Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cepat Lulus Kuliah no 6 sering dilupa!


Wellcome back again..
Kali ini mau nulis tips agar cepat lulus kuliah. Manatau yang baca adalah anak remaja yang akan atau malah sedang kuliah. Sebagian besar sih ini pengalaman Emak dulu saat pertama kuliah sekitar 15 tahunan yang lalu, wkwkwk udah lama ya. Buat yang sedang Menulis skripsi juga boleh baca kok.. mudah-mudahan Bermanfaat loh...

Mak, Mak.. nulis tips cepat lulus kuliah ini, emangnya emak dulu lulusnya cepat gitu? IP nya tinggi gitu? Hihihi netizen jangan julid gitu donk.. yuk emak ceritain dulu.. sini.. sini.. ngumpul yang rame..

Dulu semasih SMA emak suka banget dengerin radio. Para penyiar radio kesukaan itu rata-rata kuliah di Fisip USU, ngambil jurusan Ilmu Komunikasi. Oh ya, dulu itu kalo sudah lulus dari sana bergelar sarjana sosial. Belum sarjana komunikasi seperti sekarang ini. Nah... Karena dulu para penyiar kebanyakan anak komunikasi makanya emak pun memutuskan kuliah di komunikasi saja. Receh banget ya alasannya.. 🙈

Sehari keluar pengumuman kelulusan SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru), Emak daftar ulang di kampus. Saat mau membayar uang kuliah untuk pertama kali, mama ngomong gini nih..

"Ini uang untuk mendaftar ulang Nak, tinggal ini uang mama.. itupun hasil menjual perhiasan terakhir" 

Eh kok kayak sinetron. Jadi, saat antrian pembayaran Emak nulis di kertas selembar..

Setahun ke depan, uang kuliah sudah dibayar mama. Tahun berikutnya membayar uang kuliah sendiri. Target kuliah 3.5 tahun. So..akhir pekan bisa kerja part time untuk menabung uang kuliah.

Emang berapa sih uang kuliah Mak? Hihi tahun 2005 itu di komunikasi USU masih 750 ribu setahun. Murah ya? Iya lah.. kalo dibandingkan sama kuliah sekarang. Lumayan juga loh per semester dulu emak bayar 375ribu. Eh ini masih lebih mahal uang kuliah emak dibanding bayar domain ya 😂.

Bye the way, jadinya emak lulus berapa tahun? Wkwkwk.. target lulus 3.5 tahun. Namun molor 2 bulan menjadi 3 tahun 8 bulan. Masih oke lah ya.. hihi.

Ok.. berbekal harus membiayai kuliah sendiri, maka target lulus kuliah harus dijalani. Apa aja tipsnya? Check it out!

Tips Cepat Lulus Kuliah

1. Tulis Target Kuliah 

Target kuliah kita ditulis dan ditempel di tempat yang bisa selalu kita lihat. Entah di dinding kamar, entah di organizer. Dulu emak itu selalu punya agenda tahunan. Maklum tipe golongan darah A banget. Semua harus sesuai jadwal. Agak perfeksionis. Jadi target kuliah emang ditulis di buku agenda yang selalu ada di tas. Ini tuh semacam reminder bila kita keasyikan main. 

2. Pilih Kawan Se-Visi

Ini tuh bukan pilah pilih kawan karena materi ya Mak.. insyaAllah pilih kawan se-visi gak berdosa kok.. hihi. Untuk benar-benar dapat memilih teman mungkin kita butuh satu semester pertama kuliah. Dulu emak berkawan sama siapa aja. Pulang kuliah masih nge-mall. Nonton dan seabrek kegiatan anak muda lainnya. Tapi jangan lupa. Target cepat lulus kan prioritas. Makanya begitu hasil ujian semester pertama dibagi, emak udah tau tuh mana kawan se-visi mana yang cuma kuliah mengikuti arus. 

3. Evaluasi di Tiap Semester

Evaluasi ini penting. Bisa dilihat dari hasil semester kita. Based on IP. Kalo IP nya bagus berarti kita masih on track. Tapi kalo sampe turun dari semester lalu berarti di semester itu kebanyakan main. Kalo udah gitu, butuh tips selanjutnya. Cek terus ke bawah..

4. Cari Motivasi

Bila ternyata hasil evaluasi menyatakan kita kurang motivasi, boleh cari cara lain seperti cari kegiatan yang mendukung semangat dan mengingatkan kita akan target kuliah. 

