Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bonding dengan Si Sulung bersama Rinnai

 

Tips bonding dengan si sulung bersama Rinnai

Salah satu rahasia lebih mudah mengurus anak banyak seperti Emak adalah menjalin hubungan baik dengan si sulung. Putriku ini sudah merasakan menjadi Emak bayangan bagi keempat adiknya. Umur 3 tahun sudah punya dua adik, lanjut usia 6 dan 8 lahirlah adiknya yang ketiga dan keempat. 

Sulung sudah didelegasi untuk bertanggungjawab apabila Emaknya tidak di rumah. Usia 6 tahun sudah bisa memasak telur ceplok untuk dirinya juga adiknya bila Emak sedang sibuk. Kemandiriannya kemudian diturunkan ke adiknya. Anak ketiga Emak yang cowok malah sudah bisa masak sendiri telur ceploknya di usia 5 tahun. 

Lahir menjadi anak pertama bukan tidak manja. Bahkan sampai sekarang masih senang bermanja dengan Emaknya. Karena beranjak menuju usia baligh terkadang ada fluktuasi emosi yang dirasakannya. Kadang sweet banget perhatian dan empati, kadang nyebelin karena usia 11 tahun mulai ngeyelan. 

Untuk membuat ia yakin bahwa kasih sayang Emak tetap full dan rata untuknya maupun adik-adik, Emak punya tips bonding alias menjalin kedekatan dengan si sulung. Apa saja tipsnya? Check these out.. 

Tips Bonding dengan Si Sulung

1. Banyak Mendengar

Kebetulan si sulung suka sekali curhat. Emak harus mendengar dengan serius apa saja yang menjadi unek-unek putriku itu. Tak jarang ia mengulang ceritanya 2 kali hingga Emak hafal apa yang akan dikatakannya. Jangan potong. 

Biarkan ia merasa didengar apapun keluhannya. Lagi pula ini baik untuk kita para Emak. Ketika anak mau bercerita artinya ia percaya menyampaikan apapun tanpa takut dan tanpa merahasiakan apapun dari kita. . 

2. Minta Masukan

Isenglah bertanya, "Masak apa ya hari ini, kak?" Ketika ia menjawab apa menu hari ini yang cocok, segera eksekusi. Hal ini akan membuat ia merasa idenya berguna. Otomatis menaikkan rasa percaya dirinya. 

3. Beri Amanah

"Kak, nanti mama gak di rumah jangan lupa masak nasi kalo habis! " Ini akan meningkatkan rasa tanggungjawab pada dirinya. Jangan lupa untuk berterimakasih dan memuji apabila ia menjalankan dengan baik apa yang menjadi amanahnya. 

4. Dating dengan Sulung

Sesekali ajaklah melipir ke warung bakso atau Mie Ayam kesukaannya. Beri reward dan jadilah Emak yang seakan "memiliki satu anak" untuknya. Ini membuat sulung merasa bukan hanya tugas yang diberikan buatnya. Tapi juga penghargaan dan waktu yang menyenangkan. 

5. Masak Bersama

Emak punya goals bahwa anak-anak harus bisa masak sebagai ilmu dasar bertahan hidup. Jangan jadi tidak makan karena Emak pulang terlambat saat menghadiri event atau malah menjadi jajan gak sehat sembari menunggu masakan matang. 

Masak bersama adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak karena itu adalah pengalaman baru. Ia akan mulai mengenal bahan masakan, bagaimana mengolahnya, hingga tips agar makanan yang diolah semakin nikmat. 

Selain itu masak bersama akan menjadi sebuah pelajaran baginya bahwa makan tidak asal makan, tapi ada tangan-tangan yang bekerja dengan cinta menghadirkan masakan yang enak dan sehat. 


Masak Bersama Menyenangkan

Jujur saja, saat ada yang bertanya "hah? Anaknya dikasih masak sendiri? Gak takut bahaya? " Emak punya banyak stok jawaban. 

