Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wishlist Sabang Sekeluarga bareng Traveloka

 

Wishlist Sabang Sekeluarga bareng Traveloka

Liburan di depan mata. Anak-anak udah siap UAS ganjil. Sebentar lagi bagi raport. Kebayang kan, permintaan kalo udah masuk liburan panjang? Yesss minta jalan-jalan. 

Sebenarnya bukan hanya anak-anak yang butuh liburan. Ibu rumah tangga kayak Emak juga butuh refreshing, kalo gak mau dibilang healing. 

Sebenarnya udah lama banget kepengen sekeluarga pergi ke Sabang. Tapi karena belum nemu waktu yang pas dan juga belum nemu tips di hemat budget jadi masih kepending. 

Ide liburan ke Sabang akan Emak ceritakan di akhir tulisan, karena sedang musim penghujan baiknya wisata dekat dari kota Medan. 

Kalo pengen liburan dekat yang gak jauh dari Medan sebenarnya enak juga ke Danau Toba. Lebih dari 10 spot baru tempat wisata yang sedang viral dan bisa dikunjungi. 

Silahkan intip beberapa Spot Wisata Sekitar Medan - Danau Toba yang Emak rangkum buat kalian, Mak! 

1. Kebun Efi

Kebun Efi
Instagram Kebun Efi


Terletak di Jalan Kabanjahe - Siosar KM.13 Siosar, Sukamaju, Kec. Tigapanah, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. 

Tempat ini bukan hanya menyediakan pemandangan kebun bunga yang indah, tapi juga menjual beberapa produk kebun mereka seperti propolis dan juga coklat. 

Heii ada kabin dan juga glamping. Bikin Emak beneran mupeng mau ke sini bareng anak-anak. 

2. Simalem Resort

Simalem resort
Instagram Simalem Resort


Bukan sekedar resort biasa. Terletak di Jalan Merek - Sidikalang Kabupaten Karo. Di sini gak harus nginap. Sekedar masuk menikmati pemandangan Danau Toba yang luar biasa bisa di sini! 

Aktivitas wisata banyak paketnya, bahkan ada produk wisata yang mereka sediakan khusus sunrise watching, agro tour dan coffe tasting. 

3. Binahal Indah Resort

Binahal indah resort
Instagram Binahal Indah Resort


Nah ini tuh termasuk "wishlist anak-anak" karena selain penginapan, di sini juga menyediakan camping ground. 

Terletak di Kecamatan Pematang Silimahuta, Kabupaten Simalungun. Dijamin seru banget camping bareng anak di sini. 

4. Bukit Gajah Bobok

Bukit gajah bobok
Instagram Traveling Sumut


Bukit Gajah Bobok ini terletak di Kecamatan Merek Kabupaten Karo. Tidak ada penginapan. Namun lebih sering dijadikan aktivitas camping mandiri. 

Views matahari terbitnya luar biasa loh. Kalo mau berjuang menyiapkan alat camping mandiri bisa banget melihat view keren sunrise di sini. 

5. Bukit Holbung

Bukit Holbung
IG bukitholbungsamosir


Kalo Bukit Gajah Bobok terletak di Merek, Bukit Holbung terletak di Pulau Samosir. Nama keren bukit Holbung ini bukit teletubbies. Karena bentuknya yang mirip rumah para teletubbies. 

Pemandangan paling seru adalah saat sunset atau matahari tenggelam. Kalo di pagi hari pemandangan berkabut seperti awan menggantung. Pilih yang mana? Silahkan datang saja ya.. 

6. Bukit Indah Sitalmak-Talmak Sitohang

Sitalmak talmak
pariwisatasumut. net


Bukit lagi? Iyes. Jangan takut bosen. Karena view Danau Toba pasti berbeda dari segala bukit. Biasa disebut Bukit Sitalmak-Talmak, terletak di Desa Sitohang Kabupaten Harian Pulau Samosir. 

7. Batu Maroppa

Batu Maroppa
IG batumaroppa


Di Kecamatan Sitio-Tio, Kabupaten Samosir terletak 2 batu besar saling menggendong. Menurut legenda itu akibat melanggar adat. Cinta antara saudara kandung yang membuat mereka dikutuk menjadi batu.

