Nutrisi Terbaik untuk yang Teristimewa



Assalamualaikum, apa kabar Mak? Semoga sehat selalu ya, di masa pandemi ini.. Kali ini Emak mau sharing nih, semua hal yang berbau ASI. Mulai dari pengalaman Emak mengASIhi hingga bagaimana caranya agar sukses mengASIhi dalam dua tahun. Memang sejatinya, ASI adalah hak anak yang merupakan kewajiban kita para Emak. 

Bagi Emak sendiri, proses mengASIhi adalah proses yang luar biasa nikmat meskipun gak selamanya mengASIhi itu berjalan dengan lancar dan indah. Tak jarang para Emak sampai "menangis darah" demi mempertahankan tetap memberi ASI meski lingkungan sekitar tidak mendukung. Para Emak itu sadar, bahwa Allah yang Maha Tau sudah memberi titah agar memberi hak bayi sebagaimana tersirat dalam kitab suci umat Islam, yakni Al Qur'an surat Al Baqarah 233.

Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan....

Bahkan bukan cuma di Islam saja, di agama lain pun ada anjuran untuk menyusui anak. 


Pengalaman Menyusui

Pengalaman Emak menyusui cukup panjang. Mulai dari anak pertama hingga kini sudah masuk ke anak yang ke lima. Apakah semua pengalamannya sama? Ooo tentu tidak.. Setiap anak itu unik. Bahkan anak kembar punya kebiasaan berbeda donk ketika menyusu. 

Pengalaman pertama menyusui, saat itu belum dibekali ilmu dan literasi yang cukup. Namun sudah kekeuh akan menyusui anak hingga dua tahun. Bahkan ketika selesai bersalin, langsung minta room in dengan bayi meskipun belum keluar ASI. Emak tetap membiarkan bayi menyusu. Hingga akhirnya diperbolehkan pulang, bidan memberi merchandise lahiran berupa popok lengkap dengan susu bayi. Tapi Emak yakin ASI adalah yang terbaik. Apalagi si baby tidak ada indikasi membutuhkan tambahan sufor.

Lecet? Sudah pasti. Pelekatan yang belum sempurna menjadikan Emak meringis namun tetap menikmati proses mengASIhi. Dalam hati Emak kuatkan tekad dan bersyukur bahwa tidak semua perempuan diberi kelebihan bisa melahirkan dan menyusui. 

Qadarullah, usia si sulung setahun, Emak hamil kembali. Lagi-lagi karena belum cukup bekal ilmu menyusui, Emak disarankan orangtua untuk berhenti menyusui anak. Bila mengingatnya cukup sedih karena sebenarnya tidak ada pantangan menyusui ketika hamil asalkan si ibu dan kandungan sehat.

Menyusui anak kedua, Alhamdulillah Emak berkenalan dengan mastitis dan milk blister. Kejadian yang sungguh membuat Emak bersyukur karena menjadikan kaya pengalaman dan tau tentang masalah-masalah pada saat mengASIhi. Berhenti kah menyusui? Gak donk.. tekad semakin bulat. 

Alhamdulillah di anak ketiga, tidak ada drama menyusui. Semua lancar hingga 2 tahun. Bahagia terasa. Rencananya sudah cukup dengan tiga anak. Ternyata Allah punya rencana lain.

Anak ke empat pun muncul. Emak menyusui seperti biasa. Ketika hampir berusia setahun, Emak merasa gak enak badan. Tau-tau bakal anak kelima sudah hadir tanpa disadari.

Galau? Iya. Emak gak siap psikis. Punya anak 4 seperti anak tangga bersusun, ditambah lagi dengan lemahnya tubuh ketika hamil ke 5. Daaan si bayi masih menikmati proses menyusui. 

Sebenarnya Emak sudah pernah merasakan Nursing While Pregnant. Alias menyusui ketika hamil. Tidak ada kendala berarti. Namun ketika anak keempat  menyusu, puting terasa perih sekali. Suami sampai menyarankan untuk mengganti ASI dengan sufor. Namun sekali lagi Emak kekeuh karena merasa hak si anak belum maksimal diberikan. Meskipun puting terasa sakit, namun tetap menyusui. 

Lahir anak kelima, kami pun melakukan Tandem Nursing. Serasa punya anak kembar. Emak menyusui si bayi dengan si kakak. Saat itu mereka terpaut 18 bulan. Sehingga kami menjalankan tandem nursing tepat 6 bulan hingga si bayi MPASI pertama. 


