Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Amalan Sunnah Saat Idul Adha

Amalan Sunnah saat Idul Adha


 Alhamdulillah Idhul Adha sudah tiba. Meski tahun ini kita berada dalam masa PPKM namun semarak Idul Adha di hati tidak berkurang sedikitpun. 

Semenjak pandemi, diakui perayaan Idul Adha mengalami perbedaan dengan masa kita kecil dahulu. Idul Adha dijalani dengan keramaian, riuh bahagia membuncah karena bagi keluarga yang tidak pernah membeli daging karena mahal akan dapat mencicipinya dengan rasa syukur. 

Idul Adha memang dikenal dengan hari raya kurban mengingat peristiwa Nabi Ibrahim yang menerima perintah Allah SWT untuk menyembelih Nabi Ismail anaknya. Sebagai insan pilihan tak ada sedikitpun keraguan akan perintah Allah bagi Nabi Ibrahim, Nabi Ismail serta Hajar, ibunda Nabi Ismail. Kalau manusia lemah seperti kita lebih sering mengandalkan akal dibanding ketaatan. 

Bayangkan saja, Nabi Ismail saat bayi ditinggal di padang gersang lalu ketika bertemu kembali dengan ayahnya, ia ikhlas dan taat dengan perintah Allah. Begitu pun Nabi Ibrahim, anak yang ditunggu dan hadir dengan perjuangan harus rela ia sembelih. Tentu dengan akal manusia akan sombong menolaknya. Apalagi Hajar, ibunda Nabi Ismail yang hanya memiliki anak satu-satunya. Ketika suaminya menyatakan perintah Allah tanpa ragu ia taat. Padahal rasanya tidak mungkin seorang ibu tega membiarkan anaknya disembelih. 

Ketaatan mereka ternyata diganjar Allah dengan kejadian yang luar biasa. Nabi Ismail tak terluka sedikitpun. Allah mengganti Nabi Ismail dengan seekor kambing. Dalam Al Qur'an yakni Surat Ash Shaffat ayat 107 yakni :

"Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar"

Menurut tafsir Ibnu Abbas, kambing tersebut berasal dari surga. Yaitu kambing Habil pada saat persembahannya diterima Allah SWT. Atas peristiwa itu, Islam kemudian menyambut hari raya Idul Adha dengan berkurban.

Sebelumnya Emak pernah nulis artikel Amalan Sunnah Saat Idul Fitri. Sekarang kita bahas amalan Sunnah saat Idul Adha.

Amalan Sunnah Saat Idul Adha

1. Mandi Sebelum Shalat

Mandi sebelum beeangkat shalat Idhul Adha menjadi amalan Sunnah yang dilakukan. Boleh dilakukan sejak malam atau setelah shalat subuh. 

2. Potong Kuku dan bercukur kecuali ikut berkurban

Bagi yang tidak ikut berkurban, sebaiknya melakukan potong kuku dan bercukur. Sebaliknya, bagi yang berkurban di tahun ini sebaiknya tidak memotong rambut, kuku dan bercukur hingga sembelihan dipotong.

3. Memakai wangi-wangian untuk lelaki

Memakai minyak wangi bagi lelaki karena perempuan sebaiknya tidak menyemprot wewangian kecuali di dalam rumah. 

4. Memakai Baju Terbaik

Disunnahkan memakai baju terbaik ketika berangkat shalat Idul Adha. Selain indah dipandang juga pastinya bersih.

5. Berjalan menuju tempat shalat

Pergi dan pulanh menuju tempat shalat (baik masjid maupun lapangan terbuka sebaiknya berjalan kaki). Disunnahkan pula untuk pergi dan pulang melewati jalan berbeda. Kecuali masjidnya sebelah rumah gak bisa muter-muter ya.. 😁

6. Tidak makan sebelum berangkat shalat

Berbeda dengan shalat Idul Fitri, shalat Idul Adha disunnahkan agar berangkat tidak makan dahulu sejak fajar. Ketika pulang dari shalat Id barulah menyantap kurma/makan. Sesuai dengan sebuah hadist riwayat Tirmidzi, 

Dari Abdullah bin Buraidah dari ayahnya (yaitu Buraidah bin Al Husaib) ia berkata " Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pada hari idulfitri tidak keluar sebelum makan dan pada hari Idul Adha tidak makan sehingga selesai shalat. 

Itulah beberapa amalan Sunnah yang dilakukan saat Idul Adha. Nah karena tahun ini perayaan Idul Adha dilakukan bertepatan dengan PPKM, maka sebaiknya dipatuhi protokol kesehatan semaksimal dan seketat mungkin ya Mak. Jangan lupa berdoa agar pandemi segera berakhir agar di tahun mendatang anak kita pun bisa merasakan betapa meriahnya takbiran ketika perayaan hari raya. 


Stay at home and happy ya Mak..

Selamat hari raya Idul Adha...




blogger parenting
blogger parenting Emak anak 5. belajar terus jadi istri dan emak yang baik..

22 comments for "Amalan Sunnah Saat Idul Adha"

  1. Amalan sunnah ada juga yang bisa dilakukan oleh yang tidak berkurban, ya. Masya Allah.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah walaupun baru tau mengenai ini ternyata sunnah tp saya sudah ngelakuin ini sejak dr kecil....

