Cara Membuka Kunci Kombinasi



"Dek kok gak angkat telpon sih.." Kataku setelah sepeda motor berhenti di depan rumah.
"Hadoooh kapok aku..aku gak tau kekmana buka tasku.." 
*Kemudian tertawa ngakak





Hai Mak..

Kali ini sengaja mau berbagi tulisan mengenai Cara Membuka Kunci Kombinasi pada tas atau koper.


Jadi, ceritanya si adek kemarin tu baru beli tas selempang baru. Nah tasnya ini ada kunci kombinasinya kayak koper. Katanya pas ambil tas itu, "lumayan.. bisa letak duit aman gak ketauan.." ehh gak taunya perdana dipake doski malah lupa kode kombinasi yang dipakai berapa. 


Mh.. akhirnya minta tolonglah dia sama emak buat buka. Entah ya, orang-orang di keluarga ini suka banget minta tolong bukain kunci sama emak. 


Semua berawal dari record pertama emak saat remaja. Dulu telepon rumah sering dikunci biar tagihan bulanan gak meledak. Tapi emak selalu bisa membuka kunci telepon dengan bantuan 2 jarum pentul. 


Di lain kesempatan, emak juga pernah dimintai buka bagasi sepeda motor karena kuncinya hilang. Gara-gara beberapa pengalaman serupa, emak disuruh deh buka kunci kombinasi. Berbekal dari info nyomot dari Google akhirnya misteri kode kombinasi tas selempang si adek bisa terbuka. 

Bye the way... Kalian tau gak, kalo kunci kombinasi itu memiliki sejarah yang cukup panjang. Sudah lama banget ditemukan. Banggalah kaum Muslim, karena pertama sekali kunci kombinasi pada tahun 1206 insinyur Muslim Al Jazari mendokumentasikan kunci kombinasi dalam bukunya Al - Ilm Wal - Amal Al - Nafi Di Sina'at Al Hiyal yang artinya Kitab Pengetahuan Tentang Perangkat Mekanik Cerdas. 

Ada pula Muhammad Al - Astrulabi di tahun 1200an yang membuat kunci kombinasi, dua diantaranya disimpan di Museum Copenhagen dan Boston.

Dunia barat diwakili oleh Gerolamo Cardano menggambarkan kunci kombinasi 4 abad setelahnya, yakni abad ke 16.

Ok, tanpa berlama-lama balik lagi ke topik awal, ini dia cara membuka kunci kombinasi...


Ini dia caranya...


1. Cari lubang di bawah kode kombinasi.

2. Sejajarkan lubang hingga 3 kode yang tertera. 

3. Coba buka.

4. Mungkin bila belum terbuka, coba lagi pindahkan ke angka selanjutnya. Misalnya, tadi kodenya 345, maka pindahkan menjadi 456, geser masing-masing satu angka lebih besar.

5. Coba buka kembali.

6. Bila belum bisa juga, terus tambah satu angka di depannya. Tadinya 456, lalu jadi 567, belum berhasil? Coba lagi 678. insyaAllah terbuka.


Mudah bukan?

Disclaimer:


Tulisan ini bukan untuk membuka kunci kombinasi milik orang lain (mencuri). Keadaan terdesak karena terlupa boleh memakai cara ini. Emak tidak bertanggungjawab bila pembaca menggunakan untuk hal kriminal. 
Untuk para pemilik kunci kombinasi, berilah tambahan pengaman lain untuk koper yang ditinggal di bagasi pesawat. Jangan letakkan barang berharga di bagasi karena penjahat bagasi susah untuk dituntut. 

Reactions

54 comments:

  1. Wuah jadi penasaran deh dengan kunci kombinasi ini. Terutama sama kode yang ada di koper. Itu memang sudah tertera atau bisa diatur sendiri?