Kenapa Memilih ASI?

Ketika Emak tanya pada sebagian Emak ASI, apa sih alasan terkuat mereka memberi ASI pada anaknya? Meskipun banyak dari mereka harus berjuang agar ASI bisa mancur keluar. Jawaban para Emak memang beragam. Tapi sebagian besar karena kesadaran bahwa ASI adalah hak anak yang harus dipenuhi. Selain itu, manfaat besar ketika para Emak memberi ASI dirasakan sungguh besar. Apa saja?

1. mengASIhi dalam rangka menguatkan bonding dengan anak.

2. Memberikan anak kekebalan tubuh ekstra.

3. Murah, hemat, praktis.

4. Tidak ada kata expired.

5. Paling lengkap formula gizinya.

6. Membantu para Emak menurunkan berat badan setelah bersalin.

7. Membantu mempercepat penyusutan ukuran rahim seperti sedia kala.

Masih banyak yang lainnya. Tapi alasan Emak kenapa memilih ASI? Karena ingin menyempurnakan kewajiban dalam memenuhi hak anak. Rasanya seperti ada yang kurang bila hak yang satu ini terlewatkan.

Tips Sukses ASI dalam 2 tahun

Tips ini berdasarkan pengalaman Emak ya.. yuk disimak..

1. Perbanyak Literasi saat Hamil.

Saat sedang mengandung, perbanyaklah baca literasi mengenai ASI dan menyusui. Hal ini penting agar kita tidak terjebak dalam mitos yang salah seputar menyusui. 

2. Kuatkan Tekad.

Ini paling penting. Kuatkan tekad dalam menginisiasi menyusui dan juga kuatkan tekad menyusui bayi. Meski nanti, petugas kesehatan yang membantu kita tidak begitu pro dalam melakukan inisiasi menyusui, kita dapat melakukannya sendiri. Pengalaman Emak dulu, ketika anak terus menangis, bidan datang membawakan susu formula. Namun Emak bijak menolak. Tekad kita memang harus kuat.

3. Edukasi Lingkungan Sekitar.

Sebisa mungkin, kita minta bantuan lingkaran terdekat kita untuk mendukung kita menyusui sejak masih hamil. Caranya dengan mengedukasi orang terdekat. Misalnya suami, ibu atau mertua. Hal ini agar mereka tau bahwa kita bertekad untuk sukses menyusui hingga 2 tahun. Lingkungan sekitar kita punya andil besar untuk menyemangati atau membuat kita semakin depresi. 

4. Konsumsi Makanan Galaktagog.

Makanan galaktagog atau laktogog adalah makanan atau minuman yang dipercaya untuk menaikkan produksi ASI. Biasanya di masyarakat ada beberapa makanan yang dikenal sebagai booster ASI. Misalnya daun katuk, fenugrek dan sebagainya.

5. Konsumsi Suplemen Menyusui.

Emak jadi teringat saat tandem nursing anak ke empat dan ke lima. Selain makan makanan bergizi, konsumsi makanan yang termasuk galaktagog juga konsumsi suplemen menyusui agar ASI berkualitas sekaligus menyelamatkan diri kita Mak. 

Loh kenapa?

Karena, tubuh selalu menyiapkan ASI menjadi makanan yang kaya gizi. Ketika kita kurang mengkonsumsi makanan dan suplemen bergizi, maka tubuh kita akan merasakan dampaknya. 

Tubuh menyiapkan ASI menjadi makanan yang tinggi gizi sehingga ketika produksi ASI akan "mencuri" dari tubuh si ibu. Itulah pentingnya minum suplemen. 

Namun jangan sampai mengkonsumsi sembarang suplemen. Untuk itulah Emak percayakan pada Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold.



Kenapa Harus Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ?

Banyak sekali alasan, kenapa harus mempercayakan suplemen ibu hamil dan menyusui kepada Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold.



Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui:

1.  Tinggi asam folat yang dapat bantu menjaga Ibu dari resiko anemia. Selain itu asam folat juga sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak.

2. Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya osteoporosis pada Ibu

3. Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu Ibu jaga energi supaya tidak mudah sakit. Sangat sesuai untuk Emak, karena menurut pengalaman setelah habis melahirkan, Emak sering konstipasi. Sangat terbantu sekali bila suplemen menyusui Emak tidak menyebabkan konstipasi yang bisa berujung pada wasir.

4. Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak & mata buah hati, sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi. Kesan pertama saat membuka botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold  dari Kalbe, yang tercium bukan suplemen berbau kimia yang membuat mual. Namun aroma coklat yang membuat mood happy.

5.  Vitamin & Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui. Terkadang gak setiap hari nutrisi Emak hamil dan menyusui terpenuhi sempurna. Maka disempurnakan oleh Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold.



Kebetulan sekali kita baru saja melewati Pekan ASI Dunia atau World Breastfeeding Week yang diperingati Agustus lalu sejak tahun 1992. Emak jadi teringat bahwa Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold berkomitmen untuk menghadirkan ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa. Kalbe Blackmores Nutrition dengan Yayasan Bumi Sehat telah bermitra sejak tahun 2017 dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi Ibu Hamil dan Menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua.

Sekilas Tentang Bumi Sehat Foundation



Yayasan Bumi Sehat atau Bumi Sehat Foundation adalah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Robin Lim pada tahun 1995 di Denpasar ,Bali. Hingga kini berdiri sudah tersebar di tiga tempat di Indonesia yakni Denpasar, Aceh dan Papua. 

Yayasan yang memiliki misi meningkatkan kualitas hidup dan mendorong perdamaian yakni dengan merawat individu terkecil di dunia -bayi baru lahir- juga memiliki klinik di Filipina. 



Kesimpulan

Asi Berkualitas dan lancar menyusui dimulai bukan hanya dari hari pertama bayi lahir ke bumi ya Mak.. namun dimulai sejak 0 hari bayi di dalam kandungan yakni saat ibu sedang hamil. Maka penting bagi ibu hamil agar menjaga asupan nutrisinya dengan suplemen berkualitas seperti Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold


Jangan khawatir, di masa pandemi tidak perlu repot keluar rumah untuk mencari Blackmores dari Kalbe Nutrition. Cukup kunjungi Official Store Blackmores yang ada di e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, Blibli dan Shopee. 



Jangan lupa, penuhi nutrisi bayi di awal 1000 Hari Pertama Kehidupannya dengan mengkonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold agar ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa. Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi Website Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold dan juga Instagram  di @blackmoresid.

Sekian sharing kita kali ini Mak. Semoga berguna untuk ibu hamil dan menyusui agar dapat memberikan ASI yang berkualitas dan juga lancar menyusui hingga 2 tahun.Aamiin..



Reactions

164 comments:

  1. Alhamdulillah, anak saya juga dua-duanya full ASI. Sama ibunya bukan sama saya he..he..he... selain interaksi fisik, menyusui juga merupakan interaksi psikis yang membentuk ikatan antara ibu dan anak. Yang ini bagus untuk pertumbuhan mental anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas Irfan.. bonding dengan ibu jadi lebih kuat .

      Delete
  2. Masya Allah Mbak Icha, nusuin satu aja perjuangannya warbiyasa, dirimu Tandem Nursing pula. hebat! Salut akutuu.
    Dan setuju aku jika tubuh menyiapkan ASI menjadi makanan yang tinggi gizi sehingga ketika produksi ASI akan mengambil dari tubuh si ibu maka suplemen perlu. Seperti Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang bagus ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dimudahkanNya mba Dian..
      Apalagi ditambah suplemen seperti blackBlack pregnancy and breastfeeding gold..

      Delete
  3. Menyusui buah hati adalah salah satu moment membahagiakan bagi seorang Ibu ya, Mbak Icha. Makanya sebisa mungkin dijadikan spesial juga. Pastinya ASI yang bernutrisi pastinya sangat bagus buat buah hati. Dan bersyukur sekarang ada suplemen untuk menunjang ASI bernutrisi ya,Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Bambang.. bener..
      Rasanya setiap ibu kan mau mempersembahkan yang terbaik buat anaknya

      Delete
  4. Dunia emak emak banget nih, btw bak bak mesti harus paham juga yak haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti mas.. biar mendukung istrinya ketika menyusui. Misalnya pijat lancar ASI..

      Delete
  5. rekomended banget dah ini kalau untuk ibu menyusui saat ini biar tenang dan yakin anak dapat asupan nutrisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba.. biar si ibu juga tercukupi nutrisinya..

