Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Chili Oil

Cara membuat chili oil


Semenjak pindahan kembali ke rumah lama, hingga kini kami belum juga membawa banyak perabotan. Hihihi Emak otomatis gak bisa menyimpan bahan makanan karena tidak ada kulkas.

Kadang ada perasaan bingung juga kalo tiba-tiba harus menghabiskan bahan makanan yang banyak. Makanya kami jadi sering belanja harian agar tidak mubadzir makanan. 

Beberapa waktu lalu, kakak ipar memberikan cabe merah yang cukup banyak. Awalnya bingung donk soalnya Emak beneran gak ada kulkas di dapur. Maka langkah awal adalah meletakkan cabe di dapur di atas kertas koran untuk dianginkan.

Setelah beberapa hari masih tersisa hingga si cabe berubah menjadi cabe kering. Gak dibuang donk karena Emak tuh eman banget buang buang bahan makanan. Maka beberapa cabe Emak blender kering untuk dicampurkan ke telur ceplok. Rasanya jadi lebih enak loh.

Sudah sering dibuat yang lain masih bersisa. Cukup nih untuk dibuat menjadi chili oil karena Emak mulai bosan melihat cabe dijembreng melulu. Kuy lah kita eksekusi. 

Oh ya, sebenarnya cara membuat chili oil ini ada beberapa jenis. Kalian bisa membacanya juga di blognya jejakbunda.com ya. Ada beberapa cara membuat jenis minyak berguna di dapur

Chili Oil ala Emak

Kenapa sih harus chili oil? Ya salah satunya karena chili oil ini tahan lama di dapur. Gak perlu penyimpanan khusus selain botol kaca bersih. Apa lagi? Karena bisa sangat praktis kalo mau bikin nasi goreng atau mie goreng. udah sih itu aja. 

Tau gak mak, chili oil ini berasal dari Tiongkok. Tau lah ya.. Soalnya sering ada di restoran china sebagai kondimen atau bumbu pelengkap buat dimsum atau makanan lain. 

Beberapa resep hanya melibatkan minyak goreng, cabe kering, bawang putih, sedikit garam dan kecap asin. Kalo Emak menggunakan:


1. Minyak Goreng 250ml

2. Cabe kerin 60gram

3. Bunga lawang 7 biji

4. Cengkeh 15 biji

5. Bawang putih 9 siung

6. Garam setengah sdt

7. Kaldu jamur secukupnya

8. Jahe seiris tipis (dikit aja) 


Cara Membuat Chili Oil

1. Blender cabe kering hingga menjadi bubuk cabe.

2. Oseng dalam wajan tahan panas. Masukkan garam dan kaldu jamur. Setelah tercampur rata dan warna nya menjadi cantik matikan segera. Pakai api kecil biar gak gosong. 

3. Masukkan minyak, jahe seiris tipis, 7 bunga lawang dan cengkeh 15 biji. Panaskan minyak dengan api kecil hingga aroma bumbu keluar. Keluarkan semua bumbu yang kita masukkan tadi hingga tersisa minyak saja. 

4. Iris halus dan kecil 9 siung bawang putih. Masukkan ke dalam minyak hingga berwarna kecoklatan. 

5. Matikan api lalu masukkan cabe yang sudah disangrai. Aduk terus hingga tercampur. Lalu diamkan hingga dingin. 

6. Masukkan ke dalam wadah bersih seperti botol kaca yang sudah steril. Siap digunakan kapan aja.. 


Gimana, mudah banget kan Mak.. Tapi ceritanya sungguh gak sesuai ekspektasi. Tadinya berencana membuat chili oil biar tahan lama dan awet. Ternyata sesaat mau dimasukkan ke dalam wadah, Chili oil Emak tinggal sedikit 🤣. 

Rupanya Chili oil yang masih didinginkan sudah dimakan anak-anak dicampur dengan nasi hangat dan ikan goreng. Memang gak ada deh makanan awet di rumah Emak. Alhamdulillah semua suka makan meskipun badannya imut mungil. 

Tips Chili Oil Tahan Lama

1. Pastikan cabe benar-benar kering

Selain bisa dengan cara dikeringkan di bawah sinar matahari, bisa juga dimasukkan ke. Slow cooker biar lebih cepat proses pengeringannya. 

Selain itu, saat disangrai juga menggunakan api kecil agar matang merata. 

2. Gunakan minyak yang baik

Lebih ekonomis memang menggunakan minyak goreng. Tapi ada juga pilihan menggunakan minyak lain seperti minyak jagung hingga zaitun. 

Pakai minyak goreng sudah enak sih asalkan jangan memakai minyak curah. Biar lebih awet dalam menyimpannya. 

3. Gunakan berbagai rempah

Boleh ditambah bunga lawang maupun cengkeh. Ini bisa menambah masa umur penyimpanan, 

4. Simpan dalam toples kaca bersih

Sebelum disimpan sebaiknya memang ditunggu hingga dingin dan juga memakai jar kaca yang bersih dan bebas air. Selain itu untuk menambah masa simpan, boleh simpan dalam kulkas untuk lebih lama lagi umur penyimpanannya. 