    Maklum, belum pernah punya koper soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diatur sendiri kok dek.. cuma kadang suka lupa juga tuh orangnya yang pasang

      Delete
  2. Kode koper ini beneran bisa jadi misteri. Pernah koper terkunci...usaha bukanya hampir seharian dan ganti-ganti teman. Hiks. Padahal malam itu aku harus terbang. Ternyata trik nya ini ya...wow, bsia disimpan buat diri sendiri nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya Mba Dian ❤️

      Delete
    2. Iya , baru tahu juga salah satu keahlianmu Mbak..enggak semua orang bisa lho hal detil begini. Salut aku, berarti telaten dirimu tipe orangnya ya...

      Delete
  3. pernah nih pengalaman lupa kunci kombinasi koper..akhirnya bawa ke tukang kunci pinggir jln hehe..ampe diliatin orang..

    ReplyDelete
  4. Kalau aku dulu kubawa balik ketokonya kak. Aih andai sudah baca post blog ini pasti nggak bingung lagi hehehe

    ReplyDelete
  5. Wkwkwkwk ... ini emang jadi masalah banget neh koper pakai kunci kombinasi kayak gini, apalagi kalau udah lama banget nggak dipakai, dijamin lupa.

    ReplyDelete
  6. Duluu banget pas masih kecil, orang tua punya koper dengan kunci kombinasi. Sekarang saya ga punya koper dengan kunci kombinasi. Tapi tipsnya bermanfaat sekali mbak. Makasih ya.

    ReplyDelete
  7. Info ya gn menarik, perlu dipraktikkan hihi. Terima kasih ya Maak sudah membagikan info ini.

    ReplyDelete
  8. Keren banget nih infonya, soalnya saya tuh pelupa banget apalagi sama yang beginian dan paling sering terjadi seperti ini. Setelah itu ngak pernah lagi pake password karna kapok ngak bisa bukanya. Tapi setelah baca ini, kayaknya harus pake password lagi supaya aman, ntar kalau lupa bisa pake trik nya ini

    ReplyDelete
  9. ooohgituuu, hahaha
    aku malah baru tau kalau bisa ada triknya
    hmmm lumayan untuk diingat

    ReplyDelete
  10. Makanya adik perempuanku no.2 kalau beli koper gak mau gunakan kunci kombinasi yang ada di koper.

    Dia justru unik nya pakai cara manual aja dengan cara pakai gembok yang ada kunci nya itu loh, katanya gak mau ribet plus taku lupa nomer sandi kombinasinya.

    ReplyDelete
  11. aku banget nih, suka lupa sama kunci kombinasi dan ujung-ujungnya kesal sendiri deh hhi. baru tahu kalau ada caranya gitu

    ReplyDelete
  12. Saya males pakai kunci kombinasi ya karena orangnya pelupaan juga. Ternyata ada caranya ya mbak. Kalau gini kan kedepannya bisa pakai kunci kombinasi dan dipadukan dengan gembok kecil juga. ^^

    ReplyDelete
  13. Wah ada spesialis kunci. Bermanfaat banget ini trik-nya apalagi buat emak-emak pelupa kek diriku ini. Makasih ya

    ReplyDelete
  14. Hihi aku juga pernah nih lupaaa sama kunci kombinasi yang dipasang sendiri. Kalau diingat rasanya gamau keulang lagi karena waktu itu merepotkan banyak orang untuk membukanya haha

    ReplyDelete
  15. Huaa makasih banyak infonya, jadi inget sama koper adek yang pakai kode ini wkwkw rempong juga akhirnya karena dia lupa kodenya,

    ReplyDelete
  16. Oalah..segampang ini ternyata cara bukanya. Membantu banget bagi yang sering lupa kombinasinya huuhu. Termasuk saya. Bener, semoga gak ada yang memanfaatkan cara ini untuk hal yang gak benar. Kalaupun iyaa..tanggung sendiri dosanya. hahahaha

    ReplyDelete
  17. Asyik nih. Bisa dicoba. Barangkali besok ketemu koper tetangga. Wkwkwk. Nice tips, Kak. Doakan sukses ya?