Dulu, saya melecut diri agar cepat lulus dengan mengambil kerja part time. Setiap akhir pekan terkadang ikut promo di supermarket besar di mall-mall yang ada di Medan. Eh dulu itu belum ada influencer ya.. kalo anak zaman now, bisa sambil jadi influencer lumayan juga loh bisa nambah uang kuliah. 

Kadang di akhir pekan ketemu kawan kuliah, tengsin gak sih? Gak lah.. ini tuh kerja. Gak minta sama ortu. Ada sedikit kepuasan ketika punya uang sendiri. 

5. Cari Kegiatan Pendukung

Dulu, kegiatan pendukung emak adalah ikut organisasi radio kampus. Selain suka dunia radio, ikut organisasi kampus juga memudahkan kita meraih beasiswa prestasi. Hihihi.

Jelang akhir kuliah butuh banyak biaya Mak.  Uang PKL, beli buku penunjang skripsi, ketikan, cetakan dan lain sebagainya. Gak mau nodong orangtua, beasiswa adalah salah satu jalan keluar. 

Emak sebenarnya suka sekali ikut organisasi. Tapi jangan sampai organisasi malah membuat waktu kita habis untuk fokus di situ. Dulu saat SMA udah puas pulang malam masih pake seragam demi aktualisasi. Begitu masuk kuliah, udah gak maruk lagi totalitas dan loyalitas untuk organisasi. 

6. Doa Orangtua

Bagi Emak, doa orangtua adalah sumber kekuatan. Jadi sering-sering minta didoain sama orangtua especially ibu kamu ya. Contoh yang emak rasa dulu banyak sekali. Cerita nih ya..

Dulu, sebelum kuliah membantu mama buka warung dulu. Pernah mama pulang jam setengah 8. Sementara kuliah pukul 8. Paling lambat seharusnya pergi kuliah pagi pukul 7 karena angkutan umum sering rebutan di pagi hari sama anak Belawan. Wkwk

Sambil cium tangan mama, dan berlari menuju simpang mencari angkutan, saya bilang "doain gak telat ya ma..".

Alhamdulillah ada aja bantuan, tiba-tiba ketemu teman yang bawa mobil lah.. atau dosen yang telat lah.. pokoknya gak pernah kecewa dengan doa orangtua.


Ok.. itulah beberapa tips yang bisa Emak bagi buat kalian yang pengen cepat lulus kuliah. Ingatlah orangtua memberikan kita pendidikan agar kita lebih maju darinya. Jangan sampai mengecewakan orangtua dengan menyia-nyiakan pengorbanannya membayar uang kuliah. 


Sekian tips dari Emak.. semoga bermanfaat dan sampai ketemu di artikel selanjutnya. 



blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

42 komentar untuk "Tips Cepat Lulus Kuliah no 6 sering dilupa!"

  1. Wahhhh seru kayaknya masa kuliahnya Emak dulu. Tapi dari keenam tis yang diberikan, bener tips nomor 6 yang paling kudu dinomorwahidkan. SIMnya seorang anak ya doa restu ortu ini. Sukses selalu, Mak

    BalasHapus
  2. doa orangtua dan pertemanan adalah kunci bagiku. selain doa ortu, punta teman yang emang punya misi yang sama yaitu supaya bisa lulus tepat waktu itu juga penting sih. soalnya kalau salah berteman, ambyar dah tu tugas kuliah bisa berantakan

    BalasHapus
  3. Cepet sekali lulusnya kak.. aku sj 4thn lbh dikit hihi..bener dan setuju doa ortu adalah segalanya yg akan memperlancar kegiatan kita dikemudian hari

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah bisa semangat lulus cepat jika ada niat ya Mbak..Keren. Memang jitu ini tipsnya. Mesti dicontoh adik-adik yang lagi kuliah ini

    BalasHapus
  5. Kalau versi aku sih, nomer 6 lah yang paling utama sebelum melakukan aktifitas perkuliahan hingga lulus kuliah.
    Dulu saat kuliah aku merantau kerumah kakak dari mamakku yang jauh dari daerah tempat tinggalku.
    Walau bisa berkabar lewat hp yang waktu itu belum se trend zaman sekarang untuk berkomunikasi, tapi aku selalu menyempatkan tuk menelepon mamak tuk meminta restu dari beliau supaya dilancarkan.