Gimana mak, udah pernah belum membuat chili oil di dapur sendiri? Cerita yuk di kolom komentar pengalaman emak bagaimana atau boleh share ya biar lebih banyak yang membaca 💝

Terimakasih 










blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

19 komentar untuk "Cara Membuat Chili Oil"

  1. wah aku baru tahu cara bikin Chili Oil, mbak. Untung aja Chili Oil ini bisa awet tanpa masuk kulkas ya, jadi nggak mubadzir. Praktis pula kalau mau masak nasgor atau goreng telor tinggal campur aja. Jadi pengen nyoba bikin deh

    BalasHapus
  2. Seru juga ya kak buat oil dari cabe kering. Aku pernah lho kak langganan beli produk china yang kayak chili2 oil gituh. Rasanya memang lumayan enak, secara pada waktu itu, susah sekali menemukan produk makanan buatan Indonesia. Kalo waktu itu tau resep ini, pasti lah langsung di praktekin di dapur Panda. Tapi sekarang ini berguna juga, jadi pengen nyobain. Secara ini tahan lama, cocok untuk kaum rebahan kayak aku.

    BalasHapus
  3. Belom pernah la awak makan pake cabe oil, apalagi bikinnya.
    Masalahnya cabe di rumah awak gak pernah pulak sampe kering.
    Apa niat beli yang kering aja ya di pasar, trus bikin...🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalo dibayang-bayangkin, memang sedap sangat lah kalo di tumiskan ke sayur trus masokkan indomie kari ayam (eh sebut merek pulak awak).
      Jadi pengen bikin indomie pulak. etapi gada chili oilnya....

      Hapus
  4. Chili oil andalanku banget kalau di chinese resto..bersanding sama nasi atau mie..cocok, termasuk sama nasi anget plus ikan aja dah enak poll. Aku belum pernah bikin sendiri, sesekali beli tapi ya gitu kek rasa dah lama , ga seger ya. Beda kalau bikin dewe dan tau kualitas si cabe. Fixed mesti di eksekusi resepnya! Trims Kak Icha:)

    BalasHapus
  5. wah kebetulan saya sekarang juga baru pindahan mba, bisa niy saya coba buat saos chilinya di rumah, bahan dan cara buatnya mudah dan bahannya mudah dicari juga

    BalasHapus
  6. Wih masih dapat kertas koran ya Mbak ... susah banget tuh nyari koran sekarang.

    Rupanya chili oil enak ya dicampur dengan nasi hangat dan ikan goreng. AH, noted.

    BalasHapus
  7. Belum pernah bikin, nih. Gak tahu caranya. Kirain rumit dan harus pakai minyak khusus plus bahan tertentu yang tidak mudah didapat, ternyata bahannya sederhana.

    Tapi untuk bunga lawang dan cengkeh harus dicari di pasar, di tukang bumbu. Apakah boleh takaran kedua bahan itu dikurangi?

    Soalnya lidah orang Sunda kurang terbiasa dengan makanan berbumbu rempah berat kayak cengkeh dan bunga lawang (pekak).

    Palung dan bapaknya pasti senang jika ada "sambal" versi baru kayak chilli oil da barangkali mereka bosan dengan sambal tumis biasa.

    Tapi kalau pakai cabai kering yang dibeli di pasar apakah akan memengaruhi kualitas rasa dan kerahasiaan chilli oil?

    BalasHapus
  8. Aduh, enak banget ini chili oil kalau mau bikin nasi goreng. Cuma, gak banyak yang make. Biasanya kalau suka chinese food, baru suka.

    Kreatif mba, jadinya gak ada yang mubazir ya. Bermanfaat pula, bisa digunakan jangka panjang.

    BalasHapus
  9. Waah bahannya serba herbal dijamin chili oilnya oke banget buat kesehatan, aku baru tahuu nih (gusti yeni)

    BalasHapus
  10. Dulu waktu harga cabe mahaaaal banget, akhirnya saya beli cabe kering untuk rasa pedas.. udah gitu ditumis rebus dan lain lain.. beda sih rasanya, tapi ok juga kok. Penasaran kalau bikin chili oil dari cabe kering yang direndam.. takanya bisa ya, tapi belum coba.. aku tertarik sama resepnya nih, berempah.. bunga lawang sampe tujuh ya? waduh satu aja gak kuku..

    BalasHapus
  11. Nah ini, aku lagi pingin banget bikin Mbak, makasih ya sudah diulas dan dikasih resepnya. Next bisa buat ngonten di IG nih. Hehe

    BalasHapus
  12. Awak pernah dengar cili oil, tapi nggak nyangka buatnya gampang kali dan rasa nya enak, nanti mau lah di coba

    BalasHapus
  13. Wah baru tau elva ni say caranya membuat chili oil..tks ya..
    Kalau begini cabai bisa tahan lama, dan pas mau masak tinggal sat set..sat set juga ya..

    BalasHapus
  14. Chili oil jadi alternatif sambel yang bisa disimpan untuk waktu lama ya, cara buatnya pun mudah. Kayaknya enak juga nih jadi bumbu dasar mie ayam yang pedes :)

    BalasHapus
  15. Jadi praktis kalau mau bikin nasi atau mi goreng ya Cha,, tinggal tuang2 chili oil jadi deh lebih terasa pastinya ya. Boleh deh kl ada cabai yang gak abis dituruti cara dari Mak Ali nih, makasiih

    BalasHapus
  16. Resep Chili Oil-nya ada bunga lawangnya ya, pasti haruumm,, dan makin menambah selera makan ya pas masak nasi goreng ^^

    BalasHapus
  17. Baru tahu banget tentang chili oil ini, Mak. Apalagi bocah-bocah pada suka, ya. Bisa jadi rekomendasi ini. Pengawetan alami, ya.

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️