Tips Membahagiakan Istri

Tips Membahagiakan Istri


 Assalamualaikum, halohaaaaa.. apa kabar Mak? Semoga selalu sehat dan bahagia ya.. habis baca curcol di timeline nih.. hari libur tapi gak kemana-mana dari sebagian besar istri. Katanya "Tetangga manasin mobil, kita masih manasin sayur kemarin.." wkwkwk disyukuri atuh Mak.. masih ada lauk di rumah. 😜

Bye the way, jangan merasa jadi desperate housewife hanya karena suami kurang sensitif terhadap apa maunya kita. Kalo suami terkesan cuek, begitulah kebanyakan pria Mak.. itu artinya masih manly banget.. salah satu yang harus disyukuri. Daripada kayak kejadian di rumahtangga seorang kerabat, suaminya perhatian banget hingga sering beli kado buat istri, ternyata buat menutupi rahasia busuk di luar rumah. Hayooo gak banget kan..

Artikel hari ini buat nyenengin emak-emak, nih.. Biar merasa diwakili gitu.. trus gampang nge-share ke suami.. tinggal klik share ke wa suami deh artikel ini.. biar lebih paham apa sih yang bikin istri bahagia. Karena suami gak akan pernah tau kalo gak dikasih tau. Setuju?

Tips Membahagiakan Istri

1. Bantu Pekerjaan Rumah

Ini rumah tangga kan ya? Bukan rumah makan apalagi rumah kost-kostan. Jadi segala pekerjaan rumah tangga adalah pekerjaan bersama. Wahai Pak Bapak, apakah kalo rumah berserakan adalah kesalahan istri? Kenapa istrinya yang disalahkan? Coba cek, apakah ada barang istri yang tidak pada tempatnya? 

Yang sering kejadian malah handuk bapak yang lupa dijemur, masih nangkring di atas tempat tidur. Baju kotor bapak yang masih tergantung di kamar mandi atau mainan dan barang anak-anak yang berserakan tidak pada tempatnya. 

Lalu, apakah istri didosai bila tak sempat memasak? Bukankah nafkah kewajiban suami? Inget loh pak.. nafkah itu dalam keadaan "jadi" bukan bahan mentah makanan. Artinya, memasak bukan kewajibannya. Kalo dia rela memasak, hargailah. Kalo tidak sempat karena kesibukannya mengurus rumah dan anak, juga tak patut disalahkan. 

Win win solution donk Pak.. Beri khadimat (ART) kalo mampu. Kalo gak mampu? Ya singsingkan lengan dan bantu ringankan pekerjaan domestik. 

TIPS: Saat istri mengomel, coba bereskan piring kotor dan mulai mencucinya. Dijamin 100% omelan istri langsung reda.


2. Ajak Jalan

Jangan pas masih pengantin baru aja rajin mengajak istri jalan-jalan. Setelah menikah hampir satu windu atau satu dekade, pasti Bapak lupa kan mengajak istri jalan-jalan. Sesekali ajak deh beli gorengan (sampe ke Mekah ya Pak, Aamiin). Pasti istri terasa refresh. Handphone aja mesti rajin bersihin cache biar gak ngelag.. apalagi istri pak..

TIPS: Cara bersihin cache istri, ajak jalan ke alpa/indo trus beliin deh coklat sebatang. 

3. Beri Pujian

Pak Bapak, coba ingat kapan terakhir kali memuji istri? Pujian yang tulus ya Pak.. bukan sindiran semacam "Rajin sekali ya Ma..seharian rumah masih seperti kapal pecah.." Tolong hindari sindiran. Istri bukan anak kecil yang tidak tahu jobdesk nya. Bila sesekali tampak melenceng, berarti ada sesuatu yang belum terpenuhi. Salah satunya pujian. 

TIPS: Cara memuji istri yang berkesan Pak, saat ia kelelahan pujilah bahwa hal kecil yang ia lakukan sangat berarti.

4. Ucapkan Terimakasih

Nah, ingat lagi.. Kapan terakhir kali mengucapkan terimakasih pada istri Pak? Jangan-jangan setiap istri berjuang melahirkan pun tak pernah terucap terimakasih karena telah mengandung dan melahirkan dengan penuh perjuangan. Hiks merana banget itu pasti istrimu.. wkwkwk

TIPS: Ucapan terimakasih bisa dilakukan di saat pillow talk atau saat istri melakukan hal kecil yang sangat berarti. 

5. Beri Pelukan

Salah satu hal kecil tapi manfaatnya besar adalah memeluk istri. Gratis tanpa biaya, namun bisa banget bikin istri nyaman. Ini tuh kayak nge-charge batere istri di saat lelah. 