  1. Emak sudah menjelaskan terlebih dahulu tata cara pemakaian kompor gas. 
  2. Mereka beneran dilatih bagaimana cara menghidupkan dan mematikan kompor. 
  3. Mereka learning by doing sambil diintip dari belakang. 
  4. Emak mengajarkan apa yang harus dilakukan ketika ada keadaan darurat. 
  5. Alhamdulillah kompor gas Emak adalah Kompor Rinnai. Kenapa? 



Pengalaman Masak dengan Rinnai Indonesia 

Jadi teringat bahwa umur kompor yang Emak pakai berusia sama dengan si sulung. Sekitar 11 tahun. Saat itu Emak akan pindah ke kontrakan lain karena kontrakan yanng kami tempati sebelumnya tidak aman. Berhubung Emak baru melahirkan anak pertama, jadi lebih sering tinggal di rumah orang tua. 

Akibatnya, banyak barang yang hilang di rumah tersebut. Hilangnya gak satu. Seakan malingnya bawa mobil pick up, hehe. Hilang semua barang elektronik dan juga kompor gas. Makanya ketika mau pindah ke kontrakan baru, Emak ingat sekali membeli lagi kompor Rinnai Indonesia. 

Emak juga masih ingat di tahun 2011 itu membeli tipe clean series. Alhamdulillah sampe sekarang gak pernah ada masalah. Hemat banget gak sih? Bikin Emak irit jadi bahagia. Mulai anak satu sampe anak lima. Mulai dari kontrakan satu ke rumah sendiri. Belum terganti! 

Rinnai Indonesia


Sekilas Tentang Rinnai Indonesia 

Rinnai sebuah merk global dengan kualitas ternama dari Jepang yang telah beroperasi di 15 negara diseluruh dunia meliputi Korea, Guangzhou, Shanghai, Taiwan, Singapura, Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Amerika Serikat, Inggris, Brazil, Italia, Selandia Baru, dan Australia. Rinnai menghadirkan produk peralatan dapur berkualitas dengan inovasi dan teknologi terkini seperti kompor listrik, kompor gas, pemanas air serta oven.

Hadir pada tahun 1979, produk Rinnai masuk di Indonesia, dan pabrik pertama yang berlokasikan di Cikupa, Tangerang pada 1988. Rinnai Japan Corporation didirikan oleh Mr. Hidejiro Naito dan Mr. Kenkichi Hayashi.

Rinnai di Indonesia akan terus mempertahankan posisi sebagai market leader produk gas berkualitas dan aman. Hal ini dipertegas dengan didapatkannya penghargaan seperti Indonesian Customer Satisfication Award (ICSA) 2008-2013, Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2007 – 2018, No.1 Choice Award For Indonesian Women Survey 2012 dan 2013, Indonesia’s Most Favourite Women Brand 2012, iDea Rumah Award Reader’s Choice 2014 untuk kategori Kitchen Appliances dan Water Heater.

Kompor Rinnai


Selain Kompor Rinnai, yang paling membantu anak dalam menyiapkan nasi yang pulen ya rice cooker Miyako. Anak-anak juga sejak 7 tahun sudah bisa masak nasi sendiri dengan bantuan Rice Cooker Miyako. Yuk kenalan dengan Miyako



Sekilas Tentang Miyako

Miyako berdiri dibawah naungan PT. Bhakti Idola Tama, Miyako berkomitmen kuat untuk memberikan kontribusi positif bagi negeri serta masyarakat Indonesia dengan menyajikan produk-produk peralatan rumah tangga dengan harga terjangkau, standar kualitas tinggi serta desain yang estetik.

Semangat Miyako untuk selalu menjadi pilihan bijak keluarga Indonesia, tanpa lelah Miyako terus menerus berinovasi melahirkan berbagai macam kategori kebutuhan peralatan rumah tangga seperti Magic Warmer Plus, Blender, Kipas Angin, Water Dispenser, Mixer, Kompor Gas dan Regulator Gas yang telah bersertifikat SNI. Miyako memiliki lebih kurang 1000+ dealer yang menjual beragam produk Miyako meliputi pasar tradisional, pasar modern hingga penjualan e-commerce. Saat ini Miyako juga telah didukung dengan jaringan distribusi serta pelayanan After Sales Service yang tersebar di seluruh Indonesia.

