Aturan Masak di Slow Cooker




Hai Mak.. selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah ya..  Semoga amalan kita selama Ramadhan diterima Allah SWT dan kita tetap menjadi pribadi yang baik meskipun sudah keluar dari tarbiyah Ramadhan. Jangan sampe deh pas Ramadhan tahan untuk tidak Ghibah, habis Ramadhan malah Hobi Membuka Aib Orang lain seperti ceritanya Mas Agung. Iih jangan ya..


Btw, aku mau kasih beberapa tips and trik ni buat emak yang punya slow cooker tapi jarang dimanfaatkan. Cuma beli pas lagi heboh masak MPASI habis itu bingung buat masak apa lagi. Yihaaaa, cerita dulu yuk awalnya..

Ini tuh pengalaman aku masak pertama kali buat persiapan Syawal. Alias masak buat hari raya. Selama menikah, udah 10 tahun ini ketemu sama sebelas kali Ramadhan, aku belum pernah buat persiapan buat masak-masak. Maklum aja, setelah shalat Ied, aku dan suami beserta anak pasti langsung ke rumah mertua atau rumah mama buat sungkeman dan makan. Jadi emang gak pernah di rumah nerima tamu buat hari raya.

Akhirnya kejadian, mama lagi sakit. Si kakak yang tiap tahun kena jadwal masak lagi persiapan lahiran. Udah keluar tanda lahir genkss... Gak mungkin juga disuruh masak. Akhirnya aku lah yang ditunjuk buat masak. Sebenarnya cuma 3 menu aja yang harus aku siapkan. Bebek panggang, Kalio entok dan juga kuah sayur buat lontong. Tapi karena mama sakit, aku gak bisa langsung masak dari siang hari. Masih harus membuka warung yang ramai dengan orang belanja karena persiapan lebaran. Kerjaan parut kelapa lebih dari 30 buah pun tuntas dilakukan di warung. Akhirnya warung bisa tutup setelah jam 10 malam. 

Setelah warung tutup, aku coba nidurin dek Ghazi dulu, bareng kakaknya Zia. Entah energi apa yang mereka punya, hingga jam setengah 2 malam belum tidur juga. Pengen nangis tapi gak juga bisa bikin mereka tidur. Hihi. Akhirnya si adik yang nemenin aku masak, memisahkan duo krucil itu. Setelah Zia bobok, gak lama Ghazi bobok. Aku mulai masak, baru 15 menit Ghazi gentayangan lagi mengganggu emaknya masak. Ya sudahlah dinikmati saja masak sambil diganggu. 

Pertama kali aku masak bebek panggang. Agar dagingnya enak dan lembut, sebelumnya aku masukkan dulu ke slow cooker. Untungnya sebelum jam 12 malam udah bebek duluan masuk slow cooker beserta bumbunya. Jam 3 aku angkat untuk memasukkan ke oven. Sebelum dimasukkan ke oven, dibungkus dahulu dengan aluminium foil. Biar gak tumpah-tumpah bumbunya. Dua jam dioven, bebek pun beres. 

Kebetulan slow cooker yang kami pakai punya si kakak. Ukurannya lumayan besar hingga muat masuk 2 bebek sekaligus. Beres dengan bebek, aku masukkan entok yang mau dikalio. Oh ya, gimana cara masak dengan slow cooker? Ternyata cukup mudah.

Slow cooker yang orang Indonesia tau cuma buat MPASI doank. Padahal slow cooker bisa buat masak apa aja. Khususnya yang berkuah. Seperti sup, soto, gulai, Kalio, dan lainnya.

Tapi ada beberapa hal yang penting untuk kita ketahui. Apa tuh? Ini dia :

Aturan Masak di Slow Cooker:

1. Namanya juga slow cooker alias pemasak lambat, jadinya rentang waktu memasaknya antara 4-12 jam tergantung dari pilihan button atau setelan masak yang kita pilih. Pilihan tombol pada kebanyakan slow cooker adalah high dan low. Bila memilih tombol low, maka kita memasak antara 10-12 jam tergantung apa yang kita masak. Bila memilih tombol high waktu masak antara 4-6 jam.

2. Bila memasak sup udang atau ikan atau sayur seperti kentang wortel, cukup 4 jam dengan tombol high, dan 10 jam dengan tombol low.

3. Bila memasak daging yang agak keras seperti kambing, sapi maupun entok sebaiknya hingga 6 jam dengan tombol high, dan 12 jam dengan tombol low. Agar daging benar-benar bertekstur lembut.

4. Jangan pernah membuka tutup slow cooker ketika posisi sedang memasak. Karena slow cooker tidak perlu diaduk dan dikarenakan memiliki tutup kaca transparan kita bisa melihat proses memasaknya.

