Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bolu Panggang tanpa Oven

Tips Bolu Panggang tanpa Oven


 Sudah tau lah ya, kami kembali pindah ke pinggiran kota Medan. Eh secara de jure sudah masuk pun ke Kabupaten Deli Serdang. Ya istilahnya Medan Coret, kwkwkwk.

Pindahnya memang setengah hati. Takut-takut kalo bakalan pindah lagi. Maklum lah ya, belum pasti kalo bakalan jadi kontraktor atau menetap di rumah ini. Karena ada rencana rumah ini mau dijual. 

Karena itulah perabotan yang Emak sekeluarga bawa juga seadanya. Jangan tanya mesin cuci dan peralatan listrik lain. Kami cuma bawa alat elektronik dasar seperti rice cooker dan setrika. Kemudian setelah beberapa lama baru membawa oven dan slow cooker. 

Rasanya sudah lama sekali Emak gak baking.  Salah satu mood booster bagi Emak saat mencium aroma kue atau roti mengembang. Selain anak-anak semua suka, Emak pun sangat bahagia setelah baking. 

Masalahnya saat kepengen itu, pas lagi gak ada modal. Uangnya lebih banyak kepake buat kebutuhan harian yang kadang besarannya over budget. 

Lah, kan pake tepung gak sampe 2 ons. Iya sih, tapi biasanya kan Emak beli tepung kemasan yang sekiloan. Jadi lumayan lah ditambah telur 5, SP dan beberapa temennya. 

Walaupun untuk baking satu kue modalnya gak nyampe 50 ribu, tapi untuk beli perkemasan di awal pasti terasa. Hihi

Emak scrolling fesbuk. Temen bikin inspirasi masak kue gak pake oven. Waaah jadi tertarik nih bikin challenge juga. Tapi dalam hati harus beda caranya. Jangan sama! Biar orang lain juga bisa memakai alat seadanya. 

Dari niat itulah Emak berencana kalo duit hasil nulis cair Emak mau beli bahan. Pas pula di saat itu giliran ngaji di rumah Emak. Yang bikin bersyukur adalah, saat giliran ngaji diajukan di rumah Emak, Emak gak pake lama langsung mengiyakan. 

Padahal aslinya dalam hati bingung, nanti tamu disajikan apa ya, beneran lagi bokek, hahaha. 

Alhamdulillah 2 hari sebelum jadwal kajian, Emak dapat rejeki yang tak disangka. Rejeki yang Allah selalu kasih bikin Emak surprised dan always bersyukur. 

Jadilah beli bahan kue. As always Emak berdayakan donk anaknya untuk main mixer sementara Emak menyiapkan mie Aceh untuk teman kajian.

Resep bolu pandan
Berdayakan anak buat mixer 


Tips Bolu Panggang tanpa Oven

Kue yang paling simpel tapi semua umur suka? Ya bolu pandan! 

Bikinnya mudah dan resepnya juga sedikit. Berikut resepnya:

Resep Bolu Pandan ala Emak

Telur 5 butir

SP 1 sendok

Tepung Roti 175-200 gram (pertengahan juga boleh) 

Gula 200-250 gram. (Emak suka  manis yang soft. Cukup 200 gram aja) 

Santan cair instant 1 (65ml) 

Beberapa tetes essens pandan

Minyak Goreng 50 ml. 


Asyik itu aja, tanpa margarin/mentega. Emak tinggal mendelegasi si sulung untuk mixer terlebih dahulu gula, telur dan SP sampe mengembang. Lalu masukkan tepung, santan dan juga minyak. Setelah itu baru siapkan alat tempur panggang tanpa oven. 


Bahannya:

1. Loyang bolu bulat dengan bolongan di tengah. 

2. Loyang petak yang biasa untuk membuat kue bakar hari raya. 

3. Tutup Panci Kaca (supaya gak bolak-balik melihat progress kue mengembang) 

4. Kompor

Udah itu aja! 

Sekilas Emak teringat adik mama yang dulu tinggal bersama kami sejak kecil. Dia sering sekali membuat bolu tape jadul (bolu tapenya berat. Makan satu sudah kenyang. Emak suka bolu tape ala chiffon, ringan dimakan pengen nagih tapi bikin kesel yang pengen diet, wkwkwk). 

Dulu tuh dia masak bolu pake Bima. Coba deh searching, pasti tau deh yang suka masak. Bima kan lumayan juga harganya dibanding loyang-loyang bahan eksperimen Emak. 

