Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Briyani Mix Mandhi di Basnul Coffee

Briyani Mix Mandhi di Basnul Coffee

 

Satu pekan sekali biasanya Emak dan suami selalu mengajak anak untuk menghabiskan waktu bersama ke luar rumah. Intinya quality time lah.. Kegiatan ini tidak pernah sama tiap pekannya. Kadang kami pergi ke taman, kadang kami mengajak anak berenang ataupun hanya mengajak anak untuk keluar untuk makan bersama. 

Pekan lalu kami mengajak anak-anak makan bersama di luar. Saat menanyakan menu apa yang mereka ingin makan, ternyata jawabannya standar saja. Kalo gak mie ayam, biasanya anak-anak minta pizza. Karena tidak ada jawaban yang memuaskan Emak malah teringat akan masakan yang pernah diberi tetangga saat acara aqiqah anaknya. Nasi briyani. Ya.. emak emang suka sama menu satu ini. Makanan dengan beeas khas basmati berempah ini selalu menggoda.

By the way, ternyata makanan serupa seperti ini ada banyak sekali ragamnya. Ada nasi Briyani, nasi Mandhi, nasi Kebuli, nasi Kabsah dan juga nasi Bukhori. Bedanya apa ya..

  • Nasi Briyani
Nasi Briyani biasa disebut biryani atau biriyani. Hanya di Indonesia dan Malaysia lah ada tambahan kata nasi. Hehe
Makanan yang satu ini berasal dari India. Beras dimasak dengan rempah dan campuran sayur atau daging. Rasanya? Luar biasa enak menurut Emak. 
  • Nasi Mandhi
Nasi Mandhi hampir sama dengan nasi Briyani. Dimasak bersama rempah dan juga daging. Namun berasal dari Hadramaut (Yaman), jazirah Arab. 
  • Nasi Kebuli
Meskipun nasi Kebuli dimasak dengan minyak Samin dan juga rempah berbumbu. Bukan berarti berasal dari wilayah saudi Arabia. Ternyata nasi Kebuli asli Jakarta. 
  • Nasi Kabsah
Nasi Kabsah bercitara asam dan gurih. Yang satu ini beneran berasal dari tanah Arab Saudi. Bahkan nasi Kabsah atau disebut Makbus dikatakan sebagai hidangan nasional Arab.
  • Nasi Bukhori
Nasi Bukhori adalah salah satu hidangan di Arab Saudi juga. Rasanya lebih pekat oleh rempah. Masih dengan campuran daging yang rasanya bikin lidah bergoyang. 

Dari kesemuanya Emak suka yang mana? Suka semua! 😂 Emak memang suka nasi berempah.

Akibat dari jawaban anak yang tak memuaskan makanya Emak membawa mereka untuk makan hidangan Briyani saja. Kebetulan Emak pernah lihat postingan seorang teman tentang nasi briyani di sebuah cafe di Medan. Namanya Basnul Coffee. Kui kita review tentang makan nasi briyani di basnul Coffee.

Briyani di Basnul Coffee

Sebenarnya Basnul Coffee ini punya dua cabang di Medan. Satu di area ring road, yang satu lagi ada di jalan Gajahmada. Kebetulan yang paling dekat dari rumah Emak ya di jalan Gajahmada, sekalian ada rencana setelah makan mau main dulu di taman. Basnul Coffee tepatnya terletak di Jl. Gajah Mada No.44a, Sei Sikambing D, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20114. 
Kami sampai di Basnul Coffee menjelang adzan Ashar, otomatis pelayanannya menjadi delay karena ada pemberitahuan di setiap  waktu salat semua pramusaji (laki-laki) berangkat ke masjid untuk shalat. Emak dan anak-anak pun sebelumnya shalat saja di mushalla yang tersedia di Basnul Coffee. 
Setelah selesai shalat dan kembalinya pramusaji, Emak langsung meminta menu untuk dilihat. Setelah itu memutuskan ingin makan nasi Bukhori Mix nasi Mandhi dalam satu nampan besar porsi 4 orang. Meski kami bertujuh, tapi pesan porsi berempat saja supaya hemat habis. Karena anaknya masih krucil-krucil. Hihihi
Ternyata menu pilihan Emak tidak tersedia karena nasi Bukhori sudah habis. Ya..mau gak mau Emak ambil pilihan mix antara nasi Briyani dan nasi Mandhi dengan ayam. Padahal Emak penasaran loh kayak apa nasi Bukhori. Karena kabarnya rempah Bukhori lebih terasa. 
Enaknya pesan satu paket buat berempat gratis minum lemon tea nih. Emak cuma nambah satu teh tarik permintaan anak nomer tiga. 
Gimana rasanya mix nasi Briyani dan nasi Mandhi? 
Nah, dari segi tekstur keduanya sama. Sama-sama memakai beras basmati. Kalo nasi Briyani di sini lebih kuning warnanya seperti nasi kuning. Tapi rasanya memang berbeda. Menyeruak wangi rempah dan ayam. Kalo nasi Mandhi warnanya lebih pucat. Tapi rempahnya lebih terasa dibanding Briyani. Ini bisa saja berbeda di tempat lain ya. Tapi di Basnul Coffee Emak lebih suka nasi Mandhi. 
Satu nampan berisi 2 macam nasi dengan ayam. Menurut Emak harganya sesuai dengan rasanya. Kalo mau tau lebih banyak menu boleh donk dilihat di bawah ini.
Briyani Mix Mandhi di Basnul Coffee

