Sumatera Utaraku, Kebanggaanku..

Hai, nama saya Icha. Lengkapnya Icha Marina Elliza. Bagi yang baru mengenal saya, yuk kita kenalan lagi. Saya adalah ibu dari lima anak yakni, Cheryl, Hishshah, Alzam, Zia dan Ghazi. Asli Medan. Artinya kami berada di Provinsi Sumatera Utara atau yang biasa disingkat dengan SUMUT.

Provinsi Sumatera Utara adalah satu dari daftar  10 Provinsi terluas yang ada di Indonesia. Sumatera Utara memiliki 8 kota dan 25 kabupaten dengan luas wilayah 72.981,23 km2.  Dengan penduduk yang mencapai 14.908.036 juta jiwa, Sumatera Utara memiliki banyak sekali potensi yang sangat besar dari segi Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia, itulah mengapa Sumatera Utara begitu menarik untuk dibahas.

Bagi anak yang lahir di tahun 80 hingga 90an akrab sekali dengan akronim SUMUT yang negatif,  yakni Semua Urusan Memakai Uang Tunai. Alhamdulillah semakin ke sini, akronim jelek tersebut mulai hilang. Saya percaya, orang-orang yang bekerja untuk memperbaiki kinerja pemerintahan pun gerah dengan label negatif tersebut padahal memang ada orang-orang yang tulus ikhlas mengabdi untuk rakyat dan negara. Bangga karena image negatif dari akronim SUMUT mulai memudar, lantas apa saja yang membuat saya begitu bangga tinggal dan dekat dengan Provisi Sumatera Utara ini sejak lahir? Yuk saya uraikan satu persatu alasan saya mengapa saya harus bangga..


1. Sumber Daya Alam Melimpah

Sumatera Utara menyimpan potensi ekspor yang besar karena sumber daya alam yang terkandung di bumi Sumatera tidak dapat dipandang sebelah mata. Sumber daya alam tersebut pun memiliki nilai jual yang tinggi di pasar ekspor internasional. Berikut saya rinci daftar ekspor potensial Sumatera Utara:

● Produk Kehutanan

Kalau disebut kata hutan, yang terbayang di benak kita seringnya adalah sebuah kawasan yang dilindungi dan tidak boleh ada kegiatan apapun yang dapat dilakukan untuk kegiatan ekonomi. Padahal, hutan di Sumatera Utara dibagi menjadi tiga jenis. Hutan Konservasi, Hutan Lindung dan Hutan Produksi.
Hutan Lindung di Simalungun
beritasumut.com

Nah, kegiatan ekspor biasanya menonjol di Hutan Produksi. Hutan Produksi pun dibagi kembali dalam tiga bagian, yakni Hutan Produksi Tetap (HT), Hutan Produksi Terbatas (HPT), dan Hutan Produksi yang dapat digunakan. Produksi hasil hutan Sumatera Utara ada kayu log, kayu lapis, kayu gergajian, PULP dan juga hasil ikutan lain seperti rotan, arang dan getah tusam. Di tahun 2016 lalu, hasil produksi hutan terbesar adalah log rimba sebesar 71.119,20 meter kubik dan log pinus sebesar 40.825,84 meter kubik.

● Produk Perkebunan

Kalau kita berjalan di Jalinsum atau Jalur Lintas Sumatera, tak pelak yang paling sering dilihat adalah kebun kelapa sawit. Saya akan uraikan 3 produk perkebunan yang paling menonjol di Sumatera Utara.

★Karet

Tanaman karet di Sumatera Utara sekitar 394.519 Ha pada 2016 lalu, ini artinya mengalami peningkatan dibanding tahun 2013 yakni 394.113,57 Ha. Pusat perkebunan rakyat Sumatera Utara terletak di Kabupaten Mandailing Natal, Langkat, dan Padang Lawas Utara.

