Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Jona Garden

Wisata Jona garden


Libur dah mau habis tapi belum juga pergi jalan-jalan. Anak-anak pada ngamuk donk. Emak males pergi karena ramenya ampun. Di mana-mana gak jadi nikmati liburan. Manusia rame berjubel di suatu area. Gak enak deh pokoknya. 

Apalagi hujan lebih sering menghampiri, kadang jadi khawatir kalo mau pergi agak jauhan. Jadinya kepikiran ini anak-anak mau dibawa kemana. 

Kalo ditanya semua pada minta main air. Eeeh ini dilema sih. Ada satu tempat berenang yang memang direncanakan, tapi mengingat musim liburan selain harganya naik juga suasananya gak asik. Masak niat mau berenang jadi cuma berendem. 

Udah deh, kita main air di sungai aja ya.  Kata Emak. Dengan berat hati mereka oke daripada gak diajak jalan. Nahhh ada cerita lucunya nih. Kalo gak berubah haluan bukan keluarga kami lah. 

Masih inget kan, dulu udah pernah ke arah Binjai mau main air malah belok ke Wisata Alam Armaya main di sungai? Pernah juga loh.. Kita mau ke kolam renang malah main ke sungai sibiru-biru. 

Kalo gak random memang bukan keluarga kami. 🤣 Jadi ceritanya kita mau main air di Sei Binge Binjai. Suami bilang, setau dia Sei Binge cuma buat rafting doank. Gak mungkin juga bawa balita sama orang tua (kebetulan bawa nany alias bibi). 

Nah sebelum berangkat, tetangga juga sempat nanyain mau ke mana. Kami punya masalah yang sama, di mana anak-anak pada demo karena gak diajak jalan. 😂

Dengan jalan santai kami pun menjemput nany dan satu ponakan yang udah gede. Sering memang kami ajak jalan biar rame aja. Hahaha kurang rame apa anak kami ada 5. 

Di jalan bolak-balik berhenti dan juga beli nasi padang buat makan siang (Emak anti ribet, eh gak dink.. Karena rumah kami gak pake kulkas lagi jadi jarang stok bahan makanan selain telur. Jadi kalo berangkat susah masak di pagi buta.) 

Berhenti lagi di alfa karena kebayang mau makan mie cup selagi main air. Sesaat sebelum masuk ke tekongan Sei Binge mobil kita dan tetangga papasan. Hahah tetangga gercep iih. Dari Bandar Setia udah ada di belakang kami. (Ternyata karena lewat tol) 

Setelah masuk Sei Binge gak ada spot aman dan beneran buat main air. Kami pun puter balik main di Wisata Jona Garden. Awalnya karena tetangga bilang "Kami ke Jona aja deh.. ". Saling berkirim pesan akhirnya kita piknik dadakan di Wisata Jona Garden. 

Wisata Jona Garden

Secara umum Emak bilang bagus konsepnya! Kenapa? One Stop Tour buat Keluarga. Semua ada di sini. Tempatnya luas! 

Lokasi

Kalo ngeliat di google maps, masih berada di Emplasmen Kwala Mencirim, Kec. Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Padahal sih kita anggap masih di seputaran Binjai ini. Gak jauh lahhh. 

Boleh  ikutin google maps, tapi inget.. Kalo udah dekat jangan belok ke jalan yang diarahkan Google. Nyasar deh ntar. Tapi terus aja sampe ketemu plang dan papan penunjuk arah yang benar. Baru deh beneran sampe. 

Tiket

Dulu pertama sekali buka, katanya Wisata Jona Garden ini memakai sistem tiket terusan. Jadi dengan tiket 50 ribu masuk bisa main apa aja. Ya ke kolam renang, ya main di sungai, ya naik ATV, ya main bianglala, dll. 

Tapi sekarang tiket 10 ribu untuk dewasa, 5000 untuk anak. Di bawah 5 tahun gratis. Jangan lupa 10 ribu juga untuk parkir mobil. Tapi kalo di hari weekend kita musti bayar 15.000 buat dewasa. Kebetulan kami datang di hari Senin biar gak terlalu rame. 

Ada Apa Aja? 

1. Sungai

Spot yang kami datangi memang sungai. Kami memang mau main air di sungai meskipun ada kolam renang dan water boom. Selain karena takut air kotor kalo terlalu ramai orang, tapi sungai itu selalu seru. 

Sungai Jona Garden


Gak kapok meskipun Emak beberapa kali main di sungai dibawa arus. Tapi tetep enjoy. Tau kan kalo sungai itu arusnya kadang gak bisa diprediksi. Keliatan ngalir biasa aja, tapi sesekali ada arus yang membawa kita berbalik arah atau malah diputar ke bawah. Syukurnya Emak memang selalu bawa swimboard. Berguna untuk pegangan kalo ditarik arus. 

2. Waterboom

Waterboom Jona Garden
google maps wisata Jona garden 


Memang ada kolam renang, cuma di musim liburan memang kami hindari biar tidak crowded di dalam. Kalo mau ke sini katanya nambah biaya 15 ribu per orang ya.. 

3. Resto dan Stand Makanan

Restorannya dekat dari kolam renang. Kalo di dekat sungai ada kantin. Harga makanan sesuai dengan tempat ya. Namanya wisata pasti ada kenaikan sedikit. Kalo seperti kami memang suka bawa bekal dari rumah. 

4. Taman yang Asri

Tamannya cukup luas, terletak di bagian atas. Jadi kalo dari pintu masuk seandainya mau ke sungai bisa langsung belok ke kanan. Tapi kalo mau ke taman dan kolam renang letaknya ke atas lagi. 

Lumayan luas. Sudah cukup asri dibanding pertama sekali buka di pertengahan tahun 2022.