5. Letakkan garam di akhir masak. Sebaiknya 5 menit sebelum kita matikan. Nah pemberian garam juga kita beri saat kita pindahkan tombol memasak ke tombol off dulu. Jangan dibuka saat memasak. 

6. Pemberian santan dimasukkan 15 menit sebelum kita matikan slow cooker. Jangan lupa selalu pindahkan tombol off dulu ya.

7. Jangan lupa untuk membaca aturan Masak yang terdapat di slow cooker yang kita punya. Kadang ada beberapa perbedaan antara satu merk dengan merk lainnya.

8. Jangan memasukkan air terlalu banyak hingga mengenai tutup slow cooker, untuk mencegah kuah tumpah ruah saat proses memasak.

Mungkin kalian bertanya-tanya, aduhai lama banget masak di situ.. apa enaknya sih?
Nah dulu saya kepikiran seperti itu, hingga mama menyuruh kami pindah di sebelah rumahnya. Ini berakibat sekolah anak kami akan jauh dari rumah. Sementara anak sekolah hingga jam 3 sore. Bagaimana bila masak buat bekal gak terkejar. Kadang terasa lelah bila harus masak mulai jam 4 pagi kan..

Jadinya, slow cooker ini bisa diandalkan banget. Di malam hari sebelum tidur, kita bisa masukkan semua bahan masakan di slow cooker dan ketika bangun subuh, makanan sudah siap. Tinggal diberi garam saja. Praktis kan?

Beberapa Keunggulan Slow Cooker:

1. Tidak perlu repot berlama-lama di dapur. Cukup masukkan semua bahan ke dalam slow cooker dan voila.. makanan hampir jadi.

2. Tidak perlu diaduk, ditungguin apalagi dimandorin hihi.. tinggalkan saja.. bisa disambil tidur malam atau mengerjakan kerjakan lain bila masak di pagi hari untuk makan siang.

3. Tidak perlu tambah penyedap. Karena proses masak slow cooker itu lambat, membuat sari makanan keluar dengan rasa asli yang manis. Beda hasilnya dengan masak di kompor apalagi presto.

4. Hasil masakan slow cooker sehat, karena nutrisi makanan tetap terjaga dikarenakan masak dengan suhu rendah dan juga menggunakan keramik (porselen). Bagus juga nih untuk masak obat herbal atau jamu.

5. Gak pake minyak. Jadi hemat juga kan... Biasanya aku selalu ngoseng bawang dulu sebelum masak sup. Tapi sekarang dengan slow cooker gak perlu lagi tuh. Cukup masukkan semua bahan termasuk ayam atau udang. Lemak/minyak asli daging akan keluar sehingga lebih gurih.

6. Hemat listrik. Ini tergantung juga sih merk slow cooker dan juga berapa liter kapasitas yang kita pakai. Semakin kecil semakin hemat. Tapi saya suka slow cooker yang besar biar praktis masak buat sekeluarga.


Nah.. itulah beberapa pertimbangan kenapa akhirnya aku memilih slow cooker untuk memasak. Cocok banget digunakan untuk emak anak banyak kayak aku.. hahaha..

Semoga info ini menambah insight tentang slow cooker ya.. karena memang di Indonesia masih jarang digunakan selain buat MPASI. Namun di negara maju slow cooker sering digunakan agar nutrisi makanan tetap terjaga hingga 90 persen. 

Kalo kamu Mak, udah pernah pakai slow cooker belum? Atau punya tips lain yang belum aku tulis? Ngobrol yuk di box komen..
Reactions

23 comments:

  1. Sejak lama saya ingin punya slow cooker, tapi lama kelamaan malah lupa dengan keinginan ini. BAca tips -tipsnya membuat saya ingin punya lagi. :D

    ReplyDelete
  2. Slow cooker ini perlu sekali untuk bikin MPASI ya, scr kan masaknya bisa lebih santuy dibandingkan masak bubur manual hihi..

    ReplyDelete
  3. Alfie baru tau kalau ada slow cooker. Maklum aja kak, masih udik banget ya...

    Tapi slow cooker itu ga bahaya ya kak? Misalkan kalau masak, kemudian ditinggal tidur. Kan bisa khawatir bahaya.

    Trus misalkan masak sayur atau MPASI. Apakah kandungan vitaminnya aman? #eh

    Belinya dimana kak? Mau coba juga nih. Pengen tau aja sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bahaya kak. Tergantung berapa lama setelan kita. Memang antara 4-12 jam tergantung button nya. Eh di Mabar, di sun kado ada loh kak.. hahaha lebih murah daripada beli online. Seriusss

      Delete
  4. inilah mak...pas kali lah awak pingin beli slow cooker ini, baca ini jadi pingin yambah beli., secara ya kan dah nambah satu anggota kami pas lah untuk mpasi dan yang lain tetap bisa dipake ya kan...

