Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Boikot Produk? Siapa Takut!

Boikot Produk? Siapa Takut!


 Agresi Israel ke Palestina sudah lebih dari 30 hari. Data terbaru Statistik Sementara Agresi penjajah israel ke Jalur Gaza (7 November 2023 pada pukul 16.59 waktu setempat atau 20.59 WIB):

Statistik Sementara per 7 November:

1. 10.328 orang meninggal dunia (4.237 anak-anak, 2.719 wanita, 3 372 dewasa).

2. 25.956 orang luka-luka (8.663 anak-anak, 6.327 wanita, 10.966 dewasa). 

3. Jumlah pembantaian keluarga Palestina 1.071 pembataian. 

4. 192  petugas medis meninggal dunia. 

5. 67 lembaga kesehatan rusak. 


Jumlah korban meninggal dunia dan luka-luka:

1. Jalur Gaza Utara: 2.270 orang meninggal dunia & 6.926 orang luka-luka

2. Gaza: 4.468 orang meninggal dunia & 10.485 orang luka-luka

3. Jalur Gaza Tengah: 1.567 orang meninggal dunia &  3.494 orang luka-luka

4. Khan Younis: 1.134 orang meninggal dunia & 2.743 orang luka-luka

5. Rafah: 889 orang meninggal dunia & 2.308 orang luka-luka

Korban meninggal dunia berdasarkan rumah sakit selama 24 jam terakhir:

1. Rumah Sakit Eropa: 1 orang (0,3%) 

2. Rumah Sakit An-Najar: 17 orang (5.6%) 

3. Rumah Sakit Indonesia: 49 orang (16%) 

4. Rumah Sakit Al-Aqsha: 100 orang (32, 7%) 

5. Rumah Sakit Asy-Syifa: 139 orang (45.4%) 


Korban meninggal dunia berdasarkan umur:

1. 0 - 18 tahun (anak-anak) : 4.237 orang

2. 18 - 59 tahun (wanita) : 2.350 orang

3. 18 - 59 tahun (pria) : 3.110 orang

4. di atas 60 tahun (lansia) : 631 orang


Sumber: Kemenkes Palestina


Sebagai manusia, khususnya Muslim tentu yang bisa dilakukan selain Berdoa, donasi untuk Palestina, share update tentang keadaan sipil Palestina juga kita bisa melakukan boikot.

Boikot Produk Pro Israel

Merujuk pada KBBI, boikot berarti bersekongkol menolak untuk kerja sama (berurusan dagang, berbicara, ikut serta dan sebagainya).

Nah secara gak langsung boikot produk pro Israel artinya kita tidak lagi membeli atau menggunakan produk yang secara terang-terangan mengaku mendukung pendudukan Israel di Bumi Palestina yang artinya mereka memang mendanai/mensponsori Zionis atau mereka bekerjasama memajukan perekonomian Zionis.

Awal Mula Boikot

Aksi boikot produk Israel terjadi sejak 2005. Pencetusnya adalah Omar Barghouti. Tau gak siapa Omar Barghouti? 

Omar Barghouti memiliki kebangsaan Israel karena menikah dengan orang Arab berkebangsaan Israel. (Biasanya orang Arab kebangsaan Israel itu terpaksa karena mereka tidak mau meninggalkan rumahnya saat pendudukan Zionis).

Omar dengan gerakan DBS-nya (Boycott, Divestment, and Sanctions) dianggap Zionis adalah manusia bermuka dua. Sehingga di tahun 2016 setiap perjalanannya ke luar negeri harus wajib lapor. Bahkan di 2019 mendapat travel banned di Amerika. 

Mungkin sebelum 2023 di agresi militer Israel ke Palestina yakni 2008, 2012, 2014, 2021 gerakan boikot ini kurang terasa. Alhamdulillah di tahun ini gelombang boikot terus membesar.

Produk Pro Israel di Indonesia

Nah kita masuk ke list produk Israel di Indonesia ya. Bila ada beberapa produk yang tidak Emak masukkan silakan tulis di kolom komentar agar kita bisa konsisten untuk melakukan gerakan kecil tapi masif.

