Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membahagiakan Istri

Tips Membahagiakan Istri


 Assalamualaikum, halohaaaaa.. apa kabar Mak? Semoga selalu sehat dan bahagia ya.. habis baca curcol di timeline nih.. hari libur tapi gak kemana-mana dari sebagian besar istri. Katanya "Tetangga manasin mobil, kita masih manasin sayur kemarin.." wkwkwk disyukuri atuh Mak.. masih ada lauk di rumah. 😜

Bye the way, jangan merasa jadi desperate housewife hanya karena suami kurang sensitif terhadap apa maunya kita. Kalo suami terkesan cuek, begitulah kebanyakan pria Mak.. itu artinya masih manly banget.. salah satu yang harus disyukuri. Daripada kayak kejadian di rumahtangga seorang kerabat, suaminya perhatian banget hingga sering beli kado buat istri, ternyata buat menutupi rahasia busuk di luar rumah. Hayooo gak banget kan..

Artikel hari ini buat nyenengin emak-emak, nih.. Biar merasa diwakili gitu.. trus gampang nge-share ke suami.. tinggal klik share ke wa suami deh artikel ini.. biar lebih paham apa sih yang bikin istri bahagia. Karena suami gak akan pernah tau kalo gak dikasih tau. Setuju?

Tips Membahagiakan Istri

1. Bantu Pekerjaan Rumah

Ini rumah tangga kan ya? Bukan rumah makan apalagi rumah kost-kostan. Jadi segala pekerjaan rumah tangga adalah pekerjaan bersama. Wahai Pak Bapak, apakah kalo rumah berserakan adalah kesalahan istri? Kenapa istrinya yang disalahkan? Coba cek, apakah ada barang istri yang tidak pada tempatnya? 

Yang sering kejadian malah handuk bapak yang lupa dijemur, masih nangkring di atas tempat tidur. Baju kotor bapak yang masih tergantung di kamar mandi atau mainan dan barang anak-anak yang berserakan tidak pada tempatnya. 

Lalu, apakah istri didosai bila tak sempat memasak? Bukankah nafkah kewajiban suami? Inget loh pak.. nafkah itu dalam keadaan "jadi" bukan bahan mentah makanan. Artinya, memasak bukan kewajibannya. Kalo dia rela memasak, hargailah. Kalo tidak sempat karena kesibukannya mengurus rumah dan anak, juga tak patut disalahkan. 

Win win solution donk Pak.. Beri khadimat (ART) kalo mampu. Kalo gak mampu? Ya singsingkan lengan dan bantu ringankan pekerjaan domestik. 

TIPS: Saat istri mengomel, coba bereskan piring kotor dan mulai mencucinya. Dijamin 100% omelan istri langsung reda.


2. Ajak Jalan

Jangan pas masih pengantin baru aja rajin mengajak istri jalan-jalan. Setelah menikah hampir satu windu atau satu dekade, pasti Bapak lupa kan mengajak istri jalan-jalan. Sesekali ajak deh beli gorengan (sampe ke Mekah ya Pak, Aamiin). Pasti istri terasa refresh. Handphone aja mesti rajin bersihin cache biar gak ngelag.. apalagi istri pak..

TIPS: Cara bersihin cache istri, ajak jalan ke alpa/indo trus beliin deh coklat sebatang. 

3. Beri Pujian

Pak Bapak, coba ingat kapan terakhir kali memuji istri? Pujian yang tulus ya Pak.. bukan sindiran semacam "Rajin sekali ya Ma..seharian rumah masih seperti kapal pecah.." Tolong hindari sindiran. Istri bukan anak kecil yang tidak tahu jobdesk nya. Bila sesekali tampak melenceng, berarti ada sesuatu yang belum terpenuhi. Salah satunya pujian. 

TIPS: Cara memuji istri yang berkesan Pak, saat ia kelelahan pujilah bahwa hal kecil yang ia lakukan sangat berarti.

