Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Mie Gacoan

 

Review Mie Gacoan

Rasanya gak ada yang gak kenal dengan Mie Gacoan. Mie yang hits ini di kota Medan sendiri setidaknya punya 4 gerai yaang tersedia. Di Medan Marelan, Jalan Karya Medan Barat, Jalan Setia Budi dan Jalan Mongonsidi. 

Mie yang awalnya buka di Malang, Jawa Timur tahun 2016 lalu ini konon katanya sudah punya lebih dari 50 cabang di seluruh Indonesia. Wajar saja karena memang hits banget

Jangan tanya antusias warga Medan. Tak satupun gerai terlihat sepi. Selalu padat dan ramai pengunjung. Bahkan saat Ramadhan lalu. Buka 24 jam bisa melayani Sahur. Gokil kan..

Saat pertama buka di Jalan Karya, Anak-anak cukup penasaran dengan Mie Gacoan ini. Gimana gak, setiap kami pergi ke rumah bou (saudara perempuan ayah) anak-anak selalu menyaksikan betapa padatnya Mie Gacoan. 

Tapi di awal buka Emak gak izinkan anak-anak makan Mie Gacoan. Ya jelas karena penamaan Mie tersebut yang menjadi masalah. Ih masak anak-anak dikasih makan mie setan atau mie iblis? Gak deh. 

Alhamdulillah semenjak pengurusan daftar Halal mereka mengubah nama menu menjadi nama permainan. Amanlah dimakan mereka, pikir Emak. 

Akhirnya beberapa saat lalu anak-anak minta makan ke sana. Sengaja melewatkan jam makan malam sedikit biar tidak terlalu ramai. Masih ramai sih, tapi gak sampe menunggu banget meja yang tersedia. 

Jadi di Mie Gacoan sistemnya, kita cari meja dulu, baru pesan ke kasir apa aja pesanan kita. Setelah bayar kasir memberi alat makan dan sedotan sesuai jumlah pesanan dan waiter nantinya akan mengantarkan pesanan. 

Pesanan yang datang, cepat lambatnya tergantung pesanan kita. Paling cepat ya kalo pesan jenis dimsum, teh manis dingin. Agak lama ya Mie Gacoan sendiri. 

Review Pelayanan

Memang di sini harus aktif ya cari meja, kursi kalo kurang, tapi sejauh ini kalo nanya waiter mereka baik kok. Bahkan ada yang mau bantu nyari kursi yang kurang buat kita bertujuh mau duduk. 

Review Menu Mie Gacoan

Meski bertujuh, tapi usia 5 anak kami beragam ya. Jadi Emak pesan:

1. Mie Suit satu porsi

2. Mie Hompimpa level 1, dua porsi

3. Mie Gacoan level 1, dua porsi

4. Pangsit Goreng satu porsi

5. Udang keju satu porsi

6. Udang rambutan satu porsi

7. Es gobak sodor 2 porsi

8. Thai Tea 1 porsi

9. Teh Tarik 1 porsi

10. Green Tea 1 porsi

11. Vanilla Latte 1 porsi 

Makanan

Untuk makanan ada 6 jenis. 3 jenis Mie dan 3 Jenis dimsum. 

1. Mie Suit

Mie suit adalah pilihan mie yang tidak pedas bagi yang pengen ngerasain makan di Mie Gacoan. Rasanya cenderung gurih gitu namun hanya beberapa suap anak-anak udahan makannya. 

Jadi gaya kami makan memang icip icip. Si A pesen ini, nanti yang icip semua. Tapi masih berjuang juga buat ngabisin karena lumayan juga porsinya buat anak umur 10 tahun. 

2. Mie Hompimpa

Emak pesen cuma level 1 ya. Karena bakalan diicip juga sama anak umur 4 dan 5. Level satu aja udah bikin suami kapok makannya. 🤣

Rasanya cenderung manis pedas. Tapi karena pedasnya ya pedas banget walau level 1 jadi suami dan anak gak habis. Nyisa di piring. 

