turun tekstur makanannya ya Mak. nanti si kecil malah makin GTM

    ReplyDelete
  29. ponakanku sering banget, jadinya sama mamahnya dibujuk dulu baru mau makan...
    rayuannya banyak banget, kadang kalau ada aku, malah harus makan bareng aku sepiring berdua baru makan banyak tuh anak

    ReplyDelete
  30. Wah aku baru ngerti soal GTM ini mbak. Jadi belajar kalau nanti punya anak. Temenku, anaknya ada yang seperti itu. Maunya kalau makan indomie. Duh bahaya ya.

    ReplyDelete
  31. Kunci utama menghadapi GTM itu adalah emaknya banyakin stok sabar kak,, hehe.. Karena GTM pasti berlalu. Walaupun seribu cara jitu harus berlaku, wkwk

    ReplyDelete
  32. Amin. Semoga 6 tips tersebut bisa dipahami oleh emak-emak untuk menjaga nafsu makan anaknya. Jangan sampai deh kasus stunting atau gizi buruk melanda anak-anak yang akan menjadi penerus bangsa*

    ReplyDelete
  33. Jadi sebenernya GTM, MPASI ini udh ada sejak dulu gak sih kak? Kok orang tua dulu gak gitu2 amat ke saya wkwk :(

    ReplyDelete
  34. Duluu awak uring uringan anak GTM huhu skrg coba dibawa santai, padahal mikirin masak apaaaa ya haha. Intinya mamak jangan putus asa, dan jangan memaksa *eaaak

    ReplyDelete
  35. Hehehe iya mas Pringadi. Harus bener-bener sabar ngadepin GTM nya ya..

    ReplyDelete
  36. Iya mba Desi, turun tekstur bikin anak jadi males mengunyah. Bisa berakibat banyak pada kemajuan perkembangan. Bahkan bisa membuat anak lambat bicara.

    ReplyDelete
  37. Kadang anak-anak mau makan kalo emaknya ikut makan juga mas Ilham. Mungkin dia gak percaya kalo makanan yang disajikan itu enak. Begitu melihat orang makan dengan lahap, baru deh percaya.

    ReplyDelete
  38. Waduh, malah bahaya kalo terus diturutin kalo maunya mie instan terus. Harus tugas sih mba Annisa, itu si emaknya.

    ReplyDelete
  39. Iya mak Dev, stok sabar harus banyak dibeli hehehe

    ReplyDelete
  40. Iya mas, angka stunting masih tinggi di Indonesia.

    ReplyDelete
  41. Wkwkwkwk mungkin elsa gak inget pas dikasih mpASI umur 6-12 bulan. Trus gak inget pas lagi males makan dikejar kejar sama mamanya.

    ReplyDelete
  42. Bener mba zee, emaknya harus Kreatif. Mikir makanan apa yang menarik disajikan biar anaknya mau makan

    ReplyDelete
  43. Terima kasih infonya. Wah ternyata junkfood itu banyak sekali efek buruknya. jadi harus diminimalisir makan junkfood nih

    ReplyDelete
  44. Sama -sama ya mas. Mudah-mudahan bermanfaat

    ReplyDelete
  45. Alhamdulillah anakku kurang suka junkfood sih, klo GTM pas lagi sakit aja sih, banyak makannya tapi tetep aja kurus hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak saya doyan makan tp g gem UK juga kak iid. Hihihi

      Delete
  46. Anak klo ga mau makan, yaudah kasi susunya aj yg bnyk. Trus jgn kasi liat HP supaya anaknya mau makan. Jgn dipaksa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo iya kak, kami g pernah pula iming2i hp. Bahaya

      Delete
  47. apakah dlu sy GTM juga ya.. sma mama sy? haha :')

    ReplyDelete
  48. baru tau istilah GTM dan memang sering dilakukan sama anak-anak. biasanya karena sudah kenyang atau mereka tidak suka dengan makanan yang disediakan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada juga karena tipe anak yg g doyan makan mba. Makan sekedarnya

      Delete