Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plays.Org Main Game yang No Worry

Plays.org

 

 "Ba.. hape Ba..." Rengek Alzam anakku yang ketiga kepada Baba-nya (ayah).

"Kakak dulu Ba.. kakak kan belum.." akhirnya jadi rebutan karena diberikan kesempatan untuk bermain handphone.

Sungguh Emak hanya geleng-geleng kepala. Padahal Emak udah bilang ke suami untuk tidak memberikan handphone kepada anak-anak. Apalagi mereka akan asyik main game tanpa menghiraukan waktu dan panggilan Emak.

Emak pusing? Gak lah.. lebih baik cari ide ataupun game yang gak banyak memberikan efek negatif ke anak. Eh ternyata kekhawatiran Emak soal game tidak sepenuhnya benar.

Dilansir dari Science Alert bermain game setidaknya memiliki 5 manfaat yang sudah diteliti secara medis. 

Manfaat Bermain Game:

1. Mengurangi Rasa Sakit

Tahun 2012 dalam literatur yang diterbitkan oleh American journal of preventive medicine menunjukkan bahwa game dapat meningkatkan hasil kesehatan dari pasien termasuk terapi fisik dan psikologis.

2. Meningkatkan Kapasitas Memori

Studi yang dimuat dalam Journal Of Neuro Science tahun 2015 mengemukakan bahwa bermain game khususnya 3D dapat meningkatkan kinerja memori otak lebih baik.

3. Membantu Anak Disleksia

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di Cell tahun 2013 bermain game dapat membantu anak disleksia umur 7 hingga 13 tahun dalam meningkatkan kemampuan membaca. Wow!

4. Meningkatkan Kecerdasan

Pada tahun 2013 dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh PLoS ONE mengemukakan bahwa kognisi seseorang dapat meningkat ketika bermain game.

5. Mengurangi Trauma

Dalam sebuah penelitian terhadap 37 pasien kecelakaan di Oxford, mendapatkan hasil bahwa pasien yang diberikan waktu untuk bermain game 20 menit dalam sehari mengalami pengurangan traumatik akibat kecelakaan.

Nah karena berbagai penelitian membuktikan bahwa bermain game tidak hanya mendapatkan efek negatif, Emak jadi memutuskan untuk memberikan game yang edukatif untuk anak Emak. Tentu saja dengan jadwal yang ketat. Lagi lagi ada masalah baru, handphone Emak sudah penuh memori untuk berbagai aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan. Emang nggak mau dong membuat handphone menjadi lebih berat lagi kinerjanya. Ketemulah sebuah solusi pintar. Ada plays.org yang menjawab semua keresahan Emak.

Kenapa Plays.Org?

Plays.Org adalah sebuah situs bermain game yang menghadirkan banyak sekali permainan edukatif yang cocok buat anak Emak. Kelebihannya tentu saja plays.org tidak memerlukan kapasitas penyimpanan karena tidak harus didownload. Plays.org langsung bisa bermain melalui browser handphone. Tentu saja ini membuat Emak lega. 

Mau tau game apa saja yang menjadi favorit anak Emak?

1. Marble Math Addition

Plays.org
Game yang satu ini seru banget untuk Alzam. Dikarenakan ia adalah seorang anak yang suka matematika, makanya saat game penjumlahan ini diberikan padanya ia sangat menikmatinya. Bahkan berseru ini adalah game yang sangat mudah. Hingga meminta soal yang lebih sulit. Nice job son!

2. Alphabet Game
Plays.org
Untuk game yang satu ini Emak berikan pada Alzam agar ia menemukan solusi bagaimana menggeser huruf per huruf agar dapat menjadi alphabet yang tersusun rapi. Awalnya mungkin ia merasa kesulitan, namun terakhirnya ia menikmati game ini.

3. Adventure Man and the Counting Quest
Plays.org


Game yang satu ini sangat mudah dimainkan karena anak akan diminta untuk menjumlahkan setiap angka yang pertama ia pilih. Sangat cocok dimainkan oleh anak usia TK. Bisa membuat mereka latihan menghitung satu sampai angka berapapun yang mereka inginkan.

