Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Financial Game untuk Anak: Money Games

 

Financial games untuk anak

Sering sebel kan ya kalo anak main HP terus? Main game apalagi sampe gak ingat waktu. Berasa seperti cuma buang-buang waktu. Iya kan? 

Pengennya anak-anak itu di rumah melakukan kerjaan yang berguna. Selain berguna juga bermanfaat untuk hidupnya ke depan. Bukannya main game. 

Tapi kalo anak-anak suka banget main game boleh juga sih ngasih main game yang edukatif. Eh emang ada Mak? Ada donk! Selain edukatif juga paling seru karena game ini mengajarkan anak kecerdasan finansial. Wuiiih keren.. 

Apalagi kalo bukan Mortgage Calculator: Money Games! 


Money Games dari Mortgage

Yang belum tau, sini Emak kasih tau.. Mortgage itu banyak menyediakan kalkulator penghitungan untuk pinjaman baik kendaraan maupun rumah. Di web Mortgage Calculator sekarang sudah ada money games buat anak-anak. 

Anak-anak gak sekedar main games yang cuma menyita waktu. Tapi games disini diciptakan untuk membuat anak aware dengan financial di masa depan sejak dini. 

Ada banyak sekali games yang bisa kalian liat di website Mortgage Calculator. Ada dua yang menjadi favorit anak-anak. Sebelum Emak spill Emak kasih tau dulu manfaat main money games dari Mortgage ini! 

Manfaat Bermain Money Games untuk Anak

1. Anak jadi aware dengan jual beli. 

2. Anak mengetahui bagaimana proses menghasilkan uang. 

3. Anak jadi pintar mengatur perputaran uang. 

4. Anak jadi tau trend apa yang sedang digemari orang untuk mendapatkan keuntungan. 

5. Anak jadi mengerti nilai mata uang. 

6. Anak tau tentang Bitcoin dan juga saham. 

7. Anak mengoperasikan secara virtual mesin cashier. 

8. Anak tau bahwa saham adalah sesuatu yang harus dipelajari. Bukan iseng main doank. 


Game Favorit di Mortgage Calculator : Money Games

1. Cashback

Cashback ini banyak pengetahuan yang bisa didapatkan oleh anak saat memainkannya. Selain si anak bisa bermain dengan asyik juga bisa mengetahui bagaimana cara menghitung yang benar dari kembalian yang tertera di bill tagihan ataupun coin. 

2. Grocery Cashier

Di permainan ini anak diajarkan bagaimana mengoperasikan sebuah mesin cashier. Banyak sekali tombol yang diperkenalkan hingga bagaimana mengembalikan uang sesuai dengan jumlahnya. 

3. Treze Coins 

Treze coins ini  mengajarkan anak bagaimana cara berbelanja dan deposit di mesin pemen bulat/bola. Jadi, berapa banyak koin yang dikumpulkan bila ingin membeli sebuah permen yang ada di dalamnya. 

4. Bitcoin TapTap Mine

Ini adalah game bagaimana mengumpulkan Bitcoin dan juga tambang Bitcoin. Selain seru anak juga tau bahwa nilai uang di pasaran bukan hanya uang yang dikeluarkan dari sebuah negara. Juga ada Bitcoin yang bisa dipakai untuk transaksi. 

5. Stocks

Game ini bukan hanya membaca naik turun grafik saham. Jadi sejak kecil mereka diedukasi bahwa bermain saham itu bukan seperti main judi. Tapi juga ada cara bagaimana mendapat keuntungan dari grafik harga saham yang baik turun. 


Gimana Mak.. Apalagi sedang bulan puasa ya. Dari pada anak main game yang gak berguna coba ajak anak untuk main game di mortgage calculator: money games! 

Sudah pernah main atau baru kali ini dengar tentang money games mak? Atau punya rekomendasi main game yang bermanfaat buat anak? 

Kuy kita cerita di kolom komentar yuk.. Biar semakin seru karena Ramadhan harus mempergunakan waktu sebaik mungkin ya. Juga ingat.. Banyakan ibadah daripada main! Catet.. 



blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

14 komentar untuk "Financial Game untuk Anak: Money Games"

  1. Sekarang emg susah memisahkan anak dgn gadget ya, karna mereka liat ortunya juga asik dgn hape :)

    BalasHapus
  2. Menyenangkan adanya game seperti ini karena anak jadi belajar tentang keuangan sejak dini ya, Mbak.

    BalasHapus
  3. Game memang bisa jadi sarana edukasi juga sih ya. Baru tau deh kalau ada game yang bahkan bisa ngajarin anak soal membaca grafik naik turunnya saham sebelum ambil keputusan.

    BalasHapus
  4. Game yang hitung-hitung anakku yang terkecil bakalan suka ini.
    Tapi nama game nya keliatan rumit gitu ya.. keren-keren nama gamenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini gamenya berarti gak perlu harus donlot aplikasi ya cha...
      Langsung di website nya gitu ya..
      Gak menuh-menuhin memori hp or memori laptop

      Hapus
  5. Gadget dan teknologi telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Namun, penggunaan gadget dan game tidak selalu negatif atau hanya sebagai hiburan semata. Dapat digunakan sebagai alat pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

    BalasHapus
  6. ternyata banyak sekali ya gamesnya yang bisa dilakukan untuk edukasi anak terhadap finansial dan manfaatnya juga sangat banyak

    BalasHapus
  7. Serrru inih jd ngenalin perihal keuangan dan transaksi sejak dini. Sepengalamanku, dr beberapa teman yg berani rintis usaha dr muda biasanya dr kecil dapat pengalaman yg nggak jauh2 kenal usaha, bisnis keluarga, atau dikenalin thd usaha2 gitu, jd dr financial game ini bs banget buat melatih anak ya

    BalasHapus
  8. Keponakanku kalo udah main hp nggak bisa lepas hapenya itu. Kadang kalo hapenya habis paket huhh minta hotspot sama Omnya. Anak sekarang mintanya hotspot daripda permen. Ya apalagi kalo bukan buat main game

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw thanks kak ini bakal aku kasih tau buat keponakanku aplikasi yg bagus

      Hapus
  9. Wah boleh juga nih , dialihkan ke games yang berfungsi dari pada si kecil main hp gak jelas kan

    BalasHapus
  10. Kereen nih games sambil.belajar...so far Alhamdulillah emang kudu tegas tidak membiarkan anak gadget muluu, kudu tegas kalau cm weekend ya weekend (gusti yeni)

    BalasHapus
  11. wah makin keseini teknologi makin canggih, orang-orang juga makin canggih bikin game ya, hehe.. termasuk yang mengedukasi gini, kece sih

    BalasHapus
  12. Ini sedang mainin games real estate, Gumball, dan Powerpuff Girls di Mortgage Calculator, seru dan gratis ya, apalagi Gumball games merapikan kamar anak dan ruangan di rumah. Seruu

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️