★Kelapa Sawit

Luas tanaman Kelapa Sawit sekitar 417.809 Ha pada tahun 2016 yang menghasilkan 5.775.631,82 ton Tandan Buah Segar (TBS). Pusat Perkebunan Kelapa Sawit terletak di Kabupaten Asahan yang menyediakan 72.935 Ha kebun kelapa sawit yang artinya 18 persen dari seluruh jumlah perkebunan kelapa sawit di Sumatera Utara.
waspada.co.id

★Kopi

Jenis kopi di Sumatera Utara yaitu Kopi Robusta dan juga Kopi Arabica. Terjual sekitar 63.142 ton dari luas perkebunan 84.605 Ha. Kabupaten penghasil kopi yakni Kabupaten Dairi, Simalungun, dan Humbanghasundutan. Yang paling terkenal jelas saja Kopi Sidikalang. Tentu teman-teman familiar kan dengan kopi ini.

● Produk Industri dan Manufaktur

Kalau ngomongin hasil industri, lebih dari 20 jenis produk industri yang dihasilkan oleh Sumatera Utara. Selain makanan dan minuman, pengolahan tembakau juga ada. Tak heran bila tembakau Sumatera Utara ini paling terkenal di Kota Bremen, Jerman.
medan.tribunnews.com


● Produk Pertambangan
Tercatat ada 27 jenis barang tambang nonlogam, 15 jenis barang tambang logam, 6 jenis minyak, gas dan energi di Sumatera Utara. Potensi minyak dan gas pada 2006 lalu mencapai 21.000 barel minyak bumi.

 2. Akses Udara dan Laut yang Mumpuni

Sumatera Utara memiliki tujuh bandar udara, dua diantaranya adalah Bandara Internasional. Pasti kawan-kawan sudah kenal dengan Bandar Udara Kualanamo dan juga Bandar Udara Silangit. Bandar Udara Silangit terletak di Siborong-borong Tapanuli Utara. Yes, pasti familiar dengan Siborong-borong dari lagu hits di Youtube beberapa bulan lalu. Selain kedua bandara tersebut, ada Bandara Aek Godang di Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan. Bandara Binaka di Gunung Sitoli, Nias. Bandara Lasondre di Pulau Tanah Masa, Nias Selatan. Bandara Sibisa di Ajibata, Kabupaten Toba Samosir dan terakhir ada Bandara Dr. Ferdinand Lumban Tobing di Pinangsori Tapanuli Tengah yang biasa disingkat Bandara FL Tobing.
Kualanamu airport
id.wikipedia.org


Sumatera Utara pun memiliki enam pelabuhan terbesar, salah satunya yaitu Pelabuhan Belawan di Kota Medan. Pelabuhan lainnya yaitu, Pelabuhan Kuala Tanjung yang ada di Batubara. Pelabuhan Sibolga yang desain dan arsitekturnya disebut terbaik di kawasan Asia Tenggara. Pelabuhan Angin Gunung Sitoli. Pelabuhan Bom Tanjung Tiram di Batubara. Pelabuhan Tanjung Balai Asahan di Tanjung Balai.
Pelabuhan Sibolga
kompas.com


3. Kebudayaan yang Beraneka Ragam

Sumatera Utara memiliki kebudayaan yang sangat kaya. Dengan semboyan SUMUT yaitu Tekun Berkarya, Hidup Sejahera, Mulia Berbudaya menjadi sebuah penekanan bahwa budaya yang kaya di Sumatera Utara ini adalah potensi yang harus dioptimalkan. Suku bangsa yang beragam seperti Melayu dan Batak yang merupakan penduduk asli, hidup dengan damai dengan pendatang seperti Jawa, Banjar, Minangkabau hingga Tionghoa.

Suku Melayu dan Batak sendiri, memiliki banyak sekali jenis. Seperti Melayu Deli dan Melayu Asahan. Batak pun juga beragam seperti Batak Angkola, Karo, Mandailing, Pakpak, Simalungun, Toba dan Nias. Dengan kekayaan budaya ini menjadikan Sumatera Utara termasuk dalam destinasi wisata yang banyak dikunjungi di Indonesia.

