Langsung ke konten utama

Tips ibu yang "alhamdulillah ya sesuatu.." part 2

wah gak terasa ya bu..
ternyata kehamilan cepat banget..
sudah masuk trisemester ketiga?
ayolah... ini ada beberapa tips untuk
menyambut datangnya si buah hati..
- perencanaan kelahiran
untuk persalinan,sudah bisa
ditetapkan dalam hati dan sesuai
kondisi kita mau lahiran normal atau
caesar.
kl menurut dokter kita tidak bisa
lahiran secara normal, karna mungkin
hasil usg menunjukkan bayi sungsang
atau terlilit tali pusar sebaiknya kita
caesar aja.
rencanakan berdua pada suami akan
melahirkan dimana dan persiapkan
perkiraan dana.
jangan lupa menyiapkan plan b
seandainya rumah sakit tempat
melahirkan mereject kita. (ada
beberapa alasan sih..).
rencanakan pula siapa yang akan
bergantian berjaga menemani kita..
- persiapan bekal ke tempat lahiran
bukan cuma baju bayi aja.. tapi
perhatikan baju yang akan kita bawa.
baju kita sebaiknya berkancing
depan.. karena akan memudahkan
saat menyusui dan berganti baju.
biasanya setelah melahirkan, kita
akan merasa kelelahan sangat.
siapkan madu atau sari kurma untuk
mengembalikan energi.
oh ya.. kita akan mengeluarkan
keringat yang dobel banyaknya, jadi
ingtkan yang menjaga kita agar
membawa baju ganti kita setiap
datang berkunjung.
dan ganti baju sesering bila sudah
basah.
baju baby bawa lengkap dengan
peralatan mandinya.
hari pertama dan kedua tidak akan
banyak baju bayi karena pup dan
pipisnya msh sdikit.
- minta pada dokter atau bidan untuk
meletakkan bayi untuk inisiasi
menyusui langsung di dada kita
sesaat setelah ia lahir.
ini akan membantu mengurangi
pendarahan dan melancarkan
keluarnya asi.
- pesankan pada perawat untuk tidak
memberi susu formula. cobalah untuk
menyusui bayi.
memang, hari pertama tidak akan
banyak air susu keluar.
bisa jadi hanya beberapa tetes.
namun ini sudah memenuhi
kebutuhan bayi yang baru lahir
karena lambungnya masih kecil
sekali.
- untuk bayi yang hanya minum asi
tanpa susu tambahan, jangan panik
ya bu bila ia pup lebih sering..
setelah mekonium (pup yang
berwarna hijau kehitaman) habis,
biasanya pupnya berubah mnjadi
hijau kekuningan.
pupnya juga bisa sampai 12 bahkan
15 kali sehari.
jangan panik, selama bayi tidak
menunjukkan reaksi sakit, ini sangat
wajar. jangan berhentikan asi.
namun, bayi yang diberi susu formula
memang pupnya tidak sering.
ini dikarenakan asi sangat mudah
diserap bayi dan langung keluar
sesaat setelah menyusui.
sebanyak dia pipis. setelah masuk
usia 6 minggu atau 2 bulan barulah
pupnya mulai berkurang..
- jangan panik saat ia cegukan,
karena ini efek menyusui yang salah..
daerah aerola puting (yang berwarna
coklat) seharusnya semua masuk ke
dalam mulut bayi, bila tidak maka
akan masuk oksigen saat ia menyusui
sehingga lambung penuh oksigen dan
akhirnya cegukan.
sesaat setelah mnyusui, letakkan bayi
pada posisi di peluk menghadap kita,
kepalanya letakkam di pundak setelah
sendawa letakkan kembali di posisi
tidur.
setelah 2 menit tidak sendawa, tidak
apa apa, letakkan saja kembali ke
posisi tidur. terkadang bayi muntah
saat kita lakukan posisi ini, namun
tidak berbahaya karena posisi
kepalanya di atas.
- susui dengan benar.
karena selakin efek cegukan, bila
tidak semua daerah aerola puting
masuk ke mulut bayi, efek besar
terjadi pada kita.
puting lecet dan akan menyebabkan
kita sulit mnyusui.
tak jarang seakan trauma saat
mrnyusui bisa terjadi.
bila terlanjur lecet, usapkan air
hangat sesudah menyusui dan
oleskan minyak zaitun.
- perhatikan bentuk bra.
tidak semua orang nyaman memakai
bra khusu mnyusui. namun, jangan
paksakan diri memakai bra yang
menjepit bagian tertentu dari
payudara.
ini mengakibatkan air susu terhambat
untuk keluar.
akibatnya, payudara membengkak,
besar sebelah, ada benjolan yang
terasa sebesar telur dan puting sakit
bila disentuh.
ayo lepaskan bra sesaat, peras dada
yang membengkak tadi.. kompres air
hangat dan bila sakitnya tak kunjung
hilang bahkan membuat demam,
minum obar penghilang rasa sakit
seperti asam mefemanat.
ingat bu.. jangan dipakai lagi bra
seperti itu.
oh ya.. ganti bra sesering bila sudah
basah.
terkadang saat menyusui sebelah
kanan, sebelah kiri ikut mengeluarkan
susu, sehingga bra menjadi basah.
ok..
itu saja dulu..
beri asi saja sampai usia 6 bulan..
kita ketemu lg di tips untuk ibu
selanjutnya..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

