Olahraga ALA IRT

 

Olahraga ALA IRT



Assalammualaikum, ketemu lagi nih sama Emak. Apa kabarnya nih pembaca blog Emak poenya? Semoga selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, Aamiin. Bye the way, kalo mau sehat selain makan makanan bergizi dan hidup positif, jangan lupa untuk berolahraga. kadang Emak rumahan suka bilang nggak ada waktu nih untuk olahraga. padahal kan 30 menit aja cukup kok asalkan dilakukan teratur setiap hari. Kalo Bang Iyus memilih Bersepeda, maka Emak rumahan sebenarnya punya banyak pilihan. Yuk kita bahas satu-satu.

1. Jalan Pagi

Jalan pagi keliling komplek mungkin gak sempat dilakukan oleh ibu rumah tangga yang masih punya bayi dan anak sekolah dasar. Biasanya pagi hari akan sangat sibuk menyiapkan kebutuhan si anak hingga membantu anak-anak menyiapkan diri untuk beribadah atau sekolah. 

Jalan pagi di sekeliling halaman rumah saja sudah cukup membantu kok. Jangan lupa, sedikit gerakkan tangan dan atur pernafasan agar senam pagi yang santai ini hasilnya maksimal. 

2. Olahraga dengan Bayi

Ibu rumah tangga yang doyan rebahan pun ternyata bisa berolahraga. Di tempat tidur pula sambil jaga anak. Hehehe. Caranya?

Si anak balita kita bisa dijadikan beban pengganti bola exercise. Misalnya dengan posisi tidur, tekuk kaki kita dan letakkan balita di atas kaki. Angkat si anak dengan gerakan kaki naik turun. Pas banget nih bisa ngecilin lingkar perut dan pinggang meski hobi rebahan. 

3. Naik Turun Tangga

Nah, untuk rumah bertingkat, bisa coba cara ini ya Mak. Meski rasanya olah raga ini terlihat sepele, namun mampu membakar lemak sekaligus membuat badan lebih seksi loh.. karena saat naik dan turun tangga betis menjadi lebih kencang dan pinggul menjadi lebih ramping. 

4. Sit Up

Cara asyik lakukan sit up, ya pasti sambil nge-drakor lah.. hahaha.

Emak tau banget kesukaan ibu rumah tangga yang hobi nonton maratonan di rumah. Selagi maraton ngeliatin oppa-oppa bening, jangan sambil ngunyah keripik kentang aja ya Mak.. its better you take sit up for exercise. 

Nontonnya dapet, badan pun sehat.

5. Angkat Beban

Meskipun beban hidup berat, beban yang satu ini ada manfaatnya Mak.. hihi. Kalo gak punya dumble boleh deh coba angkat ember berisi air ke dalam mesin cuci. Sekali-sekali nyucinya gak otomatis kan boleh ya Mak..

Kalo angkat galon air minum, terlalu berat Mak.. takutnya bukan sehat, malah turun perut. Kan gaswat tuh..

6. Menari

Kegiatan satu ini paling asyik bareng si anak. Musik apapun yang ngebeat bisa dipake kok Mak.. kalo gak mau ribet boleh juga sambil buka YouTube. Cari deh lagu-lagu buat zumba. Olahraga pun jadi lebih praktis karena bisa ngikutin koreo dari pelatih zumba. 

7. Yoga

Olahraga satu ini kesannya santuy banget kan Mak.. gak usah khawatir untuk para Nubi. Karena bisa nyari banyak sekali referensi di YouTube, yoga untuk pemula. Gerakan yang santai bisa dilakukan bareng anak juga Mak. Atau bisa juga melakukan yoga di sela-sela nungguin anak daring. 

Mantap kan Mak.. meskipun di rumah, ternyata bukan sebuah alasan bagi kita untuk males-malesan. Bukan juga alasan buat skip olahraga. Karena tubuh yang sehat juga perlu berolahraga agar daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. 

Baca juga  Kerja  Sampingan Ibu Rumah Tangga 


Hayooo.. hari ini udah olahraga apa belum?

