Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Puting Lecet

 

Tips mengatasi puting lecet

Memangnya Emak masih menyusui? Gak donk.. Si bungsu dek Ghazi sudah hampir 3,5 tahun. Jadinya Emak sudah hampir 1,5 tahun tidak menyusui. Drama puting lecet juga tidak terjadi selama menyusui dek Ghazi. 

Putcet alias puting lecet adalah satu dari sekian drama menyusui. Bisa dibilang setiap ibu menyusui pastilah pernah mengalaminya karena semua mengalami newbie saat di anak pertama. Eh boleh muncul deh di box komen bila saat jadi newbie tidak pernah merasakan puting lecet. Two thumbs up. 

Jadi teringat saat lahir menyandang gelar Emak saat anak sulung lahir. Semua serba newbie. Pertama sekali melahirkan, pertama sekali menyusui. Bahkan Emak ingat betul saat pertama si sulung mengeluarkan mekonium Emak sempat panik. Untunglah kakak ipar mendampingi. Jadi lega saat tau, itu adalah hal yang normal. 

Pertama menyusui, meskipun air susu belum keluar sama sekali Emak masih semangat memberikan terus upaya inisiasi agar bayi merangsang produksi asi. Hari kedua sudah mulai lancar hingga saat Emak pulang ke rumah di hari ketiga. Babak baru dimulai. 

Payudara membengkak di satu sisi. Payudara terasa hangat seperti hendak demam. Dengan memijat payudara terus menerus akhirnya kembali normal. 

Seminggu kemudian munculah masalah puting lecet. Kalo diingat rasanya luar biasa ya mak. Saat mau memberikan asi seakan mau memasukkan puting ke mulut singa. Hehe. 

Penyebab Puting Lecet

Puting lecet diakibatkan oleh pemberian ASI yang tidak sesuai saat bayi menghisap payudara. Intinya posisi menyusu di mulut bayi salah. Seharusnya bayi menyusu pada payudara. Bukan pada puting saja. Itulah mengapa terjadi puting lecet. 

Makanya pada seorang ibu yang putingnya tidak keluar, tidak ada masalah dalam meyusui. Tidak perlu berkecil hati. Karena proses menyusui sebenarnya menghisap pada payudara. Jadi posisi aerola semua harus masuk ke mulut bayi. 

Tips Mengatasi Puting Lecet

1. Perbaiki Posisi Menyusui

Pada bayi baru lahir, ubah posisi menyusu pada puting sehingga menyusu pada payudara. Bila masih salah, lepaskan kembali. Begitu terus hingga posisi bayi menjadi pas menyusu di payudara. 

Biarkan bayi membuka mulutnya hingga sebesar mungkin untuk memasukkan semua area aerola ke dalam mulutnya. Memang di awal lahir rasanya masjh sulit, tapi pembiasaan perlu kan.. 

2. Susul Bayi Gantian di dua Payudara

Untuk menghindari lanjutan dari puting lecet yakni mastitis, tetap susul bayi bergantian di dua payudara. Jangan karena yang sebelah sakit, kita berhentikan menyusui si bayi pada payudara tersebut. 

Hal ini akan membuat produksi asi terganggu. Selain itu juga bisa membuat anak kemudian menolak menyusu pada sisi payudara yang satu. 

3. Obati Puting yang Lecet

Puting yang lecet sebaiknya diobati dengan beberapa cara. Cara pertama mungkin masih dengan cara alami. Setiap selesai menyusu bayi, jangan lupa untuk mengoles puting dengan ASI. Cara ini efektif untuk puting lecet yang masih awal. Makanya lebih baik atasi sebelum lebih parah. 

Selain itu, gunakan bra menyusui yang lembut. Untuk menghindari lengketnya puting yang dioles ASI pada bra dan menyebabkan sakit, lebih baik lepaskan sementara bra yang digunakan. 

