Tips Merawat Kulit Bayi

Tips Merawat Kulit Bayi


Semua orang tau ya kan Mak kulit bayi itu lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa. Tapi gak semua tau kalo ternyata kulit bayi itu lebih mudah kehilangan kelembaban dibanding orang dewasa. 

Kenapa ya?

Jawabannya ada pada corneocyte (sel-sel di kulit yang menyimpan air) yang lebih kecil dan sedikit dibanding orang dewasa. Lalu bagaimana seharusnya ya Mak merawat kulit bayi?

Tips Merawat Kulit Bayi

1. Kebutuhan Cairan Bayi

Mak harus memenuhi kebutuhan air yang cukup untuk bayi. Bila bayi di bawah 6 bulan, artinya Emak harus cukup memberi ASI dalam 24 jam. Namun bila bayi sudah lebih dari 6 bulan, kebutuhan airnya bisa ditambah dengan air putih dan juga makanan yang mengandung banyak air seperti buah.

Sudah tau donk ya, tubuh yang terhidrasi akan cukup untuk menghidrasi kulit juga. Sebaliknya, tubuh yang kekurangan cairan akan membuat kulit juga semakin kering. 


2. Memandikan Bayi Tidak Lebih dari 15 Menit

Mandi terlalu lama bisa menghilangkan minyak alami pelindung kulit. Hindari juga untuk memandikan bayi menggunakan air yang terlalu hangat. Sebaiknya memakai air suam-suam kuku.

3. Gunakan Pelembab Sehabis Mandi

Siapa bilang pelembab hanya untuk orang dewasa? Mungkin kita tidak menyadari ya Mak, bahwa produk bayi sebenarnya memiliki bahan pelembab. 

Namun, bahan pelembab seperti apa yang terbaik untuk bayi?

Pelembab yang baik mempunyai tiga fungsi, yaitu:

1. Untuk menjaga cadangan air di kulit.

2. Dapat menarik air.

3. Untuk mengisi cadangan air di dalam corneocyte.


Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memakai pelembab. 

1. Waktu untuk menggunakan pelembab. 

Waktu terbaik untuk menggunakan pelembab adalah segera setelah mandi. Kira-kira 3 sampai 5 menit setelah mandi. Namun untuk yang memiliki masalah kulit seperti diaper rash, dapat mengaplikasikan pelembab sesering mungkin. 

2. Kondisi kulit saat mengoles pelembab.

Sebaiknya ketika mengoleskan pelembab kulit dalam keadaan baru dibasahi. Bila bayi tidak sedang habis mandi, basahi sedikit kulitnya dengan air agar kulitnya semakin terhidrasi sebelum memakai pelembab. 

Tentang Diaper Rash dan Kulit Sensitif

Tau kah Mak? Bila 7-35 persen bayi mengalami diaper rash / ruam popok. Dan kondisi ini biasanya dialami oleh bayi di rentang usia 9-12 bulan. 

Eh tapi bukan berarti bayi baru lahir tidak pernah mengalaminya. Anak Emak hampir semua pernah mengalami diaper rash ketika usia new born. Rasanya tentu sedih sekali. Dan tak jarang dikaitkan dengan alergi pada bayi. 

Tips Menghindari Diaper Rash

1. Jangan gunakan diaper terlalu ketat atau longgar.

2. Gunakan diaper yang sudah memiliki dermatologi test. 

3. Perhatikan cara penggunaan dan segera ganti setelah penuh.

4. Segera ganti popok setelah pup, lalu basuh pantat bayi menggunakan sabun.

5. Sebelum memakai popok wajib memakai pelembab.

6. Gunakan skin care, salah satunya adalah Vaseline Repairing Jelly Baby.

Vaseline repairing jelly baby

Kelebihan Vaseline Repairing Jelly Baby

Vaseline repairing jelly baby teruji secara klinis oleh dokter anak, berfungsi sebagai:

1. Memberi perlindungan ruam popok/diaper rash.

2. Mengatasi kulit kering dan terkelupas.

3. Mengurangi biang keringat.

4. Mempercepat regenerasi kulit pada area kulit yang disunat atau pun sel kulit baru di sekitar tali pusar.

5. Melembabkan bibir bayi.

6. Meredakan eczema.

7. Dapat menjadi kering pijat yang lembut.

Manfaat Vaseline baby


Nah Mak, sudah tau kan manfaat Vaseline repairing jelly baby? Ssssst.. bahkan Emak juga pake loh ketika kulit wajah terasa kering/kasar. Hasilnya? Luar biasa menghidrasi.

Kalau kamu Mak? Bagaimana caramu merawat kulit bayi?


Manfaat Vaseline repairing jelly baby






Reactions

45 comments:

  1. Baru tahu aku cha ternyata ada vaselin khusus bayi yaa? wah pasti kalau untuk bayi wanginya lembut dan imut yaa, rekomended ini karena yang vaselin untuk dewasa aku pun pakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes kak.. repairing jelly ada dua varian. Satu yang dewasa, satu lagi yang bayi. Tapi so far.. aku suka pake yang baby juga. Ampuh loh kak untuk wajah yang kemarin sempat kering.