Gerakan ini gak bisa cuma satu dua bulan, tapi minimal 2 tahun hingga selamanya. Yuk bisa yuk.

  • Unilever

Ada sekitar 45 Produk yang beredar di Indonesia. Axe, Bango, Buavita, Cif, Citra, Clear, Clear Man, Close Up, Cornetto, Dove, Feast, Glow & Lovely, Hellmann's, Jawara, Knorr, Lux, Lifebuoy, Lipton, Love Beauty & Planet, Magnum, Molto, Paddle Pop, Pepsodent, Pond's, Pond's Man, Populaire, Rexona, Rinso, Royco, Sariwangi, Seru!, Simple, St. Ives, Sunlight, Sunsilk, Superpell, Tresemme, The Vegetarian Butcher, Unilever Profesional, Vaseline/ Vaseline Man, Vienetta, Vixal, Walls, Wipol, Zwitsal.

Banyak kan Mak.. 

  • P&G

Mulai dari Pampers, Downy, Whisper, Gillette, Gillette Venus, Head&Shoulder, Pantene, Rejoice, Herbal Essences, Ambipur, Oral B, Vicks, Sangobion, Neurobion, Seven Seas, Dolo Neurobion, Iliadin, Hemobion, Cavit B3, Olay, Sk II.

Lumayan Mak ada 21 produk.

  • Nestle

Dancow, S26, Milo, Datita, Lactogrow, Cerelac, Nestle Goodness, Coffematte, Nestcafe,  Bearbrand, Maggi, Nescafe X Starbuck, KokoCrunch, Kit Kat. Nestle Carnation, Nestle Ideal.

  • Danone

Danone yang dikenal di Indonesia mungkin cuma Aqua, Vit dan Mizone. Tapiiii... Ternyata Nutricia adalah anak perusahaan Danone yang memproduksi Bebelac, Nutrilon Royal, Lactamil dan SGM dari sarihusada juga anak perusahaan Danone. 


  • Mondelez

Danone dan Mondelez (dulu Kraft) punya hubungan soal saham (Kraft membeli divisi biskuit dari Danone). Produk Mondelez di Indonesia ada Toblerone, Ritz, Biskuat, Oreo, Kraft, Cadburry.

Nah.. Di Indonesia Saham ABC dibeli oleh Kraft Heinz. Semua produk ABC mulai saus hingga kecap. Apakah Warren Buffet (Pemilik Heinz) membeli semua saham/produk ABC grup? Nah itu Emak belum dapat referensi.
Produk ABC Grup luar biasa banyak. Saling share info yuk di kolom komen ya.

  • PepsiCo

Produk PepsiCo mulai dari Lays, Doritos, Pepsi, Quacker Oat, Cheetos. Jangan lupa PepsiCo juga memiliki Yum Brands di mana ada beberapa jaringan reataurant seperti KFC dan Pizza Hut. No jajan restoran ini dulu ya Mak..

  • Semua Restoran Cepat Saji Amerika

Mulai dari Mac Donalds yang terang-terangan mendukung zionis dengan membagi-bagikan burger kepada tentara zionis. Semua restoran asal Amerika kena boikot DBS.

A&W, Burger King, Dunkin Donuts, Dominos Pizza hingga Kedai Kopi Starbuck. Jajan pindah kemana Mak? Pindah ke cafe lokal yuk. Sekalian menaikkan penjualan UMKM sekitar.

  • Beberapa Merk Kosmetik 

Loreal, Maybelline, Revlon, Estee Lauder, Lancome, Garnier, Kerastase, Clinique, hingga SkinCare bayi Johnson & Johnson.

  • Kellog's

Produk Kellog's di Indonesia seputar cereal seperti Corn Flakes, Honey Crunch, Frosties, Froot Loops, Coco Fills, dll. Biasa di jaringan market besar produk Kellog's bersebelahan.

  • Teknologi

HP, Siemens, Nokia, Intel hingga aplikasi Waze.

  • Fashion

Puma, Adidas, Mark & Spencer, Ralph Lauren, Nike, dll.

