Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Roti Serbaguna

 

Resep roti serbaguna

Roti.. Kalo di rumah kami ini adalah makanan all the time. Cocok pas pagi hari pake teh sebelum pergi sekolah. Sore sambil ngobrol kadang suami minta buatin kopi susu sambil ditemani roti. Malam hari saat tukang bandrek keliling lewat, sudah pasti ada roti yang menemani. 

Roti di Indonesia

Sebenarnya makan roti bukan budaya asli Indonesia kan ya.. Tapi orang Indonesia zaman now gak lepas dari hidangan satu ini. Bahkan kita suka banget hidangan roti dengan filling ala Indonesia. Misalnya srikaya atau kelapa parut. Wah enak banget ini dicocol teh atau kopi hangat. 

Roti masuk ke Indonesia sekitar 1930 tentu saja oleh orang Belanda. Eeeh dulu tuh roti masih bentukan yang keras. Tidak selembut yang menjadi favorit anak zaman now. 

Lagi-lagi meskipun masuk ke Indonesia melalui Belanda, roti ini juga bukan budaya asli mereka. Hehehe. 

Roti ini adalah makanan bangsa Mesir. Duh tetiba jadi teringat kisah Nabi Yusuf yang sudah mempersiapkan tabungan  gandum untuk menghadapi musim paceklik yang akan menimpa di masa itu. 

Ya.. Roti ini budaya yang akhirnya dibawa hingga ke Eropa. Lucunya kita suka becanda pula seperti ini : "makan roti yang banyak biar matanya biru kayak orang barat.. " Hihihi

Resep Roti Serbaguna

Memang sepertinya keluarga kami gak bisa jauh dari hidangan tepung roti nih.. Selain mie, tentu saja roti adalah pilihan paling mudah untuk disajikan. 

Dari mulai anak sulung sampe bungsu bahkan anak mertua suami suka banget. Roti diapain aja pasti suka. Gak pernah nolak. Mau adonan roti dipanggang di oven, dikukus jadi roti kukus bahkan digoreng menjadi donat. 

Nah itu.. Resep yang akan Emak bagi ini bisa dijadikan roti oven, mau dibuat sebagai dasar roti bun atau pizza, roti manis, dll. Tinggal dikreasikan. Kalo dikukus oke juga, tinggal diisi dengan coklat atau keju atau filling apapun. Begitu juga ketika mau dijadikan roti goreng atau donat sekalipun. Semua bisa tinggal dikreasikan aja. 

Bahannya juga gak ribet dan gak mahal. Dulu banget kalo mau bikin roti, Emak sering beda-beda resep. Ada yang pake telur atau susu. Tapi kali ini Emak bagikan resep yang murah meriah ala Emak ya.. 

Oh ya, Emak membuatnya dalam jumlah kecil ya. Kalo di rumah kalian ada mixer khusus roti tinggal dikalikan 2 atau 3 aja ya mak. Biar hasilnya juga langsung banyak. 

Berhubung di rumah masih pake mixer kecil makanya gak bisa ngadon dough terlalu berat. Nanti bisa patah deh stik mixernya. 

Bahan: 

🌸Tepung roti protein tinggi 250 gram

🌸 Air hangat 150 ml

🌸 Ragi instan 3 gr atau 1 sendok

🌸 Gula 2 sendok makan

🌸 Garam 1 sdt

🌸 Mentega 2 sendok makan


Itu doank. Dikit banget kan bahannya. Cukup ekonomis dan yang bikin Emak senang itu karena resep begini tu gak bikin adonan lengket ketika selesai di mixer. Pernah beberapa kali membuat roti dengan bahan berbeda, adonan menjadi belepotan di tangan. 

Huhu ternyata Emak gak suka dengan adonan lembek. Entah kenapa gak nyaman banget. Itu juga yang jadi masalah Emak gak bisa ngadon tanpa mixer kecuali buat cookies. Kalo cookies adonannya kan kalis banget. Enak dipegang kayak plastisin. Beda sama adonan roti sebelum kalis. Lengket banget apalagi kalo pake telur. Hahah susah deh jelasinnya. 

Adonan tanpa telur ini juga bikin Emak nyaman memegang adonan sebelum jadi. Gak ada perasaan aneh deh pokoknya.

Cara Membuat

1. Masukkan dahulu tepung dengan gula di sebuah wadah untuk mengadon. Untuk membuat donat kentang atau ubi ungu boleh banget dicampur sekalian. 

Jadi, kentang/ubi ungu sebanyak 100 gr (untuk tepung 250gr) direbus/kukus dahulu sebelum dihancurkan. Setelah dihancurkan dengan garpu langsung deh masukkan tepung dan gula. 

Sementara air hangat langsung campur dengan ragi pada gelas berbeda. Jangan lupa diaduk perlahan. Hal ini untuk membuat aktif ragi nya. Emak soalnya pernah punya pengalaman masak roti dengan ragi yang gak aktif. Rotinya gak bisa kembang 😁

2. Masukkan air hangat yang sudah diaduk dengan ragi tadi ke dalam wadah berisi tepung. Campur hingga setengah kalis. Kemudian masukkan garam dengan mentega. Aduk terus hingga kalis. 

Gak lama kok. Beda dengan roti yang pernah Emak buat sebelum-sebelumnya. Dulu ngadon bisa 15 menitan. Sekarang gak sampe berlama adonan langsung kalis. 