Btw Mak, tau gak dalam rangka memenuhi kebutuhan akan peralatan rumah tangga keluarga Indonesia Miyako x Rinnai mengadakan kompetisi foto loh untuk ibu dan anak mengusung tema "Masak Seru Bareng Ibu". Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 1-30 Desember 2022 agar para ibu memposting keseruan memasak bersama buah hati yang diupload di instagram. 

Selain itu, Miyako x Rinnai juga akan mengadakan LIVE Cooking Demo di Instagram pada tanggal 23 Desember 2022 dengan menggunakan beberapa produk Miyako dan Rinnai. Ada berbagai hadiah menarik yang akan dibagikan selama acara berlangsung. Para Ibu yang mengikuti foto kompetisi, juga dapat ikut berpartisipasi dalam LIVE Cooking Demo ini tanpa melakukan registrasi. LIVE Cooking Demo akan berlangsung 2x yaitu pada pukul 09.00 - 10.00 WIB di Instagram Rinnai (@rinnai_indonesia) dan 14.00-15.00 WIB di Instagram Miyako (@miyako_indonesia). Asyikk, jangan sampai ketinggalan ya mak! Soalnya banyak banget hadiah menarik senilai puluhan juta rupiah, ada juga berbagai produk Rinnai dan Miyako serta berbagai merchandise yang oke punya. 

Dimulai dari Rinnai dan rice cooker Miyako, Emak punya pengalaman selama cuaca yang tidak jelas dalam beberapa bulan ini, Emak sering dibantu oleh Slow Cooker Miyako. Selain masak makanan berkuah juga oke banget loh bikin air jahe dan sereh untuk diminum di pagi hari. Cocok buat Emak yang penyuka hidup praktis. 

Rinnai x Miyako


Di malam hari Emak tinggal mengiris jahe dan sereh, masukkan beberapa gelas air. Masak dengan mode low keesokan paginya tinggal diberi tambahan madu dan perasan jeruk nipis di gelas sudah enak banget. Booster imun ini sih! 

Memang kolaborasi Miyako x Rinnai di rumah Emak sangat memudahkan tugas harian di rumah. Kalo pun Emak tiba-tiba ada keperluan anak-anak mandiri banget sudah bisa masak nasi dengan lauknya di kompor. Gak salah deh kalo keduanya adalah Teman Wajib Anda di rumah! 

Nah mak sekian tips Emak untuk meningkatkan bonding dengan si sulung. Cerita yuk di kolom komentar, apa lagi trik yang Emak jalankan untuk senantiasa membangun bonding dengan anak di rumah. ❤





blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

52 komentar untuk "Tips Bonding dengan Si Sulung bersama Rinnai"

  1. Rinnai ini memang kompor gas legend. krn awak aja semenjak masih kecil dan kami memaki kompor gas, rinnai adalah brand yg akan kami pakai, dan bgtu sampai sekarang. semoga semakin jaya ya rinnai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya kan ce..
      Orangtua memberi kita pengalaman kalo Rinnai ini beneran awet. Kakak aja sudah hampir 12 tahun gak ada masalah.

      Hapus
  2. Saya pun kompor pertama yang saya kenali Rinnai .. maksudnya yang memang ibu saya beli karena bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, sampe sekarang kalo beli ya teringat Rinnai.