4. Sumber Daya Manusia yang Besar

Penduduk Sumatera Utara tercatat sebanyak 14.909.036 juta jiwa dengan kepadatan 204/km2. Jumlah penduduk yang besar ini merupakan potensi besar bila dikelola dengan baik. Di tahun 2002 saja, angkatan kerja di SUMUT mencapai 5.276.102 orang. Tentu setiap tahun mengalami kenaikan yang signifikan. Maka dari itu, perlu penanganan yang serius dari seluruh pihak yang terkait agar angkatan kerja yang naik setiap tahunnya tidak menjadi pengangguran. Mengingat masyarakat SUMUT banyak yang berpretasi di segala bidang.

5. Ekonomi yang Baik

Saya turut bangga ketika SUMUT masuk dalam 10 daftar Provinsi dengan nilai PDRB tertinggi. Di tahun 2017 saja, PDRB Sumatera Utara sebesar 684.069 Milyar. Dengan kekayaan alam yang besar, tak heran Sumatera Utara masuk dalam daftar provinsi di Indonesia dengan nilai PDRB tertinggi. PDRB adalah Produk Domestik Regional Bruto yang merupakan Indikator penting dalam mengkaji tingkat ekonomi suatu daerah pada suatu periode tertentu. Harapan saya, peringkat 6 yang sudah dicapai oleh SUMUT dapat kembali naik di tahun mendatang. 

6. Destinasi Pariwisata yang Memukau

Siapa yang tak kenal dengan Danau Toba? Itu merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ada banyak sekali destinasi wisata SUMUT yang menarik untuk dikunjungi. Wisata Alam seperti Taman Nasional Gunung Leuser, Berastagi, Aneka Air Terjun di Langkat. Wisata Sejarah juga banyak sekali, salah satu yang terkenal adalah Istana Maimun yang terletak di Kota Medan.
Istana Maimun
idntimes.com


Pada semester pertama 2019, kunjungan Wisatawan Mancanegara saja sudah naik 12,18 persen di tahun sebelumnya. Menurut data BPS, Malaysia penyumbang wisatawan mancanegara terbesar yang kemudian disusul oleh Singapura. Inilah yang menjadi kebanggaan saya bahwa ternyata pariwisata SUMUT tak hanya menarik wisatawan lokal saja, namun juga mancanegara.

7. Birokrasi yang Semakin Baik

Dari tahun ke tahun, saya sendiri merasakan bahwa banyak sekali kemajuan yang saya rasa di bidang pelayanan publik di SUMUT. Meski beberapa masih menyisakan PR besar, namun di beberapa bidang yang berhubungan dengan masyarakat awam sungguhlah sudah membaik. Pengalaman saya, yang memiliki 5 anak, mengurus surat penting seperti akte kelahiran, kartu keluarga dan juga lain sebagainya menjadi lebih mudah dan bersih. Tak ada biaya 1 rupiah pun yang keluar ketika saya pula ditunjuk untuk mengatur surat pindah kakak dari Kota Medan ke Kota Tanjung Balai. Di tahun 2019 ini, Gubernur melakukan beberapa kali pelayanan pembuatan surat penting tersebut yang siap dalam sehari.

Sarana penting yang menunjang sumber daya manusia seperti Perpustakaan Daerah pun, semakin prima dengan pelayanan pembuatan kartu anggota Perpusda yang sangat mudah dibuat. Hanya 5 menit. Dapat dibaca di blog saya. Mudahnya Membuat Kartu Anggota Perpustakaan <-- b=""><-- p="">


Demikianlah alasan saya mengapa saya bangga menjadi penduduk Sumatera Utara. Harapan saya, SUMUT terus berkembang menjadi provinsi terkemuka di Indonesia.


Disclaimer:
Tulisan ini sebagai bahan mengikuti lomba menulis dari Humas Provinsi Sumatera Utara

132 Comments

  1. Wah banyak juga ya jumlah oenduduknya samapai 14jt jiwa. Saya tuh dr dulu mau banget kesana cuma belum sempat aja. Eh.. skrg tiket pesawat mahal pula. Doakan bisa kesana ya, Mba. Nanti kita janjian ketemu. ^_^

    ReplyDelete
  2. Yang gak pernah terlupakan dari sumut yaitu kota Medan dan durian ucoknya. Yummy....