    Oh iyya mohon maaf lahir dan batin kak, maaf jika pernah salah kata

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah sudah sampai di hari raya terbesar muslim meski kondisinya masih pandemi.
    Tetap lakukan prokes ya. Di kampung saya kemarin Alhamdulillah masih bisa solat Ied bersama di lapangan. Tapi pemotongan hewan kurbannya baru bisa dilakukan tadi

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah, terima kasih sudah mengingatkan Mba.

    Semua amalan ini bisa dilakukan saat Idul Adha. Kecuali urusan potong kuku, rambut, dan bercukur bagi yang melakukan qurban.

    Salah satu momen berlebaran yang selalu dinantikan.

    ReplyDelete
  5. Antara sedih dan nelangsa iduladha ini sedang diuji positif covid-19. Huhu
    Biasanya dr dulu selalu menerapkan poin2 di atas bareng keluarga di rumah. Huhu

    ReplyDelete
  6. Kalau minum air putih sebelum sholat gimana tuh cha? Kami idul kurban kayak biasa aja sepi jauh dari keluarga besar. Makan2 pun seadanya saja.

    ReplyDelete
  7. sedih banget ya lebaran haji tahun ini sekeluarga ga sholat Ied soalnya takut juga Surabaya agak tinggi kasus covidnya.

    ReplyDelete
  8. Idul Adha tahun ini di Bekasi sepiii sekali, walaupun di kompleks kami tetap digelar shalat berjamaah di lapangan. Kami gak ada memotong hewan qurban di sini, dititipkan ke rumah potong hewan saja dan dibagikan langsung door to door. Meski demikian, semoga gak mengurangi takwa kita pada Allah dalam melaksanakan amalam sunnah ini. Takbir kami tetap semangat di malam hari.

    ReplyDelete
  9. Selamat idul adha juga kak. Terima kasih info sunnahnya. Sayangnya masjid di kompleks sy tutup kemarin krn PPKM, jd solat id di rumah deh

    ReplyDelete
  10. Selamat idul adha juga mbak.
    Sedih memang masa pandemi ini. Tapi alhamdulillah di sini bisa solat ied meski dengan protokol

    ReplyDelete
  11. bagus banget artikelnya kak! ini yang sering terlupa, yang berqurban enggak tau kalau dilarang potong kuku, rambut sebelum qurbannya disembelih. bahkan dulu suka gak ngeh kalau bedanya idul adha tuh gak boleh makan minum dulu jika dibandingkan dgn idul fitri.

    ReplyDelete
  12. Selamat hari raya iduladha ya Icha sekeluarga .. semoga kita dapat meneladani semangat berqurban Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Aaminnn

    ReplyDelete
  13. Bener juga nih mba, kadang fokus sama yang berkurban yah. Padahal ada juga amalan2 yang bisa dilakukan bagi mereka yang tidak berkurban.

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah kemarin berkesempatan ikut shalat Idul Adha, namun sunnah seperti mandi tak terlakukan karena malamnya kurang tidur huhu. Untuk shalat juga sangat dekat dari rumah karena berada di musala, maklum sedang masa sekarang tak bisa ikut dalam jumlah besar.

    ReplyDelete
  15. Kami shalat di masjid, alhamdulillah masjidnya buka, walau gak prokes kali huhu.
    Btw selamat merayakan idul adha ya kak 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kami di sumsel shalat di mesjid juga bang, malah ramai yg sholat, tapi alhamdulillah prokes gak tinggal

      Delete
  16. Ibunya bang Oemar bilang ke saya, besok buka puasa pasca sholat di sini aja. kita makan bareng-bareng karena kamu lebaran sendirian di medan.

    aku ngangguk, ngga tahu maksud puasanya apa hehheehe terus besok paginya pas subuhan, karena kebiasaan, aku minum air putih. creepy abis, ya hehe

    Selamat lebaran, kak Ica. semoga kita bisa segera ketemu. aku kangen dan penasaran si adik kecil yang waktu Blogsum bikin acara di kapten muslim aku gendong-gendong itu hahaha!

    ReplyDelete
  17. Tahun ini meski berqurban juga, tp kami gak ke lapangan menyaksikan penyembelihan hewan qurban. Salat ied jg ngga, huhuu... demi menjaga kesehatan sekeluarga terutama ada anak yg punya "simpanan" gejala asma

    ReplyDelete
  18. Hiks, idul adha kemarin kami lagi dan lagi hanya di rumah saja. Terlebih si baby baru 3 minggu. Jadi hanya beberapa amalan sunah ini yang bisa dilakukan di rumah.

    ReplyDelete
  19. Tahun ini kami tidak makan daging qurban.
    Rasanya seumur hidup baru tahun ini hiks...
    semoga tahun depan diberi nikmat untuk menikmati masakan dengan daging qurban, Aamiiin ya Allah...

    ReplyDelete
  20. Selamat Hari raya Idul Adha ya kak. Tetap semangat meski ibadah ditengah kesulitan saat ini

    ReplyDelete
  21. Idul Adha mengajarkan, secinta apapun pada apa yang kita rasa kita miliki, sadarilah semuanya milik Allah. semuanya kembali pd Allah. semoga di idul Adha kali ini kita mulai kembali lembaran hijrah kita yang baru dalam menyongsong hari ya kak cha, happy eid adha 🤍

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️