Yuk ceritain, olahraga di rumah favorit Emak apaan ya?

Reactions

18 comments:

  1. Nah, aku sering tuh yg nomor 2, maklum punya bayi 4x jadi seperti mainan aja, si baby happy gitu kan, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba belgie..
      Barengan sama anak di tempat tidur tapi bisa happy ya kan.. 🤗

      Delete
  2. aku akhirnya kemarin nyobain yoga lagi emang paling simpel ya di rumah..pengenya shit up aduh tapi mager banget ya..semangat ibu2 kita olahraga di rumah yang penting konsisten ya mbak

    ReplyDelete
  3. Jadi pengin bikin artikel tandingan nih, judulnya olahraga ala bapak-bapak rebahan wkwkkw kayaknya seru

    ReplyDelete
  4. Kalau saya olahraga nya naik turun tangga rumah karena kamar saya di lantai 2 heheheh tapi emang bener sih harus banyak gerak intinya..

    ReplyDelete
  5. kalo saya sama suami biasanya jalan pagi hehe, kadang kalo males keliling komplek deket rumah. jalan dulu yang jauh naik motor sampe BKT, terus jalan disitu wkwk. sambil jajan. lah gak jadi olahraga wkwkwk.

    ReplyDelete
  6. Olahraha bisa dimana aja ya mba,dan pastinya gak selalu yang mahal.
    Apalagi kalau jalan pagi sekitar rumah,bisa jadi alternatif yang mudah.

    ReplyDelete
  7. sekarang ini banyak sekali ya emak-emak ikutan tiktok hanya untuk dancinh dan rata-rata mereka bilang Tik Tok membuat mereka jadi bersemangat dan awet muda dan sangat kreatif juga si. buat tiktok sambil olahraga ide yang menarik

    ReplyDelete
  8. Kalo ada emak yg rajin olahraga begini pasti semakin disayang sama suami. Simpel yg penting rutin ya kak..

    ReplyDelete
  9. Naik turun tangga menurutku cocok nih untuk saya. di kantor ada tangga lumayan bikin capek nih

    ReplyDelete
  10. Nyuci dan nyapu termasuk olahraga gak sih kak? aku seneng yang ada musik dan koreonya gitu menari keknya jadi sehat badan dan otak juga.

    ReplyDelete
  11. naik turun tangga ini beneran lho kak, aku jadi ingat pas sebelum merried olahraga yang kulakukan ya naik turun tangga karena saking sibuknya nggak sempat olahraga wkwkkw tapi turunnya berapa kg lupa.
    eh olahraga ini biar sehat ya bukan slim, tepok jidat sendiri hahaha

    ReplyDelete
  12. Apapun olahraganya..yg penting gerak ya kak.. dan cocok utk tubuh... kalau saya saat ini kebetulan yg cocok sepeda... mau lari aja awalnya.. namun kaki udah ga bisa nahan bobot tubuh, harus diet ketat... nah nurunin BB nya pake sepedaan aja... kalau udah kuat.. baru dech lari lagi..

    ReplyDelete
  13. Wkwkkw angkat galonn juga masuk, gokilll amat. Pasti berotot nih bunda

    ReplyDelete
  14. Yang paling sering dilakukan hanya nomor dua. Hampir tiap hari malah. Soalnya mainan. Hehe. Baru tahu ada manfaatnya buat perut ya. Makasih infonya Mak.

    ReplyDelete
  15. Aku nyucinya manual terus, Mak. Masuk ke olahraga juga kan ya? Hihihi

    ReplyDelete
  16. Jalan kaki emang olahraga paling simple ya, kak. Belakangan ini lagi mau dirutinin ke pasar jalan kaki. Meski masih sering bolongnya

    ReplyDelete
  17. yang favorit nih olaraha dengan balita. Disuruh duduk di kaki. lalu maminya sit up. Cuma godaannya gak rutin. Ada aja yang harus dikerjakan. Hihihi. agak longgar malam, eh btw olahraga malam hari baguskah mbak?

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️

Total Pageviews