Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menyelamatkan Adonan Roti yangTidak Mengembang

Tips menyelamatkan adonan roti yang tidak mengembang


Sebagai Emak-emak yang suka baking, bukan tidak pernah mengalami adonan bantat atau tidak mengembang. Baik itu bolu maupun roti. 

Yang lebih sering kejadian yang mana? Kalo Emak sih, roti atau donat yang mengandalkan ragi lebih sering kejadian tidak mengembang dibanding adonan bolu. 

Biasanya ikhlas aja deh langsung dieksekusi meskipun gak ngembang. Paling dikasih toping juga anak-anak masih excited buat makannya. Eeeeh itu dulu. Kalo sekarang Emak sering observasi, kenapa ya..bisa kejadian gak ngembang. 

Penyebab Adonan Roti Tidak Mengembang

Kejadian ini baru beberapa waktu lalu kejadian pas mau bikin bukaan buat anak-anak (makanan sekeluarga ding). 
Ketika adonan sudah diistirahatkan biar mengembang, kok gak gerak.. 

Mh.. Kecewa udah pasti. Tapi langsung sadar beberapa penyebab ini adalah alasannya:

1. Masa Expired Ragi

Wajah boleh muda, tapi mata udah nenek-nenek banget. Rabun dekat membuat Emak malas membaca expired si ragi. Setelah kejadian barulah sadar aing.. Sudah mendekati masa expired. Aduh kok bisa, padahal baru beli di toko paling rame dekat rumah.. 

2. Suhu Udara

Ragi suka bekerja di suhu yang hangat dan juga lembab. Sayangnya memang saat Emak membuat adonan, dapur dingin sekali karena sedang hujan lebat di luar. 

3. Air mengandung Klorin

Baru tau ternyata, air yang mengadung klorin dapat mematikan ragi. (Susah ngubur nya euy, hehehe). 
Memang, entah kenapa Emak nampung air pam. Biasanya memang selalu pake air isi ulang. Qadarullah ya.. Biar belajar juga. 

4. Kebanyakan Garam/Gula

Ini sih tidak terjadi saat Emak mengadon. Karena biasanya sesuai dengan resep yang selalu Emak buat. Pastikan ya, gula dan garam jangan kebanyakan. 

5. Air Terlalu Panas

Ketika mencampur ragi dengan air usahakan jangan terlalu panas. Meski ragi aktif pada suhu hangat, tapi jangan lebih dari 50°C juga ya. Sedang-sedang saja. 

Setelah tau beberapa penyebab di atas, penting kan bagi kita Mak untuk menghindari beberapa hal di atas agar tidak kejadian roti/donat tidak mengembang. Kalo masih kejadian, Takdir deh itu 🤣🤣

Setelah kejadian gak ngembang, jangan sedih donk. Masih bisa diperbaiki kok adonan yang tidak mengembang tadi. Sebelumnya harus diingat ya.. Meskipun diperbaiki tetap saja tidak mungkin selembut adonan yang biasa kita buat dengan berhasil. 

Ini disclaimer dulu.. Biar gak kecewa belakangan 😄. Tapi lebih baik daripada adonan dibuang. Mhhh mubazir sekali itu.. 

Tips Menyelamatkan Adonan tidak Mengembang

1. Menambah Ragi

Ulangi lagi mengadon adonan yang belum mengembang tadi dengan menambah ragi. Usahakan ragi nya yang masih fresh dan berbeda dengan ragi yang pertama. 

2. Menghangatkan Adonan

Kalo kejadian di Emak dengan suhu yang dingin di dapur, boleh memasukkan adonan ke tempat hangat. Saat itu Emak coba menghidupkan oven. Setelah beberapa saat matikan dan cabut steker. Masukkan adonan yang mau dihangatkan ke dalam oven. 

Boleh juga dengan menguapkan adonan dengan air panas. Masukkan air panas di bagian dasar oven. Adonan diletakkan di rak atas oven. 

3. Menambah Terigu

Bila mungkin terjadi tidak mengembang dikarenakan kebanyakan gula atau garam, selain menambah ragi juga tambah sedikit terigu ya Mak. Adon lagi hingga ragi tercampur rata. 

4. Ganti Rencana

Jika semua usaha telah dilakukan namun belum menunjukkan hasil yang berarti, boleh banget ganti rencana baking atau menggoreng donat. 