      Delete
  6. Anak yang full ASI itu imun tubuhnya lebih baik deh
    Saya udah membuktikannya
    Kesuksesan masa menyusui adalah bentuk tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk memberikan yang terbaik
    Minum suplemen juga dibutuhkan untuk memperlancar dan memperbaiki kualotas ASI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba..
      Bonding dengan anak pun semakin baik..

      Delete
  7. Saya awam ttg ASI, tapi pastinya saya dukung ibu memberi ASI. Banyak istilah yg saya baru denger
    Tp suplement memang perlu juga ya πŸ‘πŸ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang Sani. Nanti kalo istrinya udah menyusui harus sering dibuat seneng.. hehehe

      Delete
    2. Haha insyaAllah, gawat kl sampe istri ga senang haha

      Delete
  8. Noted, Mbak Icha, untuk memperoleh ASI berkualitas dan lancar menyusui dimulai bukan hanya dari hari pertama bayi lahir ke bumi Tapi dimulai sejak 0 hari bayi di dalam kandungan yakni saat ibu sedang hamil. Maka penting bagi ibu hamil agar menjaga asupan nutrisinya dengan suplemen berkualitas seperti Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang lengkap manfaat

    ReplyDelete
  9. Jadi kangen masa-masa waktu mengasihi, dimana waktu itu aku masih jadi ibu bekerja kantoran yang mana harus berjuang dalam pemberian ASI. Karena dulu punya tekad anakku harus full ASI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pasti pumping dan botol Asip menjadi kawan ya Mba.

      Delete
  10. Menyusui kadang butuh perjuangan ya mbak...
    Tapi semua akan terbayar saat anak tumbuh sehat
    ASI nutrisi yg terbaik bagi bayi

    ReplyDelete
  11. Dulu pas menyusui dua anak saya, sepertinya belum ada eh saya belum tahu yang namanya Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold ini. Kalau udah tahu, pasti langsung ikutan konsumsi..bermanfaat banget soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bener.. asi semakin bernutrisi..

      Delete
    2. sehat sehat selalu yaa semuanya..untuk ibu dan si kecil :) semoga senantiasa mendapatkan nutrisi terbaik.

      Delete
    3. Wah ,sama dong mba Andi Hardiyanti

      Saya kenal Blackmores Pregnancy n Breastfeeding Gold juga setelah anal ke sekian, hahaha

      Delete
    4. Wah ,sama dong mba Andi Hardiyanti

      Saya kenal Blackmores Pregnancy n Breastfeeding Gold juga setelah anal ke sekian, hahaha

      Delete
  12. Puji Tuhan Blackmores PBFG juga cocok di aku selama menyusui Rushel 2 tahun ini. Memang kandungan 17 nutrisi esensialnya terbukti membuat ASI Berkualitas.

    ReplyDelete
  13. wah sekarang sudah ada suplemen Blackmores Prenancy untuk menambah nutrisi pada ibu menyusui agar ASI jadi lancar dan dedek bayi bisa puas mimi ASI

    ReplyDelete
  14. Saya juga sedang mengASIhi dan konsumsi Blackmores. Emang sipp dehh..

    ReplyDelete
  15. Setiap ibu punya pengalaman dan drama sendiri yang sangat menginspirasi buat saya dalam soal kehamilan dan masa menyusui. Jadi pengalaman hidup dan pelajaran, kalau saya dipercaya hamil dan menyusui lagi, saya tidak akan lupa dengan nutrisi yang didapat dari Blackmores ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. setiap pengalaman orang lain pun bisa menginspirasi kita..

      Delete
  16. Luar biasa banget kamu mbak punya 4 anak dengan 4 cerita menyusui yang berbeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya salut ya. Ga kebayang kalau saya. Satu aja ini udah berasa gimana... Hehehe


      Tugas mulia seorang ibu memang tiada tandingannya

      Delete
  17. Alhamdulillah kl saya 4 anak menyusuinya lancar terus (smua karena Allah jg)... jd hamil adiknya si kakak/si abang tetap menyusui. Btw Blackmores bagus buat nutrisi busui ya

    ReplyDelete
  18. Memang biasanya anak pertama selalu kurang ASI, sama seperti saya saat sedang menyusui anak pertama, hamil lagi hingga dihentikan menyusui. Memang agak berbeda kondisi anak yng kurang ASI. Ga ada asupan terbaik selain ASI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena masih kurang ilmu ya kan Mba selvi

      Delete
  19. Saya selalu suport ibu-ibu yang kasih ASI sama buah hatinya, termasuk saat istri masih kasih ASI. Apa pun pasti akan diberikan

    ReplyDelete
  20. Masya Allah, Seperti diketahui Asi merupakan nutrisi terbaik bagi bayi kan mbak. Alhamdulilah, kami punya dua orang anak dan keduanya mendapatkan ASI eksklusif.