    ReplyDelete
  5. klo gk pake minyak, terus hasil gorengannya gmn kak? apa sama kayak hasil gorengan biasa atau teksturnya mirip hasil nggukus?

    ReplyDelete
  6. Yg hobi masak cocok juga ni beli kayak ginian 😅👍

    ReplyDelete
  7. jadii gak rugi ya kak beli slow cooker, bisa dipakai buat yg lain jg

    ReplyDelete
  8. Baru ini tau ada alat memasak namanya slow cooker . cocom juga zik belik pas nanti nikah wakakakakaa atau ada yg kasi hadiah ni pas zik nikah hahahaha

    ReplyDelete
  9. Aku punya slow cooker hadiah anak murid waktu nikah dulu eh tapi kutingga di rumah ini padahal belum dicoba sama sekali. baca ini pas mudik nanti bawa aja deh slow cookernya ke pekanbaru. hehehe...

    ReplyDelete
  10. yg sy tau baru panci presto.. ternyata ada ya slow cooker..btw itu daya listrik brp watt ya kak? untuk pemakaian pertama dan selanjutnya? terus klo seandainya mati pln gimn? bisa pindah ke kompor gas dng api kecil ga?

    ReplyDelete
  11. Baca ini jadi tahu tentang slow cooker.
    SAya kira nggak sehat, karena dimasaklama. Ternyata tetap sehat. Dan ternyata bisa untuk memasak menu seluruh keluarga

    ReplyDelete
  12. Buat yang punya banyak aktifitas di rumah. Keberadaan slow cooker ini ngebantu banget ya, jadi bisa disambi-sambi gitu

    ReplyDelete
  13. Kalau bikin bubur sumsum bisa juga pake slow cooker ini ya Cha... buat camilan anak2 hehe

    ReplyDelete
  14. wah kudu coba nih saya, belum punya juga sempet ragu mau beli hehe. maksih infonya mba.

    ReplyDelete
  15. Yaa Allah Mbaak, saluut sama tenagamu. Kalo aku udah jam 19 malam ya tidur, gak jadi masak.

    Slow cooker dulu sering make buat bikin bubur bayi dan bikin sup, sekarang dah gak punya.

    ReplyDelete
  16. Baru tahu dan aku mana betah masak yang super slow seperti itu hihu... Sesuai nama ya.. kirain slow cooker itu cuma untuk menasi lauk pauk aja rupanya bisa buat masak juga ya

    ReplyDelete
  17. Saya baru tahu nih ada alat masak namanya slow cooker. Btw, kalau masaknya lama begitu apa gak nguras listrik mbak? Tapi mungkin daya yang dikonsumsi kecil ya

    ReplyDelete
  18. Wkwkwk aku punya ini palingan dipakai kalau di hari raya, arisan ataupun pas ada acara di rumah buat naruh kuah soto, bakso dll. Alasannya cantik aja di meja wkwkw. Masaknya tetep manual pakai kompor,setelah matang baru diangkat kuahnya. Ya Allah berasa duduls gini, lupa fungsi utamanya ya slow cooker 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  19. Saya dulu pakai slowcooker untuk bikin mpasi anak. Padahal emang sistem masaknya lama kan, eh tapi saya lebih lama lagi ampe gosong 😖. Terus tutup kacanya juga ga sengaja pecah gara-gara main angkat tanpa sarung tangan. Haduuuh maklum waktu itu jadi ibu baru, kurang tidur, pikiran jadi kemana-mana, hahaha

    ReplyDelete
  20. weh aku baru tau ada slow cooker gini
    jadi tercerahkan dan penasaran pengen beli hahha

    ReplyDelete
  21. Aku belum pernah kan ya masak di slowcooker. Tapi, jadi tertarik soalnya bener juga ya. Kalau masak soto betawi pakai daging. Kan bisa ditinggal gitu. Masak malem, eh paginya udah bisa mateng tanpa perlu diaduk-aduk gitu. Terus beberapa resep bikin bubur kacang ijo banyak yang rekomendasiin pake slow cooker juga. Katanya hasilnya bisa mirip kaya bubur di abang-abang

    ReplyDelete
  22. aku di rumah ada slow cooker tapi gak tau cara pakenya,ehh ternyata setelah aku baca ini cara masaknya sangat lama keburu aku terburu laper jika masak menggunakan slow cooker

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️

Total Pageviews