Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Google Search Console

Mengenal Google Search Console


Selama beneran memutuskan untuk menjadi blogger maka Emak pun bergabung dengan berbagai komunitas blogger. Komunitas lokal dalam kota yang dekat dengan Emak adalah blogger Sumut. 

Semenjak bergabung dengan kelas pertama mereka yakni Writing Blog Class maka Emak pun selalu menghadiri berbagai kopdar yang mereka lakukan 

Btw Komunitas Blogger Sumut ini sudah menuju angka 5 tahun lebih loh. Memang masih terhitung balita namun sangat bermanfaat bagi Emak yang entah kenapa merasa semenjak punya anak kadang berasa gaptek. 🤣

Otak atik blog pun terasa syulit sekali kalo tidak bertemu langsung dengan teman yang mengerti. Padahal beberapa kali ikut kelas online tapi serasa kurang nendang karena salah otak atik malah berujung riskan Emak gak bisa benerin. Hiksss

Seperti biasa, kami di Grup WA suka saling ngobrol sampe tiba-tiba Emak dimention temen yang biasa Emak panggil kak Iid. Pemilik blog iidyani.com

Dimention karena artikel Emak banyak yang belum diindex Google. Waduh.. solusinya? Akhirnya kita bikinlah BBB alias Belajar Bareng Blogsum. Tema kita belajar tentang GSC alias Google Search Console.

Apa itu Google Search Console

Disepakatilah kita belajar di Hari Ahad tanggal 14 Januari 2024. Awal tahun udah gass aja belajar. Tempatnya nyaman pula di ruang referensi yaitu salah satu ruang di Perpustakaan dan Arsip Sumut. Menyenangkan sekali bukan? Perpustakaan menyediakan beberapa ruang untuk komunitas belajar. 

Balik lagi kuy Emak jelaskan, Google Search Console menurut pemateri kita adalah tools web master yang disediakan oleh Google secara gratis untuk membantu pemilik blog atau website untuk mengecek performa dan melakukan optimasi secara organik.

Fungsi Google Search Console

Google Search Console memiliki banyak fungsi. Di antaranya:

1. Mengecek performa blog untuk melihat traffic blog, optimasi, melihat kata kunci dan lain-lain.

2. Inspeksi url.

3. Untuk submit sitemap website.

4. Mengecek pengindeksan halaman, seperti mengecek halaman error atau mengecek halaman yang tidak di indeks oleh Google.

5. Menghapus postingan Google.


Tips Artikel Cepat Diindex

1. Tambahkan blog kepada GSC atau Google Search Console.

Selain membuat GSC jangan lupa untuk menambahkan kode di samping head blog.

2. Buat sitemap XML.

Caranya masuk ke peta situs lalu tambahkan peta situs baru. Misalnya https://www.bloggerparenting.com/sitemap.xml

Silahkan copy dan tukar dengan alamat blog masing-masing.

3. Buat Robot txt

Caranya? Masuk ke pengaturan blog lalu masuk ke Crawler dan Pengindeksan. Akan terlihat aktifkan robot txt. Geser ke kanan tanda diaktifkan. Lalu isi dengan kode berikut:

User-agent: Mediapartners-Google

Disallow: 


User-agent: *

Disallow: /search

Allow: /


Sitemap: https://www.bloggerparenting/sitemap.xml

Oh ya jangan lupa untuk ganti bloggerparentingnya dengan link blog sendiri ya Mak.

4. Update Content

Kata ibu pemateri kita, kalo males nulis maka robot crawl atau index juga malas datang ke tempat kita untuk mengindeks. So? Ya nulis atuh..

5. Buat Kategori Konten

Nulis jangan asal post aja Mak.. jangan lupa kasih kategori walaupun kita punya Niche khusus sekalipun. Ya misalnya kita letak kategori kesehatan, travel, review, dll.

6. Wajib Menambah Internal Link

Jangan lupa setiap menulis letakkan juga internal link pada satu atau dua kata di artikel kita. Ini membantu artikel juga cepat terindeks.

7. Cek Indexing Error

Jangan lupa sering buka Google Search Console dan perhatikan Indexing error ada pada artikel yang mana. Jangan lupa juga untuk melihat penyebabnya. Lalu selesaikan.

8. Dapatkan Backlink Berkualitas

Nah khusus yang satu ini, pintar-pintar lah bergaul dengan blogger senior yang punya DA/PA tinggi. Atau boleh juga sekalian sama pemilik media online besar. Hahaha.


Penutup

Menulis artikel bukan hanya sekedar menambah isi atau konten blog kita. Tapi juga untuk berbagi kepada orang lain. Tapi bagaimana bisa berbagi kalo seandainya artikel kita ternyata tidak dibaca oleh Google. Kan sedih..

Maka dari itu yuk pelajari terus Google Search Console dan terus perbaiki apa masalah yang ada pada artikel kita.








blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

9 komentar untuk "Mengenal Google Search Console "

  1. Penasaran langsung bacaa, duh sayang banget kemarin gabisa hadir, tp kadang mager belajar karena kek semua ilmu blogger itu gada yg dikuasai cuma bisa nulis itupun kalau job aja huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lain kali datang yakkkk.. duudududu jangan pesimis. Awak pun semenjak punya anak merasa susah memahami teknologi 🤣

      Hapus
    2. Nah iya bener.
      Tapi saya tetap pengen belajar serius, soal nempel apa gaknya di otak, wallahu a'lam.
      Saya tetap berusaha belajar.

      Hapus
  2. Wah dapat ilmu ni, meskipun pada pertemuan offline ga bisa hadir, emak-emak blogger sumut sih sekeren itu..langsung ilmunya diikat menjadi tulisan menarik..makasih ya mak ichaaa..

    BalasHapus
  3. Udah tak baca berulang-ulabg cha, tapi ilmu gsc-nya yang nyangkut entah ada secuil ntah gak... Haizzzz

    BalasHapus
  4. GSC ini bikin penasaran ya. Sudah mulai utak-atik dan jadikan bahan tulisan 10 tulisan teratas menurut GSC tapi rasanya masih banyak blm saya tahu 😁

    BalasHapus
  5. Wuihhh....makasih kakak sudah menyajikan pelajaran dari kelas yang kemaren ya. Aku gak bisa ikut :-(

    BalasHapus
  6. Sudah lama saya juga pakai Google Search Console sebagai pendukung dan penyemangat sepanjang ngeblog. Tapi rasanya belum banyak yang benar-benar saya manfaatkan dari keberadaan GSC ini. Bener-bener harus dikulik lebih dalam sih ya.

    BalasHapus
  7. saya setiap hari ngecek apakah sitemap sudah terupdate karena ternyata ga tiap hari berubah tanggalnya. Paling sedih kalau artikel belum keindex

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️