Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hidup Lebih Seru dengan 6 Hal ini

 

Hidup lebih seru dengan 6 hal ini

Kamu lahir tahun berapa Mak? Generasi milenial pasti gak asing dengan ungkapan iklan 'bikin hidup lebih hidup'. Nah kali ini Emak pengen nulis tentang hal-hal yang bikin hidup para emak itu lebih rame dan seru. Apaan tuh? Kuy kita lanjut.


1. Kerjaan

Mau emak rumah tangga maupun emak pekerja, pekerjaan  terkadang membuat kita merasa lelah. Namun taukah Mak? Pekerjaan sebenarnya membuat hidup kita lebih hidup. kebayang gak kalau satu hari kita cuti dari pekerjaan kita di rumah maupun di kantor? Kita jadi banyak waktu nganggur yang mengakibatkan kita tidak produktif dan lebih sering memikirkan sesuatu yang bukan urusan kita. Pernah kan? Pasti pernah lah.. Misalnya julid dalam hati pas liat postingan seseorang atau ada perasaan iri pas liat tetangga ganti mobil. Hahaha


2. Deadline

Siapa bilang deadline cuma milik Emak pekerja? Emak rumah tangga juga bisa punya deadline. Bukankah emang sebelum suami pulang kerja semua kerjaan kudu siap? Hihi. Apalagi emak rumah tangga yang punya sampingan. Entah itu punya online shop atau jadi influencer atau blogger. Kami punya banyak deadline shaaaaay. (Ketawa ngikik sambil pusing mikirin deadline 😂)

Heiiii para emak, pernah ngerasa gak kalo waktu 24 jam gak cukup buat kita? Rasanya pengen nambahin waktu kan ya.. ntah 30 jam gitu.. biar bisa puas istirahat. Wkwkwk. Emak auto flashback pas zaman sekolah atau kuliah. Padatnya aktivitas bikin ngerasa tiap bangun tidur kayak dipukuli massa satu kampung. Hahaha

Tapi, rasa letih ini adalah hal yang patut disyukuri. Di saat banyak emak yang merasa bingung mau ngapain lagi setelah kerjaan rumah selesai, kita masih punya segudang aktivitas yang bikin hidup kita lebih seru. Gimana gak seru, kalo kita harus kebut-kebutan sama waktu agar semua kerjaan selesai. Ngebutnya juga ugal-ugalan banget. Sambil masak, muter cucian di mesin cuci, trus nyapu rumah. Kadang sambil gendong balita yang terbangun dini hari. Belum cukup? Yes.. kadang sambil ngetik artikel yang harus tayang mingguan di blog. Hihihi emak-emak emang ruarrrr biasa..


3. Mengaji

168 jam perminggu adalah waktu yang kita punya. Dari ratusan jam yang kita punya masak sih sepekan sekali gak bisa berangkat menghadiri kajian? Haiiisss.. padahal mengaji keluar rumah bagi seorang emak adalah me time sejati!

Kenapa ? Karena di saat duduk di kajian itulah saatnya bagi emak untuk recharge hati, pikiran dan iman. Satu paket lengkap. Kalo cuma pergi salon seharian? Maybe cuma dapet di pikiran yang relax. Tapi ketika pergi ikut kajian, kita akan tenang mulai dari hati, pikiran hingga bersyukur karena selalu diingatkan dalam kebaikan. Kalo emak punya kegiatan kajian rutin pekanan, berarti hidup emak beneran hidup!


4. Qiyamullail

Pernahkah mak, terbangun tengah malam serasa ingin ke kamar mandi? Atau terbangun karena digigit nyamuk? Berulang hingga beberapa kali dalam sepekan? Itu adalah warning sign. Buat kita para emak, gantungkanlah doa di sepertiga malam seperti itu buat anak dan suami kita. 

Hal tersebut bukanlah sebuah kebetulan. Itu adalah panggilan Allah agar kita berdoa dan berada dekat dengannya ketika bersujud melepaskan semua keluh kesah yang kita rasakan seharian. Allah lah sebaik-baik tempat mengadu. Bener kan mak.. maka jangan lagi pergi tidur ketika sudah terbangun di tengah malam. Sekali lagi mak, Itu bukan sebuah kebetulan.


