Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pintar Jual Beli Properti di Masa Pandemi

 

Pintar Jual Beli Properti di Masa Pandemi

Sudah 2 tahun lebih pandemi melanda bumi ini. Semua sektor kehidupan mengalami dampak yang serius. Ada yang positif dan ada juga yang negatif. Ngomong-ngomong soal dampak, ternyata dampak terhadap jual beli properti di masa pandemi mengalami tren tersendiri.

Kalo menurut kita, pandemi adalah saat bertahan hidup ternyata tidak sepenuhnya benar. Dilansir dari CNN Indonesia bahwa Konsultan properti Colliers International memprediksi 24.775 unit apartemen strata di DKI Jakarta selesai dibangun selama 2022-2025.

Senior Associate Director Research Colliers International Ferry Salanto mengungkapkan jumlah tersebut menurutnya masih bisa bertambah jika ada peluncuran proyek baru tahun depan.

Selain itu, fakta bahwa ternyata properti tetap diminati di masa pandemi bukan hanya dibeli untuk ditempati saja namun juga sebagai investasi karena di masa pandemi banyak sekali tawaran menarik yang diberlakukan. Mulai dari pelonggaran bunga kredit hingga subsidi yang didapatkan. 

Namun sebaiknya ada tips yang bisa diterapkan bila ingin melakukan sewa, jual dan beli properti di masa pandemi. Yakni:

Tips Jual Beli Properti di Masa Pandemi

1. Tentukan Keinginan Sewa/jual/Beli

sebagai konsumen kita harus menentukan di masa ini lebih baik untuk menyewa atau membeli langsung sebuah properti. Sedangkan untuk seorang investor kita harus memilih apakah ini saatnya menyewakan properti ataukah menjual kembali properti yang sudah kita investasikan.

2. Tentukan Jenis Properti

Aset properti yang ingin kita miliki tentunya harus kita tentukan dulu, apakah berupa rumah hunian atau apartemen. dari sini kita bisa menilai dan mulai mencari di mana lokasi yang terbaik untuk kita miliki.

3. Nilai Kemampuan

Tetapkan budget yang kita punya jangan sampai properti yang kita beli melebihi budget investasi. Seperti yang kita tahu di masa pandemi kita harus punya uang simpanan sebagai dana darurat.

4. Cermat Menghitung

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menghitung untung ruginya membeli sebuah properti. Begitupun ketika menjualnya. Lagi  semupula tidaka orang memiliki kemampuan untuk melakukan pembayaran secara tunai. Meski di saat ini banyak sekali potongan harga KPR, namun jangan puas di awal. Bisa saja di kemudian hari Anda mengalami kerugian karena salah perhitungan. Namun anda tidak perlu khawatir karena ternyata sekarang kita punya kalkulator properti salah satunya Mortgage Calculator.


Kenapa Mortgage Calculator?

Mortgage Calculator


Dengan menggunakan Mortgage Calculator, kita sebagai calon konsumen dapat menentukan pembayaran bulanan berdasarkan DP dan jangka waktu pinjaman yang kita pilih. Ada banyak manfaat dan keuntungan menggunakan Mortgage Calculator.

1. Gratis dan Akurat

Kelebihan Mortgage Calculator ini adalah menawarkan perhitungan yang cepat, gratis, akurat, dan tidak memihak pihak lain sama sekali. Sebenarnya mortgagecalculator.UK ini sangat cocok digunakan oleh semua orang di seluruh dunia.

2. Lengkap

Variabel utama dalam perhitungan hipotek meliputi pokok, saldo, suku bunga majemuk periodik, jumlah pembayaran per tahun, jumlah pembayaran dan jumlah pembayaran reguler.

3. Mudah Digunakan

Kalkulator ini tersedia di menu UK Mortgage Repayment Calculator dengan Amortisasi, Pembayaran Lebih, hipotek ulang.  Dengan kalkulator ini, pembeli bisa menghitung sendiri berapa cicilan bulanan yang harus dibayar secara akurat. Sehingga tidak mudah dibohongi oleh developer.

Dengan memasukkan harga rumah, deposit, dan masa cicilan maka secara otomatis kita dapat melihat pembayaran penuh bulanan, Nilai bunga saja, Total pembayaran pinjaman dan total biaya. Dengan mengklik HITUNG, kita akan mendapatkan tampilan bagan pinjaman, grafik dan tabel amortisasi dan mendapatkan tautan khusus yang berisi nilai yang dimasukkan.

4. Dapat Digunakan di Seluruh Dunia

Meskipun Mortgage Calculator ini berbasis di Inggris, aplikasi ini dapat digunakan oleh agen Estate, pasangan, mitra, teman, anggota keluarga, teman flat, penjual rumah, pembangun rumah, pemberi pinjaman, pengguna forum web yang membantu, blogger, atau siapa pun dari bentuk negara mana pun di seluruh dunia.

