Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat

 

Meredakan sakit kepala tanpa obat

Sakit kepala mungkin bukan penyakit yang terlalu menyakitkan bagi sebagian orang. Tapi bagi sebagian lain, sakit kepala adalah penyakit rutin kala tanggal sudah tua. 🤣 Candhyaaaa ya Mak!

Kadang memang hal-hal sepele membuat kita merasa sakit kepala, misalnya sugesti kena gerimis bikin pusing. Kelamaan berjemur terkena paparan matahari langsung juga bisa membuat sakit di kepala.

Kali ini kita mau membahas sakit kepala biasa ya Mak. Bukan sakit kepala level tinggi semacam migrein, vertigo apalagi sakit kepala karena sebab cicilan yang belum jelas dananya dari mana.😁

Emak punya beberapa tips sederhana untuk meredakan sakit kepala ringan. Di antaranya:

1. Minum Kopi

Siapa yang dikit-dikit cari kopi? Dikejar deadline, nyari kopi. Sakit kepala pun pengen melipir minum kopi sejenak. Emak salah satunya.

Di saat gak kepengen minum obat, biasanya Emak buat kopi sendiri di rumah. Kopi lokal biasanya buah tangan dari kerabat. Paling sering kopi Gayo atau kopi Aceh. 

Kopi diseduh, dikasih gula dikit. Siram dengan susu evaporasi. Aaaaah jangan tanya nikmatnya. Sungguh lupa kalo sakit kepala tadi menghampiri.

Bukan kebetulan. Ternyata kandungan kopi yakni kafein punya beberapa manfaat. Eh ada manfaatnya ya kafein? Ada donk. Yuk simak!

Manfaat Kafein

Kafein ternyata tidak hanya memiliki efek negatif saja. Manfaat kafein ternyata ada banyak. Selain untuk meningkatkan konsentrasi, kafein juga bisa menghilangkan rasa sakit. Bagaimana caranya?

Saat kita sakit kepala, pembuluh darah menjadi membengkak, mengencang, atau mengalami perubahan lain sehingga menyebabkan peningkatan aliran darah di sekitar otak. 

Hal ini meningkatkan tekanan aliran darah di sekitar saraf, yang mengirimkan pesan rasa sakit ke otak. Inilah yang menyebabkan sakit kepala.

Kafein memiliki sifat vasokonstriksi, artinya pembuluh darah menyempit untuk membatasi aliran darah, sehingga mengurangi rasa sakit. Nah ini lah mengapa ketika mengkonsumsi kopi rasa sakit di kepala atau nyeri bisa hilang.


2. Pijat di Titik Refleksi/Akupresur

Pernah dengar pijat refleksi atau akupresur kan Mak? Itu loh pijat ala tradisional China yang diarahkan ke sebuah titik yang mengarah pada syaraf tertentu.

Untuk sakit kepala, ada beberapa titik tubuh yang bisa dipijat. Ini sering Emak lakukan kalo lagi males konsumsi paracetamol atau asam mefenamat. Beberapa titik yang bisa dipijat adalah:

  • Pergelangan hingga lengan bagian dalam. Pijat bagian pergelangan hingga lengan bagian dalam.
  • Belakang leher atau tengkuk. Pijat lembut belakang leher akan membuat otot tegang menjadi mengendur.
  • Titik di antara jempol dan telunjuk. Tekan bagian ini akan mengurangi rasa sakit di bagian kepala.

3. Menghirup Aromaterapi


Faktanya, selain sebagai relaksasi aromaterapi juga bermanfaat mengurangi nyeri yang meradang. Buat Emak pribadi memang suka sekali cium araterapi yang menenangkan. 

Beberapa wangi yang dipercaya mengurangi rasa sakit yakni lavender (kesukaan banget ini), chamomile, dan eucalyptus. Tau kan eucalyptus? Minyak kayu putih. Ini paling sering Emak gunakan untuk temen pijat untuk mengurangi radang. Double impact kan.. sakit kepala hilang seketika.

4. Minum Air yang Banyak 


Terkadang, sakit kepala muncul karena kita kurang minum alias dehidrasi. Kondisi ini muncul sebagai alarm tubuh alami. Jangan khawatir. Cukupi kebutuhan air minum atau cairan kita.

Boleh juga mengganti air minum dengan air kelapa, sup hangat atau bahkan air jahe plus madu. Jahe punya khasiat mengurangi radang secara alami.

5. Makan Mie Instan Pedas


Meski mie instan gak dikonsumsi setiap hari, tapi ketika sakit kepala menyerang terkadang cuma diobati dengan makan mie instant super pedas sendiri di pojok dapur (anak-anak dilarang tapi Emaknya makan 🤣).

Ternyata, rasa pedas menghasilkan hormon adrenalin dan juga endorfin. Kedua hormon ini memicu hilangnya rasa sakit dan nyeri selain meningkatkan rasa bahagia.

Mie instan bisa diganti seblak juga ya Mak.. hehehe

Penutup


Meskipun sakit kepala sering dianggap ringan dan terlihat sepele namun jangan abaikan bila ternyata sakit kepala dialami terlalu sering. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau melakukan cek kesehatan rutin untuk menemukan akar masalahnya sehingga pengobatan menjadi lebih tepat.

Nah selain kelima tips Emak di atas, kalian punya tips lain Mak? Yuk ngobrol di kolom komen yuk. 



Sumber:

https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/does-caffeine-treat-or-trigger-headaches



blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

7 komentar untuk "Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat"

  1. aku paling pool itu kalo minum kopi hitam alias amerikano. Pusing dikit bisa reda. Untung aja suka ngopi jadi aman hihiihhi

    BalasHapus
  2. Ah, yang terakhir aku banget. Haha... Bisa juga sih bakso aci pedasss dan seblak bedasss!! Hahaha. Sakit kepala langsung minggat. Asal nggak nyasar ke lambung aja. Haha

    BalasHapus
  3. Dari semuanya yang ga bisa saya kerjakan yang nomer satu. Awak tak suka kopi la..

    BalasHapus
  4. Semua kecuali nomer satu asik asik..
    Apalagi disuruh makan mie instan pedas, wuihhhhhh

    BalasHapus
  5. Dulu banget kak waku jaman sekolah. Pulang sekolah sering sakit kepala, minumlah mixagrip. Setelah kuliah aja udah mulai hilang. Karena aku berusaha mengurangi makanan bermicin micin, minum es mpun diatur

    BalasHapus
  6. Saya kalau sakit kepala paling sering menghirup aromaterapi, lebih ke minyak angin sih... yaaah namanya juga orang dewasa matang, hahaha.

    BalasHapus
  7. Kalah saya minum kopi, beneran meredakan sakit kepala ringan, apalagi begitu baca ada notifikasi transferan...reda seketika kwkwkw

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️