Pentingnya 1000 Hari Perlindungan buat Bayi


Heii hoo Mak.. apa kabarnya? Hari ini aku mau cerita nih tentang anakku yang baru aja masuk 6 bulan. Ceritanya, si dek Ghazi mulai makan bertepatan pula dengan kak Zia yang masuk usia 2 tahun pas. Makanya rempongnya kebangetan.


Gimana gak rempong? Aku akan memikirkan menu-menu mpASI yang akan kuberikan pada anakku yang ke lima, sementara aku juga harus sabar menghadapi anak ke empat yang akan rewel seminggu full karena aku sapih. Ceritanya kan aku selalu berusaha weaning with love, tentu gak boleh donk menyapih anak dengan proses pembohongan.


Itulah mak, menu mpASI adalah menu yang sebisa mungkin aku usahakan sebagai menu yang mencukupi dan mendorong kecukupan gizi anak karena anakku masih menjalani 1000 hari pertama. Penting banget loh untuk memperhatikan dan mendukung perkembangan mereka di 1000 hari pertama, karena ini sebagai landasan awal anak berkembang dengan baik dan penentu masa depan si kecil. Jangan sampai anak kita mengalami perkembangan yang tidak sempurna.


Sebagai emak yang concern dengan gizi dan asupan anak, pastilah hal-hal yang mendukung perkembangan anak juga saya perhatikan. Apa saja sih mak, hal-hal yang mendukung 1000 hari pertama anak?


Kita tau ya, memang genetik memiliki peran penting dalam kecerdasan dan perkembangan anak, namun ternyata genetik bukanlah satu-satunya. Hal lain yang tidak kalah penting adalah faktor lingkungan.


Faktor lingkungan apa saja ya mak? Banyak mak! Faktor lingkungan meliputi kecukupan gizi, stimulasi, infeksi, radiasi, kebersihan lingkungan, trauma dan gangguan metabolisme tubuh.


Khusus kecukupan gizi, tentu aku sudah pikirkan ya seperti cerita di awal. Stimulasi juga aku selalu berusaha maksimal buat anakku sama seperti emak lainnya. Infeksi dan radiasi juga sudah maksimal aku jaga. Trauma dan gangguan metabolisme tubuh insyaAllah sih gak ada ya. Kebersihan lingkungan ini adalah sesuatu yang harus aku perjuangkan. Dengan kata lain, bayiku bukan hanya butuh 1000 Hari Pertama sebagai pendukung perkembangan optimal, namun juga butuh dengan 1000 Hari Perlindungan.


Kebersihan lingkungan bukan hanya tempat si kecil bermain, namun harus kita perhatikan seluruh benda yang bersentuhan dengan si kecil. Banyak ibu yang aware rumah harus rapi, tapi lupa kalau benda yang paling dekat dengan bayi kurang bersih. Apakah itu? Peralatan makan dan juga botol susu/minum.


Wait..kenapa peralatan makan? Ya buat apa aku perjuangin bikin mpASI yang full gizi kalo ternyata peralatan makan dan botol susu/minum menyimpan bahaya yang bisa membuat si kecil mengalami gangguan pencernaan? Serius mak.. bayi itu beda dengan orang dewasa, perlindungan tubuhnya belum sempurna. Jadi kita harus ikut memperhatikan hal terkecil yang bersinggungan langsung dengan mulutnya.


Cek deh.. pembersih botol bayi dan peralatan makan buat si kecil sudah aman belum? Jangan sampai, tenyata pembersih botol bayi menjadi penyebab anak kita jadi sakit. Usahakan pembersih botol dan peralatan bayi kita itu memang diformulasikan khusus buat bayi. Aman food grade. Apalagi bila emak suka pumping. Tentu sejak lahir bayi sudah menggunakan botol khusus. Bayi baru lahir pastilah rentan banget kalo sampai emak gak menjaga kebersihan botol dan juga keamanan formula pembersih botolnya. Nah, sebagai emak yang rempong dengan banyak krucil, aku butuh produk pembersih yang dapat diandalkan. Mulai dari kebersihan dan juga keamanan formulanya. Untung sekarang aku punya Sleek Baby Bootle Nipple and Accessories Cleanser. Kenapa? Karena kini Sleek Baby hadir dengan 8 proteksi. Perlindungan terlengkap yang telah teruji klinis dan aman untuk bayi dan bisa banget diandalkan dalam mendukung kebersihan di 1000 hari pertama si kecil. Dengan 8 proteksi tersebut, si kecil mendapat 1000 hari perlindungan, terutama dari bakteri jahat dan bahan berbahaya. Apa saja 8 proteeksi tersebut? Simak ya..