    Semoga bisa ke sana lagi dan berkunjung ke kota-kota lain di Sumut selain Medan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg pengen ke medan gara2 tergiur durian. wkwk. Ternyata SDA di Sumatra banyak banget, di bayangan saya cm ada lahan sawit coba

      Delete
  3. Aku geleng-geleng kepala nih bacanya. Lengkap kali, Mak! Rasanya nggak perlu lagi lah datang ke perpustakaan untuk mencari tahu tentang Sumatera Utara. Tinggal beli tiket aja lalu terbanglah kesana ya buat jalan-jalan, hehehe ...

    Aku betul-betul baru tahu ternyata di Sumatera Utara sendiri punya banyak bandara. Selama ini tahunya hanya Kualanamu, Siborong-borong, dan Aek Godang, karena kakek buyut anak-anakku tinggal di Padang Sidempuan.

    Doakan ya Mak, suatu saat bisa jalan-jalan ke tanah Sumatera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak me.. semoga datang kembali ya kak..
      Kakak ipar saya juga domisili padang Sidempuan

      Delete
  4. Baru tau detil sumatera utara setelah baca ini.. padahal beberapa kali ke sana... kabanjahe, tepatnya desa munte... daerah kami masih banyak pertanian dan perkebunan yang diurus secara turun temurun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang.. kabanjahe banyak kopi dan sentra sayur mayur

      Delete
  5. Baru tau kalau ternyata sumut punya 6 bandara ya mbak, banyak banget. Pengen banget ke Medan, karena dengar dari teman katanya bagus :)

    btw saya kok tidak pernah dengar singkatan ini SUMUT yang negatif, yakni Semua Urusan Memakai Uang Tunai ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya mba di Medan dan sekitarnya aja dulu booming istilah ini

      Delete
  6. KEren kakak, lengkap informasinya. Ah, jadi kangen sumut khususnya Medan kan. 3 tahun di sana punya banyak kenangan indah bagi perjalanan kehidupan kami. BTW moga sukses ya ^^

    ReplyDelete
  7. Horas ! Belum pernah pergi ke Medan. Saya byk dgr medan banyak makanan yg enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koreksi mba Gina, kalo medan dalamnya ahoooi. Salam dari suku melayu.
      horas dipake di tanah Batak seperti Tapanuli Utara. Hehe

      Delete
  8. Wah baru tahu ada akronim negatif untuk SUMUT.

    Saya pernah naik mobil dari bandara (pas masih bandara lama) ke lhokseumawe. Pas masih di dalam kota, kesan saya semrawut banget lalu lintasnya. Pas udah keluar kota, seneng banget lihat hamparan hijau dikiri kanan jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo, itu bandara polonia kak.. masih yang lama..
      sekarang di kualanamu, sudah lebih besar dan bagus kak

      Delete
  9. Kalau ada yang ngomongin soal daerah tertentu, saya paling penasaran sama tempat wisata yang ada di daerah tersebut. Soalnya punya keinginan melancong ke berbagai daerah, tapi belum terwujud.

    Kurang banyak nih menyebutkan wisata menarik yang menjadi tujuan wisatawan. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, nanti di lain kesempatan saya tulis kembali daftar wisata menarik di sumut

      Delete
  10. Soal hutan, karena saya pernah sebentar di kontrak oleh kementerian kehutanan untu wilayah sumut, jadi terkenang kembali kenangan bahu membahu membantu para pengusaha kayu di sumut untuk mendapatkan surat verifikasi legalitas kayu untuk produk mereka...

    semoga menang mba icha..

    ReplyDelete
  11. Huwaaaaaa... kena auto refresh lagi hiks :(
    Jadi harus nulis dengan kecepatan thunder nih hahaha

    Btw, kalau ngomongin Sumut, saya jadi kangen ama sahabat baik saya si Butet :D
    Dan tawarannya main ke sana di waktu saya masih single, dan tiba-tiba sekarang saya nyesal, kenapa dulu nggak ikutan aja ke sana, mumpung masih muda, biar bisa mengenal Sumut, setidaknya Medan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan terpesona ama danau toba, membayangkan kapan bisa melihat danau indah itu? meskipun mungkin agak parno kalau naik kapal di situ, masih terbayang kapal yang karam dulu soalnya.