4. Ucapkan Terimakasih

Nah, ingat lagi.. Kapan terakhir kali mengucapkan terimakasih pada istri Pak? Jangan-jangan setiap istri berjuang melahirkan pun tak pernah terucap terimakasih karena telah mengandung dan melahirkan dengan penuh perjuangan. Hiks merana banget itu pasti istrimu.. wkwkwk

TIPS: Ucapan terimakasih bisa dilakukan di saat pillow talk atau saat istri melakukan hal kecil yang sangat berarti. 

5. Beri Pelukan

Salah satu hal kecil tapi manfaatnya besar adalah memeluk istri. Gratis tanpa biaya, namun bisa banget bikin istri nyaman. Ini tuh kayak nge-charge batere istri di saat lelah. 

TIPS: Ketika istri nampak bad mood, mulai pengen ngomel, segera peluk dan beri energi positif. Dijamin gak jadi ngomel deh..

6. Kado

Tau kan Pak, anjuran Nabi Muhammad untuk "Tahaddu Tahabbu"? Saling memberi hadiah agar saling menyayangi. Kejutan kecil ini gak perlu mahal. Kadang, perhatian kecil suami seperti beliin printilan kecil kayak kaus kaki atau ciput daleman jilbab sangat bermanfaat buat istri. 

TIPS: Beri kado dengan note yang manis, misalnya "Kalau keluar rumah, jangan lupa pakai kaus kaki ya sayang.." 

7. Berlaku Lemah Lembut

Istri, biasanya membalas dua kali apa yang suami lakukan. Saat suami bersikap baik, biasanya istri membalas lebih baik lagi. Bila suami berlaku kasar, istri pun menjadi pribadi yang keras kepala. Emak masih ingat betapa manisnya sikap almarhum Uje saat Umi Pipik melakukan kesalahan. Uje memeluk sambil berkata "ini salah Abi, karena belum sempurna mendidik Umi.." Istri mana yang gak melting diperlakukan begitu Pak? Lagian, berlaku lembut pada istri adalah salah satu tanda manusia terbaik. Karena anjuran berlaku baik salah satunya adalah terhadap istri. Bayangkan..ketika berlaku lembut padanya..ia pun akan berlaku lembut pada anak-anak. Istri yang sangat garang (kasar) pada anak biasanya gentong kasih sayangnya kosong. Didapat dari mana isinya? Jelas dari suami donk.. 

TIPS: Coba di saat kesibukan tengah hari, telpon atau chat istri untuk menanyakan kabarnya. Bagaimana kesibukannya dengan urusan domestik dan perhatian lembut lainnya. Saat pulang nanti, ada perubahan sikap pada istri menjadi lebih baik. 

8. Beri Ruang

Istri adalah makhluk sosial yang juga butuh berinteraksi dengan orang lain. Membayangkan istri yang harus selalu di rumah tanpa komunikasi dengan dunia luar pastilah membuat istri mudah merasa bosan. Takutnya hal ini akan berdampak pada sikapnya saat merawat anak dan melakukan pekerjaan rumah. Sesekali, bila istri tampak sudah lelah berilah cuti meski hanya beberapa jam untuk melakukan me time atau bertemu dengan orang lain. Lumayan banget ini Pak membuat istri refresh.

TIPS: Ambil alih tugas istri menjaga anak dan beri waktu untuk istri melakukan apa yang ia mau. Misalnya ke salon beberapa jam biar ia lebih relax. 

Gimana Pak? Bisa donk ya menjalankan satu persatu tips di atas agar istri menjadi bahagia? Gak rugi donk..karena akan berdampak positif pada pengasuhan istri ke anak juga dalam menjalankan tugas harian di rumah. Istri adalah jantung sebuah rumah. Kalo istri bahagia, tentu seluruh keluarga merasakan kebahagiaan. Akur ya...

Nah selesai sudah tugas Emak menyampaikan aspirasi para istri. Semoga Pak Bapak mau menjalankannya. Oh ya Mak, kalo ternyata suami masih berat melakukannya apa boleh buat.. Emak harus tetap bahagia karena banyak alasan biar emak merasa bersyukur. InsyaAllah rasa syukur yang dimiliki akan mendatangkan kebahagiaan. 



blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

33 komentar untuk "Tips Membahagiakan Istri"

  1. Terima kasih tipsnya, Mbak Icha. Hanya memang tipe suami berbeda-beda, jadi cara membahagiakan istri pasti berbeda-beda caranya. Jadi bisa para istri kasih kode-kode manjah. Misalnya, Pa, tetangga sudah manasin mobil tuh, kapan kita manasin badan di pantai hahaha.

