Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Serba-Serbi Rahim Terbalik

Serba-serbi Rahim Terbalik


 Apa yang membedakan laki-laki dengan perempuan? Berbahagialah wahai Emak, kamu punya satu perangkat dalam dirimu yang sebutannya sama dengan satu sifat Allah Sang Maha Pencipta, yakni Rahim. Hari ini kita ngobrolin soal rahim. Lebih jauh lagi soal rahim Retroverted Uterus alias Rahim Retrofleksi atau rahim terbalik .

Kata Rahim, secara etimologi berasal dari bahasa Arab yang berarti menyayangi. Rahim sebenar-benar makna rahim itu sendiri. Kantung yang menjaga si bayi dari segala bentuk yang membahayakan sekaligus memberi makan dan menjadi tempat bertumbuh si janin. Ngomong-ngomong tentang rahim dari sinilah pertama kali rasa cinta ibu kepada anaknya yang belum pernah ia temui sebelumnya.

Namun tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa perempuan yang memiliki rahim terbalik. Meskipun terbalik, tak mengurangi sedikitpun fungsi dan juga tugas rahim tersebut. Yaitu menjadi tempat bertumbuh bagi janin, tempat makan dan menjaga janin tersebut.

Serba-serbi Rahim Terbalik

1. Tidak Disadari

Perempuan yang memiliki rahim terbalik sering tidak menyadari keadaan tersebut. Meskipun biasanya sering terdapat tanda-tanda yang menunjukkan keadaan tersebut. Namun memang, tanda-tanda tersebut sering mirip dengan gejala penyakit lain. Seperti:

  • Nyeri saat haid.
  • Peningkatan frekuensi buang air kecil atau perasaan tertekan di kandung kemih.
  • Infeksi saluran kemih.
  • Inkontinensia ringan.
  • Terdapat tonjolan perut bagian bawah.
  • Saat berhubungan ada rasa sakit di bagian rahim.
Tanda-tanda tersebut terlalu umum dialami pada penyakit lainnya.

2. Bisa Genetik

Rahim terbalik bisa saja terjadi karena genetik. Pada generasi sebelumnya, ibu atau nenek ada yang memiliki rahim terbalik.

3. Karena Penyakit Tertentu

Rahim terbalik pun bisa terjadi karena adanya penyakit tertentu seperti penyakit radang panggul (PID), endometriosis, fibroid uterus, ataupun  akibat operasi panggul yang pernah dilakukan.

4. Tidak Memerlukan Pengobatan

Rahim terbalik pada umumnya tidak memerlukan tindakan medis khusus apalagi bila tidak ada gejala yang mengkhawatirkan. Karena rahim terbalik tetap dapat dengan normal berhubungan dan juga hamil. 

5. Tidak Mempengaruhi Kesuburan

Tidak ada hubungan antara rahim terbalik dengan kesuburan seorang wanita. Namun pada beberapa kasus mungkin perempuan dengan rahim terbalik memiliki usaha lebih untuk memiliki  anak dikarenakan posisi untuk sel dibuahi berbeda. 

6. Wajib Bedrest

Wanita dengan rahim terbalik cenderung mengalami pendarahan saat sedang mengandung atau hamil. Hal ini tentunya wajib bedrest bagi ibu hamil. Pemeriksaan kehamilan pun tidak dilakukan dengan USG biasa. Namun melalui USG transvaginal. 

Demikian serba-serbi mengenai rahim terbalik. Nah.. sebelumnya sudah pernah mendengar tentang rahim terbalik atau baru tahu nih Mak? Cerita yuk di kolom komentar.

blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

17 comments for "Serba-Serbi Rahim Terbalik"

  1. Awak baru tau soal rahim terbalik ini.
    Syukurnya tidak berbahaya, walo harus bedrest.
    Itu lahirannya bisa normal atau harus cesar mak?

    ReplyDelete
  2. Ya Allah, ada ya mba rahim terbalik ini. Wah, memang gak bisa menghindari teknologi kita kalo lagi hamil. Segalanya harus diperiksa supaya keturunan sehat dan selamat sampai hari lahiran,

    ReplyDelete
  3. wah aku baru pernah denger rahim terbalik ini, mbak.. ngeri juga ya meskipun tetap bisa hamil. alhamdulillah kl usg kata dokter baik2 aja sih, biasanya paling cm dijelasin ukuran rahim, dll

    ReplyDelete
  4. Aku pernah dengar rahim terbalik tapi baru baca penjelasannya di artikel ini. Aku pikir bisa jadi penyebab ketidaksuburan ternyata enggak juga ya. Aku soalnya teringat kakakku yang belum punya anak..entah sebabnya apa, padahal kata dokter suami istri sehat semua. Memang kuasa Allah ya segala yang ada di dunia

    ReplyDelete
  5. Ilmu 😍
    Cek ke ahli emang uda paling bener deh..
    Biar tau solusi yang tepat.

    ReplyDelete
  6. Baru tau soal rahim terbalik ini. Tadi kulihat judulnya sekilas, kukira itu penyakit yang datang tiba-tiba.

    Ternyata nggak ya? Dan ternyata nggak masalah.

    ReplyDelete
  7. sekilas saya pikir itu berbahaya nanti pada saat kehamilan, ternyata itu normal aja ya. saya baru tahu juga ada istilah rahim terbalik, saya pikir semuanya sama kak

    ReplyDelete
  8. Baru denger ada istilah rahim terbalik jadi solusinya harus bed rest gitu ya mbak menjelang persalinan, Noted deh

    ReplyDelete
  9. Jadi bedrestnya itu, dari mulai awal ketahuan hamil, sampai hari lahiran ya cha?

    ReplyDelete
  10. Baru tau ni mak ada istilah rahim terbalik. Mungkin beberapa orang yang selama hamilnya harus bedrest cenderung memiliki rahim terbalik kali ya. Beda orang beda kondisi beda treatment. Semoga kita semua selalu sehat yaa..

    ReplyDelete
  11. Ada kawan yg punya rahim terbalik, 5 tahun menikah baru punya anak, masalah kesuburan pun tidak ada, pas dikasi tau dokter spog cara berhubungan utk rahim terbalik baru dia hamil, tapi kembali lagi tetap Allah swt yang izinkan ya kan :)

    ReplyDelete
  12. Klo ini si artikel ibu banget ya, sy cuma bisa menyimak aja penjelasan dri artikel kakk 😅

    ReplyDelete
  13. Masya Allah, ternyata ada juga ya masalahnya, kita harus bener-bener aware sama kondisi tubuh sendiri nih, jadi pemeriksaan awal sebelum hamil memang perlu sih :)

    ReplyDelete
  14. Aku pernah nyari info soal rahim terbalik ini saat nikah kemarin gak langsung hamil, soalnya keluargaku biasanya langsung tekdung semua setelah menikah. jadi was-was banget. Apalagi emang ada riwayat sering nyeri saat haid semasa gadis. Tetapi pas dicek Alhamdulillah rahimku normal.

    ReplyDelete
  15. Aku baru denger istilah ini. Noted mba, dulu pernah denger ada yg begini jg saudaraku, dan emang bener iya kudu bedrestt

    ReplyDelete
  16. Baru tahu ada posisi rahim terbalik saya mba. Memang dunia kedokteran semakin canggih sehingga rahim terbalik pun sudah diketahui

    ReplyDelete
  17. Ya Allah semoga saya bukan termasuk kategori nomor 1 itu. Ngeri saya bacanya...semoga tidak. Karena sering banget pipis bolak balik kamar mandi,

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️