      Btw, Sumut memang berpotensi banget di masa sekarang hingga mendatang :)

      Delete
    2. Kapal penyebrangan yang besar aman kok mba rey.. kemarin yang berasalah kapal motor yang kecil

      Delete
  12. Baca Siborong-borong langsung auto nyanyi jadinya :D

    Ternyata bandara di Sumut banyak juga ya, kirain cuma 2 aja.

    Suku Bataknya juga taunya cuma Batak Karo, ternyata ada buanyak lagi. Bener-bener provinsi yang kaya akan budaya dan hasil alamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya kak..
      Bahkan kalo Batak Karo mereka gak horas, tapi mejuah- juah

      Delete
  13. Saya orang jawa dan belum pernah ngerasain jalan-jalan ke pulau lain, ingin sekali rasanya berkunjung ke pulau lainnya termasuk sumatera, baca ulasan diatas aja udah kagum apalagi kesana langsung.

    ReplyDelete
  14. Saya dulu itu tahunya Sumatera Utara ya Danau Toba, Mbak Icha. Soalnya Semua Urusan memakai Uang Tunai, saya malah baru tahu istilah itu.
    Yang pasti Sumatera Utara itu luas dengan banyak pesonanya. Makanya saya ingin sekali ke sana untuk menjelajah. Selama ini cuma bisa lihat fotonya saja, termasuk wisatanya yang memikat dan makanannya yang bikin ngiler hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mas Bambang. Semoga ada lomba yang hadiahnya tiket ke sumut ya, hehe

      Delete
  15. Salut banget dengan birokrasinya yang nol rupiah dalam pengurusan surat menyurat warganya. Semoga ini bisa dicontoh oleh propinsi lain sehingga benar-benar terwujud clean government

    ReplyDelete
  16. Wah anaknya 5 y mbak..
    Keren..
    Klo ngomong sumut yg kebayang langsung danau toba nya
    Hehe

    ReplyDelete
  17. Kantor pusat penelitian karet tempat aku bekerja dulu ada di Tanjung Morawa Medan, mbak.. Berdekatan dengan Sungei Putih. Sebelum akhirnya pindah ke Bogor dan sekarang ada di Palembang.

    Dari kesemua kantor, saya belum pernah ni ditugaskan ke Medan, padahal di sana ada banyak makanan yang enak-enak. ahahaha.

    ReplyDelete
  18. Selain identik dengan Danau Toba, kalo denger Provinsi Sumut, saya juga inget Pelabuhan Belawan yg disebutkan di tulisan ini. Kata Tommy J Pisa di lagunya, Di Pelabuhan Belawan kulepas dirimu kasih...

    Dulu omku suka dengerin tembang kenangan. Jadi tau lagu jadul ini.

    ReplyDelete
  19. Sejujurnya yang ku tahu dari SUMUT cuma ada 3 yaitu danau Toba yang indah, airport Kualanamu yang keren, dan bolu meranti yang enak banget hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bolu meranti ya,, bika ambom cobain mba Iren

      Delete
  20. Birokrasi semakin baik. Nah inilah yang bisa memajukan kesejahteraan rakyat. Duluuu kan sering ada penebangan pohon di hutan sembarangan dll. ALhamdulillaah kini sudah mulai ada perubahan. Tentu bangga dong dg Sumatera Utara :)

    ReplyDelete
  21. SUMUT daerah yang kaya ya, ada 6 bandara pula. Daerah wisatanya juga memukau sekali, meskipun belum sempat berkunjung ke sana. Maju terus ya SUMUT.

    ReplyDelete
  22. Kerennyaaaa SUMUT. Eh saya baru tahu lho akronim negatif dari Sumut. Medan juga jadi salah satu kota wish list untuk destinasi liburan. Kalau lihat vlog youtuber sih kuliner Medan enak-enak ya. Apa lagi banyak pilihan akses menuju kesana. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba enny, medan itu surga nya wisata kuliner

      Delete
  23. Kirain hanya Danau Toba saja lokasi pariwisata yang ada di Sumatera Utara, ternyata banyak juga. Pantas saja Sumatera utara di tahun 2019 ini jadi daerah favorit wisatawan mancanegara yang berkunjung.