1. Food Grade

Jangan kira Food Grade hanya penting buat peralatan makan saja ya mak, namun juga cairan pembersih botol si kecil. Meskipun sudah dicuci berulang kali, tidak menutup kemungkinan masih terdapat bahan kimia berbahaya pada peralatan makan maupun botol si kecil. Pemilihan sabun pencuci botol juga berperan untuk melindungi si kecil dari zat berbahaya. Makanya, pilihlah sabun pmbersih botol yang sudah terformulasi food grade seperti Sleek Baby Bottle Nipple and Accessories Cleanser.


Manfaatnya apa sih produk food grade ini?
  • Tidak mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan si kecil.
  • Tidak mentransfer unsur kimia tertentu sehingga aman untuk si kecil.
  • Aman jika ada sisa sabun yang tak sengaja tertinggal dan tertelan oleh si kecil.



2. Dermatologically Tested

Emak udah memperhatikan belum, sabun pembersih botol dan peralatan makan si kecil sudah teruji klinis? Penting karena botol susu yang ia minum akan bersentuhan langsung dengan mulut si kecil.


Sebaiknya emak memilih produk yang telah teruji secara klinis dan aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta terbuat dari bahan alami seperti Sleek Baby Bottle Nipple and Accessories Cleanser.


3. Natural Antibacterial

Natural Antibacterial merupakan bahan alami yang mampu membasmi kotoran dan kuman secara maksimal pada perlengkapan si kecil, termasuk botol susunya. Karena emak rempong seringnya gak langsung mencuci peralatan makan atau botol susunya, sehingga sisa susu yang menempel di botol sudah menjadi rumah bagi bakteri jahat dan tidak higienis.


4. Microbiologically Tested

Microbiologically Tested artinya sudah teruji efektif dalam membunuh mikroorganisme yang berbahaya. Resiko si kecil mengalami gangguan pencernaan cenderung meningkat setelah ia memasukkan semua benda ke mulutnya, termasuk botol susu, mainan dan peralatan makan.


Microbiologically Tested ini penting agar ia aman dan terlindungi dari bakteri jahat, salah satunya E-colli yang sering muncul dari makanan maupun perlengkapan makan yang dapat menyebabkan diare. Gimana si kecil bisa pintar maksimal, kalo pencernaan terganggu. Ingat ya mak.. pencernaan anak adalah otak kedua si kecil.


5. Stain Removal

Mak, pas nyuci perlengkapan makan si kecil seperti bekas mpASI dan botol minumnya sering berulang kan ya.. buat mastiin kebersihan dan semua sisa kerak dan kotoran yang menempel terangkat. Ini kadang perlu banyak waktu kan saat mencucinya? Padahal waktu kita limited banget karena kerempongan ini. Syukurnya Sleek Baby Bottle Nipple and Accessories Cleanser memiliki formula Stain Removal, sehingga bukan perkara sulit dan lama untuk membersihkan noda yang menempel, sisa lemak dan bau yang tidak sedap pada peralatan makan secara keseluruhan.


6. High Quality Consentrate

Namanya emak-emak, tentu kita punya jiwa irit maksimal ya kan? Tapi kalo pake sabun pembersih secara dikit-dikit, yakin gak bakalan bersih sempurna?


Bisa! Kalo emak pake Sleek Baby Bottle Nipple and Accessories Cleanser. Hanya perlu sedikit saja, botol susu dan juga peralatan makan si kecil terlindungi dari kuman karena teksturnya yang kental juga mampu menghemat pemakaian.


7. Hypoallergenic

Emak punya temen seseemak juga, kulitnya sering pecah-pecah kemerahan kalo mencuci piring. Mhhh itu artinya kulitnya alergi dengan bahan yang terkandung dalam sabun pembersih yang ia gunakan, makanya di awal tangannya gatal, kemudian merah iritasi dan kemudian pecah-pecah. Kini, dengan Sleek Baby Bottle Nipple and Accessories Cleanser yang memiliki formula Hypoallergenic mampu meminimalisir terjadinya iritasi, gatal dan kasar pada kulit emaknya. Nyuci botol dan perlengkapan makan, jadi lebih menyenangkan.


8. Paraben Free

Biasanya Paraben Free ini ada di keterangan produk skin care emak ya kan.. namun ternyata, paraben ini berbahaya karena mampu masuk menembus kulit si kecil yang masih sensitif dan mengendap di jaringannya. Paraben ini memicu gangguan fungsi hormon dengan menyerupai estrogen sehingga dikhawatirkan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan si kecil.
Sleek Baby Bottle Nipple and Accessories Cleanser ini paraben free dan juga terbebas dari bahan pengawet lainnya sehingga aman buat baby.


Itulah kedelapan proteksi yang terdapat pada Sleek Baby Bottle Nipple and Accessories Cleanser. Makanya aku percaya, 1000 hari pertama bayiku aman dengan 1000 hari perlindungan dari Sleek baby.