Cukup menantang adrenalin untuk berpoto di batu Maroppa. Tapi hasilnya? Jangan tanya lagi. Eksotis sekali. 

8. Pantai Batu Hoda

Pantai Batu Hoda
IG pantai batu hoda Tigaras


Di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, agaknya Pantai Batu Hoda adalah 0 kilometernya Pulau Samosir. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Berenang, memancing, olahraga air sampe berkemah pun ada. 

Mau tinggal di penginapan juga tersedia. Tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan para pengunjungnya saja. 

9. Aek Rangat Pangururan

Aek Rangat Pangururan
Jendeladunia16. com


Danau Toba pun ada wisata air hangat. Terletak di Kecamatan Pangururan, Aek Rangat ini mirip wisata Sidebu-debu Berastagi. 

Air panas alami dialirkan ke kolam-kolam, namun di sekitar kita bisa melihat keindahan bukit kapur yang menjadi sumber air panasnya. 

10. Taman Bunga Sapo Juma

Sapo juma
Instagram Sapo Juma


Terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek Kabupaten Karo. Sapo Juma bukan hanya wisata taman. Tapi juga ada fasilitas camping. 

View Danau Toba juga terlihat berbeda dari sini. Kuy ke sini karena sudah dekat dari wisata Bukit Gajah Bobok. 

Nah, itu beberapa spot terdekat dari Medan yang bisa Emak kunjungi setelah liburan semester bareng anak. Namun rencana ke Sabang tak kan pernah surut. 

Emak akan menceritakan secara lengkap itinerary rencana ke Sabang bersama Traveloka 

Whistlist Sabang Sekeluarga bareng Traveloka

Kenapa Emak sekeluarga pengen banget ke Sabang?

  • Pulau Terluar Indonesia
Taulah ya kalo Sabang adalah pulau terluar dan terujung barat di Indonesia. Ini salah satu alasan kami sekeluarga. 
  • Pantainya Luar Biasa Indah
Meskipun banyak pantai di Sabang, tapi semuanya luar biasa indah. View nya gak ada yang sama. 
  • Merupakan Rencana yang Tertunda
Jangan tanya udah tertunda berapa lama, yang pasti selalu pengen ke sini dengan personel sekeluarga lengkap.

Itinerary Sabang 

1. Transportasi

Karena dipastikan sekeluarga adalah bertujuh, maka lebih nyaman Emak akan sewa mobil dari Traveloka. 

Dilihat dari jadwal libur di Bulan Februari 2023, ada satu tanggal libur di hari Sabtu tanggal 18 Februari. Jadi, Emak berencana ambil sewa mobil di tanggal 17 Hari Jumat berangkat di malam hari biar anak-anak gak rewel. 

Traveloka Rental mobil


Kita bisa memilih jenis mobil lengkap dengan rincian memakai supir atau tanpa supir. Tercantum pula harga rental mobil perhari. 

2. Barang Bawaan

Karena akan melewati 3 hari 3 malam, membawa baju yang paling nyaman dan cepat kering. Bahan kaus paling nyaman karena Sabang adalah pulau kecil paling ujung barat Indonesia. 

Jangan lupa bawa baju renang anak karena sudah pasti bakal banyak main air. Selain baju tak lupa siapkan pula obat untuk jaga-jaga juga berbagai P3K sederhana seperti plaster dan obat luka. 

3. Akomodasi

Terbayang akan berangkat malam hari di hari Jum'at. Sampai di Banda Aceh keesokan harinya di hari Sabtu pagi sekitar jam 8 pagi. Mobil diarahkan menuju penyebrangan ke Sabang karena jam 10 pagi sudah ada kapal penyebrangan. 

Di hari Sabtu yang tersedia di Traveloka untuk kami bertujuh ada Pulau Weh Paradise. Lumayan juga kalo booking dari sekarang. Ada promo yang sedang berjalan. 