      Hapus
  3. sulung awak jantan pula kak...main bola, nonton bola, daki gunung dan aktifitas sejenis untuk membangun ke dekatan?

    thanks for share this article kak...gud job

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali kali ajakin masak mie instan bang.. Jadi pas emaknya pergi bisa masak sendiri. Hehehe

      Hapus
  4. kebetulan banget saya juga menggunakan Rinnai mba di rumah, dan baru pesan juga buat rumah baru, karena kualitasnya memang sudah tidak diragukan ya

    BalasHapus
  5. Anak sulung adalah role model bagi adik-adiknya ya mba. Jadi, mau anak sulung kita perempuan atau laki-laki sekali pun, sebaiknya diajarkan lebih dahulu aktivitas yang melatih kemandirian, seperti memasak. Keren mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Mutia. Kadang kalo dia ngomel mirip ketiplek emaknya. Ini yang bikin emaknya malu. Hihi

      Hapus
  6. MasyaAllah hebatnya di usia 7 tahun bahkan sudah bisa dimintai tolong untuk masak nasi pakai ricecooker. Pun usia 5 tahun sudah bisa bikin telur sendiri. Hebat.

    Iyaya Mba, kompor yang selama ini kukenal bagus ya Rinnai. Darikecilsejak pakai kompor gas, Mama ku pakainya Rinnai terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah Wa la haula Wa la quwwata illa billah ❤
      Rinnai emang keren ya kak.

      Hapus
    2. Iya Mba. Bahkan dulu awal menikah pun Mama dan mertua nyaranin buat jadiin kompor Rinnai sebagai peralatan dapur wajib beli. Sesuai pengalaman keduanya yang emang pakai kompor Rinnai juga sih.

      Hapus
  7. Masak emang jadi momen yang sangat berkesan antara sesama anggota keluarga ya. Masak dengan anak dan suami emang terasa makin mendekatkan bonding satu sama lain.
    Btw saya sejak menikah juga pakai Rinnai ini sampai sekarang mau 13 tahun masih awet, masih bagus banget lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah 11-12 kita ya teh..
      Saya juga udah 12 tahun masih awet kompor Rinnai.

      Hapus
  8. Kompor rinnai itu memang bagus kualitasnya. Di rumah kami selalu memakai kompor rinnai dan sudah puluhan tahun tapi kualitasnya masih terjaga.

    BalasHapus
  9. Masak bareng anak itu memang seru, apalagi kalau si anaknya mau karena keinginannya sendiri. Dia belajar untuk membantu dari hal-hal kecil. Btw, aku pakai kompor gas Rinnai untuk aktivitas memasak karena produknya awet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak Erin. Rinnai is da best lah

      Hapus
    2. Kedepannya juga bakalan setia, nih. Aku tertarik sama kompor listriknya.

      Hapus
  10. anak pertamaku tuh udah memperlihatkan tanda-tanda pengen bisa masak, padahal dia laku-laki, hehe. gak masalah ya toj masak life skill yang wajib dimiliki anak kan ya? at least sekarang dia bisa goreng tahu, tempe, telur, ayam goreng dan masak mie sendiri. usianya baru 8 tahun padahal, hehe. harusnya ikutan lomba masak bareng rinnaixmiyako ya, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak eka.. Ikutan lomba seru nih.. Anak cowoknya bakalan jadi suami idaman nih. Bisa bantu istri kerjaan apapun terutama dapur. Seneng liatnya..

      Hapus
  11. Kami punya beberapa kompor gas dirumah. Kemarin suami beli kompor tambahan buat jaga-jaga, tetep yang dicari merek rinnai.

    Rinnai dan Miyako sangat menyenangkan digunakan. Kuat dan servis centernya juga mudah diakses. Makanya kalo belanja produk dapur selalu setia sama rinnai dan Miyako

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Suka sama service center nya juga. Ramah dan gercep

      Hapus
  12. Iya benar, Memasak bersama anak bisa membangun bonding. Kalau musim hujan gini saya suka bikin bahan makanan yang nantinya dikuahin, misal boci. Kalau ga dibantu anak, males banget bikinnya.

    BalasHapus
  13. Sebagaimana kolaborasi Rinnai dan Miyako yang memudahkan dalam kegiatan memasak, kolaborasi Emak dan si Sulung juga bakal memudahkan dalam berbagai kegiatan di rumah ya mbak.