Nah.. dengan semua pengalaman yang Emak ceritakan, pantas kan kalo Emak bilang main di plays.org adalah main game yang no worry.





blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

23 komentar untuk "Plays.Org Main Game yang No Worry"

  1. Wah, seru!
    Jadi punya referensi games edukatif untuk anak-anak di rumah 🤩
    Berarti cocok mulai usia TK sampai berapa tahun nih mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua umur ada kak. Soalnya banyak kategori games.
      Awak sukanya kategori math. Jadinya cocok buat anak kami.

      Hapus
  2. Boleh juga ini referensinya.. kadang emang susah cari game edukatif untuk anak di playstore, biasanya suka saya seleksi lebih dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ke PlayStore kak 🤔
      Tapi langsung dada browser

      Hapus
  3. seru dia memang kak ini situs plays.org buat main game. semua kalangan enak lah pokoknya bisa menikmatinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju ya Lance,, si Ocean bisa nih main bareng kk game yg Alphabet Game, lg suka2nya belajar abjad dia wlwpun favoritnya huruf hijaiyah, tp bs juga diajak main yg ini nih

      Hapus
  4. Serunya ya, ternyata nggak semua game bikin kita cemas ya. Ada game edukasi juga, pastinya kalau anak bahagia anak akan lebih mudah nangkep sama edukasi yang diberikan. Iya Kan Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaa,

      Jadi seperti jawaban akan kerisauan orangtua akan dampak buruknya nge-game tanpa arah ya Bun.

      Jadi selain meningkatkan kreativitas dan daya imajinasi orangtua dapat membangun bonding juga dengan anak

      Hapus
  5. Memang jika hanya sesekali main game itu banyak sekali manfatnya ya. Berebeda kalau berlebihan. Pun penting dalam memilih game, salah satunya ya game ini. Edukatif... mantap

    BalasHapus
  6. bermain yang edukatif ini. Selain bisa mengusir rasa jenuh karena aktivitas. Bisa menstimulasi otak dalam menghadapi tantangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget nih, lumayan ya buat hiburan daripada nontonin gosip hihi

      Hapus
  7. Banyak ya pilihan permainan daring di Plays org ini, suka deh kl bermain game online bisa bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak ya Cha,, noted. Nice shar,, tfs ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah bener-bener ngubek-ngubek plays.org ini...
      Maunya sih saya main ke situ ye kan , siapa tau ada game lain yang bisa saya perkenalkan ke anak

      Hapus
  8. Wah seru banget ada games yang edukatif ini. Biasanya saya selalu melarang adik buat main games. Terima kasih referensinya bu.

    BalasHapus
  9. noted ya, Plays.Org. Kadang kan bingung mo kasi games buat anak anak tuh yg mana, takut salah game tar bukan makin asik tp makin puyeng abis main game hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi memang sebaiknya orangtua turut membersamai anak walaupun beraktivitas main seperti nge-game ini bang Sani

      Hapus
  10. Ini creator gamesnya bukan dari Indonesia ya kak? Bagus juga sih games edukatif gini, seharusnya diperbanyak juga diplaystore apalagi kalau creatornya orang Indonesia pasti mantul.

    BalasHapus
  11. Makasi infonya ya CA. Kami bukan keluarga yg menolak game Dan gadget walau pemakaiannya under control. Dapet info begini lumayan juga jadi bahan diskusi di rumah.

    BalasHapus
  12. Anak biasanya memang akan diam kalau sudah main games ya mbak. Namun sebagai orang tua kita harus memilihkan permainan apa yang cocok untuk anak. Plays org ini juga bagus untuk perkembangan motorik anak

    BalasHapus
  13. Plays.ORG memag situs terbaik dan edukatif buat anak banget ya mba. Ponakanku paling kecil juga beberapa gamesnya di iPad dari aplikasi ini. Eh jangankan ponakanku sik, gua juga main game Hospital Covid-19 deh dari situs ini. hahaha

    BalasHapus
  14. Plays.org ini memang game favorit anak2 dan dewasa ya, banyak permainan yang bisa mengasah otak anak juga seperti game yg icha bilang di atas

    BalasHapus
  15. Semua gamenya tuh cocok juga buat si bungsuku...
    Apalagi dia lagi suka-sukanya berhitung.
    Ada dua game soal angka di atas ya..

    BalasHapus
  16. Asyiknya di plays.org ini adalah ada kategori game nya sehingga gak perlu ubek ubek lagi atau cobain satu satu, aman apa gaknya hehe

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️