dua garis biru di mata emak-emak

Kali ini bukan mau review film ya mak..

Kali ini cuma mau membahas kontroversi film yang akan beredar tanggal 11 juli 2019 mendatang.
Pas banget pas liburan.

Dilihat dari berbagai trailer film Dua Garis Biru di Internet,  tau lah kita bahwa dua pemeran utama film ini adalah Dara dan Bima.

Biasalah, dua anak muda yang saling jatuh cinta ini digambarkan layaknya orang yang lagi kasmaran.
Namun, keduanya kemudian menyesali karena kehilangan kontrol gaya berpacaran hingga hamil.

Emak, serasa cerita ini begitu familiar di kehidupan kita.
di kehidupan sehari-hari, kita dapati bukan satu dua lagi anak gadis yang tiba-tiba menikah lalu beberapa bulan kemudian sudah menggendong bayi mungil.

Jangankan di kota mak, di pinggiran kabupaten seperti saya saja sudah banyak.
Kadang saya sampe malu melihat anak-anak gadis tersebut yang santai saja keluar rumah dengan perut membesar.
Duhai,  betapa MALU sudah hilang dari masyarakat kita. Yang katanya kita budaya timur, mungkin sudah tak membekas lagi d…

piknik seru di danau siombak

Akhir pekan adalah saat nya bersama keluarga. Menghabiskan waktu yang berkualitas agar suasana dalam keluarga semakin hangat.  Nah, untuk Medan sendiri, Danau Siombak adalah tempat wisata Medan yang sebenarnya bukan "barang baru".

Terletak di Jalan Paya Pasir, Medan Marelan tempat wisata Medan ini sebenarnya sangat mudah dijangkau.  Ikuti saja jalan besar Marelan,  nantinya saat berbelok ke kanan, di sisi kiri akan didapati jalan Paya Pasir lengkap dengan spanduk Danau Siombak. Bila masih belum ketemu, boleh juga klik di Google maps,  Danau Siombak. 

Seperti yang saya katakan, tempat wisata Medan ini sebenarnya bukan barang baru. Danau Siombak sudah terbuka untuk umum sejak bertahun lalu, namun sekarang tampilannya sudah jauh berubah. Yap! Semakin banyak perbaikan di sana-sini yang membuat Danau Siombak layak dikunjungi bersama keluarga. 

Tempat wisata Medan ini, buka setiap hari loh, dari pagi hingga jam 6 sore (Menjelang Maghrib). Menurut Bang Reza,  salah satu petugas pe…

manfaat menulis bagi emak

Hai Mak..
Buat emak yang stay at home, ayo ngaku.. Udah berapa lama kah tidak menulis?
Hihi, palingan emak-emak memegang pulpen saat menandatangani buku anak, atau mengisi form pendaftaran anak masuk sekolah.  Selebihnya,  ahhh hampir tidak pernah ya Mak!
Taukah Mak,  buat emak-emak seperti kita menulis itu memiliki banyak sekali manfaat. Bermanfaat untuk kesehatan Jiwa dan raga loh.. ah lebay.. Swear deh!
Gak percaya?  Yuk kita kupas satu-satu manfaat menulis untuk emak.
1. Menulis agar terorganized
Hidup jadi semakin terorganisir kalo emak menulis. Cobalah emak buat jurnal pengeluaran dan pemasukan bulanan. Bukan hanya menjadi terorganisir, kita pun jadi lebih bijak dalam menentukan pengeluaran yang benar-benar urgent. Mudah-mudahan sih itu bermanfaat untuk memacu kita mendapatkan pemasukan yang lebih besar ya, heheheh.
Selain itu, emak juga bisa membuat daftar belanja bulanan dan juga daftar menu makanan bulanan. Ini penting biar setiap pagi membuka mata, emak gak selalu bertanya-ta…