    Oleh karena itu, produk produk penambah nutrisi ASI seperti Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) tentu sangat bermanfaat bagi si IBu. Terlbih lagi Blackmorest mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh Ibu Menyusui. Oara enak mesti baca ih..

    ReplyDelete
  21. iya, beda anak beda pengalaman ngasih ASI. Padahal anak pertama dan kedua beda usianya cuma 1 tahun, tapi pernyata pengalaman menyusuinya juga beda.

    ReplyDelete
  22. untunglah ya ada bkackmore sbg suport untuk busui semoga debay senantiasa sehat dan busui nya jg tetap semangat manhASIhi debay nya

    ReplyDelete
  23. ALhamdulillah ya ada blackmores yang bisa support nutrisi terbaik di masa-masa penting ibu dan anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ASI sebagai sumber makanan terbaik untuk bayi, diperkaya nutrisi pula sama blackmores

      Delete
  24. Yes, menyusui untuk menyempurnakan kewajiban dalam memenuhi hak anak, setuju aku Mbak Icha..dan dari cerita ini lengkap warna-warni pengalaman menyusuinya ya..Masya Allah 5 putra-putri. Semoga sehat semua ya

    ReplyDelete
  25. Nutrisi yang terkandung di Blackmores cukup lengkap yes bagus juga untuk si Kecil. Temenku yang menyusui juga minum ini katanya ga hanya menambah volume ASI tapi juga ke badan ibu jadi enakan gitu ga gampang lemas.

    ReplyDelete
  26. Jaman saya hamil tahun 2013 lalu Blackmores ini emang udah hits banget yaa, mungkin sebelumnya juga sudah terkenal banget. Kandungannya dan saya pun tau ada blackmores yang menjadi booster asi untuk para ibu menyusui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Lidya.. sejak tahun 1932. Sudah berpengalaman banget

      Delete
  27. Waktu menyusui saya pernah kena mastistis dan itu sakiiit banget rasanya. Pas ke dokter itu bisa disebabkan karena saya nggak menkonsumsi suplemen pelancar ASI. Karena ASI tuh ga cukup "banyak" aja, tapi harus lancar. Makanya selain minum obat dari dokter saya juga minum blackmores, Alhamdulillah nggak nyampe seminggu mastitisnya sembuh dan saya terusin minum suplemennya sampai anak saya selesai menyusui :D

    ReplyDelete
  28. Saya baru sekarang-sekarang ini ngeh banget tentang pentingnya ASI itu, setelah liat sendiri bagaimana bedanya anak ASIX dan enggak.

    Anak pertama saya nggak ASIX, caesar pula.
    Anak kedua caesar tapi ASIX.

    Dan anak kedua jauh lebih kuat imunnya ketimbang si kakak, memang butuh banget perjuangan agar bisa menyusui :)

    ReplyDelete
  29. ALhamdulillah, senang membacanya. Emak pejuang ASI juga dan menuliskannya di blog. In syaa Allah bisa jadi pembelajaran bagi emak2 lainnya. Dan tentunya, sulemen seperti Blackmores sangat membantu produksi ASI.

    ReplyDelete
  30. Memberi ASI itu ibarat karunia yg harus disyukuri para ibu. Untung sekarang ada Blackmored ya jadi ga ada drama drama susah ngasih ASI

    ReplyDelete
  31. Kandungannya blackmores itu memang bagus banget ya, dan lengkap, membantu banget buat busui.
    Karena menyusui sejatinya nggak semudah yang kita liat mamak-mamak nyodorin ASI ke anaknya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Rey.. ada yang harus berjuang dengan keras..

      Delete
  32. Blackmores ini punya kandungan yang lengkap ya. Semoga sukses menyusuiny, mbak. Aku dulu menyusui sampai 3 tahun, tapi itu juga karena anakku cuma satu. Nggak kebayang perjuangan mbak yang harus menyusui tandem gitu. Semangat terus ya. Semoga mbak dan anak2 selalu sehat.