      Delete
    2. bisa buat bibir juga kali ya cha? bibir kering banget ini pakai apa aja suka ga cocok.

      Delete
  2. Berarti Vaseline untuk baby ini bagus banget yaa untuk kulit bayi yang masih sensitif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bisa banget nih mb afi, akupun pakai yang untuk dewasa berasa bedanya kulit kenyal dan lembab.

      Delete
  3. Vaseline memang direkomendasikan untuk menjaga kelembaban ya..dulu pas berkesempatan umroh juga diwanti-wanti untuk bawa ini. Agar kulit ga bermasalah karena cuaca. Baru tahu kalau ada yg untuk baby juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Yg berangkat haji kayaknya rata-rata bawa vaseline deh. Udah kebukti. Sekarang ada produk buat bayi khusus.

      Delete
  4. Kurang lebih caranya sama sih, tapi baru tau kalo ada merk Vaseline untuk bayi. Kualitasnya pasti gak diragukan lagi merk Vaseline ini. Hmmmmmm, mungkin akan saya terapin kalo udah punya new baby lagi hahahaha

    ReplyDelete
  5. emang penting banget sih ya ngerawat kulit bayi, aku yang udh dewasa aja juga pake vaseline buat rawat kulit mba, hehehehe. Vaseline bayi ini pasti nyaman banget nih buat kulit bayi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mb, akupun kadang suka pakein punya bayi, lebih lembut dan wanginya beda aja gitu kan klo bayi hihi jadi penasaran juga akupun sama vaseline bayi si pinky-pinky ini.

      Delete
  6. vaseline ternyata mengeluarkan produk untuk baby juga ya, pasti bagus nih karena memang ahlinya untuk perawatan kulit kan

    ReplyDelete
  7. Siapa yang enggak kenal kualitas Vaseline untuk merawat kesehatan kulit...wah, kini ada Vaseline repairing jelly baby yang bahkan Emak juga bisa pakai ya
    Top banget biar kulit bayi dan emak terawat juga

    ReplyDelete
  8. Sekarang Vaseline ada khusus bayi juga yah kak, wah makin inovatif nih. Tips merawat kulit bayi juga bermanfaat banget nih.. aku yang udah lupa cara merawat bayi hehehe maklum jarak dengan kakaknya lumayan jauh. Terimakasih kak ini berguna banget buat nanti kalau aku sudah melahirkan

    ReplyDelete
  9. Waaah ada yang baru, Vaseline repairing jelly baby. Ngomong-ngomong saya punya teman di Jepang dan Korea. Mereka pada cerita, bayi2 di sana gak ada aromanya sama sekali. Ya saya jawab, ya iyalah. Bayi di Indonesia itu semua ditelonin sama emak2nya, disabunin, dikasih pelembab yg unyu2 dan wangi. Bayi2 di luar itu malah gak disabunin loh gaes. Wkwkwk. Jadi gampang bedain bayi Indo sama bayi luar.

    ReplyDelete
  10. kulit bayi yang kelamaan mandi sangat tidak baik dan bisa menyebabkan si bayi masuk angin, namun menggunakan vaselin repairing jelly baby pasti aroma sangat wangi dan aman untuk kulit bayi

    ReplyDelete
  11. Wah, Vaseline ppunya produk untuk bayi. Kulit bayi akan sangat terjaga.
    Btw, kasihan kalau bayinya mandi lama-lama.

    ReplyDelete
  12. Ini khusus untuk bayi tapi juga bisa dipake emaknya juga ya. Cakep lah nggak perlu beli produk lain lagi. Pokoknya kalo kulit bayi kering, Vaseline ini solusinya.

    ReplyDelete
  13. Minyak alami bayi. Ada ya. hehe... Bayi mandi tak boleh lama-lama ya. vaseline repairing jely baby bisa buat jaga kulit bayi nih...Bu Ibu nggak perlu bingun

    ReplyDelete
  14. Udah ada ya vaseline repairing jelly for baby, makin happy dong ngerawat kulit bayik, 👍 bisa pakai massage juga gak mak?

    ReplyDelete
  15. Keren nih ada produk vaseline khusus untuk bayi/ Memang nih bayi juga butuh perawatan khusus terutama untuk kulitnya

    ReplyDelete
  16. Jelb waktu baca tentang memandikan bayi nggak lebih dari 15 menit.

    Ouw Vaseline Repairing Jelly yang pink ini ternyata untuk bayi ya. Saya pakai yang biru soalnya di rumah.

    ReplyDelete
  17. aku bary tau loh ada vaselin jely baby, selama ini taunya yang kuning aja buat kita2. wah patut dicoba nih ya

    ReplyDelete
  18. Wah ternyata ada "metode" khususnya ya merawat kulit bayi, apalagi kulit bayi itu sensitif banget, penting nih untuk disimpan infonya. Jadi tertarik beli vaselin jely baby untuk keponakan :D

    ReplyDelete
  19. Wah saya baru tau nih kalau vaseline repairing jelly ada yang khusus untuk bayi juga...

