Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Fasilitas yang Ada di Gedung Perpustakaan dan Arsip Sumut

Cara Menggunakan Fasilitas yang Ada di Gedung Perpustakaan dan Arsip Sumut


 Semenjak bergabung dengan komunitas rasanya ada saja pertemuan yang dibuat bukan sekedar buat kopdar tapi juga belajar. Paling sering memang kami bertemu dari satu cafe ke cafe lain yang terasa homey buat kami para anggota Blogger Sumut.

Pekan lalu kami belajar Google Search Console. Jangan tanya serunya. Seru sekali karena selain materi yang didapat terasa bermanfaat kami juga merasa nyaman sekali karena bertemu dan belajar di salah satu ruangan di Gedung Perpustakaan dan Arsip Sumut.

Bukan cuma Emak yang merasa nyaman berada di ruang referensi yang terdapat di Gedung Perpustakaan dan Arsip Sumut tapi juga anggota yang lainnya. Gimana gak nyaman, ruangannya bersih, cozy, suasana dukungan buat belajar juga maksimal. Gak lupa ada WiFi yang bisa kita pakai sebagai penunjang belajar. 

Sambil belajar, salah satu teman bertanya "kok bisa sih punya akses pake ruangan yang keren ini?" Maklum saja, dulunya perpustakaan hanya seputar pinjam meminjam buku. Mencari referensi tulisan hingga skripsi. Bahkan teman Emak punya pengalaman bagaimana rasanya ditolak ketika mencari data di sini. Tapi itu cerita dulu.  

Kenalin, Kabid Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumut saat ini adalah Ibu Dwi Endah Purwanti ,SS, M.Si. Beliau humble dan terbuka untuk segala kemajuan dan kebermanfaatan Perpustakaan.  Alhamdulillah beberapa kali bertemu beliau benarlah orangnya ramah dan baik sekali.

Di sebuah acara yang pernah Emak ikuti di Aula Perpustakaan dan Arsip Sumut Emak sering sekali mendengar Beliau berucap, silakan pakai ruang perpustakaan untuk semua komunitas yang ada di Sumut. Ruang apapun terbuka untuk kita belajar. Aaaah rasanya adem sekali mendengarnya.

Rasanya birokrasi yang kaku gak lagi terasa di Perpustakaan dan Arsip Sumut. Saya jadi tertarik untuk membuktikan perkataan beliau. Jadinya, voilaaa.. jadilah kami belajar di ruang referensi yang ada di Gedung Perpustakaan dan Arsip Sumut.

Tata Cara Izin Memakai Ruangan

Karena Emak yang awalnya mengusulkan memakai ruang perpustakaan kepada teman-teman di Blogger Sumut, maka Emak lah yang mengusahakan izin resmi untuk memakai ruangan. Sebenarnya gak ribet. Asli! Cuma buat surat minta izin.

1. Tulis Surat Minta Izin Memakai Ruangan

Yang satu ini sungguh gak ribet. Gak perlu terlalu resmi namun tetap dengan tata bahasa resmi. Saat itu Emak menulis tanpa kop surat resmi Blogger Sumut karena memang sebagai Blogger kami lebih fleksibel. 

Membuatnya pun Emak menggunakan aplikasi Canva agar lebih menarik dengan menyertakan logo Blogger Sumut. Seperti biasa, minimal ada kepala surat, isi surat, penutup.

Jangan lupa untuk menyertakan jadwal memakai ruangan, berapa orang, serta memakai ruangan apa. Bila kita belum terlalu mengetahui ruangan apa saja yang bisa dipakai, kita bisa konsultasi sekalian ketika mengantar surat secara langsung ke pegawai Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut.

Beberapa ruang yang ditawarkan biasanya Aula, ruang referensi, dan ruang digital. Silakan tanya aja ya Mak mana yang lebih cocok dengan tajuk acara yang akan kalian buat Mak. 

Cara memakai ruangan di Perpustakaan
Ruang digital


Awalnya Emak memang ditawarkan memakai Aula. Namun Emak langsung berkata, kami cuma mau belajar. Tidak butuh ruang besar karena akan diisi sekitar 10-15 orang saja. Akhirnya ruang referensi lah jawabannya.

2. Antar Surat ke Gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut.

Saat mengantar awalnya Emak menuju ke Gedung perpustakaan yang biasa Emak datangi untuk meminjam buku. Ternyata kita langsung menuju ke Gedung Perpustakaan dan Arsip Sumut yang khusus tempat bekerja para pegawai. 

Jangan lupa untuk menyertakan nomer hp yang bisa dihubungi agar pegawai perpustakaan dengan mudah bisa menghubungi kita kembali mengenai permintaan kita.

