Tips Aman belanja Online


Yihaaa..
12 12 datang kembali. Ih, emak-emak pasti seneng banget kalo ada promo belanja gila-gilaan. Rasanya, kalo gak ikut itu rugi kebangetan. Haha.


Eh tapi emak-emak harus cermat ya, jangan sampai gara-gara diskon sampe lupa belanja dengan aman. Soalnya aku pernah banget ya, belanja online tapi kecewa luarrr biasa. 

Apa aja sih masalah yang sering dirasakan konsumen saat belanja online? Ini nih, 3 masalah belanja online yang paling sering dialami.


1. Barang gak sesuai ekspektasi

Pernah mak? Ya pernah lah.. haha. Pas liat gamis dipajang di toko online, ekpektasiku gamisnya pasti nyaman banget, cantik. Ehhh abis unboxing paketan setelah beberapa hari gak sabar nunggu, rupanya gak mirip sama fotonya. Entah itu karena si penjual bohong, entah karena hasil editing poto atau karena si penjual mencuri foto toko lain, tapi menghadirkan barang kw 3 nya. Entahlah, hanya dia dan Tuhan saja yang tau.

2. Barang datang dalam bentuk ambyar

Maksudnya gini, kakakku pernah beli elektronik secara online. Pas dibuka, ternyata ada bagian yang patah. Minta ganti donk ke penjualnya. Hasilnya? Yap, penjual lepas tangan karena dia bilang itu kesalahan ekspedisi. Gak asyik banget kan ya..

3. Lain yang dipesan, lain yang datang

Bukan karena penjual bohong sih, ini murni karena penjual kurang teliti. Aku beli sesuatu di tokonya, yang kuminta ukuran M, yang datang ukuran berbeda. Kalo mau retur boleh. Tapi rugi di ongkir donk ya, trus lama pula sampenya.. hikss


Here we go.. aku punya tips belanja online yang aman buat kita para emak yang gak suka keluyuran tapi paket selalu datang, wkwkwk (padahal bukan gak suka keluyuran, tapi repot kalo harus ngemol bawa 5 anak)


Lihatlah toko yang dituju secara teliti
Sebelum belanja online dan memutuskan untuk membeli di sebuah toko, biasanya aku mereview toko tersebut. Lihat integritas toko dan produk yang dipajangnya melalui banyak feedback/komen yang dipajang oleh para konsumen. Kalo bagus, biasanya juga gak jauh beda dari harapan kita.

Bandingkan harga dengan toko lain
Nah jangan asal murah ya.. nanti ternyata yang datang barang gak asli. Capek-capek nunggu gak taunya barangnya lain dari apa yang kita ekspektasikan. Cek dulu ke lain toko, normalnya berapa sih harga yang pas buat barang X misalnya.

Beli di platform e commerce terpercaya
Untuk seluruh masalah belanja online, sebenarnya yang paling penting adalah memilih platform e commerce yang terpercaya. Andalanku ya blibli.com

Kenapa harus blibli.com?

Adanya layanan Retur
Kenapa retur menjadi penting? Ya jelaslah.. untuk kepuasan kita sebagai pembeli tentu harus dipermudah oleh adanya layanan retur. Kalo kita merasa barang yang dipajang berbeda dari yang kita terima, tinggal klik aja layanan retur. So..gak ada lagi cerita barang yang dipesan berbeda dari yang diterima.

Caranya pun cukup mudah, kamu tinggal klik aja “pengembalian” di menu yang terdapat di profile akun blibli kamu. Isi formulirnya trus bisa deh memilih salah satu dari 5 cara pengembalian. Gratis atau bayar? Gratissss donk!!!!

Salah satu cara retur adalah mengirimnya ke alamat spot retur di beberapa kota. Kamu boleh cek, klik di kota mana kamu tinggal.


Beberapa alamat pengembalian/retur


Mengantar ke spot retur hanya salah satu cara. Kalo kamu terlalu sibuk kayak mak Ali, boleh minta jemput. Gratis juga? Yoiii. 

