Tips Mengajari Anak Naik Sepeda

"Ma.. beli sepeda donk.." kata si sulung.
"Sepeda lama kan masih ada.."
"Iih udah kekecilan ma.."




Begitulah awalnya si kakak beberapa tahun lalu saat mau belajar naik sepeda. Beberapa teman sebayanya lagi gandrung naik sepeda di sore hari. Dasar Emak ogah rugi, ketika si sulung minta beli yang baru malah menyarankan untuk memakai yang lama dulu, kalo udah mahir naik sepeda tanpa roda bantu baru deh dijanjikan beli yang baru. 

Ternyata, belajar naik sepeda itu gak boleh asal-asalan loh. Kata Kak Hadi ada Teknik Bersepeda yang Benar. Nah loh.. jadi kayak apa sih sebaiknya?

Sebelumnya kita bahas dulu yuk olahraga yang lagi trend belakangan ini. Bahkan harga sepeda pun ada yang ngalahin harga mobil. Kenapa sih anak harus diajarkan naik sepeda? Ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika anak belajar naik sepeda. Apa aja?

1. Melatih motorik kasar.
2. Belajar keseimbangan.
3. Melatih konsentrasi.
4. Bersosialisasi dengan sebaya.
5. Kesehatan ikut terjaga.

Lalu kira-kira di usia berapa sih sebaiknya anak mulai diajarakan naik sepeda? Menurut beberapa literasi, sebaiknya di umur 3 tahun anak sudah mulai bisa dikenalkan dengan sepeda roda dua yang dibantu dengan dua roda samping. Di umur 3 tahun ia belajar mengayuh kaki sambil fokus mata menghadap ke depan dan tangan memegang kemudi.

Nah.. kesiapan tiap anak memang berbeda setelah dikenalkan dengan sepeda dengan roda bantu. Si sulung (perempuan) dulu bisa bersepeda tanpa roda bantu di umur 5 tahun. Sementara si anak ketiga (laki-laki) mahir bersepeda sebelum genap 4 tahun. 

Cusss.. sekarang kita masuk ke tips, bagaimana mengajari anak naik sepeda:


1. Mulai Dikenalkan dengan Sepeda di Umur 3

Awalnya boleh dibelikan sepeda roda dua di umur 3 tahun. Di umur ini si kecil sudah bisa diajarkan untuk mengayuh sepeda dan juga mulai bisa mengkoordinasikan mata, tangan dan kaki secara bersamaan. Jangan lupa pula, ukuran sepeda harus sesuai dengan umurnya. Jangan sampai kebesaran karena ia akan kesulitan menjejakkan kaki ke tanah.

2. Jangan Lupa Roda Bantu

Si kecil belum bisa menjaga keseimbangan secara sempurna. Maka sebaiknya ditambahkan roda bantu agar ia mahir mengayuh sepeda terlebih dahulu.


3. Lengkapi dengan Pengaman Lain

Saat belajar naik sepeda, jangan lupa pasangkan helm dan juga pelindung lutut. Ada kemungkinan anak akan terjatuh. Namun mengecilkan kemungkinan ia terluka akan membantu ia tidak patah semangat.


4. Hindari Belajar di Tempat Ramai

Pertama belajar tentu rasa canggung menguasai si kecil. Ia akan butuh tempat yang sedikit luas untuk menguasai sepedanya. Sebaiknya belajar di taman komplek atau lapangan yang besar. Jangan di dalam gang apalagi jalan raya.

5. Lepas Satu Roda Bantu 

Ketika sudah mahir menaiki sepeda dengan dua roda bantu, sebaiknya kita lepas salah satunya agar ia belajar keseimbangan di salah satu sisi. 

6. Beri Semangat

Terkadang teman sebayanya sudah lebih dulu bisa menaiki sepeda tanpa roda bantu. Maka jangan lupa untuk memberi ia semangat agar tidak menyerah. 

7. Reward Bila Berhasil

Reward bisa digunakan bila anak terlihat ingin menyerah. Jangan membanding-bandingkan dengan teman yang sudah bisa naik sepeda. Ingat, kemampuan anak tidak pernah sama. Bahkan anak kembar sekali pun.
Hal yang sama bila anak berhasil, boleh dikasih reward. Jangan khawatir, berhasil naik sepeda kan sekali seumur hidup. Hehe.


Oke.. kira-kira itulah tips yang bisa Emak bagi untuk mengajari anak naik sepeda. Coba ingat lagi Mak, dulu sekali bisa naik sepeda di umur berapa ya???







Reactions

26 comments:

  1. Ngajarin anak naik sepeda susah-susah gampang. Sulung dan bungsu saya relatif cepat menguasai. Tapi si tengah yang banyak drama nya takut jatuh. Saya perlu beli helm ama pelindung lutut kayaknya buat dia mak.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tipsnya mak sangat bermanfaat ^_^ Kebetulan anak aku sudah 3 tahun dan pengin belajar naik sepeda, aku coba tipsnya..

    ReplyDelete
  3. ternyata ngajarin sepedaan bisa dari umur 3 tahun ya, dulu aku ingetnya belajar sepeda yang 2 roda pas udah gede hahhaha...

    ReplyDelete
  4. Jaman old, anak-anak bersepeda gak mikir helm dan pelindung lutut ya jadi kalo jatuh mah jatuh saja wkwkwk. Nah kalau sekarang, orang tua perlu memperhatikan hal tersebut biar anak lebih terlindungi.