Penutup


Boikot mungkin bukan solusi, tapi salah satu cara kita bersikap. Bila dilakukan sendiri dan sementara mungkin gak akan terasa efeknya. Intinya konsisten.

Dengan banyaknya produk Pro Israel mungkin ada beberapa produk yang tidak bisa kota tinggalkan.

Bila tak sanggup seluruhnya, mulailah dari yang kita sanggup.  Btw Mak, adakah yang terlewat yang telah Emak tulis di atas?


blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

12 komentar untuk "Boikot Produk? Siapa Takut!"

  1. Saya jadi penasaran tugas PBB dalam peperangan ini apa?
    Apa karena lebih banyak negara yg pro maka PBB jadi seperti macan ompong?
    Ketegasan pemimpin disini terlihat, mereka hanya bergerak berdasarkan kepentingan pihak tertentu saja. Bukan atas kemanusiaan apalagi berdasarkan amanah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketidakadilan langsung nampak ketika Amerika punya hak veto ya teh.
      Ratusan mendukung Kemerdekaan palestina pun, kalo AS menggunakan hak vetonya tetap kalah yang 100an itu.
      Hiksss

      Hapus
  2. Di sekolah anakku ngadain acara solidaritas. Selain menghadirkan ustaz asal Palestina juga ada penggalangan dana yang dalam sehari terkumpul 43 juta, Alhamdulillah. Tujuannya mengedukasi apa yang sejatinya terjadi di sana juga memupuk simpati dan empati sejak dini. Semoga berbagai cara yang bisa kita lakukan termasuk boikot produk misalnya akan membantu saudara-saudara kita di Palestina

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah.. Iya kak.
      Di sekolah anak-anak juga. Alhamdulillah diajarkan empati ya kak. Namanya tiap muslim bersaudara. Tentu harus tetap berpihak pada kebenaran.

      Hapus
  3. Makasih info lengkapnya bun. Sy semampunya menolak kehadiran produk buatan perusahaan pendukung Israel. Ini sebagai bukti dukungan kepada Palestina. 🤲

    BalasHapus
  4. Hikss sedih bila ingat Palestina,
    Dan Una juga lagi usaha banget untuk ninggalin semua yg diatas.

    Alhamdulillah ponakan anak ka Ulfa yg biasa suka banget MCd bisa dibilangin untuk berhenti dulu, karena sekolahnya pun bahas da. Dia liat YouTube juga soal boycot dan mengerti

    BalasHapus
  5. Wah banyak juga ya ternyata mba, terima kasih banyak sudah memberikan informasi detail mengenai produk-produk penjajah itu, ternyata hanya beberapa yang saya pakai produknya, baiklah beralih ke produk yang lain sebagai penggantinya, semoga langkah kecil yang kita lakukan dapat membantu menghentikan perang ini

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah tinggal di desa jadi ngga ada masalah meninggalkan restoran cepat saji yanga da di list. Untuk barang produksi brand di atas sih InsyaAllah cuma tinggal deodoran aja yang saya pakai. Masalahnya di ja di makanan konsumsi ana-anak. Tiap beli akhirnya cek pembuatnya. Lebih enak juga makan gorengan dan keripik2 buatan UMKM loka. Selera lidah saya ok, anak saya belum tentu. Yang penting ikhtiar dan sambil terus berdoa

    BalasHapus
  7. Anakku juga suka makan junk food punya si onoh.
    Tapi pas dikasi tau kalo itu makanan ngedukung israel, langsung dia gak sudi lagi belinya.
    Beli yang lokal punya jugak.

    BalasHapus
  8. Saya jadi lebih tercerahkan tentang nama-nama produknya, Mak. Benar kata Mak, bahwa sebagian produknya sedang dipakai saat ini. Semoga perlahan dan konsisten, saya dan keluarga bisa benar-benar tidak menggunakan pro Israel ini.

    BalasHapus
  9. Siapa yang tidak tergugah perasaannya melihat penderitaan rakyat Palestina terkena gempuran bombardir Israel. Apalagi korban anak dan bayi yang tidak tau apa-apa. Apa yang bisa kita bantu untuk membuat Israel jera, semampunya kita lakukan termasuk boikot produk.

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️