    ReplyDelete
  33. Mba Ichaaaaaa, perjuanganmu mba, masya Allah. Anak udah lima kayak Pancasila, dan masih aktif ngeblog kayak sekarang. Salute, salute aku padamu. Setuju, ibu-ibu pejuang ASI seperti kita harus diasupi nutrisi dan suplemen kesehatan yang jagoan juga dong, seperti Blackmores ini.

    ReplyDelete
  34. Khasnya bidan, ya. Kalau ngasih marchendise ada sufornya. Hihhi
    Tapi ga semua bidan sih.
    Banyak juga yang mengedukasi setelah membantu persalinan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oknum sih itu ya Mba Susi. Untungnya di rumah sakit tempat saya bersalin dulu bidan sama perawatnya nanya dulu, ini setelah lahiran ibunya mau rooming in menyusui bayinya langsung, atau dikasih susu formula? Jadi si ibu bisa milih. Bukan ujug-ujug bayinya langsung dikasih dot, dan malah bingung puting saat pertama kali disusui.

      Delete
    2. Iya mba.. ada beberapa yang dititipin sponsor. Tapi emang kalo kita gak Nerima juga gak maksa kok

      Delete
    3. Kalau saya kebetulan tidak pernah. Tetangga pernah. Mungkin karena keluarga yang minta, mungkin ya. SAya ingat, ibu cemas sekali saat ASI belum keluar dan jengkel karena kami tidak mau membelikan sufor. SAmpai nangis-nangis. Mungkin itu sebab bidan bawain.

      Delete
  35. Masya Allah, perjuangan mengASIhi setiap anak memang luar biasa ya. Aku mengalami kesulitan waktu nyusin anak kedua, bahkan ngalami lecet juga di payudara. Bahagianya busui sekarang, ada Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang bagus menjadi suport busui

    ReplyDelete
  36. Senangnya kini literasi mengenai ASI dan menyusui itu banyaak sekali, dari yang mitos sampai fakta ada. Jamanku dulu meski beli majalah ke kota kwkw. Atau nunggu tayangan di TV. Maka, para bumil dan busui harusnya lebih melek literasi menyusui

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Dian.. biar gak terjebak mitos yang salah

      Delete
  37. wow. mantap. saya belum jadi seorang ibu, tapi sharingnya membantu utk persiapan saya nanti. thx

    ReplyDelete
  38. Pas banget nih, bisa jadi referensi untuk istri saya yang lagi hamil. Siap-siap untuk planning pemberian nutrisi ketika anak kedua saya lahir besok.

    ReplyDelete
  39. Saya baru Tahu tentang tandem nursing. Bisa ya menyusui 2 anak sekaligus?
    Beruntung teknologi semakin maju sehingga blackmores bisa menyiapkan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe bisa Ambu.. malah bisa ningkatin bonding antara adik dan kakaknya.

      Delete
  40. Sehat-sehat bunda dan dedek nya. Saya juga mengkonsumsi Blackmores Vio Vit C dan Glucosamine nya mbak.

    ReplyDelete
  41. Mungkin inilah yg dinamakan banyak anak banyak rezeki ya cha hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooooh.. love love lah Mak kost ini.. πŸ₯°πŸ˜˜

      Delete
  42. Waaa... aku juga minum Blackmores nih waktu hamil dan menyusui sekarang

    ReplyDelete
  43. Nutrisi terbaik dimasa keemasan tumbuh kembang balita adalah ASI. Luar biasa BLACKMORE. Sudah membantu ibu-ibu menyusui menghasilkan ASI yang berkualitas. Produk premium dengan manfaat yang juga premium

    ReplyDelete
  44. Alhamdulillah semoga dengan mengkonsumsi Blackmore, kondisi ibu saat mengandung dan menyusui selalu sehat, cukup nutrisi sehingga selama dikandung dan lahir kemudian menyusui, anak juga sehat ya mbak.