Ssssst, bukan cuma buat pembeli aja loh, ternyata banyak juga penjual/seller yang senang dengan adanya layanan retur. Mempermudah mereka seandainya ada pembeli yang ingin mengembalikan produk mereka. 


Adanya asuransi pengiriman
Asuransi inilah jalan keluar bagi penjual yang gak mau dicomplain kalo ternyata paketan kita ambyarrr. Pesen kuali ternyata telinganya patah, kan gak enak banget.. 
Makanya blibli.com sangat mengerti keinginan kita para konsumen agar merasa aman saat membeli barang di marketplace.

Merchant care 24 jam
Tidak ada hari libur untuk melayani pembeli seperti kita. Mulai Senin hingga Ahad, 7 hari dalam seminggu, 24 jam nonstop. Itulah makanya bukan hanya pembeli yang senang, bahkan kalo kita Berjualan di blibli.com, layanan merchant care juga kita terima. Asyik banget kan..

Ada banyak cara yang bisa kita pilih untuk dapat layanan ini, kita bisa chatting langsung dengan customer service di tools merchant care, bisa juga telpon ke 0804-1-871-871. Atau boleh kirim email ke customer.care@blibli.com


That’s it..
Itulah beberapa tips dari emak Ali tentang keamanan belanja online. Semoga membantu buat menghadapi promo harbolnas ya..

120 Comments

  1. Saya pernah kapok belanka daring kala belikan anak tas sekolah di keponakan. Keponakan jadi reseller. Dari fotonya terlihat bagus tetapi ternyata barangnya tidak bagus dari segi bahan dan jahitan. Hu hu. Lebih bagus bahan dan jahitan buatan ayah keponakan karena lebih kuat dan rapi.
    Susah juga jadi reseller kalau pemilik usahanya tidak mengedepankan kualitas.
    Saya lebih milih beli langsung saja di toko, kecuali kalau memang barangnya termasuk bermerek dengan kualitas baik, pasti saya beli secara daring jika memungkinkan.
    Oh ya, BliBli bikin penasaran lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo barang seperti tas, sepatu dan baju memang saya suka detail banget chat ke penjual mba..
      Dan memilih melihat real pic. Hehe

      Delete
  2. Aku pernah, Mbak beli tas sampe rumah dah ambyar, lepas tali dan kopek-kopek kulitnya...
    Juga pernah beli tripod, eh enggak ada kakinya satu (lepasan kan)...
    Padahal kalau diretur dah ribet juga lama banget
    Kalau Blibli ada jaminan gini jadi tenang hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh mba dian, aku gak kebayang beli tripod kok malah dapet dua kaki.. Untung kalo di blibli bisa retur tanpa kena ongkir ya kan

      Delete
  3. Emang perlu banget ada layanan retur ini kk, kadang suka nyesek liat barang yang datang tak sesuai keinginan. Pengen ikhlas namun tak rela. Kalau retur kan biar pedagangnya bisa tanggung jawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes kak dyah.. Dan enaknya layanan retur punya 5 cara dan semuanya gratis ongkir

      Delete
    2. Jadi makin tenang belanja di Bli bli ya kakak.. CAkep dah.

      Delete
  4. Pernah beberapa kali belanja online ga sesuai ekspektasi kecewa bgt pastinya. Mo di retur prosesnya ribet bgt jd males kan. Ini seriusan ya mom Blibli ada jaminan gini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kujuga tertarik banget...retur barang bisa dijemput, gratis lagi. Memang juwaraa layanan Blibli!

      Delete
    2. Bener donk mba Leha Barqa, semuanya gratis ongkir buat retur. Asyik kan ya..

      Delete
  5. Mbak. Artikelnya bagus, tapi klo buka di hp, tulisannya kecil2 dan guratannya halus.. bagi sy yg mata minus silinder..kebaca sih tp remang2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kah mba Gina? Kalo gitu saya nanti tukar template ya..
      Maaf ya mba, jadi kurang nyaman..