    ReplyDelete
  24. Saya belum pernah mengunjungi Sumatera Utara. Semoga suatu saat bisa kesampaian. Ingin eksplor berbagai lokasi wisata serta makanan halalnya. Pasti seru dan tidak sabar ingin segera mendapat kesempatannya... Amin deh...

    ReplyDelete
  25. I LOVE SUMUT lah pokoknya Cha. Jauh2 kuliah di jawa, akhirnya pulang juga. Eh, ada perkebunan teh juga lho di sumut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Dev... komoditasnya banyak. Teh, coklat, dll.
      Yang ditulis di atas, 3 terbesar.

      Delete
  26. Sumatra utara itu kaya akan semua, dari sumber daya alam dan hasilnya. Bila dikelola dengan baik dan tepat sumatra utara pasti akan maju.

    ReplyDelete
  27. kopi Sumatra itu salah satu yg terenak. btw saya selalu ngebayangin di sana tuh perkebunan karet banyaaaaak banget. seluas gimana yaa kira2? eh ternyata banyak tanaman unggulan lainnya jg

    ReplyDelete
  28. Sumatra Utara salah satu propinsi yang belum pernah aku kunjungi juga salah satu tempat yang aku pengen datangi. Kenapa?
    Ya karena sesuai yang kk tulis, tapi lebih2 yaa aku yuh mau nyobain masakan khas sana, karena di Sumut apalagi Medan itu semua masakan ngumpul, ya kan kak? Ada khas Melayu, India, Chinessfood dll, belum lagi wisata nya...
    Oiya satu lagi yang terkenal,Duriannya, pusat durian yang terkenal senatero nusantara yaitu durian Ucok, hahaha...kan jadi tambah mupeng ksana.
    semoga kesampean deh ke Sumut.

    ReplyDelete
  29. Salam kenal kak Icha, saya Kholis dari Pati, Jateng.

    Beruntung sekali orang seperti kak Icha terlahir dan hidup di Sumatera Utara.

    Banyak Sumber Daya Alam Melimpah, serta infrastruktur yang sudah mumpuni diberbagai kawasan.

    Semoga Sumatra semakin jaya dan sukses.

    ReplyDelete
  30. Kalau saya pengen banget ke Sumatera Utara karena penasaran dengan Istana Maimun. Kayanya keren gitu. Mudah-mudahan bisa kesampaian main ke sana.

    ReplyDelete
  31. Aku kenal banget tuh akronim SUMUT itu, bahkan punya pengalaman beberapa kali berurusan dengan birokrasi . Tapi jujur sih, belakangan ini memang agak menurun, layanan publiknya juga sudah mulai bagus.

    ReplyDelete
  32. Kalau semua urusan memakai uang tunai, gak cuma Sumut aja sih. Kebetulan aja kali ya akronimnya pas. Tetapi bagus juga birokrasi Sumut mulai berbenah dan kini semakin baik. Sebab di banyak daerah, birokrasi lamban masih menjadi penyakit pembangunan.

    ReplyDelete
  33. Impian banget bisa explore ke Sumut apalagi saat mendarat di Kualanamu, semoga Sumut semakin hebat ya mba

    ReplyDelete
  34. Wahhh yg bikin kangen kota Medan itu kulinernya. Rasanya semua cocok dengan lidahku hahaha Meski kuakui semua makanan pedas ya disana 😋

    Oiya aku juga baru tau kak klo Sumatra Utara punya banyak bandara dan pelabuhan. Ternyata luas kali ya Sumut itu.

