Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bisnis Tetap Eksis di Tengah Pandemi

LMS ruangkerja


Hidup di tengah pandemi seperti ini  tak bisa dipungkiri bahwa semua bisnis mengalami efek dari pandemi. Bagaimana tidak, semua sektor bisnis mengalami penurunan. Bahkan banyak perusahaan raksasa yang terpaksa menutup semua retail yang dimiliki demi mengurangi banyak kerugian yang ditanggung selama pandemi. Lalu bagaimana caranya agar bisnis kita tetap eksis di tengah pandemi? Ada 3 tips sederhana yang bisa diikuti, yaitu:

1. Meng-upgrade kualitas sumber daya manusia.

2. Keinginan terus bertumbuh.

3. Mengikuti perkembangan zaman yang cepat.


Nah, dengan ketiga tips tersebut semuanya dapat dilakukan sekaligus hanya dengan memfasilitasi karyawan kita belajar melalui pelatihan-pelatihan. Sayangnya semenjak pandemi, pelatihan tatap muka sangat berisiko. Maka dari itu solusi tepat hanya dengan Pelatihan Online. 

Syukurnya, di saat sekarang ini dengan dukungan teknologi yang modern meskipun tak bisa bertatap muka secara langsung namun kita tetap bisa berinteraksi meningkatkan mutu sumber daya manusia. 

Oh ya, pernah dengar tentang LMS kah Mak? LMS atau Learning Management System adalah alternatif untuk melakukan kegiatan kegiatan pembelajaran secara digital. saya memiliki rekomendasi salah satu LMS terbaik di Indonesia yang dapat dijadikan sebagai tempat pembelajaran bagi karyawan dan memiliki track record yang baik adalah ruangkerja by ruangguru. 

Mengapa saya merekomendasikannya? 

1. Sistem pembelajarannya lebih fleksibel

Kebutuhan pelatihan setiap karyawan memiliki perbedaan satu sama lain, dan  ruangkerja memahami berbagai kebutuhan terkait proses pelatihan perusahaan di era modern. Dengan berbagai fitur yang tersedia mendukung proses pelatihan sangat nyaman untuk karyawan. 

teknologi mobile learning yang terdapat pada ruang kerja menawarkan sistem pembelajaran yang lebih fleksibel, dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja ketika karyawan tidak dalam keadaan sibuk bekerja. 

jelas sekali hal ini menjadi lebih efektif karena pelatihannya memiliki struktur yang rapi sehingga tidak ada poin-poin pembelajaran yang terlewatkan.

2. Sistem learning journey

selain itu ruang kerja memiliki sistem learning journey di mana karyawan dapat belajar dengan gaya belajar yang terstruktur dan sistematis sehingga tidak akan ada kebingungan harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. Fitur ini sangat cocok untuk karyawan yang benar-benar sibuk. 

3. Fitur learning plan

Fitur learning plan didesain untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Sangat efektif karena karyawan tidak akan mempelajari hal-hal yang tidak dibutuhkannya.

4. Desain aplikasi terbaik

Melakukan pelatihan dapat menyebabkan rasa bosan, namun tidak terjadi pada saat berlatih melalui aplikasi ruangkerja. Aplikasi ruang kerja didesain dengan baik agar enak dilihat, mudah digunakan, dan tidak berbelit-belit saat karyawan mengakses pelatihan. 

5. Fitur kolaborasi

Yang paling menarik dari fitur kolaborasi ini, karyawan dapat membuat forum diskusi agar setiap pelatihan mendapat kesempatan berkolaborasi dengan peserta pelatihan. juga dapat bertanya langsung kepada ahli terkait materi yang mereka pelajari. Dengan kata lain sangat efektif dan efisien. 

6. Leaderboard

Leaderboard ini dapat memacu peserta pelatihan untuk mendapatkan nilai setinggi-tingginya dan perangkat tersebut akan dilihat oleh pimpinannya. Ini nih yang akan memotivasi karyawan agar semakin semangat ikut pelatihan. Oh ya, selesai pelatihan mereka akan mendapatkan sertifikat. 

LMS ruangkerja banyak memberi penawaran dan juga merupakan solusi untuk pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel. Para peserta pelatihan mendapatkan banyak kemudahan dalam mengakses materi belajar dalam menggunakan beragam perangkat. Baik itu dari handphone ataupun PC/laptop.

Salah satu alasan paling penting, mengapa ruangkerja dipercaya oleh banyak perusahaan menjadi mitra pelatihan online yakni  ruangkerja memiliki fitur-fitur yang sangat  memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring dalam menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan begitu juga dalam memberikan penilaian.

Selain itu,  peserta akan mendapatkan poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan apabila peserta telah menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. Jadi  kesemuanya dapat dikontrol dengan baik tanpa perlu mengkhawatirkan pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal. 

Overall, secara teknis ruangkerja tidak diragukan lagi memang sangat efektif, begitu juga berdasarkan waktu sangat efisien untuk digunakan. Lalu bagaimana terkait harga? Apakah ruangkerja juga mampu menghemat anggaran  untuk pelatihan para karyawan? 

Tentu saja YA! Ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based yaitu sebuah investasi perusahaan agar lebih hemat. 

Subscription model melalui cloud ruangkerja, akan menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan membangun sistem sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live. Dilengkapi SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud ruangkerja.

Jadi tunggu apalagi? Inilah saatnya membantu para karyawan Anda untuk tumbuh, dengan begitu rencana dan inovasi perusahaan untuk bergerak lebih maju dapat dilakukan dengan bersama-sama dan lebih mudah.

Dengan mempercayakan proses pelatihan karyawan melalui ruangkerja, perusahaan akan menghemat waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan.