TIPS: Ketika istri nampak bad mood, mulai pengen ngomel, segera peluk dan beri energi positif. Dijamin gak jadi ngomel deh..

6. Kado

Tau kan Pak, anjuran Nabi Muhammad untuk "Tahaddu Tahabbu"? Saling memberi hadiah agar saling menyayangi. Kejutan kecil ini gak perlu mahal. Kadang, perhatian kecil suami seperti beliin printilan kecil kayak kaus kaki atau ciput daleman jilbab sangat bermanfaat buat istri. 

TIPS: Beri kado dengan note yang manis, misalnya "Kalau keluar rumah, jangan lupa pakai kaus kaki ya sayang.." 

7. Berlaku Lemah Lembut

Istri, biasanya membalas dua kali apa yang suami lakukan. Saat suami bersikap baik, biasanya istri membalas lebih baik lagi. Bila suami berlaku kasar, istri pun menjadi pribadi yang keras kepala. Emak masih ingat betapa manisnya sikap almarhum Uje saat Umi Pipik melakukan kesalahan. Uje memeluk sambil berkata "ini salah Abi, karena belum sempurna mendidik Umi.." Istri mana yang gak melting diperlakukan begitu Pak? Lagian, berlaku lembut pada istri adalah salah satu tanda manusia terbaik. Karena anjuran berlaku baik salah satunya adalah terhadap istri. Bayangkan..ketika berlaku lembut padanya..ia pun akan berlaku lembut pada anak-anak. Istri yang sangat garang (kasar) pada anak biasanya gentong kasih sayangnya kosong. Didapat dari mana isinya? Jelas dari suami donk.. 

TIPS: Coba di saat kesibukan tengah hari, telpon atau chat istri untuk menanyakan kabarnya. Bagaimana kesibukannya dengan urusan domestik dan perhatian lembut lainnya. Saat pulang nanti, ada perubahan sikap pada istri menjadi lebih baik. 

8. Beri Ruang

Istri adalah makhluk sosial yang juga butuh berinteraksi dengan orang lain. Membayangkan istri yang harus selalu di rumah tanpa komunikasi dengan dunia luar pastilah membuat istri mudah merasa bosan. Takutnya hal ini akan berdampak pada sikapnya saat merawat anak dan melakukan pekerjaan rumah. Sesekali, bila istri tampak sudah lelah berilah cuti meski hanya beberapa jam untuk melakukan me time atau bertemu dengan orang lain. Lumayan banget ini Pak membuat istri refresh.

TIPS: Ambil alih tugas istri menjaga anak dan beri waktu untuk istri melakukan apa yang ia mau. Misalnya ke salon beberapa jam biar ia lebih relax. 

Gimana Pak? Bisa donk ya menjalankan satu persatu tips di atas agar istri menjadi bahagia? Gak rugi donk..karena akan berdampak positif pada pengasuhan istri ke anak juga dalam menjalankan tugas harian di rumah. Istri adalah jantung sebuah rumah. Kalo istri bahagia, tentu seluruh keluarga merasakan kebahagiaan. Akur ya...

Nah selesai sudah tugas Emak menyampaikan aspirasi para istri. Semoga Pak Bapak mau menjalankannya. Oh ya Mak, kalo ternyata suami masih berat melakukannya apa boleh buat.. Emak harus tetap bahagia karena banyak alasan biar emak merasa bersyukur. InsyaAllah rasa syukur yang dimiliki akan mendatangkan kebahagiaan. 



23 comments:

  1. Terima kasih tipsnya, Mbak Icha. Hanya memang tipe suami berbeda-beda, jadi cara membahagiakan istri pasti berbeda-beda caranya. Jadi bisa para istri kasih kode-kode manjah. Misalnya, Pa, tetangga sudah manasin mobil tuh, kapan kita manasin badan di pantai hahaha.

    ReplyDelete
  2. poin nomor 6. sebentar lagi istri ultah, mau kasih kado. kebetulan ada barangnya yang sudah rusak, semoga istri senang dengan hadiahnya nanti

    ReplyDelete
  3. Aw aw aw, setuju mak sama tips-tips di artikel ini. Memang benar-benar se frekuensi yaaa, intinya kita juga kudu bersyukur apapun yang ada yaaa. Semoga kita semua mendapatkan dan punya keluarga bahagiaa. Amiiin

    ReplyDelete
  4. Wuah tips ciamik nih, jadi ingin cepat melangsungkan pernikahan nih daku, aamiin. Nanti tips nya daku serahkan kepadanya yang telah sah eeaa

    ReplyDelete
  5. Auto share mbaak.. untungnya suamiku kalau denger istrinya ngomel dan liat di meja belum ada makanan, langsung ajak makan di luar. Ahahaha

    ReplyDelete
  6. Artha Nugraha JonarApril 06, 2021 1:39 am

    Nah ini sindiran buat kamu suami, hehehe. saya jadi merasa kesindir nih. Tips ini harus dicobain deh, saya baru bisa beberapa tips saja. Banyak yang belum dilakukan nih.