3. Mie Gacoan

Ini juga pesen level 1. Tenggorokan lagi sakit, jadi gak bisa makan pedas. Tenggorokan akan terasa terbakar. Makanya pesan ini level 1 aja. 

Memang level 1 aja pun udah berasa. Gak kebayang kalo orang pada pesan level di atasnya. Pantas aja beberapa meja tampak nyisa makanan. Punya kami juga masih nyisa.

4. Pangsit goreng

Pesan ini karena mie sudah pasti akan lama datang. Jadi biar anak-anak mengganjal dulu perutnya sama makanan ini. Padahal nanti di mie yang dipesan juga bakalan tersaji pangsit goreng loh.. 

Rasanya gurih dengan isian cincang daging ayam. Padat. Rasanya enak dengan sambal yang tersaji. Sambalnya gak terlalu pedas. Masih manusiawi banget dan bisa dimakan sama anak-anak. 

5. Udang keju 

Yang satu ini gak pake lama ngabisinnya. Anak-anak suka karena pas digigit langsung lumer si keju di dalamnya. Fix ya.. Ini favorit. 

6. Udang Rambutan

Yang satu ini juga enak. Hampir mirip teksturnya sama si udang keju. Tapi di bagian luarnya kriuk. 

Minuman 

Untuk minuman kami pesan 5 macam:

1. Es Gobak Sodor

Es Gobak Sodor ini dengan isian berbagai buah seperti apel, strawbery juga berbagai jelly aneka bentuk. Segerlah dan bikin bocil lahap ngabisin. 

2. Teh Tarik

Untuk teh Tariknya B aja. Standar teh tarik yang Emak suka memang ala kede Mie Aceh. Yang kental dan susunya juga berasa. 

3. Thai Tea

Mohon maaf untuk Thai Tea juga B aja. Ada kesan pahit di ujung lidah pas kita seruput. 

4. Green Tea

Green Tea nya juga B aja. Ini maaf  loh ya. Emak malah suka green tea boba pinggir jalan dekat rumah Emak. 

5. Vanila Latte

Vanilla Latte nya juga B aja. Berarti better Emak pesen minuman yang standar kayak teh manis dingin dan juga es gobak sodor. 


Kenapa Rame? 

Dari banyak menu, makanan dan minuman banyak yang B aja menurut Emak. Tapi kenapa sampe padat gitu sih? Menurut Emak ada beberapa alasan. 

1. Vibesnya

Suasana Mie Gacoan memang disukai anak muda. Cocok lah buat mereka yang suka kongkow. Tapi buat Emak sekeluarga yang bawa anak 5 sudah pasti sukanya makan ala lesehan. 

2. Harga Murah

Harga semua menu makanan gak ada yang lebih dari 11 ribu. Tergolong murah buat kantong anak nongkrong. Makanya rame banget. Minuman juga murah. Mulai 6ribuan. Paling mahal juga gak ada yang lebih dari 11 ribu. Tu kan...! 

3. Porsi

Porsinya banyak untuk ukuran Mie. Makanya kami pesan 5 Mie malah kebanyakan. Tapi tenang.. Untuk keluarga Emak gak ada yang mubazir. Kami minta bungkus kembali donk. 


Nah.. Kalo berencana nyobain Mie Gacoan jangan pesan lebih dari level 1 buat kalian meskipun doyan pedas. Asli nanti makanan gak kemakan. Yang ada pemandangan mubazir di tiap meja yang Emak lihat. 

Alhamdulillah Emak tipe yang suka Recycle makanan. Begitu di bawa pulang, esok paginya langsung Emak campur semua jadi satu dan ditumis kembali dengan tambahan telur biar pedasnya diredam. Alhamdulillah habis gak bersisa. 