    BalasHapus
  6. Dulu, semasa kuliah, semakin termotivasi belajar, semakin buruk performance dan nilai IP ku mbak, tetapu semakin malas dan ogah-ogahan malah semakin baik semuanya. Aku ga paham.

    BalasHapus
  7. Doa orang tua memang ya... Aku dulu pengen lulus kuliah 4 tahun tapi orang tua doainnya 3,5 tahun. Akhirnya yang terkabul doa orang tua....Hahaha

    BalasHapus
  8. Dulu aku sangat bersemangat lulus kuliah. Biar dapat lebih bagus, gaji lebih bagus, dan bisa beli apa aja. Makanya, belajaaar melulu sampai dibilang orang pintar padahal mah nggak, wkwkwk ...

    BalasHapus
  9. Bener banget Emang yang paling penting itu doa orang tua bagaimanapun juga kita nggak bisa lepas dari doa orang tua

    BalasHapus
  10. dulu awak kuliah S1 ekstension, molor itungan bulan juga.
    itu pun awak bergiat gegara almarhum bapak awak dah sakit-sakitan, awak pengen cepat2 pulang kampung merawat beliau, jadi bergiat untuk susun skripsi dan sidang. Alhamdulillah beliau sempat datang ke acara wisuda.

    D3 sih kayak sma, tiga tahun harus lulus. gak boleh gak, jadi ya tepat waktu lah d3 tu

    BalasHapus
  11. Aih bener banget ini. Hal sederhana yang sering dilupakan. Memohon doa dari bapak dan ibu. Penting banget itu..biar makin lancar dan berkah usaha kita buat lulus kuliah.

    BalasHapus
  12. Bener banget yang nomer 6. Sering lupa minta doa sama orang tua. Kadang merasa dengan kemampuan sendiri pasti bisa lah yaa. Tapi lebih sempurna lagi kan yaa kalau minta restu dan doa khusus dari ortu.

    BalasHapus
  13. Memang memilih teman sevisi itu penting
    .kadang kalau teman suka ngajak main ke.mall malah suka lupa kerjakan tugas. Hehehe. Yg terpenting adalah doa dan restu orang tua, ini saya setuju banget mba

    BalasHapus
  14. Selalu mak. No 6 selalu prioritas. Apa2 aja pasti minta doain mama. Mau ujian,mau skripsi, lamar kerja smp cari jodoh wwkkwk

    BalasHapus
  15. Selalu libatkan doa orang tua dalam setiap langkah, insyaa Allah yg sulit jadi terasa mudah dan mulus jalannya

    BalasHapus
  16. Betul banget point 6, insha allah ya doa dari orang tua doa yang terbaik dari segalanya

    BalasHapus
  17. Mah bener Mbak memang doa orang tua itu yang paling penting. meski 1-5 udah dilakukan tapi kalau yang nomor 6 terlewatkan, ya wallahualam

    BalasHapus
  18. Setuju banget, doa orangtua tuh penting. Tapi sayangnya gak banyak anak yg minta didoain. Kl saya dulu justru minta didoain supaya dilancarkan, alhamdulillah lancar

    BalasHapus
  19. Saya setuju dengan meminta ridho kedua orang tua dan doanya segala urusan kita akan bisa lebih mudah.

    Dan yang dirasakan mencari teman yang satu visi sangat jarang. Malah kebanyakan yang masih suka menikmati suasana kampus.

    BalasHapus
  20. Setuju, doa orangtua memang tak keliatan tapi itu paling maqbul juga menurutku k, semoga para adik yang ingin cepat lulus bisa segera merampungkan kuliahnya aamiin

    BalasHapus
  21. Doa orang tua menurut saya yang paling berperan. Namun selama menjalani kuliah, memiliki teman yang sejalan juga dapat membantu lulus lebih cepat.

    BalasHapus
  22. Yah dari semuanya itu memang doa orangtua yang paling jitu, dan didukung juga semangat kita dan tidak mudah putus asa apalagi kalau udah skripsian

    BalasHapus
  23. Paling nyesek kl emak nanya, kapan lulus kuliah? Itulah aku dulu, lama ga lulus2 karena asik kegiatan hehe

    BalasHapus
  24. selalu doa ibu menjadi hal yang paling Utama diantara yang lainnya kak, karen doanya makbul.