    ReplyDelete
  18. Jadi penasaran deh sama kunci kombinasi nya, nice tips kak, terima kasih atas tips nyaa...

    ReplyDelete
  19. Maaak aku ngakak bagian telepon dah dikunci tapi bisa diakali pakai jarum pentul sama emak. Dan ternyata begitu caranya buat buka kunci kombinasi yang lupa. Ternyata sederhana ya. Aku catet ya mak. Makasih tipsnya

    ReplyDelete
  20. Serba bisa mamak ni ya, memecahkan kode kunci pun oke, apalagi kode abang itu ya kan 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak satu ini bisa memecahkan kode apa aja kek nya kak, wkwk

      Delete
  21. Kalau saya yang ga sabaran ini bisa-bisa gemboknya saya gergaji deh, hihihi. Emang ada plus minusnya kalau punya koper dengan kunci kombinasi

    ReplyDelete
  22. Kalimat akhirnya peringatan banget ya kak. Wkwkwk.. aku dulu juga lupa kunci koper dan pernah ikuti tips ini eh emang kebuka. Tapi dulu seblum tahu cari info di google, koper punya paksu zaman kuliah gak bisa dibuka, malah dicongkelnya. Kuncinya rusak deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa,pas kuliah juga aku congkel tas kopernya, akhirnya gak ada kunci pengamannya lagi deh. Udah beli koper mahal-mahal zaman itu. Wkwkwk. Cobaaa aja tahu ini dari 10 tahunan lalu yaaa.

      Delete
    2. wkwkwk.. iya mbak. Begitupun koper suami. yang ujung-ujungnya kami pakein gembok kecil aja. Walaupun emang gak terlalu ngaruh.

      Delete
  23. Wkwkwk, ini aku banget nih. Dulu waktu masih di Bali dan suami sering ke luar kota tiap minggu,sering kesel buka kopernya. Nomernya diganti2 terus atau aku yg suka lupa. Maksud hati mau ngeluarin baju kotornya suami mau dicuci, tapi harus perang batin dulu bukain kopernya. Begini toooh caranya, praktis.

    ReplyDelete
  24. Haha, untung ada disclaimer nya ya Mbak, saya sempat was-was tadi kalau cara ini disalahgunakan. Terlepas dari itu, sangat penting untuk mengingat kode atau kata kunci dengan baik

    ReplyDelete
  25. makasih kali yaa mak udah berbagi cara membuka kunci, awak asyik langganan pelupa kodenya ntahlah mak...kalau udah lupa pening x, berkat ini sekarang bisa senyumlah awak kalau lupa ada ilmu dari mak icha

    ReplyDelete
  26. Wah track record emak waktu remaja bahaya juga ya ternyata wkekwkk

    ReplyDelete
  27. Notes ini buat orang pelupa seperti saya, suami juga pelupa. Jadi kami tuh suka rempong kalau nyari barang atau buka kunci seperti kunci kombinasi ini

    ReplyDelete
  28. Haruskah saya coba ini mak? Kok kayaknya mendadak pengen lupa kombinasi angka koper, haha.. Saya itu pelupa dan lebih pilih pake gembok daripada kombinasi angka. Daripada da sampe tujuan nggak bisa buka koper.. Thx infonya mak.