Briyani Mix Mandhi di Basnul Coffee

Briyani Mix Mandhi di Basnul Coffee



Nah setelah lihat menu-menu di atas kira-kira emak pengen yang mana? 







blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

18 komentar untuk "Briyani Mix Mandhi di Basnul Coffee"

  1. Aku baru tau nasi kebuli asli jakarta lo mbaa hahahah.. Kirain dari ARAB juga hehehe.. Nasi Briyani n Mandhinya bikin aku penasaran, pengin cobain ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kl jadi oleh-oleh bawa pulang pake bekal makanan yg elektrik yaa Mam Inova, baka tetep anget deh briyani dan mandhinya sampe rumah hehe

      Hapus
  2. Segala makanan timur tengah ini favorit saya banget mbak. Cuma ya itu jangan berlebihan takut kolesterol. Hihi. Nasi kebuli jangan ditanya, pasti doyan deh saya

    BalasHapus
  3. Tempat langganan kami nongkrong dulu ni Basnul Coffee sebelum pandemi 😂
    Ada juga cabangnya di Ringroad. Makanannya enak-enak. Tempatnya juga asyik.

    BalasHapus
  4. Serius nasi kebuli itu asli DKI? Kok banyak warga DKI sendiri malah ga tahu ya?
    Hihi...
    Nasih dikasih bumbu emang enak, kalau andalan saya sebagai urang Sunda nih nasi liwet saja hehehe

    BalasHapus
  5. Akhirnya tak jauh jauh ke negeri seberang ya kak kalau mau icip Nasi Briyani. Soalnya waktu ke luar itu, Alfie suka Briyani. Ternyata sekarang udah ada ya di Medan.

    Nanti coba kesana deh.

    BalasHapus
  6. emang enak ya nasi briyani ini, khas banget rasanya. Jadi kepengen deh hehe..

    BalasHapus
  7. wah.. seleranya ...nengoknya hahaa.. Sejujurnya ane jg doyan nasi briyani krn pertama kali makan ini waktu kita tinggal di Malaysia. Gile memang rasanya. Berhubjng di sini mahal jd kami memang buat sendiri dirumah tp gk pake berasnya yg panjang panjang tu. Basmati mahal kali hahaha .. dan awak makan porsi besar jd tau diri wkakaa. Oia..satu lg nasi tomato namanya di malaysia kami sering buat tu tp gk tau asli mana nasi tomato ni hahahahajaja bukbunya mirip aja ama briyani beda nya dia pake xtra tomato kalengan kaka..😍😍

    BalasHapus
  8. Hwaa ini enak bangett pasti.
    Aku termasuk penyuka briyani mbaa, tapi dengan daging ayam hehe. Maklum daging sapinya suka seret jadi sampe sekarang males gitu makan daging sapi atau kambing huhu..

    BalasHapus
  9. Nasi Briyani tu emang enak. Pernah beli berasnya, duh ternyata emang mahal. Kekeke.

    Wah saya belum pernah nih ke Basnul Coffee. Asli Kota Medan ya kak. Ngebayangin nyobain menu-menu di sana. Itu pas saya intipin buku menunya ada minuman namanya Somboy Kasturi. Penasaran, itu minuman apa yak?

    BalasHapus
  10. Pelajaran penting hari ini: nasi kebuli asli bikinan dalam negeri. Kupikir dr jazirah Arab pula ini kak.

    BalasHapus
  11. sesekali makan malam di luar memang menyenangkan ya kak, wah boleh juga nih riviu restorannya

    BalasHapus
  12. Wah sama nih mbak, saya juga sama keluarga suka ajak anak2 makan diluar, tapi belum pernah makan nasi briyani. Jadi ngiler nih!

    BalasHapus
  13. Dulu mikirnya kalau nasi Biryani ini nih dari Turki. Rupanya dari India. Padahal dulunya rajin nonton drama India, tapi enggak tau kalau yang mereka makan sejenis nasi Biryani. Semuanya pengen dicobaik mak, tapi kayaknya nyicil dulu nyobainnya. Entah nasi Biryani dulu mungkin.

    BalasHapus
  14. Dari semua hidangan di atas, cuma nasi Bukhori yg belum di icip, tapi icipnya karna abg yg masak, kalo ke basnul nya belom, mungkin bisa jadi rekomendasi pas kami makan keluar jalan-jalan nanti hehe. Nice info cha

    BalasHapus
  15. Ahh.. makan nasi bukhori di basnul memang paling oke. Tempat nongkrong asik juga untuk sekedar ngobrol dan ngopi.

    BalasHapus
  16. Jadi nambah nih referensi sy tentang resto yang jual briyani dan mandhi ya, di Basnul Coffe. Pernah juga tau ada yang jual gini, Al Jazeerah jl Multatuli. Nice share, Icha... tengkiuu

    BalasHapus
  17. Mesti coba nih kalau pas balik ke medan. Udah kebayang di lidah rasanya seperti apa. Penjelasannya detail.Hehe..

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️