Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menghadirkan Syukur

Tips Menghadirkan Syukur


 

"Ya Allah.. Ini mesin cuci kenapa lagi? "

Itu adalah sebagian jeritan dalam hati bila mesin cuci mendadak bikin keki. Punya mesin cuci bak makhluk hidup. Lagi baik moodnya bisa mencuci tanpa drama. Kalo lagi mood swing, bikin sebel minta ampun. 

Lalu Emak sadari bahwa cuma Emak satu-satunya yang bisa mengendalikan mesin cuci itu. Emak pun merasa ketika mesin cuci berulah, Emak lebih banyak menjerit meminta tolong pada Allah SWT. 

Eh bukannya ini adalah hal yang harus Emak syukuri? Dibalik kesulitan yang Emak rasa ada rasa membutuhkan Allah pada setiap langkah. Bukan menjadikan diri ini merasa hebat bisa menghandle setiap urusan. 

Rasa syukur, kenapa harus? 

Dalam beberapa literasi yang Emak baca, syukur ini dimaknai sebagai lawan dari sifat kufur. Kufur itu menutup diri, sementara syukur membuka diri. Maksudnya berterimakasih. Banyak manusia yang gak pandai berterimakasih pada sesama, apalagi pada Tuhannya. 

Teringat pada Ayat Al-Quran ke 15 dan 16 pada Surat Al Fajr : 

“Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia akan berkata: “Tuhanku telah memuliakanku” dan adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia berkata: “Tuhanku menghinakanku“.

Manusia sering lupa, kalo diberikan nikmat berarti dimuliakan, bila diberi ujian dikatakan menghinakan. Padahal ada yang namanya istidraj. Allah memberikan kesenangan pada orang yang dimurkai agar orang tersebut semakin lalai. Itulah istidraj. 

Maka, ketika kita merasa berada di fase kesulitan bisa jadi Allah sedang menguji kita dengan rasa sabar dan syukur. 

Manfaat Bersyukur

1. Hidup lebih tenang

Pernah lihat orang yang hidupnya biasa saja, bahkan kekurangan tapi tidak pernah gelisah? Ah pasti pernah kan. Orang-orang tersebut biasanya sangat jarang mengeluh. Hidupnya meskipun kita lihat penuh masalah namun ia membawakan dirinya seakan tanpa masalah. 

Ketenangan adalah sebuah berkah. Tidak bisa dibeli dengan uang berapapun jumlahnya. Hadir pada hati-hati yang penuh rasa syukur. Yang ridho pada setiap keadaan yang Allah berikan. 

2. Baik untuk Kesehatan Mental

Emak bukan mau bilang setiap orang yang masuk dalam rumah sakit jiwa adalah orang yang tidak pandai bersyukur. Namun menurut penelitian American Psychological Association, remaja yang bersyukur hidup lebih bahagia, lebih optimis dan juga lebih berfikir positif. 

3. Baik untuk Imun Tubuh

Karena rasa syukur itu berkaitan dengan optimis dan positif thinking, maka secara tidak langsung akan menaikkan imun tubuh seseorang. Orang tersebut terhindar dari penyakit dan stress. 

Lalu, sebagai manusia yang memang tempatnya lupa kadang kita sering lupa bersyukur. Beberapa hal di bawah ini adalah tips menghadirkan rasa syukur. 

Tips Menghadirkan Syukur

1. Sering Melihat Ke Bawah

Kadang ya mak.. Sering melihat timeline artis atau selebgram membuat kita lupa bahwa kehidupan mereka lebih sering di depan kamera. Tidak ada yang selalu bahagia tanpa celah. 
Imbasnya kita sering melihat kehidupan kita yang penuh kekurangan. Tau kah mak?Kehidupan yang kita keluhkan ini adalah kehidupan yang orang lain impikan. 

Banyak orang yang ingin bertukar tempat dengan kita. Tapi tau kah mak ? Setiap kesulitan dan ujian dari Allah sudah pasti mampu kita lewati. Kenapa? Karena Allah sudah mempercayakan masalah itu datang pada kita. 

2. Berbagi

Ketika memberi/berbagi, ada perasaan bahagia yang menyeruak dalam hati. Hal ini membuat kita sadar bahwa dapat berbagi karena Allah memberikan kita sesuatu untuk bisa dibagikan. Bahkan hanya sebuah senyuman. 

Dengan berbagi kita merasa hidup kita lebih beruntung dibanding orang lain. Dari situlah timbul rasa syukur. Wujud rasa syukur kita pun sering kita aplikasikan dengan berbagi 
 

3. Kurangi Mengeluh

Manusia memang tabiatnya suka mengeluh. Namun, mengeluh lah hanya kepada Allah melalui doa. Untuk keluhan satu ini biasanya lebih banyak jalan keluarnya dibanding mengeluh kepada manusia atau mengeluh melalui sosial media 

Sekedar mengingatkan mak, orang yang sabar dan syukur jarang sekali kita lihat mengeluhkan tentang hidupnya. Biasa orangnya tampak tenang dan selalu ceria. Mengeluh akan membuat masalah kita tampak lebih besar dari ukuran aslinya. 

