Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Steamboat Simple

Steamboat simple


 Kalo udah UPA (Unit Pembinaan Anggota) yang dulu disebut Liqo sudah ketemu pekan ke lima dalam satu bulan, biasanya kita punya agenda bebas. Boleh masak-masak, boleh makan-makan, boleh rihlah alias jalan-jalan, atau bahkan ke salon sekalian biar ibu-ibu tambah cantik dilihat suami.

Tapi entah kenapa kami memang suka masak-masak, alasan simpel sih, setelah masak pasti makan-makan. Resepnya juga bisa dipake buat direcook di rumah untuk anak suami.

Seingat Emak dulu pernah praktek bikin dimsum beserta sausnya. Pernah juga sate padang yang enak, nah yang Emak mau bagi adalah resep simple masak steamboat. Kali ini steamboat kita pake kuah ala tomyum biar terasa pedas tapi asam segar.

Steamboat Simple

Steamboat itu yang penting makanan berkuah yang isinya macem-macem. Kalo di Jepang disebut shabu-shabu kalo di Thailand disebut Suki. Makanya sekarang banjir banget jajanan bertema Suki sebagai food street di kota manapun di Indonesia.

Kuahnya pun beragam banget. Bisa kuah tomyum bisa miso bisa apapun sesuai selera kita. Yang pasti isian dari steamboat ada sayur, ada tahu, ada mie, ada aneka seafood dan juga daging.

Nah berhubung kita mau buat yang Simple,, tanpa irisan daging tipis yang biasa ada di menu all you can eat, bisalah ngandelin aneka olahan ikan (dumpling) aneka bentuk. Uuuh pas banget memang dikonsumsi saat cuaca di Medan seperti sekarang. Memasuki akhiran bulan 'ber' selalu siap sedia ember alias musim hujan. 

Bahan Steamboat

Karena kita mau kuah yang pedas segar, kita pake kuah tomyum. 

Bahannya Kuah:

Bawang bombay 1 

Bawang putih 7 siung

Cabe merah 1 ons 

Serai 1

Lengkuas sedikit

Daun jeruk 3 lembar

Jeruk nipis 1

Isian:

Sawi botol/pokcoy

Aneka Dumpling seperti bakso, cikuwa fishroll, odeng, apapun sesuai selera. 

Udang

Tahu

Jamur Enoki (opsional ya.. Memang enak sih kalo pake ini)

Mie, boleh bihun boleh mie telur


Cara Membuat

Cabe diulek halus (direbus dahulu lebih enak), bawang bombai dan bawang putih cukup diiris tipis. Kemudian siapkan air untuk merebus di pan yang besar ya. Seperti wokpan ukuran di atas 30cm karena nantinya setelah masuk isian bakal penuh. 

Kalo cuma masak sedikit bahannya didikitin ya, biar gak mubazir. Masukkan serai yang digeprek, lengkuas dan daun jeruk ke dalam air yang direbus. Masukkan pula cabe dan bawang yang sudah diiris tipis.

Setelah mendidih masukkan garam, udang atau seafood lain semisal cumi, masukkan tahu, enoki, aneka olahan ikan (dumpling), lalu masukkan sayur. 

Setelah masuk semua peras jeruk nipis, koreksi rasa. Boleh ditambah kaldu jamur agar lebih gurih.

Mie nya?

Nah untuk bihun atau mie telur lebih enak setelah direndam/direbus langsung masuk ke dalam mangkuk. Lalu disiram dengan kuah yang telah masak, ditambah aneka isian steamboat tadi. Siap disajikan deh..

Penutup

Memang di saat tertentu seperti hujan atau sedang berkumpul dengan teman/keluarga agenda yang dilakukan adalah makan-makan. Hehe. Ide masak steamboat simple ini bisa dicoba loh. Karena dari usia muda sampe senja semua suka dengan olahan ini.

Setelah masak-masak kami selesai, bersama kami mencoba hasil masakan kami sore itu. Wahhh ditambah backsound hujan di halaman beneran bikin acara makan sore kami terasa lebih nikmat. Ditambah sambal biar lebih berasa juga makin mantab.

Bikin steamboat simple di rumah selain bikin hangat keluarga saat bersantap bersama juga lebih hemat di kantong kan mak.. Modal gak sampe 200K udah bisa makan kami di rumah bertujuh sekalian berbagi ke jiran tetangga. 

Gimana Mak? Udah pernah nyobain bebikinan simple steamboat di rumah? Pake kuah apa? Yuk kita sharing di kolom komentar ❤️






blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

5 komentar untuk "Steamboat Simple"

  1. Wow pas banget nih udah musim hujan cuacanya lebih dingin
    Masak yang panas panas langsung dinikmati sambil seruput kuah panasnya nih mantap banget ya...
    Bahannya bisa didapatkan harga terjangkau pula. Hemm..mm dinikmati bareng keluarga makin nampol ya

    BalasHapus
  2. Wah pas hujan mantap kali steamboat-an di rumah, mana kuah tomyum pula, hangat dan sehat. Modal 200 udah serumah sama jiran, padahal kalau di resto bisa jadi cuma buat sendiri atau berdua ini...Mau coba ah resep ini:)

    BalasHapus
  3. Saya juga suka nih makan steamboat pake isi udang dan bakso2an. Biasanya bikin di rumah pake bumbu tomyum instan merek melayu itu, tapi lumayan lah rasanya. Daripada steamboat di resto harganya lumayan banget kan ya

    BalasHapus
  4. Jangan lupa semboyan, belom makan namanya kalo gal ada nasinya.
    Nanti tak cobain resep steamboat ala Icha

    BalasHapus
  5. Wawww bikin pengeen pas banget ditempatku dingin habis ujan...bumbunya simple ya ...nah sekarang jg sdh banyak bumbu jadi tinggal cemplung2 tp mantep bikin sendiri yaks (gusti yeni)

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️