Adonan bisa tetap dimasak sesuai rencana. Untuk donat yang kurang maksimal lembutnya boleh hias dengan aneka toping yang membuat anak-anak sulit menolaknya. 

Adonan roti bila telah terpanggang namun tidak sesuai harapan, oles kembali dengan mentega dan tabur gula. Jadikan roti kering nan nikmat. 

Bila belum jadi dipanggang jadi roti, jadikan based pizza. Karena apa? Karena dengan aneka topping pizza, pizza gak harus memiliki roti yang lembut untuk dicintai anak-anak. Asal topingnya menggugah selera, itu saja sudah cukup. 

Karena goals setelah adonan hampir gagal hanyalah bagaimana makanan tersebut tetap layak dimakan dan dikonsumsi dengan gembira. No mubazir-mubazir club deh.. Ingat di luar sana banyak orang yang menantikan makanan dalam bentuk apapun untuk sekedar melepas rasa lapar. 

Penutup

Dari seluruh hasil baking dan masak cemilan yang Emak buat, entah hasilnya memuaskan maupun tidak, ada banyak pelajaran yang bisa dipetik. Salah satunya, mengajarkan anak untuk bersyukur dan juga mengajari anak bahwa apapun usaha kita, semantap apapun ikhtiarnya, bila Allah belum mengizinkan berhasil, maka Ridho lah akan takdir-Nya. Karena ketika engkau Ridho dengan takdir Allah, maka Allah pun sedang Ridho kepadamu. 



blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

11 komentar untuk "Tips Menyelamatkan Adonan Roti yangTidak Mengembang"

  1. Waah ini pembelajaran juga buat saya, Mbak .... daaan sama, saya juga rabun dekat dan jadi suka malas baca tulisan di kemasan padahal krusial.

    BalasHapus
  2. Wah, saya baru tahu juga soal air mengandung klorin. Langsung nandain tulisan ini, biar kalau pas baking dan bantet, tinggal cek cek dari tulisan ini lagi. Makasih ya, mbak tulisannya

    BalasHapus
  3. ternyata ada penyebab-penyebab logis kenapa roti nggak mau ngembang. kalau soal kadaluarsa ini, aku juga kadang nggak teliti sih sehingga kadang beli bahan makanan yang sudah kadaluarsa. hehehee... zen

    BalasHapus
  4. Masyaa Allah, mak mau sedikit sharing deh. Pernah praktek buat donat. Kok enggak ngembang setelah berjam jam. Rupanya lupa dikasih ragi :D.
    Jadi kan Mak, yah mudah-mudahan saya salah ya. Ragi ini berkembang karena medianya gula. Jadi bisa dites pakai gula atau susu dulu untuk mengecek ragi aktif atau enggak. Kalau ada gelembung, berarti raginya layak dipakai.

    BalasHapus
  5. Mengganti rencana ini sering banget kami lakukan. Hahaha... Biasanya kan kalau mau bikin kue bawang tuh, suka ada suami dan anak yg bantuin. Eh pas mereka tiba-tiba harus ke sekolah atau ada acara apa gitu, malas saya sendiri yg bikin udah ganti jadi bikin pangsit saja. Lebih cepat soalnya hahaha

    BalasHapus
  6. Ganti rencana kita beda ya cha....
    Awak ganti rencana ambil hp dan buka gofood 😶‍🌫️

    BalasHapus
  7. Kalau awak biasa kalau gagal adonan roti di jadi kan donat aja kalau donat nya pun gagal dia jadi kue bohong heheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awak sering nebeng makan aja, gak pernah merasai kegagalan adonan.
      Awak ga pernah nyoba bikin kue dalam bentuk apapun.
      (Awak mesti malu gak ya)

      Hapus
  8. Aku baru tahuuuuuu...adonan yang gak mengembang bisa diperbaiki :) makasi kak tipsnya. Karena kemarin tuh kalo udah gagal di adonan, Yoda dibuang 🤣 poin pentingnya tetap ada di ending artikel, ku suka 😊

    BalasHapus
  9. Aku baru tau kalo adonan yang tidak mengembang masih bisa diselamatkan, terimakasih infonya kak dapat membantu dalam menyelamatkan adonan roti atau donat yang tidak mengembang dan menghasilkan adonan yang berkualitas lebih baik.

    BalasHapus
  10. Suka gak mujur nih klo bikin roti atau donat, karena adonan gak pernah ngembang hihi. Baca tipsnya icha jadi semangat mau bikin lagi deh adonan yang pakai ragi :)

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️