    BalasHapus
  25. Trus carik duitnya buat bayar kuliah kemudian dituliskan berikutnya mak?

    BalasHapus
  26. Saya juga gak enakan dibayarin uang kuliah sama orang tua waktu S1 dulu, akhirnya cari beasiswa. Alhamdulillah dapat. Tapi itu pasti berkat doa orang tua juga. Memang poin yang no. 6 sangat penting tapi sering dilupakan

    BalasHapus
  27. No 6 ini tokcerrr betul ya, yepp doa ibunda, huhuu... Bersyukurlah yg msh punya mama sampe sekarang, ada doa yg mengalir terus dari bibirnya, masyaallah

    BalasHapus
  28. Hahaa ternyata dosen telat ada bright side nya ya di mata mahasiswa...

    BalasHapus
  29. Jadi inget dulu ada temen yang pamitan sementara, katanya mau menggarap skripsi. Wah, saya dianggap enggak sevisi buat lulus. Padahal akhirnya kita wisuda bareng. Wkwkk

    BalasHapus
  30. Aku dulu kuliah nyantai banget kak, gali lobang tutup lobang buat bayar kuliah, huhu, soalnya kuliah nyambi organisasi, nyambi kerja, mmg bagusnya ditargetin gini. Mengenang zaman kuliah dulu, pengen nyanyi... ku menangiiiisss 😂

    BalasHapus
  31. Cari beasiswa,, itu saya salah satunya mak. Nggak mo ngarep mulu ama orangtua. Tapi tiap mau ada ujian atau mo ngapain, pasti selalu ngomong ke mama untuk minta doa. Alhamdulillah sejauh ini doa mama saya masih manjur, hehe..

    BalasHapus
  32. Ah iyaaa, doa orang tua emang paling manjur ya dlm hal apapun, blognya hrs dishare ke adikku nih

    BalasHapus
  33. Haha berarti kl di kuliahann ada yg kayak mabok organisasi kemungkinan kemaruk ya Cha

    BalasHapus
  34. aku kemarin sidang skripsi sedirian saja bareng kaka tingkat. Teman-teman setingkatku semuanya slow banget. akhirnya aku minta maaf harus meninggalkan mereka duluan. Soalnya targetku harus lulus cepat. jadi terkadang walaupun gak ada teman sevisi, kita juga bisa tetap bisa sendiri asala tekad kita kuat. Hehehe..

    BalasHapus
  35. No 2 itu betul x lah waktu S2 dpt kawan yg sevisi senaang x, ada kawan bikin tugas bersama sampe kami lulusnya pun barengan

    BalasHapus
  36. Selain no 6 yg sering dilupakan, mencari teman sevisi kayaknya yg kadang diabaikan. Padahal, pasti fatal akibatnya kalau selama kuliah salah pilih teman. Tidak hanya memengarujinoemikiran, tetapi juga gaya hidup dan target lulus yg semaunya.

    BalasHapus
  37. Selain no 6 yg sering dilupakan, mencari teman sevisi kayaknya yg kadang diabaikan. Padahal, pasti fatal akibatnya kalau selama kuliah salah pilih teman. Tidak hanya memengaruhi pemikiran, tetapi juga gaya hidup dan target lulus yg semaunya.

    BalasHapus
  38. Tahun ini saya mulai kuliah Sastra Inggris di UT.

    Kata orang-orang, kuliah di UT itu gampang masuk tapi susah keluar.

    Tapi saya yakin bisa lulus tepat waktu 4 Tahun, syukur-syukur bisa lebih awal

    BalasHapus
  39. Cari motivasi ini yang kadang sampai jumpalitan, kak. Apalagi pas semester empat atau lima, rasanya kerasa gimana gitu... Wow banget kalo diinget lagi

    BalasHapus
  40. Kalau saya anak cupu mak..kuliah pulang kuliah pulang wkwk makanya cepet lulus tapi jadi ga tau organisasi huhu

    BalasHapus
  41. Jadi kangen cium tangan mama trus bilang doain ya ma biar.... Hihihi kekuatan yang timbul beneran keren ya kak

    BalasHapus
  42. Lulus adalah impian, cepat lulus adalah ambisi asalkan bisa memenuhi targetnya ya.. benar sekali menemukan teman semisi itu penting banget agar sama-sama bisa termotivasi

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️