Kerja Sampingan Ibu Rumah Tangga



Menjadi ibu rumah tangga memang bukan sebuah cita-cita ataupun pekerjaan yang diimpikan sebagai pekerjaan "elite" yang akan disebut seseorang saat ditanya apa cita-citanya kelak setelah lulus kuliah. Jangankan lulus kuliah, Lulus SMA aja pengennya pasti memulai karier bekerja di tempat yang bagus kata Blogger Surabaya ini.

Jadi tau banget lah rasanya, saat orang-orang berkata "Sayang banget ya.. lulus kuliah cuma di rumah aja..". Seakan kerjaan ibu rumah tangga gak bonafit. Kerjaan remeh temeh. Eeeh tunggu dulu.. sekarang ini, ibu rumah tangga bisa punya kerjaan sampingan yang gak bisa dipandang sebelah mata. Kadang hasilnya malah bisa membantu banget suami apalagi di masa pandemi. Yuk kita kupas.. apa saja kerjaan yang bisa digeluti ibu rumah tangga sembari di rumah.

1. Jualan

Jualan ini bisa terbagi dua. Karena di rumah, ibu rumah tangga bisa jualan secara online maupun offline.  Bahkan buka warung depan rumah pun bisa menghasilkan sekitar 8-15%. Bayangkan bila warung depan rumah rajin dikunjungi oleh tetangga. 

Jualan online juga banyak membuka pintu rezeki. Zaman now paling asyik promosi di berbagai social media. 

Mau jualan di market place juga gak ribet. Tinggal buat akun dan tunggu verifikasi. 

2. Freelancer

Pekerjaan sebagai freelancer juga banyak banget jenisnya. Zaman now paling banyak dicari adalah guru freelance, master SEO, programmer, penulis hingga design grafis. Tinggal sesuaikan dengan kemampuan si ibu rumah tangga.

3. Blogger

Yang satu ini memang harus berani nyemplung komunitas. Susah untuk berjalan sendiri. Percayalah, banyak banget blogger senior yang mau membantu kita untuk maju. Penghasilan blogger bisa didapat dari endorsement atau menulis review untuk klien dan diterbitkan di blog pribadi kita. 

Jangan tanya berapa lama agar bisa menghasilkan. Resep awalnya hanya rajin menulis!

4. Influencer 

Job yang satu ini banyak digeluti ibu-ibu loh. Apalagi banyak klien yang juga minta ibu dengan anak untuk membuat konten promo. Tinggal bagaimana kita sekreatif mungkin untuk mengatur rapi nya feed media sosial yang kita punya. 

5. Penerjemah

Untuk ibu rumah tangga lulusan bahasa tertentu boleh banget dicoba jadi penerjemah. Kerjaan bisa dikerjakan dari rumah. Setoran kerjaan juga bisa dilakukan secara online.


Sebenarnya masih banyak pekerjaan lain yang bisa dilakukan ibu rumah tangga sembari mengurus anak loh.. jadi jangan lagi deh merasa bahwa ibu rumah tangga gak produktif. Atau bilang ke seseorang bahwa diam di rumah itu sebuah pilihan yang gak banget. 

Baca juga: 5 Tips Mencari Peluang di Masa Pandemi

Sekali lagi, meskipun tanpa bekerja. Ibu rumah tangga tetaplah sebuah pekerjaan. Pekerjaan yang dilakukan sejak mata terbuka di pagi hari hingga menutup di malam hari.


Reactions

6 comments:

  1. Betul jadi IRT bisa produktif juga salah satunya ya ngeblog ini hihihi..semangat ya mbak..

    ReplyDelete
  2. freelancer dan blogger, saya banget itu haha. jadi pekerjaan yang menyenangkan selain jadi IRT. Cukup di rumah dan nulis dikala waktu senggang, dapat duit. Alhamdulillah. seneng banget ya mba hihi.

    ReplyDelete
  3. duh aku kaya dipanggil. sebagai new blogger memang jadi pekerjaan yang menyenangkan bisa disambi ibu2 kaya kita ya mbak

    ReplyDelete
  4. Sebenernya aku ingin membuka warung dehh, lumayan ya kecil-kecil tapi ada pemasukan, bisa kan sambil jaga warung dan ngeblog wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Semua kerjaan tersebut menurutku snagat keren loh. Saya duku gak pernah menyangka bakal bisa menjadi di antara mereka. Alhamdulillah, sangat bersyukur.

    ReplyDelete
  6. Justru aku inginnya kerja dari rumah. Namun apalah daya masih belum bisa resign dr kntor yg skrng. Rasanya ingin kerja tanpa terikat waktu, dan bisa sambil rebahan dapat uang.

    ReplyDelete

Jangan diisi link hidup ya kawan-kawan ☺️

Total Pageviews