Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Lakukan ini saat Menyapih

 

Jangan lakukan ini saat menyapih

Menjadi ibu adalah sebuah anugerah yang tak ternilai harganya. ketika sukses menyusui anak hingga 2 tahun juga merupakan sebuah pencapaian yang harus dihargai. Meski kelihatannya sepele,  menyusui bukan sekedar memberi ASI kepada anak.  Ada banyak jalinan cinta yang terjalin ketika ibu menyusui anaknya.

Ternyata PR kita gak berhenti di situ aja ya Mak.. sama sulitnya ketika pertama kali mengASIhi maka begitulah sulitnya menyapih. Ada perasaan tidak tega sahabat melihat si kecil ingin menyusu namun sudah saatnya disapih. Kadang-kadang terlihat di timeline, banyak yang bertanya gimana sih caranya menyapih anak tanpa drama. 

Emak langsung aja deh, kasih link ini "Tips Menyapih" ke kolom komentar. Alhamdulillah dengan tips tersebut 3 anak sudah lulus penyapihan. Loh bukannya anak Emak ada 5 ya? Hihi iya.. yang dua lagi berhenti sendiri akibat hamil sebelum si anak 2 tahun.

Namun, beberapa komen yang emak baca banyak saran yang bikin emak merinding. Maka jangan lakukan hal ini pada anak saat disapih ya Mak:

1. Oles Brotowali

Kita yang dewasa aja gak suka, apalagi anak. Memang sih anaknya gak nyari ASI lagi. Tapi anaknya jadi trauma akibat pahitnya brotowali. Cukup hidup ini aja yang pahit, jangan ditambah lagi dengan brotowali. Ini termasuk tidak dioles pake pucuk pohon pepaya, sambiloto atau jamu-jamuan dan hal pahit lainnya ya Mak. Yang bikin Emak geleng kepala ada pula yang oles balsem/sambal. 

2. Payudara diplester

Beberapa menyarankan untuk memplester payudara, ngomong ke si kecil kalo lagi sakit. Sadarkah Mak, kamu lagi ngajarin anak berbohong? Anak diajari jujur aja bisa berbohong. Apalagi diajari bohong sejak dini. Lagian Mak, kalo tau anak ngerti diajak ngomong, sebaiknya sounding sejak awal agar mereka mengerti bahwa umurnya sudah cukup untuk disapih.

3. Payudara dikasih Lipstik

Ini hampir sama ya Mak, bohong namanya kalo payudara dibilang berdarah. Lagian ini akan menimbulkan efek trauma melihat payudara dengan efek berdarah-darah. Takutnya si kecil malah tumbuh menjadi anak hemophobia (phobia akan darah). Liat darah dikit langsung pingsan. Kan gawat Mak..

4. mengASIhi karena Tidak Tega

Sejujurnya, anak akan rewel di 3 hari pertama saja. Selebihnya si anak ridho dengan keputusan bersama. Tapi balik lagi, kadang yang gak tega dan gak kuat ya berpisah dari anak. Emak pun ngerasa kok, ada rasa kangen meluk anak sambil ngASI. Namun sekarang, cukup peluk saja ya Mak..

5. Memarahi Anak

Jangan juga dimarahi setiap anak ingin menyusu. Anak umur dua tahun sudah bisa kok diajak negosiasi. Yakinlah mereka akan lebih mengerti dikasih tau dengan baik dibanding harus dibentak. Disapih dengan lembut saja mereka sudah sangat kehilangan, apalagi ditambah dengan ibu yang marah-marah. Mereka akan bertambah kehilangan.


Kenapa hal-hal disebut di atas sebaiknya dihindari? Tentu saja karena efek trauma yang akan ditimbulkan. Menyapih adalah kesepakatan antara ibu dan anak. Keduanya harus sama-sama bahagia. Coba Mak, bayangkan benda favorit milikmu diambil secara paksa? Tentu rasanya sakit sekali. Begitu pun anak kita. Makanya menyapihlah dengan cinta. Jangan lupa baca uraian tentang weaning with love ya..

Sekian dulu cerita kita hari ini. Btw, pengalaman menyapih apa yang pernah kamu dengar yang paling ekstrim? Cerita yuk di kolom komen ..



blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

18 komentar untuk "Jangan Lakukan ini saat Menyapih"

  1. Subhanallah. Ternyata itu bener ya. Biar anak nggak lagi ASI dikasih sambiloto dan sejenisnya. Apalagi boong kalau emaknya lagi sakit.