5. Quality Time

Rutinitas pekerjaan kita tak jarang membuat kita lelah. Terkadang terbesit di pikiran jangan-jangan kita ini adalah budak dunia karena terlalu asik mengejar materi untuk memenuhi kebutuhan kita. Padahal semua itu tujuannya buat keluarga. Makanya setiap ada waktu di akhir pekan sebaiknya habiskanlah bersama keluarga.

Kadang saya memaksakan waktu yang sempit untuk keluar bersama. Bukan sesuatu yang mahal  seperti pergi liburan dan lain-lain. Kadang kami hanya berkeliling dan singgah di taman. Kadang hanya pergi makan keluar bersama-sama. Hal kecil seperti ini terkadang terlihat biasa saja. Namun hal-hal kecil beginilah yang membuat kebersamaan kita nantinya dirindukan. 


6. Al Qur'an

Mak, jangan tinggalkan yang satu ini meski hanya sehari. Kecuali pas haid, jangan sampai dalam sehari tidak membaca meski hanya selembar mak. Rutinitas yang kita rasa terlalu sibuk, menurut logika kita akan lebih banyak memakan waktu ketika kita harus menyediakan waktu khusus untuk membaca Al Qur'an. 

Ternyata pikiran kita salah. Ketika kita bersedia menghasilkan beberapa menit kita untuk sekedar membaca Kalamullah yang satu ini, tentu kita akan merasakan banyak keberkahan. Waktu kita memang tidak bertambah menjadi 25 jam sehari. Namun berkah waktu yang kita dapatkan akan memudahkan semua pekerjaan kita. Waktu yang kita punya terasa cukup untuk menyelesaikan semua task yang kita miliki.

Nah.. selain 6 hal di atas, apa lagi yang biasa kamu lakukan mak agar hidup lebih seru? Kuyy kita ngobrol di kolom komen ya mak..



blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

25 comments for "Hidup Lebih Seru dengan 6 Hal ini"

  1. Qiyamul lail saya masih jarang cha...
    malu saya...
    bertekad de, mulai ntar malam dijalankan lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awak karena memulai aktivitas di jam setengah 4 kak. Jadinya setiap hari bisa menunaikan qiyamullail. Alhamdulillah ♥️

      Delete
    2. Satu lagi, awak pengen ikut pengajian.
      Pas di Medan banyak pengajian, awak malah gak pergi.
      Di sini ndak tau dimana yang ada pengajian, malah pengen kali ikut pengajian hiks

      Delete
  2. Poin nomer 4 benar-benar jadi alarm. MasyaAllah jadi begitu ya Mba,...huhuhu masih males aja nih kalo kebangun langsung tidur lagi.
    Aktivitas lain yang bikin hidup emak lebih seru buat saya, nonton drama dan belajar bahasa. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nonton Drakor. Tapi seringnya gak sempat 😂😂

      Delete
  3. Banyak yg masih bolong nih. Duh belum seru nih hidup saya. Quality time bareng keluarga aja belum bisa apalagi yg lain nih....

    ReplyDelete
  4. Ya ampun artikel ini mengandung reminder keras buatku ..Makasih say
    Di antara DL berjejer baik sebagai emak dan kerjaan sampingan mesti tetap ingat ada Allah tempat bersyukur, memohon, tjurhat...Duh, bolongnya banyak aku huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba Dian... padahal faktor penyukses segalanya itu ya Allah SWT ya. Makasih Icha atas artikel tadzkirahnya. Btw, rutin mengaji Alquran juga mencerdaskan otak.

      Delete
  5. MasyaAllah tabarakallah terima kasih sudah mengingatkan kembali ya Mba. Sepalat deh sama deadline ini. Walaupun aku bukan seorang deadliner, tapi ketika punya deadline yaaa jadi berasa lebih hidup saja.