    Seumur2 aku baru 2x kesana, padahal dr Bapak aku punya darah Batak 🤗

    ReplyDelete
  35. Sumatera Utara kaya sekali ya, ya sumber daya alamnya, ya pemandangannya, ya budayanya. Trus katanya juga masyaakatnya walau suka merantau tapi kekeluargaannya tu erat banget. pengen sekali kelak menginjak tanah Sumatera moga kesampaian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ingat zaman SD dulu pernah ada bacaan tentang pelabuhan Belawan hehe :D
      Kalau soal destinasi pariwisata Sumatera Utara kyknya kaya banget ya mbak, pilihan lokasi untuk dikunjungin banyak, gak cukup seminggu lha kalau ke sana :D

      Delete
    2. Iya mba april. Banyak banget.
      1 kabupaten aja nanti gak cukup sehari. Bisa banyak banget pilihan nya.

      Delete
  36. Baca tulisannya saya jadi banyak tahu mengenai Sumatera Utara. Terimakasih sudah menulis mengenai ini kak 😍

    ReplyDelete
  37. Semoga harapannya untuk SUMUT terwujud y. Saya belum pernah ke sumut, semoga bisa kesampaian menjelajahi SUMUT

    ReplyDelete
  38. Wah infonya lengkap banget mbak, aku taunya Sumatera Utara banyak ikannya, ternyata ada kopi juga. semoga aku bisa ke Brastagi, mupeng banget,

    ReplyDelete
  39. Semoga kota Sumatra Utara terutama Brastagi lebih berkembang dan banyak di datangi para turis

    ReplyDelete
  40. wahh.. ulasannya tentang Sumatera Utara begitu lengkap dan detail. jadi pingin main ke sana. kebetulan kakak iparsaya juga berasal dari sana, tepatnya dari tanjungbalai...

    ReplyDelete
  41. Baca ulasannya jadi pengen kesana deh saat liburan ini, pasti seru banget ya, apalagi kulineran disana yg katanya enak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Elva, kota Medan salah satu kota wisata kuliner yang ada di Sumatera Utara

      Delete
  42. Ternyata luas sekali ya wilayah Provinsi Sumatera Utara.

    Saya malah baru tahu tentang akronim SUMUT yang "Semua Urusan Memakai Uang Tunai" ini lho Mba. Semoga Sumatera Utara semakin maju ya. Btw saya belum sempat menyambangi Sumatera Utara nih. Ingin sekali ngerasain rasanya berkunjung ke Danau Toba.

    ReplyDelete
  43. Aku ke Sumatera Utara baru seputaran Medan mbak. Sama Nias, beberapa kali ke Nias dan lumayan lama, semingguan di sana. Dan Danau Toba pengen banget aku kunjungi, cuma bisa lihat dari atas pesawat pas mau ke Nias...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas erfano, semoga nanti bisa jalan-jalan ke danau Toba ya

      Delete
  44. Yang terbesit pertama kali dibenak saya saat mendengar kata SUMUT adalah Danau Toba yang sangat luas. Terlebih karena di tempat saya tinggal terdapat sebuah danau bernama Wadaslintang yang sering disebut-sebut Danau Tobanya Kebumen karena memang sangat luas san terbesar di sini. Bukan cuma itu, Bandara Silangit juga mirip nama pena saya, @amirsilangit ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dari kebumen ya kang Amir. Saya sudah pernah baca tentang Wadaslintang dari blog nya mas Bambang

      Delete
  45. Saya belum berkesempatan jalan-jalan ke Sumatera. Tapi, ingin banget. Kalau sebelumnya udah nge-list daerah Sumatera Barat karena suami berasal dari sana dan sebagian besar keluarganya di sana. Sekarang saya jadi bisa ngelist nambah ke area Sumatera Utara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mba, gak jauh banget kok kalo melipir ke Sumut dari Sumbar

      Delete
  46. saya blm pernah ke Sumatera. Kalau dicocokin sama ulasan yg mb tulis beberapa diantaranya sudah tergambar sih. hehe. Sumatera itu punya sumber daya Alam yg melimpah.. perkebunan.. soalnya berdasarkan tetangga yg berkisah dan merantau di pulau sumatera seperti itu :)

    ReplyDelete
  47. Akhirnya saya tahu nama putra dan putrimu, Mbak. Salam kenaaaal lagiiiii....

    Memang ya, kita harus bangga pada kota, provinsi dan negara kita tinggal. Harus dijunjung tinggi.