3. Lumuri tapak tangan dengan sedikit tepung terigu lalu bulatkan adonan. Tutup dengan kain tunggu mengembang 2 X lipat. 

Emak sih suka dibiarkan satu jam. Namanya juga masak disambil dengan kegiatan lain. Makanya kalo bikin roti gak bisa instant langsung jadi. Banyak nunggunya 😁

4. Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dan bagi adonan. 

Kalo mau jadi adonan pizza, tinggal dibagi dengan ukuran pizza yang ingin dibuat, tusuk tengahnya, beri aneka toping bisa langsung dipanggang di oven. 

Kalo kau jadi adonan roti bun, harus menunggu 30 menit atau satu jam juga boleh kemudian diberi toping krim kopi sebelum dimasukkan ke oven. 

Kalo mau dikukus, juga dibentuk sesuai keinginan lalu diletakkan di wadah yang mau dikukus dengan dibiarkan dahulu mengembang kembali. 

Kalo mau dijadikan donat bisa bagi adonan menjadi bentuk bulat atau bolong di tengah. Kalo Emak suka bulat saja dengan filling di tengah. Kadang gak pake filling. Tinggal ditunggu mengembang lalu langsung digoreng lalu diberi toping gula halus. Gini aja udah enak banget apalagi pake coklat atau keju. 

Kalo mau dijadikan adonan roti goreng tinggal dibulatkan diberi isian sosis atau mozzarella tanpa ditunggu mengembang boleh langsung digoreng. 

Pokoknya ini adonan serbaguna banget deh. Jangan sampe gak nyobain karena ini tuh mudah banget. Beneran. Cocok banget buat pemula. 

Penutup

Gak ada alasan cuma save resep tanpa eksekusi ya mak! Ini tuh udah yang paling gampang deh. Murah juga budgetnya. Bisa juga buat resep makanan akhir bulan yang low budget. 

Meski low budget jangan heran anak-anak bakalan suka ya. Karena hasil rotinya mengembang dengan sempurna dan juga lembuuut banget meskipun tanpa susu dan telur. 

Kalo dihitung-hitung per 250 gram gak sampe 10 ribu ya. Tinggal sesuaikan budget dengan filling. Kalo cuma gula tepung kami selalu buat manual dengan blender kering. Anak -anak lebih suka gula asli dibanding beli gula halus. 

Kuy mak.. Kalo udah recook jangan lupa share ya.. 🥰




blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

12 komentar untuk "Resep Roti Serbaguna"

  1. Udah lama pengin cobain bikin roti, tapi banyak takut gagalnya. Apalagi bahannya ada yang susah. Resep Emak kok simple banget ya, jadi penasaran pengin cobain. Semoga berhasil ya Mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih resepnya Cha,, di akhir pekan bs dieksekusi nih bareng 4r, 2r yg ciwi suka bantuin biasanya,, trus 2r yg cowo bantuin makan n ngerusuhin, wkwk

      Hapus
  2. Asyik banget baking sendiri dirumah itu ya mak, walaupun perlu effort tapi seneng banget, bisa nambah list pencapaian juga pernah berhasil buat roti,

    btw kenapa di Medan ini semua makanan manis disebutnya "Roti" padahal itu kue atau biskuit, semua dibilangnya Roti..he

    BalasHapus
  3. Kalau di Indonesia ada istilah "roti goreng" ya tapi sesungguhnya bukan roti :D
    Btw makasih resepnya, Mbak. :)

    BalasHapus
  4. Ahaha aku juga paling suka nih kalau nemu resep yang modal irit kayak gini.. hemat dan bikin kenyang, cocok banget deh.. kurang lebih mirip sama resep yang kupakai..seide kita yaaaa

    BalasHapus
  5. Awak gak suka bikin roti, kue dan ganknya.
    Awak suka makannya aja...
    Jadi, kalo lagi bikin cha, boleh lah kita di call 911 bentar 🤭

    BalasHapus
  6. Kak Icha..aku tertohok, save resep tanpa eksekusi itu akuuuu huhu
    Kalai ini enggak lagi secara bahannya minim sekali dan mudah dibikinnya, fixed mesti dieksekusi ini

    BalasHapus
  7. Awak lebih suka masak masakan daripada kue, roti, dan sebagainya.
    Nyoba resep masakan gitu...

    BalasHapus
  8. Wuih pasti anak-anak senanglah ya,, Cha... memang betullah pesan alm mama kakak dulu, kl anak kita banyak, harus rajin2 bikin camilan, kayak roti serbaguna ini, mantap.

    BalasHapus
  9. Kalau bagi saya, roti merupakan makanan paling praktis yang bisa kita konsumsi. Tapi saya belum pernah buat sendiri, hehehe.

    BalasHapus
  10. roti jadi kesukaan anak saya nih mba, soalnya dia ngga suka nasi banget, aslii deh tapi paling ngolah roti tawar doang hehe kalo bikin sendiri dari tepung gabisa udah

    BalasHapus
  11. Aku cukup jadi penggemar berat roti aja dulu untuk saat ini. Hahaha. Tapi kalau liat status kawan-kawan yang sukses bikin aneka roti dengan tampilan yang menggiurkan, pengen rasanyz belajar bikin roti

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️