      Delete
  6. Wah sayang sekali ya. Barang patah tapi kurang tanggung jawab. Kalau itu baling-baling drone, pasti bikin ngenes. Btw soal Blibli, saya udah sering banget belanja disana. Dan puas banget pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya ya kang amir, kalo udah puas sama marketplace yang ini, jadi gak bisa pindah ke lain hati

      Delete
  7. Wah iya mba. Aku lagi pengen belanja online nih. Tapi sayangnya aku lagi mudik. Jadi nggak bisa belanja online padahal mah pengen ngeborong ini itu. Apalagi belanja di blibli ya. Soalnya terpecaya 😊

    ReplyDelete
  8. Aku pernah banget ngalamin beli barang yang datang beda,.mau dikembalikan ribetnya naudzubillah. Emang penting banget ya mbak buat milih e-commerce terpercaya seperti Blibli. Kalau ada apa-apa dengan orderan, bisa cepat dicari solusinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan yang terpenting, solusinya bikin kita puas mba Ajeng. Gratis soalnya.

      Delete
  9. Aku udah bagian dari seller blibli loh kak. Kurasi nya panjang tapi emang bener bemer diperhatikan dari segi kualitasnya. Enaknya mereka menyediakan pengemasan untuk produk kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah selamat ya mba.. semoga sukses dengan bisnisnya. Iya gratis packaging pernah aku tulis juga di artikel sebelumnya

      Delete
  10. Yei, aku kemarin sempet beli barang di Blibli dan puas loh kak. Pengirimannya cepet, packingnya kuat, dan cara memesannya sederhana. Seneng belanja di Blibli

    ReplyDelete
  11. hehehe... iya nih pernah mengalami masa-masa kalap saat harbolnas.
    Saya juga pernah, pesan ukuran apa, yang datang ukuran apa.
    Dari situ dijadikan pengalaman, kalau mau beli-beli, baca review para pembeli sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mba, baca review itu penting banget biar kita tau track record toko tersebut.

      Delete
  12. Trus kan cha, kalo belanja di blibli cepat kali sampe.
    awak kemaren beli meja kecil yang warna warni ntu, perasaan barusan trf siangnya kok ya dah datang.
    trus kalo beli skincare, sering lebih murah dari di counternya.
    pengalaman pribadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak vi, yang paling kerasa itu, pas beli kosmetik kok jauh lebih murah daripada di emol. Hehe

      Delete
  13. tanggal 12.12 kemarin saya kurang antusias belanjanya hehehe gak seperti waktu 11.11 semangat berburu diskon :D kalau belanja online saya selalu pilih e-commerce yang memang udah terpercaya amannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti mas, mesti yang terpercaya kayak blibli.com

      Delete
  14. Kebetulan 12.12 ini aku punya voucher jadi bisa ikutan ramein promonya. hehe. Betul sekali mb, belanja online tidak aman aman saja tanpa teliti. Ngarep barang bisa langsung dipakai pas datang, eh ternyata hancur.. kan rugi waktu juga kalo return

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya, voucher nya sampe jutaan ya mas, mantabbb

      Delete
  15. Layanan retur membantu banget sih ketika belanja online. Kalau barang elektronik yg bisa retur dan garansi baru sih aku check out

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persis mba. Apalagi blibli returnya gratis ongkir

      Delete
  16. Aku sudah jebol beberapa juta bulan inih..barengan sama ultah anak aku . Terus ada sale 12.12 kelar deh hidup akuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu., emak kayak kita kalo udah buat anak katanya, suka lupa diri

      Delete
  17. Wah pasti seru nih Harbolnas kemarin ya, karena banyak beberapa teman mendapatkan barang yang mereka inginkan. Tapi emang aku kalau belanja online pasti ke Blibli loh, karena memang beberapa barang yang ku butuhkan biasanya ada disana.

    ReplyDelete
  18. aku pernah belanja online di online shope, pas barangnya sampe ga sesuai dengan digambardan ga sesuai dengan descripsi yang ada di gambar. juga ga bisa di return.

    mau cobain ke bli bli, kalo memang ada layanan return dan prosesnya juga cepat dan tidak di php in mah.