Pulau weh paradise


4. Tujuan Spot Wisata di Sabang

Emak sudah memperkirakan, dalam 2 hari 1 malam Emak akan pergi ke beberapa tempat ini di Sabang:

1. Tugu I Love Sabang

Tugu i love Sabang
travelingyuk. com


Diperkirakan menyebrang dari Banda Aceh jam 10 pagi, maka akan sampai di Pelabuhan Sabang sekitar jam 10.45 WIB. Sebelum check in di Pulau Weh Paradise di jam 1 siang bisa main dulu di Taman/Tugu I love Sabang sekedar mencari spot poto terbaik. 

Letaknya dekat sekali dari pelabuhan Sabang. Makanya jangan lupa berkunjung sebentar untuk mendapatkan beberapa memori yang bisa dikenang.

2. Pantai Sumur Tiga

disbudpar. acehprov.go.id


Lokasinya di Gampong Ie Meulee Kecamatan Sukajaya Kota Sabang. Disebut Pantai Sumur Tiga, konon karena dulu ada tiga buah Sumur yang dekat dengan pantai. Meskipun dekat dari laut namun sumur ini rasanya tawar. 

Menariknya, selain enak melihat sunset juga enak melihat sunrise di sini sekaligus bermain air dan pasir putih di pantai juga seru dilakukan apalagi bersama anak-anak. Kurang apa lagi coba? 

Hanya saja kita harus check in hotel sebelum eksplor tempat lain di Sabang, maka kita cari view sunset di pantai lain. Cusss kita ke spot wisata lainnya. 

3. Wisata Gua Sarang

Wisata gua sarang
Idn. Times


Setelah check in kita siap-siap berangkat ke Wisata Gua Sarang ini. Terletak di Gampong Iboih Kecamatan Sukakarya. Lebih sering disebut sebagai hidden gem karena letaknya agak tersembunyi dan asri banget.

Pemandangan keren paduan laut dan tebing ini akan sangat memukau mata yang memandang. Masuk ke dalam gua pun terbilang cukup murah. Setiap pengunjung dikenakan biaya sekitar 10.000 rupiah. 

Selain masuk ke gua, spot poto di sini juga bagus semua. Cocok lah untuk stok poto pengisi feed social media kalian mak!

4. Menikmati Sunset di Pantai

Life your way
Traveloka pulau Weh paradise


Setelah dari Wisata Gua Sarang, kita langsung balik penginapan. Charge energi dulu karena pagi sekali mau menyebrang ke Pulau Rubiah untuk snorkeling. 

Nah, sunset gak perlu jauh-jauh. Dari penginapan di Pulau Weh Paradise kita bisa puas bermain air di Pantai sembari menunggu sunset menyapa. 

5. Pantai Iboih

Pantai Iboih
Idn. Times


Untuk sampai ke Rubiah, harus menyebrang dari Iboih. Jangan lewatkan untuk bermain di pantai Iboih juga. Spot poto gak kalah cantik karena semua pantai di Sabang ini gak ada yang butek. Semua jernih membiru. 

6. Pantai Rubiah

Snorkeling di rubiah
Steemit Kakilasak


Sehabis menyebrang dari Iboih sampailah di sini. Aktivitas paling sering dilakukan adalah snorkeling. Jangan tanya keindahan alam bawah lautnya.. Jangankan snorkeling pake alat, cuma melongok ke bawah air saja sudah banyak pemandangan biota laut yang membuat kita takjub. 

Selain snorkeling, juga bisa diving. Biasanya pihak penginapan kita tinggal menyediakan informasi dan juga sarana untuk paket perjalanan ke Pulau Rubiah. 

Meskipun Sabang rasanya ketemu air melulu, kita gak akan pernah bosan menikmati air. Berenang, main pasir dan main air punya sensasi berbeda di tiap pantainya. Sebelum tengah hari kita harus balik nih karena harus check out dari penginapan. 

7. Tugu 0 KM Sabang

Tugu 0 km Sabang
Steemit Sabang


Sebelum check out hotel dari sekembalinya dari Pulau Rubiah, kita melipir yuk main ke Tugu 0 KM Sabang untuk mengambil beberapa poto dengan keluarga. Letaknya gak jauh kok dari Pantai Iboih. 