    ReplyDelete
  20. Aku tahunya vaseline repairing buat dewasa aja, soalnya aku pake juga. Ternyata ada buat bayi. Pas banget dong, kebetulan aku lagi nyari buat anakku yang sensitif banget kulitnya.

    ReplyDelete
  21. Wahhh... ternyata Vaseline punya produk untuk baby pula. Kudet saya karena baru tahu ya karena baca tulisan ini. Sip sip.. bisa saya infokan ke temen yang mau punya baby :)

    ReplyDelete
  22. Cara merawat kulit bayinya lengkap bngt aku baru tahu loh mba kalau bayi gk boleh mandi lama2 dan aku gk pernah kasi pelembab jugak hihih vaseline sekarang ada ya produk khusus bayinya aman dipakai untuk kulit bayi yang lembut dan sensitif

    ReplyDelete
  23. Kulit bayi memang masih sensitif jadi ngak sembarang produk cocok buat kulit bayi dan aku baru tahu kalau vaseline punya produk spesial buat baby, bantu banget nih kalau bayi mengalami masalah kulit terutama penggunaan diaper yang bikin bayi rewel dan ngak nyaman.

    ReplyDelete
  24. Ternyata memandikan bayi terlalu lama nggak baik ya, gimana kalau anaknya suka main air mbak? apakah sama saja kurang bagus?
    Btw gemes banget sekarang Vaseline Repairing Jelly khusus Baby.

    ReplyDelete
  25. Wah baru tahu nih ada Vaseline utk kulit bayi. Emang kalau ada bayi biasanya jg ada masalah ruam kulit ya makanya kudu stock krim2 sepeeti ini TFS

    ReplyDelete
  26. Memandikan bayi ternyata nggak boleh kelamaan juga ya, daku juga melihat Ponakan daku waktu masih bayi, paling nggak sampai 10 menit udah kelar dimandikan sama kakak

    ReplyDelete
  27. Dulu aku kurang telaten urus perawatan waktu bayi, padahal bayi juga perlu perawatan kulit ya. Pikirku mulit bayi masih mulus ga perlu dirawat. Alhasil kulit anakku agak kering. Tapi kupakein vaseline skrg lebih halus

    ReplyDelete
  28. Karena belajar dari pengalaman beberapa temanku, jadi dari kecil sampai sekarang ini tuh masih kuberikan perawatan yang sama. Pakai body lotion yang aman untuk bayi dan anak, kalau kering kulitnya pasti ku kasih Vaseline.

    ReplyDelete
  29. Wah vaseline ada produk buat bayi juga, ya, mbak.

    ReplyDelete
  30. Wah, Vaseline sekarang punya produk buat bayi juga ya. Vaseline Repairing Jelly Baby. Bagus nih kayaknya. Yang buat kita aja bagus di kulitku. Kualitas Vaseline mah gak bisa diragukan lagi. Aku rekomendasikan ke adikku ah, biar anaknya pake ini.

    ReplyDelete
  31. wah ada ya vaseline khusus bayi. baru tau aku. bisa buat ilangin ruam popok juga. tau gitu pas anakku bayi dulu aku kasih vaseline ya. pernah ruam popok parah banget waktu itu

    ReplyDelete
  32. Jadi ingat, dulu sering banget memandikan bayi dengan air yang terlampau hangat, karena aku pakai takaran diriku sendiri.
    Sampai dimarahin Ibuku...heuheu~

    Ternyata ini sebabnya yaa..
    Agar kulit bayi tetap bagus, ga kering.

    ReplyDelete
  33. Vaseline Repairing Jelly bs membantu melembapkan bibir bayi juga ya, noted

    ReplyDelete
  34. Kulit bayi yang sensitif tentunya harus dirawat dengan baik dan berhati-hati. Makasih tipsnya mba :)

    ReplyDelete
  35. Ini produk barunya vaseline ya mbak? Wajib punya nih buat para ponakan. Soalnya perawatan kulit bayi gak bisa sembarangan kan ya mbak.. Makasih tips dan info tentang vaseline nya..

    ReplyDelete
  36. Aku tau vaseline itu khusus orang dewasa ya, ternyata ada ya untuk bayi , karena kulit bayi kan masih sensitif jadi gak boleh sembarangan milih produk.

    ReplyDelete
  37. Kulit bayi juga butuh pelembab ya, baru tau saya. Saya pikir kulit bayi sudah halus loh, baiklah mau coba pakai pelembab untuk bayi juga nih

    ReplyDelete
  38. Informasi penting banget nih, buat mamah-mamah muda. Biar ga bingung merawat kulit bayinya..

    ReplyDelete
  39. Wah Vaseline ada khusus buat merawat kulit bayi yah. Bahkan buat yang bayi baru lahir dan kulit sensitif. Rekomen deh nih 🥰

    ReplyDelete
  40. Loh ada ya vaseline khusus bayi? Baru tahu saya. Memang menjaga kulit bayi harus ekstra hati-hati ya. Tidak boleh coba-coba

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️

Total Pageviews