    Dating dengan si sulung, wah kayaknya boleh juga nih di tiru tipsnya

    BalasHapus
  14. sepakat, masak bareng kadang jadi momen curhat juga selain memberikan pengalaman yang menyenangkan dan berharga untuk anak-anak

    BalasHapus
  15. Seru nih ngedatenya = masak bareng. Apalagi kalau menunya pilihan anak, pastinya date yang bikin ketagihan. Selain itu anak jadi belajar tentang proses yah...
    Btw...aku juga pakai tuh si mungil biru Miyako, awetnya ga kira-kira...

    BalasHapus
  16. Rinnai dan Miyako memang produk andalan para ibu ya mbak. Aman juga digunakan bersama si kecil. Dan betul sekali sebelumnya kita harus membekali anak2 cara menggunakan kompor dan alat lainnya secara aman.

    BalasHapus
  17. Saya juga suka masak bareng anak pakai Rinnai Mba. Walau keseruan itu berbuah cucian piring dan peralatan masak yang menggunung wkwkwkkw. Yang penting anak anteng wis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. Untuk cucian piring kami sudah punya skema karena 3 anak terbesar sudah bisa dikasih tugas.

      Hapus
  18. Ibuku bilang, salah satu jurus jitu yang wajib dikuasai emak-emak adalah kemampuan banyak mendengar. Apalagi kalau kita berada di usia anak yang memang lebih banyak bertanyanya. Misalnya, pas kita ajak dia memasak di dapur, pastilah ananda banyak keponya. Inilah salah satu tips bonding sama anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Mutia. Si sulung jadi bisa cerita apa saja tanpa rahasia

      Hapus
  19. Masak dgn anak memang meningkatkan bonding.
    Walopun anak awak laki, tetep mau nongkrong di dapur. Walopun mostly nyemilin hasil masakan.
    Pernah saya ngegoreng tempe, ditemani beliau, tempe selesai digoreng, pun selesai juga masuk ke mulutnya.
    Awak ngerasa halu kalo tadi ngegoreng tempe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. Anak laki memang beda ya kak. Tapi gemes sih mereka juga suka masak.

      Hapus
  20. Seruu banget masak bareng anak anak memgenalkan aneka bahan kepada anak2. Kompor Rinnai tak diragukan lagii awet kokoh kompor sejuta umat yaa...(gusti yeni)

    BalasHapus
  21. Yahhh live cookingnya udah lewat yahhh,, gagal deh dapet hadiah dr rinnai x miyako hehe

    BalasHapus
  22. wah masak seru abis ya kak bareng si kecil, nambah banget pastinya bondingnya. Kebetulan di rumah saya juga pakai Rinnai Kak

    BalasHapus
  23. Produk dari miyako dan rinnai emang support banget dengan kebutuhan sehari hari hari. Akupun pakai 2 merek tersebut

    BalasHapus
  24. Memasak bersama bisa salah satu mempererat bonding antara ibu dan anak ya kak Icha, aku juga dengan ke 3 anak ku juga begini selain jadi semakin kompak sekaligus melatih skill penting buat hidup bagi mereka

    BalasHapus
  25. Wah mbaa anakku juga suka banget kalo diajakin masak bersama di dapur. cuman yaa gitu wkwkw auto berantakan dan ibuknya jadi esktra kerja dua kali wkwkw tp gpp worth it sama hasil dan prosesnya

    BalasHapus
  26. Momen masak dengan anak ini memang penuh suka duka, ya, Kak. Hihihi, terlepas dari drama yang menyertainya, kita bisa menikmati momen terindah yang kadang jarang didapatkan kala kesibukan.

    BalasHapus
  27. Emang gitu kali ya mba, anak sulung itu hobi cerita. Anakku juga begitu. Kalo gak dialirkan apa yg pengen dia ceritain, kadang terbawa mimpi sama dia

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️