Bila tidak ada kemajuan sebaiknya gunakan oinment yang membantu pengobatan pada puting yang sakit. Emak rekomendasi yang tidak berbahaya dan kandungannya aman bagi bayi. Seperti Momilen Nursing Cream yang harganya masih terjangkau. Atau coba deh pake Medela Purelan

Ointmen Medela aman bagi bayi. 2 produk itu sih yang sudah pernah Emak pake dan nyaman. 

4. Minum Air Hangat

Sebelum dan setelah menyusui kalo bisa minum air hangat untuk menjaga stok ASI lebih baik. Rasanya juga nyaman sekali ketika menyusui atau sehabis lahiran. Badan pun terasa lebih enak. 

5. Jaga Kebersihan Puting

Pada puting yang lecet harap dijaga kebersihannya agar tidak menyebabkan bakteri masuk dan menjadi penyakit lanjutan seperti mastitis atau milk blister

Wah rasanya luar biasa mak. Jangan sampe deh mengalaminya. 

Penutup

Memang sebagai Emak baru, bukanlah hal yang aneh bila mengalami puting lecet. Tapi puting lecet bukanlah hal yang tidak bisa dihindari. Banyak cara menghindari puting lecet seperti memperbaiki posisi menyusui yang pas di mulut bayi. Bayi menyusu pada payudara serta menjaga kebersihan puting sebelum dan sesudah menyusui. Happy breastfeeding untuk para emak yang sedang on duty 🥰. 


blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

11 komentar untuk "Tips Mengatasi Puting Lecet"

  1. Infonya berguna banget terutama buat ibu muda yang pertama kali jadi busui.. Alhamdulillah sudah melewat ifase ini denagn baik..dulu pakenya cuma minyak zaitun saja dan bekerja

    BalasHapus
  2. Ku sampai nangis-nangis pas si sulung bayi..dari rumah sakit pulang ke rumah full ASI. Puting lecet tuh sesuatu dan bisa diatasi, cuma ibu biasa dah stres dulu huhuhu
    Senangnya ada oinment yang membantu pengobatan pada puting yang sakit yang tidak berbahaya dan kandungannya aman bagi bayi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu diriku tak tau kalau ada ointmentnya lho mba... walopun kasus di saya itu lebih ke payudara bengkak daripada puting lecet. Tapi ya tetep harus kompres-kompres, mengurangi sakit.

      Hapus
  3. Alhamdulillah ku tak mengalami puting lecet. Tapi payudara bengkak itu yang pernah. Kesenggol bacok pokokna sakitnya tuh

    BalasHapus
  4. Pengalaman istri nyusui dua Lanang mesti sedia kenalog di rumah, pas dapet anak gadis setahun ini belum ada keluhan lecet.

    BalasHapus
  5. Biar puting susu gak lecet sebelum terjadi aksi si bayi mencoba menggigit dg gusinya yang menggemaskan itu,, dipencet manjahh hidung mungilnya, hihi. Don't try it at home ya.

    BalasHapus
  6. Belom pernah ngalamin, tapi dulu liat ibukku rasain koq sedih, kesian gitu. Perih nya terasa padahal saya masih SD loh itu liatnya. Semoga surga menjadi balasan atas perjuangan seorang ibu ya cha.

    BalasHapus
  7. Jadi keinget dulu pas hamil anak pertama. Keluar ASI baru di hari ke sepuluh :'( itu rasanya perih banget sampai berdarah. Baca ini jadi tahu next kalau mau hamil lagi :))

    BalasHapus
  8. Dulu ingatnya atasi lecet ini pake minyak herbal yang hijau itu, sikit aja biar tak dirasa bayi hehe, trus jadinya pake nipple shield dulu di puting yg gak lecet buat menyusu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sama konselor laktasi gak disarankan kak pake nipple Shield.
      Karena nipple Shield itu bisa bikin bayi mengalami bingung puting.

      Hapus
  9. Aku lupa kalo dulu pernah mengalami saat menyusui anak-anak, tapi kelihatannya gak bikin nyaman banget ya dan kurang steril buat si bayi

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️