4. Membuat Tabung Syukur

Ini adalah trik agar kita tak selalu lupa bersyukur. Setiap harinya tulislah satu hal yang kita syukuri. Misalnya: Aku bersyukur hari ini satu keluarga kami sehat semua. Esoknya tulis, aku bersyukur karena memiliki tetangga yang sangat baik. 

Dalam sebulan, ternyata kita sudah mendapatkan 30 rezeki yang sangat kita syukuri, yang tidak semua orang bisa memilikinya . 

5. Bertemu dengan Orang Lain

Ketika kita sering bertemu dengan orang lain dan sejumlah permasalahan yang mereka hadapi, biasanya kita lebih mensyukuri hidup kita meskipun beratnya cobaan. 

Setiap orang punya cobaan dan air mata masing-masing, namun kita harus ingat bahwa apapun permasalahannya biasanya Allah jua lah yang memberikan jalan keluarnya. Kita hanya menunggu dengan sabar dalam melalui prosesnya. 

Penutup

Rasa syukur membuat hidup kita lebih mudah dilalui meskipun banyak masalah yang melanda. Ingatlah bahwa hidup yang kita anggap sulit ini adalah impian banyak orang di luar sana yang kurang beruntung. InsyaAllah hal ini akan membuat hatimu dipenuhi rasa syukur. 


 

blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

15 comments for "Tips Menghadirkan Syukur"

  1. Penerimaan hidup ya berasal dari diri sendiri, bagaimana kita memandang hidup kita ya Mak. Dan, bahagia itu memang bisa kita ciptakan dari rasa syukur. Terima kasih sudah mengingatkan gimana cara untuk menciptakan rasa syukur itu Mak ^_^ Aku kalau bicara soal bersyukurini jadi ingat Ibrahim ayat 7

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kamu bersyukur maka akan Aku tambahkan nikmat-Ku namun jika kamu kufur maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. Semoga kita termasuk hamba yg syakirin yaa

      Delete
  2. perasaan bersyukur ini kk ternyata gak semua orang punya, oleh sebab itu perlu dilatih, bahkan sekaliber Nabi pun berdoa pada Allah agar senantiasa jadi hamba yang bersyukur, konon lagi kita ya bukan Nabi ya kan kk, masyaAllah

    ReplyDelete
  3. Huhuhu, self reminder ini mengenai bersyukur.
    Sering lupa dan suka mengandalkan kekuatan diri yang dhaif.
    Padahal ada Allah yang maha menguatkan dan siap menjadi penolong buat hambaNya.

    ReplyDelete
  4. Masyaallah iya juga ya mbak, membuat tabung syukur nggak kalaj oenting. Kadang karena tuntutan ego diri ini suka kufur nikmat membanding bandingkan dengan kekayaan tetangga padahal Tuhan sudah menghadirkan segalanya

    ReplyDelete
  5. Hidup akan terasa tenang kalau kita bisa melihat kebawah dan langsung mensyukuri semua yg kita punya. Semoga kita semua menjadi orang- orang yg selalu bersyukur aminnnnnnn

    ReplyDelete
  6. Tapi kan CA, ngomongin soal rasa syukur latihan setiap orang beda beda ya kan. Ada yang bisa cepat ada yang susah menumbuhkan rasa syukur. Kadang terlalu banyak stalking Dan bergaul sama kawan berpotensi mengurangi rasa syukur ya kan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi baiknya memang memilih circle pertemanan yang tepat ya kak

      Delete
  7. Mengambil hikmah dari bersyukur..

    Senang sekali membaca tulisan Emak ini.

    Membaca tulisan ini juga menjadi pengingat diri, sudahkah menghadirkan syukur dalam kehidupan hari ini..🤩

    ReplyDelete
  8. Salah satu doa yang dipanjatkan setiap habis sholat adalah Semoga Allah menjadikan kami sekeluarga dan keturunan-keturunan kami menjadi orang-orang yang mendirikan sholat dan menjadi orang-orang yang bersyukur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan awak takut sekali menjadi orang yang tidak atau kurang bersyukur..

      Delete
  9. Terima kasih sudah menuliskan reminder yang bagus terkait syukur ini, Mbak. Jujur setiap habis mudik saya lebih ingat bersyukur. Kalau di Jakarta seringnya lihat ke atas aja. merasa kurang ini dan itu. Kalau pulang kampung baru jleb berasa, betapa nikmat-Nya sangat berlebih...

    ReplyDelete
  10. Barusan dengarin ceramah UAS, ciri2 orang yang diridai Allah SWT adalah ketika dia rida juga menerima ketetapan Allah. Jd semisal mesin cuci rusak namun kita rida, pertanda kita diridai-Nya. (Automikir seandainya mesin cuci kami di rmh rusak, subhanallah cucian menggunung ya wkwk)

    ReplyDelete
  11. terima kasih mba sudah menulis ini, mengingatkan saya kembali atas syukur yang selama ini sering terlewat, padahal begitu banyak nikmat yang saya dapat setiap harinya, namun suka abai

    ReplyDelete
  12. Syukur memang harus dimulai dengan acceptance alias penerimaan terhadap diri sendiri dan kehidupan yang kita jalani ya. Kalau sudah ada di titik ini, mau angin menggoyang sedemikian kencang, insya Allah syukur selalu ada di hati.

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️