Nah, langkah pertama, loyang bulat diolesi minyak sebelum memasukkan adonan kue yang mau dipanggang. 

Letakkan loyang petak di atas kompor, lalu loyang bulat dengan adonan. Pas di posisi tengah. 

Tutup dengan tutup panci yang terbuat dari kaca. Hidupkan kompor dengan api kecil. Bahasa lainnya api lilin. Tunggu sampe matang dengan cara tes kematangan dengan tusuk gigi. Emak buat sekitar 1 jam. 

Caranya cukup mudah kan? 

Hasilnya kayak apa? 

Emak teringat dengan kue bolu ala zaman Emak kecil, pinggiran yang bersentuhan dengan loyang berwarna coklat tapi Emak suka. Sementara anak Emak yang biasa dimasakkan bolu dengan oven, jarang sekali mendapat warna coklat begitu karena waktu memanggang dan panas merata saat masak dengan oven. 

Alhamdulillah pas sekali waktu matangnya dengan teman mengaji datang. Begitu mereka masuk, Emak sajikan bolu yang masih panas. Syukur langsung habis dibantu sama anak Emak 🤣. 

Gimana mak? Yang pengen masak bolu panggang tapi gak punya oven jangan sedih. Cara ini bisa ditiru loh. Alhamdulillah gak mengecewakan kok hasilnya. 

Yang punya pengalaman sama? Kuy cerita yuk kayak mana cara lain panggang kue tanpa oven.. Di kolom komentar ya.. 



blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

13 komentar untuk "Tips Bolu Panggang tanpa Oven"

  1. Memang yang terpenting niatan buat baking udah full ya.
    Jadi adaaaa aja jangan ninjanya untuk menghadirkan cemilan ala oven

    BalasHapus
  2. Waaah kreatif banget ini.. maju terus pantang mundur dengan peralatan yang ada.. saya jadi ingat kalau dulu nggak ada oven pakenya baking pan, kurang lebih ada tatakan loyang dan tutupu loyang.. kurang lebih prinsip kerjanya sama.. yang perlu diperhatikan api kompor biar semua matang dnegan sempurna;.. tapi jadinya enak yaaa.. bolu anget nggak ada lawannya memang

    BalasHapus
  3. Ternyata bisa sesimpel itu bikin bolu yang enak dan lembut. Duh kalau dekat pengen belajar juga nih. Kreatif memang meski seadanya tapi bisa ya...

    BalasHapus
  4. Mudah ya tapi masaknya lama juga ya ... sejam. Pengen lihat penampakannya, scroll sampai dua kali sampai bawah nyari foto hasilnya ... gak ada ternyata. Lupa difoto, Mbak? :)

    BalasHapus
  5. Duh, pintar kali aunty buat kue.
    Ajarilah sekali-sekali caranya

    BalasHapus
  6. Bukan emak namanya jika tak banyak akal. Hahaha. Keren tipsnya mba. Bahan ketiga mungkin yang banyak dilupakan orang ya, tutup panci sebaiknya yang kaca supaya tidak bolak-balik lihat progress kue, dan kue mengembang sempurna.

    BalasHapus
  7. Saya pribadi di rumah gak punya oven juga sehingga kalau ma buat kue agak males gitu. Nah, kalau ada tutorial yang mbak buat ini kan jadi mempermudah para emak utk kreatif membuat kue

    BalasHapus
  8. Bolu pandan emang the best sih mak. Dirumah juga gitu, kalau ada pengajian the power of bolu pandan. Simpel no ribet - ribet club hehe.

    BalasHapus
  9. Setuju kak. Aku juga pernah baking puding Turkish namanya. Itu aslinya sih baking pakai oven. Terus diinovasi pakai cara kukus. Jadi juga 😁 enak juga

    BalasHapus
  10. Praktis sekali ya bun...tanpa oven membuat bolu ternyata bisa...jadi pengen bikin (gusti yeni)

    BalasHapus
  11. wah ternyata caranya gampang, terimakasih banyak atas tipsnya ya kak :D

    BalasHapus
  12. Mbak, loyang petak tu yang kek gimana si? Alas atau dasar loyang kah? Keknya mertuaku punya merk Bima ini deh. Dulu pernah aku bikin tapi ya ga bisa ngembang cantik gitu. Kan kesel. Tapi = (lagi) resepnya beda si sama yang mbak punya. Share ah

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️