Hanya sekitar 15 menit saja dari Pantai Iboih, terletak di Gampong Iboih ujong Ba'u di Kecamatan Sukakarya Sabang. Rasanya pasti luar biasa banget bisa sampai di ujung paling Barat Indonesia. 

8. Pantai Anoi Itam 

Anoi Itam
Native Indonesia. Com


Setelah check out dari hotel, jangan langsung berbalik ke pelabuhan. Kita kunjungan singkat ke Anoi Itam beach. Kenapa? Satu-satunya pantai dengan pasir hitam di Sabang. 

Selain itu, ada Benteng Anoi Itam di sini. Ini merupakan benteng yang dibangun oleh Jepang pada tahun 1942 untuk menyimpan berbagai amunisi senjata mereka. 

Gak melulu pantai, ternyata di Sabang kita bisa menikmati gua, taman dan juga benteng! 

Rencana liburan di Sabang yang Emak tulis sungguh bikin Emak antusias sendiri. Bukan hanya ditulis dan direncanakan InsyaAllah akan dijalani agar tidak lagi menjadi whistlist tapi juga realita. 

Selesai dari 8 tempat tersebut balik lah kita ke Banda Aceh melalui Pelabuhan Balohan Sabang di jam 4 sore.

Tips Membawa Anak ke Sabang

Karena ini merupakan trip sekeluarga, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Jaga Kesehatan Semua Anggota Keluarga

Sebelum berangkat kita sudah mengatur jadwal keberangkatan, pemesanan mobil rental dan penginapan via Traveloka. Ada baiknya kesehatan dijaga agar liburan maksimal. 

Seandainya akhirnya harus diundur karena masalah kesehatan lainnya, asyiknya di Traveloka ada re-schedule. Namun bukankah menyenangkan berangkat dan pulang sesuai rencana dan ekspektasi? 

2. Obat dan P3K

Its a must! Gak ada yang berharap sakit atau mengalami kejadian tak disangka Saar liburan. Tapi semua kemungkinan terburuk harus dipersiapkan. Sisanya? Berdoa agar diberi kelancaran. 

3. Edukasi Keselamatan

Karena membawa anak berbagai umur dari mulai 3 hingga 11 tahun, maka kita sebagai orangtua memberitahu anak tentang do/don't yang mereka lakukan. 

Edukasi pula untuk tidak bermain jauh dari bibir pantai karena Sabang adalah pulau kecil terluar Indonesia. Selain itu saling menjaga di antara anak adalah solusi. 

Si sulung menjadi penanggungjawab si bungsu. Sementara no 2 dan 3 menjaga si nomer 4. Meskipun sebenarnya Emak dan suami tetap melihat 5 anak ini selalu untuk diawasi. 

4. Sunblock

Sebagian besar waktu akan menghabiskan banyak waktu di sekitaran pantai. Sebelum sunburn seperti wisata yang lalu mending sedia sunblock sebelum gosong. 

Selain sunblock yang waterproof juga jangan lupa oles kembali sunblock dalam waktu 3 jam. 

5. Kebutuhan Air Minum

Selain sunblock, jangan lupa ingatkan anak akan mencukupi hidrasi tubuh. Memang bakalan lupa minum kalo udah main air. Tapi selalu ingatkan minum berulang biar gak dehidrasi. 


Mhh, sekian rencana bucketlist Emak sekeluarga di Sabang. Mudah-mudahan berjalan lancar karena trip Sabang ini direncanakan akan diwujudkan di bukan Februari 2023. 

Semoga yang mau liburan ke sana mendapat insight tipis-tipis ke Sabang ngapain aja. Jangan lupa juga selalu cek aplikasi Traveloka untuk mendapatkan liburan hemat budget dan banyak promo lainnya! 