3. Menunggu Konfirmasi

Hanya tinggal menunggu saja. InsyaAllah diizinkan karena Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut sangat terbuka apalagi untuk kegiatan literasi. Btw Mak, saat itu kami memakai di hari libur. Tidak ada orang sama sekali. Namun fasilitas perpustakaan dan ruangan dibuka khusus buat kami. Sangat mengharukan dan membuat bahagia kami para anggota Blogger Sumut.

Jangan lupa menyimpan nomer pegawai yang telah menghubungi kita untuk berjaga-jaga apabila di hari libur tersebut kita butuh datang lebih awal atau ternyata bagian security belum mendapat mandat karena pegawai terlupa. Namanya juga manusia kan..

Penutup

Ternyata, perpustakaan bukan hanya tempat untuk meminjam buku. Lebih dari itu kita bisa meminta izin untuk meminjam fasilitas berupa ruang untuk belajar maupun untuk mengadakan acara.

Jangan lupa untuk menggunakan ruangan sebaik-baiknya dan menjaga semua fasilitas yang ada di dalamnya. Tentu kita ingin kan, lain kali meminjam tetap diberikan fasilitas dengan baik oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut. 

Nah.. kalo di daerah kalian Mak perpustakaan apa kah yang asyik fasilitasnya? Sudah pernah nyoba pake ruang perpustakaan belum? Yuk cerita di kolom komen...



blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

11 komentar untuk "Cara Menggunakan Fasilitas yang Ada di Gedung Perpustakaan dan Arsip Sumut "

  1. oh ternyata fasilitas di perpusatakaan Sumut boleh digunakan untuk umum ya selama ada izin, atau semua perpustakaan kota atau daerah juga begini ya kayaknya bisa digunakan. Kebetulan saya belum pernah menggunakan fasilitas lain dari perpustakaan selain untuk baca buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya semua perpustakaan bisa kak. Tapi memang bisa saja punya alur tersendiri. Atau jenis ruangan yang diberi bisa berbeda di tiap perpustakaan.
      Perpustakaan kota Medan sebenarnya lebih dekat di pusat kota Medan. Namun lebih nyaman di perpustakaan Sumut

      Hapus
  2. Bagus banget ini fasilitas perputakaa sumut bisa digunakan untuk umum. Cocok buat anak-anak sekolah belajar literasi.

    BalasHapus
  3. Seneng ketika bisa memanfaatkan fasilitas perpustakaan begini. Apalagi jika saran aprasarana nyaman dan canggih. Makin senang berkunjung dan mencari bahan bacaan.

    BalasHapus
  4. Sama seperti di Cianjur nih, kami para bloggernya juga sering mengadakan acara di perpustakaan daerah Cianjur dengan prosedur yang sama. Secara fasilitas milik pemerintah semua ada prosedur dan pertanggungjawaban nya ya...

    BalasHapus
  5. Keren amad perpustakaan daerahnya isa tuk tempat belajar yaa. Sejujurnya sy belum pernah eksplorasi perpustakaan di kota sendiri hehe. Jd gak tau deh fasilitasnya apa aja. Tp sy jd terinspirasi dgn artikel ini maaak, jd pingin ke perpustakaan.

    BalasHapus
  6. Kalau ke perpustakaan ini tuh jadi ingat pas jaman skripsian dulu, dan emang paling nyaman sih karena buku yg ada disini juga banyak. Biasanya kemari sama teman kampus dan baru kemarin datang kesini buat belajar bareng komunitas blogger sumut

    BalasHapus
  7. Wah jadi komunitas-komunitas punya alternatif tempat ya jika mau melakukan berbagai kegiatan..bagus sekali infonya..

    BalasHapus
  8. Ini ruangan ketiga yeh keempat yang saya masuk di perpus.
    Dulu pernah cari data di ruang arsip atau ruang apa ya pas masih kerjasama ma bappeda prov sumut. Trus ikut acara komunitas parenting di ruangan lain. Trus ke ruang kepala perpus minta izin akses data, tapi kepala perpusnya waktu itu bapak, bukan ibu. Yang sekarang ruang lain lagi untuk acara komunitas blogsum.
    Besok besok ke ruang mana lagi ya?

    BalasHapus
  9. Asik juga pas kemaren meet up di perpus pas hari libur ya Cha. Gak ada pengunjung perpusnya.
    Jadi bisa bawa anak, dan kalau anaknya ribut gak ada yang terganggu.

    BalasHapus
  10. Senangnya perpustakaan menyediakan fasilitas termasuk untuk kegiatan komunitas. perizinannya pun mudah ya enggak berbelit seperti yang saya kira

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️