    ReplyDelete
  19. Tipsnya bisa diikutin nih, iya mbak, kadang aku juga kena gitu, kan mau beli tas, ya rupa di layar beda sama rupa langsungnya, auto down aku wkwkwkwk

    ReplyDelete
  20. Aku udah pengalaman tahun lalu. Kualitasnya ambyar abisss. Akhirnya kemarin gak panik pas tahu ada 1212, dan mutusin beli makanan aja di tempat favorit via gofood. Harganya miring abis, tapi pas makanannya nyampe, porsinya beuh, jauh beda sama kalo beli harga normal. Kekeke. Yaa kena lagi deh.

    ReplyDelete
  21. Huhu, aku sering banget tuh ngalamin masalah nomor 1 dan 3. Iya memang, belinya di toko sembarangan. Dan iya juga, kalo beli di Blibli mah memuaskan. Kemasannya rapiii

    ReplyDelete
  22. Huhu, aku sering banget tuh ngalamin masalah nomor 1 dan 3. Iya memang, belinya di toko sembarangan. Dan iya juga, kalo beli di Blibli mah memuaskan. Kemasannya rapiii

    ReplyDelete
  23. Pastikan reputasi toko bagus untuk menghindari ketidaksesuaian produk.
    Itu hal pokok dalam belanja online.

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah sih selama ini belanja online baik2 aja. Cuma satu yg ak pilih2 banget kalo beli online, belanja baju, kadang ukuran yang datang gak sesuai. Kalo blibli, ak yakin aplg kalo mau beli produk ori kaya sepatu atau bahkan laptop.

    ReplyDelete
  25. Saya seneng sih sampai saat ini beli online, belum ada keluhan. Whorth it lah~ hehe

    ReplyDelete
  26. Sekelas blibli mah udah yakin aja... cs mereka juga support penuh kok jika ada kendala... pernah ngalamin juga soalnya

    ReplyDelete
  27. Saya sering juga belanja online, Mbak Icha. Dan memang, harus cek ricek dulu website atau penjualnya. kalau saya, Memang pilih yang sudah rekomended. Hanya memang, kalau pakaian dan sepatu, saya memilih beli langsung di toko. karena harus dicoba dulu.
    Kalau Blibli, saya sering beli tiket bulutangkis di sana hehehe.

    ReplyDelete
  28. Memang ada harga yang perlu ditebus dengan kualitas layanan BliBli. Tetapi hal itu sepadan dengan jaminan kualitas dan keaslian barang yang dikirim. Di jual-beli online hal inilah yang dibutuhkan daripada promo-promo tapi gak jelas :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blibli juga banyak promo mas, termasuk free ongkir. Hehe

      Delete
  29. Ehehe kebetulan kalau aku ndak belanja di 12.12 kemarin. Lagi mengurangi pengeluaran. Soalnya suka kegoda barang yang gak dibutuhkan. Aku pernah tuh belanja sembarangan eh barang enggak sesuai ekspektasi, gak bisa dibalikin pula. Beda ya sama blibli yang ada layanan retur. Udah gitu bebas ongkir pula :)

    ReplyDelete
  30. Setuju mbak kalau layanan retur itu sangat penting untuk pelanggan yang ingin mendapatkan barang sesuai harapan. Terkadang barang tertentu dapat rusak bahkan bukan karena ekspedisi.

    ReplyDelete
  31. Sebenarnya enak juga kalai belanja daring di marketplace suka ada promo berdasarkan tanggal dan bulan yang sama. Itu akan mendorong pelaku usaha semangat dan masyarakat kian bergairah untuk belanja secara daring karena lebih mudah.
    Oh ya, soal tempat belanja yang aman, kita memang harus pilih yang tepercaya. Saya juga tidak berani belanja daring sembarangan, takut barang tidak sesuai harapan atau macam-macam saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kadang emak-emak terbantu banget karena jarang bisa belanja bawa-bawa anak, jadinya tetap di rumah, paketan yang selalu datang, hihihi

      Delete
  32. Aku baru beberapa hari ini keranjingan buka e-commerce, hehehe...
    Biasanya, Abinya anak-anak yang pesenin, karena aku gak bisa bedain mana truted seller, mana yang tepu-tepu.