    Oh ya, saya baru tahu akronim negatifnya Sumut itu. Untung sudah menghilang ya, stigma yang ini

    ReplyDelete
  48. Waktu saya kecil umur 2-3 tahun tinggal di Sumut tidak jauh dari danau Toba di sana saya sering di ajak kakek dan keluarga bapak saya jalan" keliling daerah di situ sampai saya ikutan mandi kolam air panas di sana. Rasanya sangat menyenangkan banget tinggal di Sumut apalagi khas logat di sana yaitu batak.. melayu di sana juga bisa menggunakan logat batak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya bang, gak pernah pulang kampung lagi kah?

      Delete
  49. Saya pernah ke Sumatera tapi masih sampai di Sumatera Barat belum sampai ke Utara,, ternyata di sana bagus pemandangannya ya Mbak

    ReplyDelete
  50. Sumatera Utara memang sangat indah. Sepupu-sepupu saya banyak yang tinggal di sini, khususnya di Berastagi. Sayangnya karena lama di rantau, saya tak kunjung bisa mengunjungi mereka. Entah kapan ada masa lagi. Semoga Allah beri nikmat kesehatan dan bisa kembali bersilaturahmi dengan mereka.

    ReplyDelete
  51. Alhamdulillah kota saya uga mempunyai alam yang melimpah. Pesawahan, pegunungan, perkebunan.
    Sayangnya lambat laun gunung mulai dikeruk secara berlebihan.

    Tapi saya tetap bangga, sama halnya dengan mbak menyukai sumatra utara. :D tempat dilahirkan tempat dibesarkan

    ReplyDelete
  52. Kupas tuntas euy, semoga menang ya kak hehe

    ReplyDelete
  53. wah, ternyata artikel lomba ya. Pantas saja komplit banget, uey. Semoga menang ya Mbak. Harus, sih,,,,

    ReplyDelete
  54. kak ca,.... awak masih belom kesemua daerah sumut. baca artikel kk jadi makin mupeng kak pengen menjelajah keseluruh wilayah sumut.

    ReplyDelete
  55. Sumut bermartabat.. Gak salah jargonnya ya ca..

    ReplyDelete
  56. Wahh wahh lengkap banget informasinya tuu keren bngt nambah pengetahuan lagi kak. Semoga sumut kita juga semakin maju kedepannya ya Aamiin.

    ReplyDelete
  57. Wah, senangnya mengetahui kalau sumber daya alam di Sumatera masih melimpah ruah dan mampu menghidupi masyarakat Indonesia

    ReplyDelete
  58. Mbak insya Allah aku tahun depan mau ada jadwal main ke Sumut nih mbak. Ke Medan dan ke Binjai mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bisa kopdar nih mba..medan dan Binjai keduanya masih dalam wilayah sumut mba..

      Delete
  59. Bangga ya kita sama Sumatera Utara, terutama optimisme di bawah kepemimpinan yang baru. Berharap sekali Sumut benar-benar bermartabat. Sama-sama kita support dan doakan skuyy. TFS Kak Icha... good luck yaahh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Makasih kk mia.
      semoga sumut semakin maju kak..

      Delete
  60. Semoga makin maju lagi ya kak. Harapannya sih hal2 negatif yang identik dengan sumut bisa hilang perlahan

    ReplyDelete
  61. huwaaa mantap mantaaap. infonya lengkap kali kak icaaaaa. smoga ga ada lg birokrasi nan menyulitkan disini ya.

    ReplyDelete
  62. Sebagai insan yang lahir di tahun 80an, saya malah baru tau akronim Sumut dari tulisan ini,Mbak. hehehe...Maju terus Sumut, bersih pemerintahannya, sejahtera rakyatnya..

    ReplyDelete
  63. Pengin bisa explore Sumatera, baru ke belitung aja nih menjelajah Pulau Sumatera

    ReplyDelete
  64. Wuah semakin bangga tinggal di Sumatera Utara.

    ReplyDelete
  65. Aku juga bangga banget kak jadi anak SUMUT. Lahir dan besar di sini membuat aku merasakan banyak potensi yang dapat digali dari Medan dan sekitarnya.

    ReplyDelete