Bagaimana? Sudah mulai merencanakan pembelian properti untuk investasi di masa pandemi?






blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

14 komentar untuk "Pintar Jual Beli Properti di Masa Pandemi"

  1. Benar ini, harga properti diskon habis selama pandemi..di Jakarta begitu banyak tawaran menggiurkan, tapi ya gitu mikir untung ruginya juga puyeng. Syukurnya ada Mortgage Calculator yang menawarkan perhitungan yang cepat, gratis, akurat bikin kita pintar jualbeli properti di masa pandemi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma angka nominalnya musti kita ubah dulu dari Euro ke Rupiah kali ya Mbak,, td saya sudah nyobain web mortgage calculatornya itu masih dalam mata uang Euro. Thank you for sharing ya Icha ^^

      Hapus
  2. iya nih, banyak banget info rumah dijual dan pastinya harganya jadi lumayan ya, tapi ya tetep aja belum bisa kebeli lagi wkwkwk

    BalasHapus
  3. Pengennya sih nanti kalau ada duitnya ya pengen ngumpulin tanah, terus lanjut nyewakan kos-kosan atau kontrakan. Kan lumayan tuh untuk menambah penghasilan pasif.

    BalasHapus
  4. Sangat membantu ya mortgage calculator ini,, jadi kl mau beli unit properti gak khawatir lagi akan kemahalan atau gak sesuai dengan harga pasarannya ya. Semoga cepat diterapkan para pemain properti di tempat kita, agar gak sesukanya aja buka tutup harga, huhuuu

    BalasHapus
  5. Bagi yang peka terhadap investasi masa depan, yang kerugian majornya minim dan nilai bertambah seiring waktu, sekarang saatnya beli properti. Harga jatuh di bawah harga pasaran. Ini simalakama sik, ibarat mendulang untung di masa susah, tapi ya bagaimana, bencana dunia tidak menghentikan kita untuk membeli properti bukan? Apalagi kalau yang sudah lama diidam-idamkan. Yang penting hitung-hitungan budget dan pilihan jenis pembayaran, serta jenis rumah yang dibeli harus jelas. Cmiiw

    BalasHapus
  6. Bisnis yg menjanjikan ya kak, Jdi harus bisa lihat peluang. saya tertarik juga nih, bisa pintar Jual Beli Properti di Masa Pandemi dan di bantu oleh morgage calculator ini, keren

    BalasHapus
  7. Kakmin sedang berjuang dan terus berdoa biar rumah warisan ortu yang ga ditinggali segera laku terjual. Emang bener sih Kak, di masa pandemi belum tentu sepi tanpa pembeli kok. Paling ngga orang nanya2 aja udah seneng kok penjualnya. Alhamdulillah masih ada yang bertanya. Sempat pesimis banget, siapa yang mau beli di masa susah begini. Lalu jadi ingat, lha yang punya uang kan tetep aja ada. Coba kukulik kalkulatornya kak,ini bisa buat nentuin nilai jual ga sih?

    BalasHapus
  8. Mortgage calculator ini memudahkan sekali bagi yang ingin beli properti. Jadi bisa menyesuaikan dengan kemampuan bulanan juga.

    BalasHapus
  9. memang bisnis properti kalau kita punya uang banyak, ini sangat menjanjikan yakan kak? investasi yang selalu menguntungkan tiap tahunnya. Calculator mortgage ini beneran membantu untuk mengetahui dana yang harus kita persiapkan saat berinvestasi real estate.

    BalasHapus
  10. Wah asyik mba kalau bisa dipakai sampai luar negeri ini calculator mortgagenyaa. Aku blm cobain tapi jadi kepo pengen cobain meskipun ngga merambah ke bisnis properti.

    BalasHapus
  11. Masa Pandemi seperti sekarang ini memang harus pintar dalam menjual atau membeli properti ya kak... Apalagi ada Mortgage Calculator. Jadi kita bisa tau cara hitung-hitungan yang tepat dalam pembayaran setiap bulan dan jangka waktunya.

    BalasHapus
  12. Baru dengar saya ada mortage calculator. sangat bermanfaat banget ya mbak ketika kita memutuskan untuk membeli aset properti. Sekarang mungkin tiap orang menahan uang untuk beli properti. Namun permintaan selalu ada

    BalasHapus
  13. Iya juga ya. Jangan tergiur dengan harga properti yang murah saat ini. Tetap mesti dihitung untung rugi di masa depan. Begitupun kalau kita mau jual properti ya kak

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️