Ikuti terus suara hati dan jalani hidup dengan caramu! #LifeYourWay


Sumber bacaan:

https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/menguak-5-pesona-wisata-aceh-surga-di-ujung-barat-indonesia/21053

https://www.disbudpar.acehprov.go.id/amp/sabang-magnet-pariwisata-dari-ujung-pulau-sumatera/

https://www.phinemo.com/rekomendasi-wisata-favorit-di-sabang-yang-tak-boleh-dilewatkan/







blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

16 comments for "Wishlist Sabang Sekeluarga bareng Traveloka"

  1. Aduh aunty.. enak sekali ya bisa jalan-jalan. Kapan-kapan ajak Yumna juga ya.

    ReplyDelete
  2. Makasih Kak jadi ada insight tentang Sabang akutu...Ku pernah ke Banda Aceh 15 tahun lalu, sayangnya tinggal nyebrang aja tak ada waktu. Tertunda sekian lama semoga bisa ke Sabang bersama keluarga dan Traveloka

    ReplyDelete
  3. Ya Allah.. baru baca artikel ini aja udah berasa udaj jalan jalan ke sabang. Bikin seget di mata wisata wisatanya

    ReplyDelete
  4. Sabang juga impiankuuuu mba. Satu-satunya provinsi di Pulau Sumatra yang belum pernah aku jejaki ya Aceh inilah. Asli, pengen banget. Semoga segala doa dan niat terealisasi bersama Traveloka ya Mba Icha.

    ReplyDelete
  5. Waaah aku belum pernah ke Sabang, tapi pernah lihat dari foto kalau pantaiyna indah sekali.. semoga cita citanya tercapai bisa berwisata ke Sabang, makasih info dan tipsnya

    ReplyDelete
  6. Libur sekolah anak memang sudah di depan mata ya, Mba. Anakku paling mudik ke kampung karena aku malah gak ada libur akhir tahun. Btw, destinasi di Sabang bagus-bagus deh, jadi pengin ke sana juga. Wajib masukkin wishlist nih.

    ReplyDelete
  7. Aahhh sabaang, kapan ya bisa kesana lagi, aku juga kepengen banget kesana tapi belum tau mau kemana aja, ntar kalo jadi kesana liat whishlist kamu aja deh 😍

    ReplyDelete
  8. Semua lokasi wisatanya keren dan instagramable ya ... Saya belum pernah ke Sabang. Pengen banget menginjakkan kaki di Aceh itu. Semoga ada kesempatannya ke sana. Aamiin... Penasaran sama kebun Efi hehehe

    ReplyDelete
  9. wuah itu tugu kilometer 0 nya udh kelar ya kak skrng. dulu waktu awak kesana belum selesai selesai. oia, bawaan yg harus disediain yg mungkin harus ada adalah makanan kak menurut awak. karena disana makanannya kurang ada yg pedas. jadi tumis pedas baby octopus sama sambal gila ikan teri jdi panganan yg maknyus kak dibawa kesana.

    ReplyDelete
  10. Kok jadi pengen ke taman bunga sapo juma 🤩 soalnya anak-anak lagi hobi kempingan.. thanks mba artikelnya, jadi punya referensi kemping yg baru

    ReplyDelete
  11. Ikut maakkkk hahaha
    Duh duhh, apalah kita ini org medan dekat ke Aceh belum juga nginjak sabang yekann,
    Mogas segera terwujud ya mak,
    Traveloka the best sihh buat pesen pesen hotel dan transportasi 😍

    ReplyDelete
  12. sewa mobil di Traveloka ini sdh paling lengkap dan kumplit ya kak , sepertinya bisa jadi referensi nih . Btw view Sabang bagus banget ya

    ReplyDelete
  13. Wuaaaww sabang keren yaa, sodaraku barusan info di pindah tugaskan ke Sabang rencana berangkat akir bulan ini. Semoga bisa kesana amiinnn (gusti yeni)

    ReplyDelete
  14. Duh tertampar awak, udah 15 tahun tinggal di Medan pun belum pernah menginjakkan kaki di tujuan wisata Sumut yang Icha sebutkan, apalagi ke daerah Sabang Aceh, nabung yang banyak deh biar terkabulkan cita2 awak bisa traveling yaa hahaha

    ReplyDelete
  15. Pernah ke Sabang dua kali dan masih pengen lagi karena belum puas menjelajah semua spot wisatanya. Traveloka emang ngebantu banget sih mak..

    ReplyDelete
  16. wisata ke Sabang ini indah banget ya kak

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️