    Di blibli semua aman yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, hati2 keranjingan, abis tu dompet jebol, wkwk
      iya mba, di blibli aman karena ada fitur retur.

      Delete
  33. Belanja online memang harus hati hati ya..
    Aku pernah punya prngalamanv belanja online yg kurang mrngenakkan

    Aku dapat barang palsu, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun mba dian. Syukurnya di blibli ada jaminan ori

      Delete
  34. Trusted buyer, adalah hal pertama yang perlu diperhatikan saat akan berbelanja online. Untungnya saat ini, review objektif perihal seller online udah gampang banget didapat. :)

    Sekali seller nakal, habis lah dia bakalan 0 penjualannya setelahnya.

    ReplyDelete
  35. sampai skrg aku tetep trauma klo beli baju online mbak, entahlah,, 5x lebih beli nggaka da yang sesuai,,

    jadi skrg aku beli apapun srg online, tapi kecuali baju dan celanan,,, huft males permak2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi mba Rini, kayaknya perlu nyoba fitur retur nih biar gak kecewa lagi,. Soalnya gratis ongkir

      Delete
  36. Aku sekarang kalau cari produk mainstream mending ke Blibli deh lebih terpercaya trus ongkirnya juga banyak potongan

    ReplyDelete
  37. Wah, astik banget dong, beli dan jual di Blibli. Jadi kita selalu berusaha amanah dan saat beli juga ga takut ketipu. Saya pernah beli barang yg bikin kecewaaa.... banget. Nice Dicer Katanya as on TV, ternyata triplek. Wkwkwkwk.... pengen tak lempar ke yang jual deh.

    ReplyDelete
  38. Tidak semua OS sih ada jaminan retiur. Makanya saya lebih memilih OS yang dia gabung ke marketplace terpercaya supaya ada jaminan juga bahwa OS itu enggak abal2. Selama ini belanja online alhamdulillahh blm pernah mengalami kendala berarti. Oh iya sama satu lg kalau bisa baca testimoni pelanggan terrdahulu dulu sblm membeli hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, testimonials pelanggan jadi info penting buat kita ya mba April

      Delete
  39. sebisa mungkin aku cari yg bisa COD.Trus kalo terima barang aku langsung buka di depan kurirnya.periksa sesuai pesenan gak.warnanya ukuran atau kondisi.kalo gak cocok langsung aku kembaliin.Kurirnya emang ngedumel tapi dari pada kita rugi duit dan barang gak kepake.

    ReplyDelete
  40. Belanja online emang susah gampang sih. Susah klo barang gak sesuai ekspektasi. Gampangnya kita tinggal gerakin ujung jari barang bisa dateng. Makanya kudu pinter pinter pilih online shop

    ReplyDelete
  41. Aku mulai aktif belanja online dari tahun 2009 hehehe udah hafal banget sama marketplace.... dan Blibli adalah marketplace terbaik menurutku

    ReplyDelete
  42. Aku suka banget belanja di blibli apalagi lagi musim diskon gini. Aku seneng karena belanja diblibli kita bisa milih merchant terpercaya yang menjamin barang yang dikirim asli dna sampai ke rumah. Gak kehitung deh aku udah belanja apa aja disana. Banyak banget! Beli tv juga di blibli. Hihi

    ReplyDelete
  43. Aku nggak pernah pakai jasa pengiriman, mba. Tapi oke juga untuk jadi salah satu piliihan ya m ba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget loh mba, belanja di blibli, cukup diam di rumah, barang nyampe di depan pintu.

