Saat Si Kecil Ruam Popok
fimela.com

Hampir semua bayi, rasanya pernah mengalami ruam popok mulai dari yang ringan hingga berat. Apa sih sebenarnya penyebab ruam popok? 


Ruam popok adalah kondisi kulit teriritasi akibat penggunaan popok. Meskipun terkadang bukan 100 persen diakibatkan dari diapers yang dipakai oleh bayi.

Biasanya ada beberapa hal yang menyebabkan ruam popok terjadi.

1. Bakteri dan amonia 
Bakteri memang mudah sekali berkembang di dalam diapers ataupun popok yang digunakan oleh si kecil. Apalagi kulit bayi adalah kulit yang sensitif karena bayi mudah sekali kehilangan kelembaban di kulitnya. Karena kulit bayi masih lebih tipis dibanding kulit orang dewasa.

Memang bakteri dan amonia yang terdapat dalam pipis dan pup bayi sangat cepat sekali membuat kulit bayi menjadi kemerahan tanda ruam telah terjadi.


2. Cuaca panas atau gerah
Bayi mudah berkeringat,  bahkan di udara dingin sekali pun. Terkadang cuaca panas langsung bereaksi pada kulit bayi sekitar bokong.  Karena di sekitar bokong dan paha banyak terdapat lipatan kulit.

3. Penggunaan diapers yang terlalu ketat
Sebaiknya emak harus memilih diapers yang pas dengan ukuran bayi. Jangan terlalu ketat karena akan mengakibatkan kulit bayi kekurangan kelembaban yang diakibatkan udara yang tidak bebas keluar masuk dari diapers atau popok.

4. Kurang steril 
Emak kan sudah tau ya, kulit bayi itu sensitif. Ruam popok boleh terjadi karena tidak steril saat mengganti popok.  


So, sebaiknya apa sih yang harus dilakukan agar ruam popok tidak terjadi. Yuk kita cek satu persatu bagaimana merawat kulit bayi agar terhindar dari ruam popok sekaligus mengobati ruam popok bila sudah terjadi.

★ Bersihkan kulit bayi dengan benar

Saat mengganti popok, usahakan tangan emak dalam keadaan bersih.  Ganti popok dengan mengelap handuk hangat yang bersih, atau gunakan tisu basah khusus bayi. 

Bila bayi termasuk yang sensitif sekali, gunakan tisu basah yang tanpa parfum atau fragrance. Tisu basah pun harus based on water ya. Bukan alcohol.  Karena alcohol selain membuat kulit perih, akan membuat jaringan kulit si kecil yang baik ikut terluka.  Kasian kan mak..

Untuk si kecil yang sudah berdiri,  sebaiknya dibersihkan dengan air mengalir dan sabun bayi yang lembut. Keringkan dengan benar sebelum memakai popok yang baru.

★ Ganti popok segera

Bukan tidak mungkin, emak tidak sadar bila bayi sudah pup  ketika emak tinggal mencuci piring. Kadang bayi yang masih kecil tidak terlalu menyengat pup nya, sehingga kadang emak gak sadar sampai si kecil menangis karena sudah tidak nyaman.

Begitu emak sadar dan mengganti popok, mulai lah sudah terjadi merah ruam pada kulit bokongnya. Maka sebaiknya bila bayi emak tinggal untuk mengerjakan pekerjaan rumah, langsung cek diapers untuk menghindari keterlambatan penggantian popok.

★ Stop dulu diapers sekali pakai

Biasanya,  bila terjadi ruam popok pada si kecil saya menghentikan sementara bayi dari penggunaan pospak atau popok sekali pakai. 

Bayi pun saya biarkan dalam keadaan bokong tanpa penutup agar kulitnya cepat kering. Bila ruam popok tidak parah biasanya saya biarkan dalam 2-3 jam tanpa penutup.

★ Memakai produk bayi untuk ruam popok

Emak pasti pernah donk ya beli krim/salep bayi untuk mengurangi atau mengobati ruam popok. Gunakan produk tersebut bila bayi mengalami ruam popok. 

Tapi,  buat emak yang suka efisiensi seperti saya biasanya memakai produk alternatif bila tidak punya produk khusus ruam popok.  

Produk alternatif ruam popok biasanya tersedia di rumah loh. Selama ini emak mengatasi ruam popok dengan produk-produk tersebut. 


Nah.. Itu lah beberapa tips buat emak yang anaknya mengalami ruam popok. Jangan terlalu panik ya mak. Namun, bila ruam popok terjadi semakin parah biasanya disebabkan oleh alasan lain. Ini butuh pengecekan dokter spesialis anak atau dokter kulit ya mak. Sekian tips dari Emak. Semoga bermanfaat.  