    BalasHapus
  2. poin nomor 6. sebentar lagi istri ultah, mau kasih kado. kebetulan ada barangnya yang sudah rusak, semoga istri senang dengan hadiahnya nanti

    BalasHapus
  3. Aw aw aw, setuju mak sama tips-tips di artikel ini. Memang benar-benar se frekuensi yaaa, intinya kita juga kudu bersyukur apapun yang ada yaaa. Semoga kita semua mendapatkan dan punya keluarga bahagiaa. Amiiin

    BalasHapus
  4. Wuah tips ciamik nih, jadi ingin cepat melangsungkan pernikahan nih daku, aamiin. Nanti tips nya daku serahkan kepadanya yang telah sah eeaa

    BalasHapus
  5. Auto share mbaak.. untungnya suamiku kalau denger istrinya ngomel dan liat di meja belum ada makanan, langsung ajak makan di luar. Ahahaha

    BalasHapus
  6. Artha Nugraha JonarApril 06, 2021 1:39 AM

    Nah ini sindiran buat kamu suami, hehehe. saya jadi merasa kesindir nih. Tips ini harus dicobain deh, saya baru bisa beberapa tips saja. Banyak yang belum dilakukan nih.

    BalasHapus
  7. Semuanya bener nih hihihi. Tapi karena aku bahasa cintanya 'words of affirmation', yang paling membahagiakan kalau dapat apresiasi dan kata cinta. Eaaa.

    BalasHapus
  8. wahh iya benar ini
    tulisannya bagus mbak, pantas dibaca para suami biar makin sayang istri

    BalasHapus
  9. Postingannya ini auto pengen saya tunjukin suami deh. Biar dia tahu bahwa sebenarnya membahagiakan itu mudah dan sederhana saja seperti yang sudah dijabarkan di atas :D menarik sekali :)

    BalasHapus
  10. Kalau dikasih kado mau banget deh haha. Tutur kata yang lembut memang meluluhkan hati istri memang

    BalasHapus
  11. Ajak jalan, wuihh itu aku banget. KArena sangat suka kegiatan outdoor. KAlau kado, paksuami itu bukan tipe suka romantis seperti itu hehe. JAdi nggap pernah mengharapkan kado.

    BalasHapus
  12. Nomor 6. Bagian berikan kado ini pas bangetlah barusan nonton instastorynya Atta (bukan pas dapat kadonya sayanya wkwkwk). Si Atta yang ngasih kado kamera ke istrinya, karena menurut dia si istri emang butuh itu. Ya gak tahu sih iklan atau apa..tapi si Atta nyebutin, salah satu cara membahagiakan istri ya dengan memberikannya kado. Relate deh sama postingan ini hihihi

    BalasHapus
  13. Karena kebahagiaan istri itu adalah kunci kebahagiaan rumah tangga. Iya dong.hehehe

    Tipsnya kudu dibaca para kaum adam nih, kak.

    BalasHapus
  14. 8 hal ini memang penting buat istri. Saya setuju seratus persen. Kalau suami memberikan semuanya .. in syaa Allah nyaman sang istri, bahagia lahir batin.

    Oya, kalau kado buat saya di urutan terakhir, gak dikasih pun tak apa, asalkan yang 7 lainnya itu disadari suami :)

    BalasHapus
  15. belajar membahagiakan istri, sebelum itu membahagiakn seorang ibu dahaulu hehe agar bisa mesra terus dengan calon istri saya

    BalasHapus
  16. Kok bener banget ini tipsnya, hahah. Ingin rasanya aku share ke suami, tapi gak enakan aku tuh huft.

    Minta diajakin jalan2 piknik paling jawabannya syukuri yg ada.
    Ya iya sih, tapi tetep kan pengen piknik
    *Halah curhat

    BalasHapus
  17. Sebenernya mudah banget ya mbak bahagiakan istri itu, hehehe. kalau saya pribadi asal suami mau ngerti dan bantu pekerjaan rumah rasanya seneng banget

    BalasHapus
  18. Senyum-senyum aku baca tips nya. Sederhana tapi bermakna. Dalam rumah tangga itu suami-istri harus saling dukung.