Btw Emak mau minta maaf karena hari ini nge-review gak pake poto ya. Soalnya hectic banget bawa anak 5 di tempat begini ditambah tenggorokan Emak lagi gak fit. Jadi masih males potoan. Lebaran aja kami gak punya poto 🤣🤣🤣

Kalo kamu Mak, suka menu apa di sini? 




blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

13 komentar untuk "Review Mie Gacoan"

  1. Ya Allah mbakkk mi gacoan kesukaan aku polll apalagi mi hompimpa sama udang rambutnya favorit banget. Sebulan gak bolek kelewatan gak pesan mi gacoan wkwkw.

    Makasi mbak karena baca tulisan mbak jadi punya ide tulisan blog😆😆😆

    BalasHapus
  2. Asyik sekali nih makan mie gacoan. Saya perlu hunting juga di kota saya. Langsung icip dan eksplorasi deh, mumpung masih liburan.

    BalasHapus
  3. Enaknya kalau makan rame2 sekeluarga, bisa pesan macam2 dan saling nyicip ya. Nama mie-nya unik. Semoga bisa sampai Makassar Mie Gacoan ini. Ngomong2 yg pake nama "setan" ... suami saya juga melarang makan makanan yang namanya kayak2 gitu, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sekarang gak pake nama begituan lagi kak. Sudah aman makanya anak-anak udah boleh makan ke sini..

      Hapus
  4. Aku penasaran deh sama tampilannya si menu Udang Rambutan ini. Bakalan seperti apa ya? Senang juga sih sama kemauan Mie Gacoan ini perlahan-lahan menggeser ingatan konsumennya dari nama menunya yang semula bikin bergidik (dan mungkin di awal kehadirannya bertujuan untuk menarik perhatian market alias calon konsumen) sekarang berubah perlahan jadi menyenangkan demi lolos sertifikasi halal MUI. Keren.

    BalasHapus
  5. Unik ya. Cari tempat dulu, baru pesan di kasit dan bayar bayar
    Udang rambutan kaya apa ya? Hahaha
    Penasaran asli

    BalasHapus
  6. Belum pernah cobain mie gacoan akutuuu...selalu ramai, full, jadi jiper duluan dapat tempat duduk enggak ya. Apalagi kulineran pedas buat kami yang bukan penikmat pedas kuatir mubazir. Tapi bisa nih dicoba kalau ga habis bungkus aja, diolah lagi di rumah biar ilang pedasnya

    BalasHapus
  7. ohh jadi udah gak nama2 setan lagi ya cha...
    awak makan mie gacoan di denpasar waktu itu.
    Yang di Medan belum pernah coba.
    Tapi waktu itu masih pake nama setan, mie setan, mie iblis, es pocong, es gendoruwo..
    tak bacain ayat kursi semua makanan itu

    BalasHapus
  8. Emang ramenyaa tiap lewat mie gacoan tp gak niat beli mak...kebetulan kmrn jumat tmnku main ke rumah solo dia delivery mie gacoan nah baruu deh cobain 🤭

    Deliverynya lamaa banget 48.menit lhoo.... anak2 suka pangsitnya kalau mie sayabrasa biasa aja sih (gusti yeni)

    BalasHapus
  9. Menunya banyak banget ya bisa jadi pilihan untuk makan niy, dan ad apangsig goreng kesukaan saya nih kak, pengen cobain jadinya

    BalasHapus
  10. ya Allah mie gacoan ini legend banget sih emangg, habis baca artikel ini beneran pesen lho aku wkwkwkw kangeennn udah lama ngga makan mie gacoan

    BalasHapus
  11. Belom pernah nyoba sih Mak karena dulu pas anget-angetnya nongol kan resto ini belum halal. Sekarang sudah menuju ke sertifikasi halal dan ganti nama menu kan ya. Sebenernya menarik...untuk anak muda si bener. Untukku dengan satu balita dan baby gemoy aku skip deh...butuh yang lesehan dan ngga pedes2an, walau bisa menu biasa ya? Padahal harganya oke banget tuh hihihihi

    BalasHapus
  12. Baru denger istilah mie nya jadi ngiler dan pengen cobain tapi kayak nya di tempat aku gak ada yang dijual huhu

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️