40 Comments

  1. Alhamdulillah anakku jarang ruam meskipun pakai merk diapers apa aja. Tapi tips tips ini berguna banget buat kami orangtua apalagi yang punya anak pertama. Tfs

    ReplyDelete
  2. Tingkyuuu tipsnya
    Karena beberapa ortu muda sering panik dan clueless kalo anaknya ruam popok sih ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Nah, iya, Mbak Icha. terkadang bayi rewel terus. Padahal popok sudah diganti. Ternyata ada ruam-ruam. Dan harus segera diatasi, soalnya bisa menjalar. Apalagi ini cuaca tak menentu. kadang panas sekali. Biang keringat pada anak dan bayi pun bisa muncul. Tipsnya keren, Mbak.

    ReplyDelete
  4. Kalau aku dari dulu produk andalan ngatasin ruam adalah minyak zaitun mak. Selain aman juga selalu ada di rumah kami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh itu bisa dibaca di next postingan kak. Dan minyak zaitun salah satu produk multifungsi di rumah kami

      Delete
  5. cocok-cocokan ya mbak penggunaan popok pada bayi
    Oh ya, penting juga sih tau hal2 yg bikin ruam itu muncul
    TFS yah mbak buat sharingnya

    ReplyDelete
  6. Bener banget Kak, kulit bayi sangat sensitif, makanya harus terus dirawat biar nggak kena bakteri atau ruam, kasian belum bisa bersihin sendiri ya Kak

    ReplyDelete
  7. Infonya bermanfaat banget . Soalnya ruam kulit karena popok itu enggak nyaman buat baby, mungkin perih terus baby jadi rewel dan emaknya ikutan panik juga

    ReplyDelete
  8. Aku dulu disaranin dsa pake salep myco-z mba.
    Ampuh, sekali oles saja ruam hilang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awak lebih sering pake produk alternatif di rumah kak, wkwkwk

      Delete
  9. Ryam popok merupakan salah satu hal yg menyedihkan bagi oara mm ya, terimakasih u/ sharingnya mba.

    ReplyDelete
  10. Anakku dulu pernah parah ruam popoknya, ternyata dia alergi pada diapers tertentu. Duh, maka bersyukur kini diapers banyak berbahan lembut, alami dan nyaman dikenakan. Kalau 14 tahun lalu enggak elengkap sekarang. TFS , bermanfaat tips ruam popoknya

    ReplyDelete
  11. Iya, kadang suka liat bayi ruam karena popoknya terlalu ketat, gaboleh kan ya seperti itu mbak.... Oke deh, thanks infonya

    ReplyDelete
  12. Ruam popok emang sering terjadi pada bayi. Dan kalo udah terjadi seperti itu biasanya aku tuh kurangi pemakaian diapers.

    ReplyDelete
  13. keingat waktu anak saya masih bayi
    benar benar telaten deh merawat area sensitifnya
    karena ingat ada anak tetangga yang kena rumah popok
    jadi ga mau anak sy jg kena
    jadilah meski boros dgn membeli diapers yang nyaman tentu harganya lumayan dan sering ganti trus juga beli krimnya..tapi ya anak saya ga kena ruam popok

    ReplyDelete
  14. aku waktu kecil kayaknya pake popok kain deh, tapi adekku yang terakhir pake popok yang beli, dan untungnya ummi selalu memperhatikan jadinya tidak pernah terjadi ruam karena popok ketat atau gak steril

    ReplyDelete
  15. awak pakai myco z kak biasanya. dan alhamdulillah anak awak cocok

    ReplyDelete
  16. Dari ke-3 anakku, si bontot yg pernah ruam nih, karena aku ganti merk diapers, ternyata gak cocok dgn merk tersebut, kasihan merah sampai luka gt, untung penanganan aku cepet, jd cuma 2 hari aja udah mendingan, krna lsng stop diapers sama sekali

    ReplyDelete
  17. Maksih tipsnya berguna banget ini jd nambah pengetahuan. Siapa tau nanti punya bayi lg jd tau dwh

    ReplyDelete
  18. Dulu anak pertama ku ruam popok sampe merah sekali di daerah lipatan paha atas , sampe sedih lihat nya karna dia jadi rewel . Persis seperti tips mbak aku lakuin Alhamdulillah cepet ilang ruam popoknya

    ReplyDelete
  19. Kalo anak aku dulu pernah nggak cocok karena ganti merk, wkwk. Mungkin bahannya yang kurang lembut di kulit anak. Jadi memang harus pilih yang pas juga. Makasi tips nya ya kak.

    ReplyDelete
  20. kurang steril juga bisa menyebabkan ruam ya. Duh, jangan sampai deh ya memberikan bayi yang tak steril. kasihan

    ReplyDelete