    BalasHapus
  19. Wah suara hati para istri tertulis disini semua. Sangat mudah dipahami dan nanti akan saya share ke suami juga ah :D

    BalasHapus
  20. Bagi istri, suami kasih izin ketemuan ama komunitas aja rasanya udah bahagia yaa... Sayangnya gak smua suami mudah kasih izin gitu, hiks

    BalasHapus
  21. Aku pribadi sederhana. Aku butuh banget suami di pagi hari dan di sore hari. Pagi hari itu pas nyiapin sarapan, tanpa dirongrong anak. Jadi harapannya suami bisa ajak anak main bareng sebentar, sampai kerjaanku di dapur selesai. Wkwkwk. Itu aja udah senang bangetttttt.

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah suami kk mau bantuin cuci piring tanpa diminta kl dilihatnya di bak cuci piring udah numpuk. Gitu aja udah hepi kok hehe

    BalasHapus
  23. Semua hal ini idaman para istri banget, tapi gak semuanya bisa dilakukan pak su harus dikasi kode biar dia ngeh wkwk

    BalasHapus
  24. Duh guyonannya, jauh amat beli gorengan ke mekkan. Musti nabung dulu buat perjalanannya wkwk

    BalasHapus
  25. Istri bahagia pasti seisi rumah bahagia ya mbak semangat ya mbak menjadi ibu dan istri

    BalasHapus
  26. Benar sekali dalam berumah tangga itu hal-hal kecil sangat membantu dan membahagiakan istri. Sebab, istri bukan hanya di spoiler duit tapi juga tenaga

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah suami bukan tipe yang rewel soal rumah berantakan atau masak nggaknya. Biasanya kalau saya lagi malas, ya dia makan aja apa yang ada. Kalau belanja juga enggak perlu saya aja, tapi dia juga.
    Semoga selamanya seperti itu .. Aamiin

    BalasHapus
  28. Istri itu simple aja kok ya maunya, dibantuin urus pekerjaan rumah tangga udah senneng, wkwkwk. Kadang kan kita capek nih, ingin suami peka bantu

    BalasHapus
  29. Aduh... Dudududuhhh... Ini kok bener semua ya tipsnya mbak.. Kan bikin hati jadi 🌺🌻🌹🌷 Apalagi beri ruang itu paling wajib, ya, mbak. Kadang kita jenuh dengan rutinitas itu2 aja. Sesekali boleh dong jln bareng teman2 buat refresh diri. Atau nyalon ditambah duit juga 😁🀣🀣 itu ibarat HP langsung penuh saat di cas 😁

    BalasHapus
  30. Bener banget ya kak. Hal sederhana kaya dikasih kado yang sederhana tapi spesial kaya kaos kaki gitu aja emang bener malah bisa bikin meleleh. Apalagi kalo mijitin ketika lihat istri lagi kelelahan. Wuih super duper diingat selalu pasti 😁

    BalasHapus
  31. Wah, ini harus banget ditunjukkan ke calon pasanganku nanti nih, biar dia tahu gimana caranya membahagiakan istri wkwkwk

    BalasHapus
  32. Suamiku awalnya bukan orang yang romantis. Gak pedulian, dingin, gak pengertian. Tapi, seiring usia oernikahan, aku berusaha bicara, berusaha kasih pemahaman bagaimana maunya aku. Sejalan dengan berusaha memahami maunya suami. Bersyukur, di pernikahan menginjak 12 tahun ini. Kami sudah mulai saling memahami a-z. Mood boster banget kalo suami nanyain: mau makan apa? Nanti dibeliin. Sesimple itu, walau nyatanya gak jadi beli karena alasan ini dan itu haa haa haa.

    BalasHapus
  33. Tips pertama ini Ampuh banget lho kak, kalau pas Aku agak bad mood laki sigap banget Bantu cuci piring, nyapu, ngepel gitu kog nguap ya bad mood ya 🀣🀣🀣

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️