    ReplyDelete
  45. Ini juga yang bikin mudah sekarang di masa pandemi tidak perlu repot keluar rumah untuk mencari Blackmores dari Kalbe Nutrition yang kaya manfaat ini. Cukup kunjungi Official Store Blackmores yang ada di e-commerce tunggu di rumah..sudah! Alhamdulillah ya, semua jadi mudah

    ReplyDelete
  46. Dengan Blackmores pregnancy kebutuhan ASI sikecil jadi lancar. Sehat terus ya kak dan sikecil

    ReplyDelete
  47. Nutrisi terbaik emabg dibutuhkan untuk tumbuh krmbanf anak

    ReplyDelete
  48. Semangat mengASIhi ya Mak, semoga sehat semua anak-anak kita

    ReplyDelete
  49. Blackmores penting banged ya membantu kecukupan nutrisi bumil n busui. Mantul dehh

    ReplyDelete
  50. Lengkap banget ya kak kandungan blackmores ini. Saya juga sering liat produk ini dipakai sama beberapa influencer.

    ReplyDelete
  51. Waahh ini yah yg lagi hits itu. Baru pertama kali baca reviewnya di blog mbaa. Ternyata banyak banget manfaatnyaa yaa MasyaAllah

    ReplyDelete
  52. Masya Allah. Setuju banget ASI tuh hak untuk anak. Kalau ibu tidak keluar ASI solusinya cari ibu persusuan. Ternyata bisa ikhtiar dengan suplemen ini ya. Terima kasih infonya sangat bermanfaat. ☺️

    ReplyDelete
  53. Aaaargh, menyusui satu bayi aja aku udah mudah sekali lapar. Gimana tandem nursing, ya?

    Dulu tuh ya pas di kantor aku makan, lalu pumping, selesai langsung lapar lagi. Muter aja terus seperti itu. Makanya teman-teman kantor heran kalau lihat aku nggak lagi makan, hahaha ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. enaknya menyusui tuh bebas makan ya kan kak me..

      Delete
  54. Intinya para emak gak boleh berhenti belajar agar mampu memberdayakan diri lebih baik lagi ya Mak. Anyway goal buat nurunin berat badan di aku kayaknya kurang bekerja. Syebelll

    ReplyDelete
  55. inget zaman msh kecil di kampung. sedihnya mamak2 yg gagal nyusuin bayinya. krn kl beli sufor artinya adalah pengeluaran. tp kmdn hari tahu kl banyak juga yg ga mau nyusuin anaknya. semoga semangat terus mamak2 yg berjuang terus utk kasih yg terbaik buat anak2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak juga mamak2 di kampung yang kemakan hoax mba.. kasian juga sih..

      Delete
  56. Beda anake emmang beda tantangan menyusui yah Mom. Btw suplemen menyusui beneran bermanfaat sekali ya. Dulu maju mundur sebetulnya konsumsi hehe

    ReplyDelete
  57. Aku pun konsumsi blackmores, sejak hamil sampai sekarang. Nutrisinya lengkap banget.

    ReplyDelete
  58. Buat anak memang tak bisa sembarangan. Ya makanan dan minumannya, ya pendidikannya. Gak hanya ketika sudah lahir, bahkan sejak dari dalam kandungan. Salah satu bentuk pemberian yang terbaik kepada mereka sejak dini ya memberi nutrisi terbaik. Dan Blackmores bisa jadi pilihan itu ya. Memberi gizi dan nutrisi melalui ASI yang berkualitas.

    ReplyDelete
  59. Aku baru tau kalau menyusui pas sedang hamil itu boleh...😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mba.. asal gak ada riwayat keguguran dan gak terasa kontraksi ketika menyusui..

      Delete
  60. Kalau sudah seperti ini nggak ada alasan buat nggak kasih ASI ya Mbak. ASI itu wajib buat anak-anak biar badan kuat

    ReplyDelete
  61. Sama kak, aku juga dulu sempat tandem nursing.
    Rasanya warbyasa yaa...pengalaman memiliki anak usia dekat ini memberikan Ibu harus terpenuhi segala nutrisinya.
    Dengan konsumsi Blackmores, nutrisi terbaik untuk Ibu dan anak.

    ReplyDelete
  62. Alhamdulillah ya cha sejak anak pertama sudah menyusui ASI walaupun setiap anak pasti beda aja dramanya dan hebatnya dirimu gak kapok kasi ASI terus masyaallah, semangat mengASIhi sampai 2 tahun ya :)

    ReplyDelete
  63. Proud of you sista.