    ReplyDelete
  6. Waktu-waktu berkualitas malah muncul ketika kita sibuk ya ternyata.... Ketika ingin istirahat dari kesibukan, eh yang muncul malah kontraproduktif. Ingin berkualitas, tapi nggak ingin sibuk. Hahahahhaa.... Manusia.

    ReplyDelete
  7. Betul kali lah itu. 24 jam serasa kurang ya kannnnn hihihi. Awak meski belum jadi emak emak, tapi rutinitas di rumah ya udah kayak emak-emak juga, persis kwkwk. Rasanya waktu itu kalau ditinggal tidur kayak sayang gitu ya. Tapi namanya hak tubuh ya mesti dikasih. Istirahat ya istirahat.

    Tetap semangat ^^

    ReplyDelete
  8. Qiyamullail ini mba yang saya masih jarang lakukan, duh malu sama diri sendiri, banyak keinginan dan berdoa tapi ibadahnya jarang, subhanallah

    ReplyDelete
  9. MasyaAllah tabarakallah terima kasih sudah mengingatkan kembali ya Mba. Semoga makinnnnn terus diingatkan sama hal-hal sederhana tapi ternyata luar biasa nih dampaknya biar makin asik ya menjalani hidup

    ReplyDelete
  10. Deadline itu bikin seruuuu mba. Kayak kalo kebelet. Wkwkwkwk. Terima kasih Mba Shafira sudah mengingatkan kembali pentingnya membaca Alquran. Udah 3 hari ni saya absen bacain anak Ar-Rahman sebelum tidur. Biasanya itu aktivitas wajib. Cuma karena emak ditinggal bapak ke luar daerah, jadinya ikutan tepar duluan sama anak.

    ReplyDelete
  11. MasyaAllaah MasyaAllaah aku bener2 diingetin setelah baca artikel inii. ALQuran itu ngga kalah seru dengan liburan kemana2 ya mba. bener bangetttt. penentram jiwa, penolong, sekaligus obat. Makasih banget mba pengingatnya T____T

    ReplyDelete
  12. Quality time harus banget dilakukan oleh orang-orang ya,kak. Bagi siapapun yang mengalokasikan waktunya untuk quallity time pasti akan lebih bahagia dan santai jalani aktifitasnya sehari-hari.

    ReplyDelete
  13. Iyes banget nih Mak. Dulu saya kegiatan menulis ini kan merupakan sebuah pekerjaan primer. Semenjak dah kerja gini, malah kerjaan menulis merupakan kerjaan yang hanya bisa dibatinkan doang. Kangen mak, menulis udah kayak quality time banget. Berharap waktu bisa menjadi yang paling lama buat saya. Tahu-tahu udah esok hari aja. Auto enggak waras mak.

    ReplyDelete
  14. Berasa banget mudahnya hari yang kita jalani kalau malemnya qiyamul lail ya Cha... mudah2an bisa terus istiqomah menjalankannya, agar hidup jadi lebih seru ya, insyaallah aamiinnn

    ReplyDelete
  15. Hihi jadi senyum sendiri dengar deadline emang sih jadi seperti uji adrenalin ya mbak kalau mengerjakan sesuatu sdh mepet deadline heheh

    ReplyDelete
  16. Kalau lagi ngejar DL, memang 24 jam itu tidak cukup. Hehe.... Betul banget nih, jangan terlalu ngejar materi. Harus ada quality time, khususnya sama keluarga dan tidak lupa dengan Tuhan.

    ReplyDelete
  17. Aku malu banget nih masih belum rutin sholat malam. Nah kalau bicara deadline entah kenapa saya paling takut kalau mengerjakan sesuatu mepet2

    ReplyDelete
  18. quality time with fam ni paling seru. biasanya jalan jalan atau kuliner. gak harus tpt jauh atau mahal, yg penting kebersamaan hehe

    ReplyDelete
  19. Haduh yg kebangun tengah malam itu ya rasanya makjleb sering kadang mata masi pengen tertutup aja. Nice reminder icha

    ReplyDelete
  20. Artikelnya sangat bermanfaat seklia, jdi semakin tau apa2 aja yg blum sy lakukan selama ini seperti Qiyamul lail itu masih jarang sy lakukan 😌😌

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️