    ReplyDelete
  5. Aku dari TK apa ya dah bisa naik sepeda....anak sulungku pun sama, berani dia sejak balita naik sepeda. Adiknya yang lebih lambat, banyak drama. Tapi sekarang mereka lancar jaya si
    memang perlu trik belajar sepeda ini. Dan tips ini lengkap sekali

    ReplyDelete
  6. Kalo anak saya baru sepeda roda tiga, itupun msaih didorong, karena kakinya belum nyampe. Hiks

    ReplyDelete
  7. Ya ampun, aku jadi flashback, dulu belajar naik sepeda roda dua pas umur 5 tahun. Terus, pas belajar pertama tuh ya, bapakku kekencengan dorongnya. Alhasil nabrak pohon pisang. Sungguh masa yang tak terlupa banget x))

    ReplyDelete
  8. kadang kita masih takut banget ya cha untuk copot 1 roda penolong itu cuma emang gitu ya caranya, pengen ku jajal ke anak kedua tipsnya hihi tengkyu bebih artikelnya bagus nih lg musim banget sepedaan yaa

    ReplyDelete
  9. Mencopot satu roda bantu harus ada pengawasan orang tua kayaknya

    ReplyDelete
  10. Gak ingat dulu belajar naik sepeda umur berapa mungkin tk, pas sd diharuskan pake sepeda buat kendaraan ke sekolah, untungnya langsung mahir

    ReplyDelete
  11. Banyak sekali ya manfaatbersepeda. Jadi dukung banget deh jika anak ingin punya sepeda.

    Jaman saya belajar dulu pake sepeda besar, sepeda yangbada stangnya pulak. Jadi perjuangan banget.

    ReplyDelete
  12. Wah,, si Rausyan kami udah bisalah ya diajarin naik sepeda. Soalnya karena paling bungsu jd kolokan gitu n apa2 ditakutin jatohh, jadilah dia macam bayi terus, haha.... thanks tipsnya ya Mama Icha

    ReplyDelete
  13. Terus dikayuh dengan semangat..jatuh, bangun lagi..tetap jaga keamananan..

    ReplyDelete
  14. dulu naik sepeda deket2 rumah aja, takut anaknya kenapa2 kak wkwkwk dulu berani naik sepeda yg ada aja. adek elsa skrg bw sepeda ayah yg dunlop itupun bisa wkwkwk makin kuat nyali itu keknya ya anak2 skrg nih 🔥

    ReplyDelete
  15. Sepertinya dgn kasih aj mereka sepeda itu jg mengajari naluti mereka utk berpikir dan bergerak hehe

    ReplyDelete
  16. bener mbak icha tiap anak beda2 euy kesiapannya. anak pertamaku mantep bener blm 4 tahun udah lancar...kenal sepeda dr digotong2 smpe digowes dr umur blm genap 2 tahun. eh sekarang jaman balance bike tuh mbak..coba bahas mbak heeh

    ReplyDelete
  17. Dan saya kembali menikmati sepedaan . . Juga masih kuat jarak jauh... ga sia2 dulu lama main sepedanya

    ReplyDelete
  18. setuju mbak belajar sepeda dari kecil untuk latih keseimbangan dan reflek motorik ya..jadi terbiasa ketika akan mengendarai kendaraan ketika dewasa

    ReplyDelete
  19. Ajarkan anak bersepeda harus banyak sabar ya,karena tak semua anak langsung bisa, tentu bertahap.

    Ngomongin soal sepeda, jadi ingat alm. Bapak ajarin pakai sepeda di lapangan terbuka belakang rumah.

    ReplyDelete
  20. Wah, makasih tipsnya kak. Kebetulan anakku 3 tahun juga lagi belajar naik sepeda, tp ini fasenya masih dibantu 2 roda kecil, belum berani diilangin rodanya

    ReplyDelete
  21. Belikan sepeda sesuai umur ya kak, jujur aku trauma sampai sekarang nggak bisa naik sepeda nih karena pas belajar dibeliin sepeda yang kebesaran jadi susah makainya, Hopeless malah sepedanya nggak terpakai sampai sekarang

    ReplyDelete
  22. dulu ponakan juga begini, awalnya gak berani padahal rodanya ada 4 haha. tapi namanya bocah. dulu belajar naik sepeda umur 2,5 tahun. sekarang 4,5 tahun udah lancar dan rodanya ilang satu, belum berani roda 2 dia haha.

    ReplyDelete
  23. Wah sudah boleh ya anak usia tiga tahun naik sepeda... padahal suka ngeri-ngeri sedap kalau anak naik sepeda... Tapi ada manfaatnya juga ya anak belajar sepeda dari dini....

    ReplyDelete
  24. Keponakan aku usia berapa ya naik sepeda, kayanya ga pakai roda pembantu bisa deh, soalnya lihat kawan2nya bisa jadi semangat bisa juga kalau anak2 ya.

    ReplyDelete
  25. Jadi ingat pas SMP saya baru mulai belajar naik.sepeda. agak terlambat juga sih sebenarnya

    ReplyDelete
  26. Anak-anak keduanya belajar sepeda sendiri dari roda tiga terus dilepas, setiap sore mainan sepeda sendiri, emaknya yang mulai gusar. Kalau sudah main sepeda suka susah dipanggil untuk mandi.

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️

Total Pageviews