    Oh iya, makanan galaktogog yang ngaruh banget sih sayur2an dan jenis kacang-kacangan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener..apalagi didukung nutrisi dari Blackmores

      Delete
  64. baru sadar ternyata mereka rapat2 semua ya wkwkwk xD tp emg pengennya ibu tu selaluuu 2 thn ASI, tp ada aja emg ya kak cobaan buat 2 thn tadi. berat beraaat, butuh keluarga yg slalu support :)) btw blackmores ini sering direkomendasiin yaaa buat ibu hamil. menarik, kyknya bs dicoba nnti xD

    ReplyDelete
  65. Kami dah lama konsumsi Omega 3 Blackmore ini karena memang kebutuhan utama, buat mamak kami yang stroke, sama buat anak-anak. Saya pun konsumsi juga biar sehat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga untuk orangtua yang kena stroke ya kak? baru tau..

      Delete
    2. Oo.. itu Blackmores yang vitamin berbeda Mak Devi.. Blackmores ini banyak macamnya.

      Delete
  66. Belum berkesempatan hamil lagi :) nanti kalau hamil lagi mau ah minum Blackmores untuk menjaga nutrisi ibu hamil dan calon bayi, juga saat-saat menyusui

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes mba.. aku doain semoga terwujud segera ya Mba..

      Delete
  67. Pas banget ih ketemu artikel ini. Soalnya aku lagi hamil sekarang ini. Sering liat ini juga di status temen-temen yang lain. Makin tertarik deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga sehat terus ya Mba.. Aamiin

      Delete
  68. Waah hebat banget nih mam tandem menyusui anak keempat dan kelima

    ReplyDelete
  69. Memang emak satu ini super banget. Saya udah merasakan sendiri betapa tekad kuat harus dimiliki seorang ibu untuk meng-ASI-hi anaknya. Dari tekad, kita harus menjaga kondisi tubuh sendiri dengan suplemen yang baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak.. kalo gak dijaga, tubuh kita sendiri yang kasian... Kekurangan nutrisi

      Delete
  70. Masya Allah mbak, 5 orang anak. Sungguh luar biasa, apalagi mengingat usia anak yang tidak berbeda jauh dan ada tandem breast feeding.
    Alhamdulillah ada Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ya, sehingga ibu juga tetap mendapatkan nutrisi yang cukup, yang juga berguna bagi si baby.

    ReplyDelete
  71. Nanti kalo nikah dan istri hamil, wajib pake Blackmores kalo ada kendala di asi. Tapi mudah mudahan kagak ada kendala yes. Asi emang nutrisi baik bagi bayi. Thank you kak

    ReplyDelete
  72. keren ini bunda icha.. sampai anak kelima always ASI. semoga putra putrinya bunda sehat, soleh solehah...

    ReplyDelete
  73. Merek Blackmores ini pertama kali aku kenal saat di Thailand. Harganya memang premium, tetapi kualitas memang bagus sih.

    ReplyDelete
  74. Mommy hebat, full ASI untuk 5 anaknya super mom. Dengan Blackmores nutrisi untuk si kecilpun terpenuhi ya kak. Sehat terus ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkat dipermudah ya kan kak Inna.. semua bisa dijalani ❤️

      Delete
  75. Masya Allah mbak. menyusui 5 anak dan pernah lecet putingnya. sama kayak ibu saya. kalau saya mah dua anak saya cukup. hehe... untung ada suplemen ibu menyusui ya. bantuin banget perjuangan ibu menyusui.

    ReplyDelete
  76. Wah pasti rame banget rumahnya bun, sama kayak aq nih anak 3 aja waduh gaduh banget tapi ya gitu bawaannya tetap happy ya

    ReplyDelete
  77. Salut untuk ibu yang menyusui,, syukurlah sekarang banyak booster ASI y yang membantu

    ReplyDelete
  78. Menyusui memang perjuangan ya mbak. Memang nutrisi busui harus terpenuhi agar dapat terus sehat merawat buah hati, Suplemen nutrisi juga dqapat dikonsumsi bila dibutuhkan. Kalau ibu sehat, menyusui juga lancar.

    ReplyDelete
  79. Masyallah.. Drama menyusui yang luar biasa ya mak. Semangat! Meski udah ada 5 anak yang jaraknya tak jauh, moga saat tua kelak bahagia liat anak udah besar dan sukses semua. Aamiinn

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️

Total Pageviews