    ReplyDelete
  7. Semuanya bener nih hihihi. Tapi karena aku bahasa cintanya 'words of affirmation', yang paling membahagiakan kalau dapat apresiasi dan kata cinta. Eaaa.

    ReplyDelete
  8. wahh iya benar ini
    tulisannya bagus mbak, pantas dibaca para suami biar makin sayang istri

    ReplyDelete
  9. Postingannya ini auto pengen saya tunjukin suami deh. Biar dia tahu bahwa sebenarnya membahagiakan itu mudah dan sederhana saja seperti yang sudah dijabarkan di atas :D menarik sekali :)

    ReplyDelete
  10. Kalau dikasih kado mau banget deh haha. Tutur kata yang lembut memang meluluhkan hati istri memang

    ReplyDelete
  11. Ajak jalan, wuihh itu aku banget. KArena sangat suka kegiatan outdoor. KAlau kado, paksuami itu bukan tipe suka romantis seperti itu hehe. JAdi nggap pernah mengharapkan kado.

    ReplyDelete
  12. Nomor 6. Bagian berikan kado ini pas bangetlah barusan nonton instastorynya Atta (bukan pas dapat kadonya sayanya wkwkwk). Si Atta yang ngasih kado kamera ke istrinya, karena menurut dia si istri emang butuh itu. Ya gak tahu sih iklan atau apa..tapi si Atta nyebutin, salah satu cara membahagiakan istri ya dengan memberikannya kado. Relate deh sama postingan ini hihihi

    ReplyDelete
  13. Karena kebahagiaan istri itu adalah kunci kebahagiaan rumah tangga. Iya dong.hehehe

    Tipsnya kudu dibaca para kaum adam nih, kak.

    ReplyDelete
  14. 8 hal ini memang penting buat istri. Saya setuju seratus persen. Kalau suami memberikan semuanya .. in syaa Allah nyaman sang istri, bahagia lahir batin.

    Oya, kalau kado buat saya di urutan terakhir, gak dikasih pun tak apa, asalkan yang 7 lainnya itu disadari suami :)

    ReplyDelete
  15. belajar membahagiakan istri, sebelum itu membahagiakn seorang ibu dahaulu hehe agar bisa mesra terus dengan calon istri saya

    ReplyDelete
  16. Kok bener banget ini tipsnya, hahah. Ingin rasanya aku share ke suami, tapi gak enakan aku tuh huft.

    Minta diajakin jalan2 piknik paling jawabannya syukuri yg ada.
    Ya iya sih, tapi tetep kan pengen piknik
    *Halah curhat

    ReplyDelete
  17. Sebenernya mudah banget ya mbak bahagiakan istri itu, hehehe. kalau saya pribadi asal suami mau ngerti dan bantu pekerjaan rumah rasanya seneng banget

    ReplyDelete
  18. Senyum-senyum aku baca tips nya. Sederhana tapi bermakna. Dalam rumah tangga itu suami-istri harus saling dukung.

    ReplyDelete
  19. Wah suara hati para istri tertulis disini semua. Sangat mudah dipahami dan nanti akan saya share ke suami juga ah :D

    ReplyDelete
  20. Bagi istri, suami kasih izin ketemuan ama komunitas aja rasanya udah bahagia yaa... Sayangnya gak smua suami mudah kasih izin gitu, hiks

    ReplyDelete
  21. Aku pribadi sederhana. Aku butuh banget suami di pagi hari dan di sore hari. Pagi hari itu pas nyiapin sarapan, tanpa dirongrong anak. Jadi harapannya suami bisa ajak anak main bareng sebentar, sampai kerjaanku di dapur selesai. Wkwkwk. Itu aja udah senang bangetttttt.

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah suami kk mau bantuin cuci piring tanpa diminta kl dilihatnya di bak cuci piring udah numpuk. Gitu aja udah hepi kok hehe

    ReplyDelete
  23. Semua hal ini idaman para istri banget, tapi gak semuanya bisa dilakukan pak su harus dikasi kode biar dia ngeh wkwk

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️

Total Pageviews