Nah.. sekian tips kali ini agar bisnis kita tetap eksis meski di tengah pandemi. Semoga pandemi segera berlalu, bisnis kita semakin berkembang. 


blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

23 komentar untuk " Tips Bisnis Tetap Eksis di Tengah Pandemi"

  1. beruntung ya sekarang banyak platform pelatihan yang bisa support dari mana saja, jadi tetep bisa belajar terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mba, jadi gak ada alasan buat berhenti meningkatkan kualitas ya sebagai karyawan sebuah perusaahaan, lifelong learning

      Hapus
  2. Menarik sekali ini, perusahaan yang mempercayakan proses pelatihan karyawan melalui ruangkerja, akan menghemat waktunya, menghemat pengeluaran juga memudahkan monitoring pelatihan. Membuat bisnis tetap eksis di tengah pandemi.

    BalasHapus
  3. Wah jadi memudahkan perusahaan yah dengan ruang kerja... Apa ruangkerja ini ada hububgannya dengan ruangguru yah,?

    BalasHapus
  4. Learning journey ini unik ya Cha.. semacam gamifikasi gitu jd para karyawan diminta menyelesaikan pembelajarannya dengan caranya sendiri sesuai sistemnya. Kan seru tuh

    BalasHapus
  5. Terimakasih tipsnya kak 🥰🙏

    BalasHapus
  6. Produknya Ruangguru kece2 ya.. dari yang buat siswa, sampai karyawan semuanya ada. Hebat euy. Kalau punya perusahaan, aku juga mau pakai LMS ini aah.

    BalasHapus
  7. btw, pembelajaran yang ditawarkan apa aja cha?
    eh bener gak ya pertanyaan awak, apa awak yang kurang paham...
    *garukgarukpalayangndakgatal*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata yg ditawarkan itu medianya ya Cha... kayaknya zoom gitu ya cha...
      ibarat seminar offline, dia ruang seminarnya gitu ya

      Hapus
  8. peningkatan sumberdaya manusia terkadang menjadi kunci untuk keberlangsungan usaha. Sekarang sudah banyak pelatihan2 yang menyajikan materi untuk peningkatan SDM. ada yang gratis dan berbayarat. Mungkin itu bisa menjadi salh satu solusinya

    BalasHapus
  9. mengikuti perkembangan zaman inilah yang belum tentu semua orang bisa jalani atau ikuti, kadang juga keterbatasan akses terhadap dunia digital menjadi kendala biasanya

    BalasHapus
  10. Setuju kak, skill harus terus diasah dan juga update denga. Perkembangan zaman. Kl gak gitu kita akan ketinggalan, apalagi sekarang usahawan makin kreatif 😀

    BalasHapus
  11. Asyik sekali ada yang beginian ya kan. Dulu sempat ikutan ruang kerja nih. Terus entah kenapa enggak bisa diakses kembali. Ternyata ada lagi. Yeay ... Ruang kerja ini benar-benar enggak diragukan deh. Saya saja puas belajar di sana. Waktu itu gratis sih.

    BalasHapus
  12. mau belajar sekarang gampang ya,mau nambah pengalaman juga gampang tinggal ikut pelatihan-pelatihan, terus online lagi.jadi bisa dilakukan dimana aja..apalagi semenjak pandemi gini mendingan dirumah aja kan...makasih infonya mak...

    BalasHapus
  13. Baru tau kak ada aplikasih ruangkerja kirain ruang guru tdi, krna makin menyimak membacanya penasaran lihat aplikasinya eh' emang beda, sama ruang guru 😂😂

    BalasHapus
  14. Sekarang memang semua lowongan kerja itu menuntut pengalaman kerja dari parra pelamar. padahal kan banyak juga ya pelamar itu yang lulusan baru. Alasan dari perusahaan adalah karena mereka gak mau susah buat ngajarin.

    BalasHapus
  15. LMS dari ruangkerja ini oke banget ya cha tau banget apa yang diinginkan perusahaan buat pelatihan karyawannya, ada sistem cloud membuat hemat perusahaan lagi

    BalasHapus
  16. Dengan adanya Learning Management System dari ruang kerja, jadi mempermudah perusahaan untuk mengupgrade kemampuan para pekerjanya walaupun di masa pandemi seperti sekarang ya kak.

    BalasHapus
  17. Kalau lihat berita, di tengah pandemi gini, tabungan kekayaan makin bertambah lho kak. #eh

    Memang inilah saatnya untuk memperbarui ilmu dan pengetahuan. Aku aja baru tau ada LMS dari ruangkerja ini. Buat pelatihan, pula.

    Mungkin kita bisa buat pelatihan bukan ke pegawai ya kak, kayaknya ke group blogger kita. Bisa tak?

    BalasHapus
  18. Sejak pandemi platform belajar online mulai menjamur ya mak. Bisa banget dimanfaatkan baik oleh pribadi maupun perusahaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusiannya. Ruangkerja kayaknya oke nih. Tak coba intip-intip deh. makasi info nya mak.

    BalasHapus
  19. Banyak inovasinyaa ruang guru iniii. Kita2 yang kerja pun juga harus upgrade skill dong yaahh, jangan kalah sama anak2 sekolahan <3

    BalasHapus
  20. Ruang kerja ini cocok digunakan bagi perusahaan yang ingin berkembang ya kak. Kayaknya kantor saya harus pakai deh

    BalasHapus
  21. Keuntungan yang bisa didapatkan dari adanya sistem pembelajaran online jarak jauh berbasis aplikasi ini, kita bisa mengaksesnya di manapun dan bisa meningkatkan skill kapanpun.

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️