Ada kandang ular sanca di dekat ayunan. Ayunannya pun menyenangkan buat Emak (jiwa thriller) karena kita berayun ke arah bawah yang curam. 

5. Pelengkap Wahana

Ada flying Fox. Rencana naik malah gak jadi karena kelamaan mandi di sungai sampe wahananya udah tutup. Begitu juga bianglala dan juga ayunan yang berputar. Jadinya tinggal naik ATV dan juga ada scooter listrik. 

Ada beberapa gazebo di taman. Gak liat sih ini bayar atau gak. Tapi kalo gazebo dekat sungai bayar ya.. Lumayan 100.000 bayarnya. Fortunately kami dapet gratis karena si ibu yang sebelumnya pulang sesaat tetangga kami mau masuk. 

Ada satu gazebo besar untuk umum letaknya di arah mushalla. Kalo itu gratis ya. 

6. Spot Poto Instagramable

Banyak banget memang spot poto di taman yang instagramable. Cocoklah buat ngisi feed. 

Jona garden
Jona garden




7. Glamping 

Glamping Jona garden


Emak ada liat Glamping 2 unit. Tapi untuk info ini Emak tidak tanyakan. Seperti pas tahun baru ada yang menginap sih, soalnya ada beberapa bekas arang buat barbeque. Lain kali bisa ditanya deh.. 

8. Mushalla

Karena tempatnya luas banget. Mushalla gak cuma satu. Yang Emak datangi ada 2. Di dekat sungai dan di dekat taman. Untuk muslim sebaiknya kalo shalat di mushalla jangan lama-lama ya. Bukan melarang ibadah. Tapi kalo di waktu seperti maghrib agak diliat kalo mau mengejar ibadah sunnah. Karena orang lain antri parah. Tau kan kalo maghrib waktunya cepat berakhir. Jadi lebih bijak. 

Selain itu buat yang bercadar, saking ramenya shalat jadi pake cadar. Agak susah memang karena tidak ada pembatas antara laki-laki dengan perempuan. 

Penutup 

Overall Wisata Jona Garden ini cocoklah buat keluarga. Sebaiknya kalo mau puas, datang di waktu pagi biar bisa explore semua tempat di Wisata Jona Garden ini. 

Bawa juga banyak persediaan makanan biar anak gak minta jajan. Wkwkwk. Nah.. Cerita liburan kalian ke mana Mak? Kuy cerita yuk di kolom komentar! 





blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

10 komentar untuk "Wisata Jona Garden"

  1. Anak kami bawa gak bawa makanan, teuteup we minta jajan hiks...
    Jadi di situ sampe malam ya cha... Teteup rame ya Cha walopun dah malam. Dan jadi banyak lampu, bikin tempatnya jadi makin cantek.

    BalasHapus
  2. Tempat glampingnya bagus de Cha....
    Mahal gak ya itu, trus apa fasilitasnya, jadi pinisirin.
    Waterboomnya juga menarik.
    Anak-anak rumah sini dah sering merengek-rengek minta diajak main air ke waterboom.
    Selain kami masih memilah waterboom yang mana, mereka juga shift-shiftan gitu kalo sakit. Kalau gak ya hujan terus.
    Jadinya diundur terus.

    BalasHapus
  3. Jona garden destinasi apik buat keluarga ya seru banyak fasilitas menarik . Btw main di sungai aku jd inget masa kecil dulu hihi

    BalasHapus
  4. Liburan akhir tahun kemarin saya dan keluarga juga sama sekali tidak kemana-mana Kak. Selain saya sakit, juga cuaca kurang mendukung dan di Cianjur tempat saya tinggal ini masih belum pulih dari bencana gempa dan banjir. Ada waktu jadinya kami lebih memilih beres beres rumah dan mencukupi semuanya

    BalasHapus
  5. Setuju kalau musim libur emang PR kemana mana rame apalagi kolam renang kek cendol ya kakk🤭. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  6. Spot malam cantik juga ya kak. Bisa milih pun mau main air di mana. Air tenang atau ada arusnya kayak kehidupan. Eak ... Bisa jadi destinasi rekomendasi nih ke anak-anak. Tempatnya juga enggak jauh amat dari Medan.

    BalasHapus
  7. Udah lama sekali ga ke armaya ini, sudah ada penambahan wahana permainan anak ya ka icha..yang seru, ada sungai juga yang cukup dangkal sehingga anak-anak bisa main..

    Jalan ke sana sudah diperbaiki kah?

    BalasHapus
  8. Masuknya murah 10k tapi di dalemnya ngerogoh kocek lagi ya ma hehe. Penasaran glampingnya ka...

    BalasHapus
  9. Jadi ingat sekarang lagi long weekend, libur Sabtu-Senin. Pengen lihat barongsai. Kalau dahulu pas masih tinggal di Denpasar, mau lihat barongsai tinggal ngesot ke Gajah Mada, bagian kota tuanya.

    Aku agak pangling dengan namanya mba, Jona (penyebutan 'zona' di lidah orang Sunda). Hehehe. Kupikir ini di Jabar, eh ternyata di Sumut. Aku sukaaaaaaaaa ada wisata sungainya, apalagi anak-anak kembarku yang spesial. Secara sama dokternya gak boleh berenang dulu karena menghindari kaporit. Aduuuh ini sungainya lebar tapi gak dalam ya.

    BalasHapus
  10. Seru memang mak ke Jona Garden ini. Tempatnya luas, cocok untuk segala usia. Untuk orangtua bisa duduk cantik dengan memesan tikar, untuk anak bisa sewa sepeda, ATV, main flying fox, loncat-loncat di balon dan lainnya. Kalo mau berenang ada 2 pilihan, bisa ke kolam bisa ke sungai. Recommended deh pokoknya kesini ini.

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️