Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Sunburn

Tips Mengatasi sunburn


 Liburan sih liburan.. Tapi kalo udah ngerasain sunburn pasti deh rasanya perih. Btw apa sih sunburn. Bahasa mudahnya sih kulit yang teriritasi akibat paparan sinar UV matahari yang berlebihan. 

Iritasinya gimana? Awalnya hanya kemerahan, lama kelamaan terasa perih seperti terbakar / panas lalu berakhir dengan gosongnya wajah alias kulit menghitam. 

Ceritanya, sunburn ini terjadi saat Emak main di Pantai Meulaboh. Bukan gak pake pelembab yang mengandung sunsreen, tapi ini akibat kemalasan. Hihi.  Harusnya sunscreen itu dioles ulang tiap 2 sampe 3 jam ketika beraktivitas di luar ruangan. 

Ampun deh, berenang dari pagi sampe sore karena lupa waktu akhirnya sukses membuat sunburn. Liburannya enak, perih wajahnya terasa seharian keesokan harinya. Ternyata kulit yang over mengalami sunscreen akan mengalami kekeringan, kerutan dan juga terlihat kusam. 

Tips Mengatasi Sunburn

1. Oles Gel/Lotion Lidah Buaya

Hal pertama yang Emak ingat saat terkena sunburn adalah lidah buaya. Kalo gak mau repot dengan yang alami sekarang banyak dijual lotion/gel lidah buaya. Bahkan yang mengandung lidah buaya hingga 99%.

Alhamdulillah pas Emak terkena sunburn adalah gel lidah buaya di tas Emak. Sedikit oles ke wajah dan tangan yang terkena, Alhamdulillah langsung adem.

Kandungan Lidah Buaya

1. Mengandung banyak air yang terdiri dari banyak sekali antioksidan seperti betakaroten, vitamin C dan vitamin E. Inilah kenapa kulit terkena sunburn terasa lebih terhidrasi ketika diberi gel lidah buaya. 

2. Lidah buaya mengandung 2 hormon yakni auksin dan juga giberelin yang berfungsi untuk menyembuhkan luka dan juga anti-inflamasi. Hormon ini mempercepat penyembuhan dengan menstimulasi replika sel, membantu kulit terluka maupun pecah-pecah lebih cepat sembuh. 

3. Lidah buaya bersifat antiradang sehingga dapat menenangkan kulit yang terkena radang maupun kulit gatal. 

2. Jaga Hidrasi

Kulit yang terkena sunburn sudah pasti kehilangan kelembabannya. Sehingga kulit akan terlihat sangat kering hingga keriput, wajah pun terlihat lebih tua. 

Salah satu cara membantu kulit kembali seperti semula adalah dengan menjaga hidrasi tubuh dan kulit. 

Jaga hidrasi tubuh dengan minum air putih yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan menjaga hidrasi kulit dengan mengoles berulang bahan yang bisa menghidrasi kulit yang terkena radang. Seperti lidah buaya dan juga pelembab. 

Emak sendiri selalu mengoles gel lidah buaya dan juga pelembab setiap beberapa jam setiap kali merasa kulit sangat kering. 

3. Tidak mengelupas kulit

Beberapa hari setelah sunburn, kulit akan mengalami pengelupasan. Nah terkadang tangan gatal pengen mengelupas kulit wajah tersebut. Ternyata hal itu sebaiknya tidak dilakukan karena memperburuk keadaan kulit. 

4. Eksfoliasi Secara Aman

Daripada mengelupas kulit sendiri dengan tangan, lebih baik lakukan eksfoliasi secara aman dengan bahan scrub yang lembut agar sel kulit mati yang sudah beregenerasi lebih cepat terangkat. 

Selain itu gunakan pelembab yang mengandung bahan eksfoliasi seperti AHA dan BHA.,  citrus acid maupun lactid acid. Kuy cek pelembab. 

5. Melindungi Kulit dari paparan selanjutnya

Selain memperbaiki kulit, tugas kita berikutnya adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari selanjutnya. Gunakan pelembab yang mengandung anti sunscreen. 

Selain itu, tambahan bahan pelembab seperti niacinamide juga bagus untuk cepat mencerahkan kulit yang telah menghitam agar kembali menemukan tone aslinya. 


Nah.. Udah pernah kena sunburn belum, Mak? 

Kuy kita cerita di komen apa aja yang emak pakai saat terkena sunburn? 

blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

7 komentar untuk "Tips Mengatasi Sunburn"

  1. Iya mba perih banget ya ^^ haha aku pernah sunburn kemarin saat puncak corona. Konon berjemur baik untuk imun tubuh, maka demi imun tubuh aku berjemur tanpa sunblock sama sekali dan cuma di balkon rumah.. Akibat terlalu semangat kena sunburn dah hahaha.. Untunglah punya gel aloe vera, besoknya membaik.. Trus bertobat gak lagi jemur tanpa sunblock hihihi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abis jemur semisal lupa pakai tabir surya, banyak-banyak minum air putih, Mom Inova, agar tubuh terutama kulit kita lebih terhidrasi, hehe

      Hapus
  2. Wah tips penting nih pake gel lidah buaya. Jadi pingin nanem tumbuhan lidah buaya hehe. Klo senjata sybiasanya pakai sunblock plus payung aja

    BalasHapus
  3. Hahaa, barusan td siang kena sunburn nih Mak Icha... gegara nungguin di gerbang sekolahan Ririn si anak baru di SMP, Gak nyaman banget,, pas ngaca jadi gak semangat wkwk....untung ada gel Aloe Vera, saya pakenya yg dr Wardah.

    BalasHapus
  4. Sudaaah...dan mulihinnya itu susah kwkw
    Memang ya kalau lagi liburan bawaannya lupa. Mestinya sunscreen diaplikasikan secara berkala eh bablas aja. Sunburn jadinya.
    Yes, memang gel lidah buaya bisa jadi solusinya, auto adem deh wajah jadinya

    BalasHapus
  5. Sakit banget kalo udah kena sunburn. Bukan hanya jadi merah aja tapi pedih. Apalagi kalau di wajah ya.Memang kalau mau liburan jangan pernah lupa deh masukin sunblock

    BalasHapus
  6. belum pernah sih ngerasain, tp ngebayanginnya ngeri jg ya ternyata akibat sunburn ini :( kudu siap sedia P3K untuk sunburn ya

    BalasHapus

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️