    ReplyDelete
  29. huwaa aku kapok banget pake kunci kombinasi di koper, karena pernah kejadian waktu ke Bali trus aku lupa banget, super ngblank gitu, ada kali sejam buat ngutek-ngutek, makanya sekarang kunci kombinasi aku catet juga di notes

    ReplyDelete
  30. Wow emak ini calon2 hacker hehe. Canda ya kak... Fadil gak punya koper dan tadinya gak tau kunci kombinasi. Jadi tau deh, ntar kalau dah sukses maulah beli koper wkwk

    ReplyDelete
  31. terus terang kak aku trauma dengan kunci kombinasi walaupun sudah diinget, dicatat pas prakteknya dan sedang diburu2 malah susah untuk kebukanya itu kombinasi bikin stress hahaha

    ReplyDelete
  32. Kemampuan ini jangan sampe disaalahgunakan ya..ahahah.aku prefer masang gembok ddh hahah

    ReplyDelete
  33. Eh, ini aku pernah ngalamin juga..
    ke gembok dirumah sendiri doonk...karena kunci kombinasinya abis dibuat mainan bocils.
    Alhasil pas mau keluar, dibantu temen "ngerusak" kunci dengan cara dipukul-pukul sampe ringsek.

    Susah bangeettt...huhuu~
    Andaikan tahu cara ini.

    ReplyDelete
  34. Trik no 4, 5 dan 6 itu emang bs ya? belom pernah nyoba lah soalnya kunci kombinasipun disimpan dg aman tkt lupa haha

    ReplyDelete
  35. Ga ada salahnya bookmark cara ini ya mana tau perlu tinggal baca2 lg, tfs Icha

    ReplyDelete
  36. Wah, begitu ya caranya? Hihi ... mau cobain deh kalau sewaktu-waktu ada kondisi urgent. Trims sharingnya

    ReplyDelete
  37. iyakah cha semudah itu? Awak pernah ke luar kota sendiri urusan kerja. Pas di hotel mau buka koper, eh gak bisa dibuka padahal kode nya rasanya udah pas.
    Alhasil minta tolong petugas hotel untuk mendobrak kopernya. Eh kok mendobrak ya… di buka paksa gitu lah. rusak lah pengunci koper yang berkode itu.
    Pulangnya pake gembok, dan minta di balut plasti seluruh koper pas di erpot, bayarnya 50ribu ketika itu ...

    ReplyDelete
  38. Oh gitu ya. Aku nggak nyangka bisa dgn cara ini. Nice sharing kak

    ReplyDelete
  39. Tipsnya oke juga nih, ternyata gampang ya kalau dah tau triknya

    ReplyDelete
  40. wkwkwk dulu jg prnh kayak gini, perkara udh lama ga dipake kopernya. alhamdulillah ada di youtube, di coba2 lah akhirnya bisa 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  41. Pernah juga ngalamin kejadian lupa kunci kombinasi nih, tapi awak sudah keburu nyerah jadinya minta tolong orang yang ahli saja cha, skrg baru tau deh makasi tipsnya ya cha :)

    ReplyDelete
  42. Ternyata ada triknya ya, semongga nanti kalo ada kendala terkait lupa kunci bisa melakukan trik ini. Terima kasih artikelnya

    ReplyDelete
  43. repot banget memang kalau sampai lupa kunci kombinasi koper ini. makasih sharingnya, mbak

    ReplyDelete
  44. Semoga ga disalahgunakan sih ya sama orang yang mau ambil koper ahahaha

    ReplyDelete
  45. Aku sudah pernah begini gak bisa membuka kombinasi kunci koper. Untung ada youtube jadi bisa deh dibuka tanpa rusak dan lecet.

    ReplyDelete
  46. Loh itu kok bisa ya? Aku jadi penasaran deh... Rasanya pengen beli tas atau buku atau koper yang ada kunci kombinasinya dan langsung praktekkin hehehe

    ReplyDelete
  47. Lha kau pernah mau buka koper pake kunci kombinasi, ga ngerti saking keselnya malah aku getok pake palu hahhahah.. ketauan yah mba aku orangnya ga telaten. Tips dari mba berguna banget nih

    ReplyDelete
  48. Dulu aku bingung cara ganti kode kombinasi sampai pakai gembok hahaha, duh dulu culun banget sampai ga tau caranya haha

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️

Total Pageviews