      Delete
  44. Saya kalau belanja barang berharga kyk gadget secara online jg makai asuransi tapi kalau barangnya kyk baju, makanan, yg sekiranya yaaa gtuu deh gak milih opsi asuransinya, bismillah aja #eh :D

    ReplyDelete
  45. Widiiih, ada beberapa fasilitas yang memang menguntungkan dari segi pembeli, apalagi dari segi penjual ya. Wah, ini kayaknya bisa deh buat jadi rujukan kalau mau beli2 secara online, ya blibli.com

    ReplyDelete
  46. Memang kalo belanja onlen kita kudu hati2 ya mak pilih penjual. Dapet penjual yang ngasal, bisa bikin patah hati dan akhirnya males beli onlen lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung di blibli banyak merchant yang terpercaya yavkak Dev

      Delete
  47. Iya sih ih kadang beli apa yg datang apa, pernah aku pengen beli tab buat anakku, di foto keliatan gede tp yg datang kecil heuheu.. Asemlah hhhhh.... Ternyata sebagai pembeli kita juga kudu detail liat captionnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, memang harus baca teliti deskripsi barangnya dulu mba Amanda

      Delete
  48. Wah, kecewa banget pasti kalo ngalami kegagalan produk saat belanja online. Alhamdulillah sejauh ini semua barang yang saya beli via online, kondisinya aman dan bagus. Untuk itu, sebagai penjual online, saya pun memberi service maksimal untuk customer. Sesekali mampir ke IG saya di sizzybutik ya,Kak. hehehe...

    ReplyDelete
  49. Bisa retur itu memang penting banget kak. Dr pd kecewa dpt barang, trs nggk bisa diapa2in lg. Nah, banyak jg tuh lapak lain kalau mau retur ribetnya minta ampun. Tp di blibli kayaknya gampang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang bang.. ada 5 cara yang bisa kita pilih. Salah satunya minta jemput barang retur

      Delete
  50. Aku juga sering berbelanja online. Meski ga sesering suami yang hampir tiap hari belanja online. Jadi dia lebih expert urusan belanja online, hehe.

    Aku juga beberapa kali pake Blibli. InsyaAllah trusted.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo suami belanja, pasti seringnya aksesories buat mobil atau sepeda motor ya kan mba, haha

      Delete
  51. Memang sekarang lebih aman beli di marketplace ya kak lebih aman pastinya, Blibli salah satu yg trusted

    ReplyDelete
  52. Emang kudu teliti. Seperti beli baju, kadang dari fotonya keren pas nyampe bahannya murahan duh

    ReplyDelete
  53. Iyaa bener banget ni kak kita harus cermat agar barang yang kita pesan tidak mengecewakan, terimakasih kak atas informasinya :):)

    ReplyDelete
  54. Iyaa bener banget ni kak kita harus cermat agar barang yang kita pesan tidak mengecewakan, terimakasih kak atas informasinya :):)

    ReplyDelete
  55. wih asyik banget ya kak ..retur barang..kmarin mak awak belik bunga idop ya jelas mati sebagian mana harga mahal gk masok akal tp mak awak ngotot 280 rb hanya bunga sepuluh batang plus ongkir yg beda harga kan mahal..tp ntahlah mati bunganya 7 hanya 3 yg lanjut hidup. rugi banget

    ReplyDelete
  56. aku kapok kalau beli baju online dan harganya murah mba wkatu itu fotonya bagus eh pas datang pengen ngakak duh nyesek makanya pilih2 tokonya penting

    ReplyDelete
  57. Enaknya kalau beli online ini enggak capek nego sebenarnya dan capek ditenaga. Hanya saja itulah, kudu lihat-lihat dulu kalau mau beli. Biasanya dari bintang atau apa gitu.

    ReplyDelete
  58. Belanja online akhirnya jd lelah hayati wkwk, scr sejak lama shopping online dg berbagai macam pengalaman akhirnya pernah bbrp saat stop dl n menikmati belanja lgsg ke dept store nya hihi...

    Nice tips yaa,, pake Blibli.com insyallah bs dpt pengalaman berbelanja online dg amaaannn

    ReplyDelete
  59. Alhamdulillah pernah semua, barang ok pernah, brg ga sesuai pernah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, aku semenjak pake tips di atas gak pernah lagi bang.
      Apalagi kalo belanja di blibli

      Delete
  60. Soal barang nggak sesuai mah pernah banget. Penjualnya nyolot pula awalnya ga mau ditukar.

    Soal keamanan satu lagi ih, belanja pake cc harus terjamin keamanannya. Soalnya aku pernah kebobolan. Semoga di Blibli aman ya.

    ReplyDelete