    BalasHapus
  2. Setuju, 3 cara di atas bisa berdampak trauma.
    Alhamdulillah 2 anak dulu WWL..mesti agak lama prosesnya , akhirnya si Kakak disapih usia 2 tahun 1 bulan, si Adik 2 tahun 2 bulan

    BalasHapus
  3. aku yang belum punya anak aja rasanya ga tega kalau dengar dan melihat keponakan disapih sampe nangis kejer minta nen. tapi demi kebaikan bersama memang ya mbak. makasih ilmunya loh, jadi besok kl aku mau menyapih nggak akan melakukan 5 hal di atas. kudu sama2 sepakat dan memberi pengertian ke anak biar proses menyapih ini lancar dan nggak penuh drama ya mbak

    BalasHapus
  4. Waduh saya bru tahu nih ternyata selama ini kita dibohongin emak haha...

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah jauh dari semua itu. Fahmi putra saya bisa disapih sepenuhnya dengan cinta dan pengertian. Memang ya kalau di daerah masih banyak tuh yg begitu...

    BalasHapus
  6. Anakku umurnya satu tahun. Jadi, belum ada pengalaman uminya menyapih. Tapi, tips-tips di atas bisa dicoba walaupun belum kebayang sih hasilnya nanti kayak gimana. Bisa jadi anaknya mau atau malah nolak.

    BalasHapus
  7. Hihi.. menyapihku dulu dibantuin mbak sama "dukun anak" hihii.. didoakan di air minumnya, terus disuruh minumin itu kalo si anak minta nenen hihi.. entahlah percaya gak percaya tapi ya dimudahkan, tp ya memang harus didukung sama yg lain jg ya, terutama keikhlasan orang tuanya kalau si anak memang udh harus melepas 'kenyamanannya' :)

    BalasHapus
  8. Nyatanya praktik2 macam brotowali dan plesteran di payudara itu masih jg banyak yg make ya mbaa. Jadi kasian sama anaknya kalau udah tau ilmunya gini hehehe

    BalasHapus
  9. Nyata banget ini praktik anak yang sedang disapih lalu patudara ibu diberi brotowali. Itu tuh pahitnya nggak hilang hilang cuma dengan minum air lho. Walapun sebenarnya bisa jadi herbal yang sehat tapi mana tau nggak cocok di anak. Sedih deh.

    BalasHapus
  10. Hihi betul ini hidup udah pahit please deh nenennya jangan pake dikasi brotowali lg... lebih baik sounding aja ama si batita biar dia paham yaa

    BalasHapus
  11. prnh baca emg kak cha gak boleh ya kita mengalihkan prhatian anak tu, kayak ngubah bentuk payudara itu sndiri biar si anak gak trtarik atau merasa aneh, pdhl coba anaknya diajak ngomong dulu, dikasi tau, diajakin baca, dll....

    BalasHapus
  12. Sejujurnya aku pakai cara yang kedua di anak pertama, yaitu diplester, tapi bukan karena bohong. Emang beneran luka karena digigitin sama si bayi. Alhasil lihat emaknya pringisan, dianya kasihan terus berhenti deh.

    Kalau yang anak kedua akhirnya berhenti gara-gara emaknya kerokan sebadan sampai ke area PD juga. Melihatnya si bayi akhirnya memutuskan nggak mau nenen lagi.

    Entahlah WWL atau tidak, yang pasti jauh sebelum berhenti nenen udah disounding kalau usia 2 tahun sudah saatnya stop. Sudah dibacakan, sudah dikasih tahu segala macam, dan nggak mempan. Baru mempan setelah emaknya sakit diplester dan dikerok. Akhirnya anak pertama stop nenen di usia 2.5 dan anak kedua stop di usia 3 tahun.

    BalasHapus
  13. Rasa brotowali kan pahit tuh, kebayang anak pasti nangis deh dikasi jamu kayak gitu lewat payudara si ibu, gak habis pikir ya ckck

    BalasHapus
  14. Hahahaha, olesin yg pahit biasanya sering tips dari dulu aku dengar nih saat mau menyapih anak kalau aku sendiri gak pernah buat gini sih cuma lupa apa ya kemarin?

    BalasHapus
  15. tipsnya bagus ya mba, saya sering untuk mengakhiri masa menyapih beberapa momi melakukan nomor 1 dan 2 padahal menurut saya itu bukan cara yang tepat

    BalasHapus
  16. Pengalaman keluarga awq yg menyapih ini kadang ditarok biji meranti, ada2 aja yakan.

    BalasHapus
  17. Dulu tu pas nyapih anak kedua, beneran puting lagi sakit banget karena gigi si kecil udah keropos. Kasian banget, tapi itu malah bikin saya keukeh untuk tetap menyapihnya

    BalasHapus
  18. Jadi ingat dulu susahnyaaaa mau nyapih anak yg udah 3,5 tahun nyusu

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️