Sudah pakai Sleek Baby Bottle Nipple and Accessories Cleanser kah mak?


Untuk banyak informasi yang emak butuhkan soal 1000 hari perlindungan buat si kecil, boleh berkunjung ke Facebook Sleek Baby dan Instagram Sleek Baby.

#SleekBaby
#SleekBabyAlamiMelindungi
#SleekBaby8Protection
#1000HariPertama
#PerlengkapanBayi
#ProdukBayi
#BayiBaruLahir
#PembersihBotol

116 Comments

  1. Sleek produk fav banget nih untuk kala mencuci tempat makan minumnya si abang juga sabun pakaiannya wangi baby banget :)

    ReplyDelete
  2. Temanku juga sangat menjaga peralatan buat babynya, karena dia sendiri termasuk punya kulit sensitif. Memang harus menjaga dengan teliti ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba Vika. Karena beberapa bayi juga ada yang pencernaannya sensitif. Jadi harus dijaga

      Delete
  3. Klo sekarng sulitnya ngajak baby kami sikat gigi. padahal sebelumnya masih mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba sekarang pake nyanyi-nyanyi ngajak sikap gigi nya bang day. Mungkin anaknya jadi have fun dan mau diajak kembali menyikat gigi.

      Delete
  4. Produk andalan semua ibu ibu nih. Dari anakku lahir juga pakai sleek detergen, anti diapers

    ReplyDelete
  5. Bener juga kalau dipikir-pikir. Kita tetap harus menjaga sterilisasi benda2 bayi. Apalagi kalau bayi sangat sensitif tubuhnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bang Irsyad. Kalo gak, bisa bikin baby sakit..

      Delete
  6. Keren ya mba kandungan sleek baby ini. Bikin kita tenang jadinya soalnya kandungannya aman dan cepet bersihnya. Ini juga bisa buat bersihin mainan bayi. Erysha juga pernah pakai sleek baby ini ��

    ReplyDelete
  7. dulu waktu anak saya bayi sampai masih ngedot, saya selalu pakai Sleek buat nyuci alat-alat mpasi dan dot. Membaca artikel ini, saya jadi pengen nambah momongan hihihihih

    ReplyDelete
  8. Wah makasih banget infonya aku jadi tau kegunan dan bahan2 dr produk sleek baby. Jadi mau cobain beli nih aku

    ReplyDelete
  9. Saya juga dulu pakai Sleek karena lebih aman untuk cuci botol dot Palung. Sayangnya dulu hanya ada di kecamatan. Sekarang sudah mudah ditemui di warung padahal dulu Sleek dianggap ekslusif dan jarang ada.
    Ngeri juga jika cuci alat minum dan makan bayi kita denganm bahan cuci piring yang keras. Senang ada Sleek.

    ReplyDelete
  10. Waktu anakku kecil always pake produk ini juga mbak untuk kebersihan peralatan bayi

    ReplyDelete
  11. Nggak bakal salah pilih produk perawatan alat makan si kecil deh kalau pakai Sleek mah. Aku pun selalu pakai Sleek buat anakku. Dan kayaknya bakal pakai terus buat adek2nya nanti. Teruji dan terpercaya

    ReplyDelete
  12. Wuih beneran aman buat bayi ya. Produk yang rekomen banget untuk Ibu yang punya bayi. Biar tenang juga memperhatikan kebersihan perkakas punya si bayi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Botol, dot, perlengkapan makan sampe mainan bayi dicuci pake Sleek

      Delete
  13. Sleek memang terbaik ya Mba, dari zaman dulu sudah jadi idola banyak ibu, sayapun dulu make sleek waktu si kakak masih bayi, karena si kakak minum susu botol, dan pencernaannya sensitif banget, jadi wajib pakai produk pembersih botol dan stuff bayi yang terbaik deh :)

    ReplyDelete
  14. Sleek buat cuci alat makan dan minum bayi dan balita? Keluarga kami pengguna setianya, baik untuk anak pertama dan kedua lho Mbak :)

    Sepertinya kualitas Sleek belum ada yang bisa menyaingi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas Ari, favourite product buat nyuci accessories baby.

      Delete
  15. Sleek memang terbaik buat mencuci segala perlengkapan baby ya kak ga meninggal bau juga dan bersih banget kalau pakai sleek apalagi baby kan sensitif cepet banget kena hal2 yang ga higienis ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak inna. Gak ada tuh pake pengharum tajam segala.

      Delete
  16. Wah senangnya punya anak. Moga deh impian itu terwujud agar hidup makin lengkap dengan hadirnya sang buah hati

    ReplyDelete
  17. Untuk bersihin perlengkapan makan bayi, aku emang percayain sama Sleek. Ampuh banget ngilangin noda lemak dan bau sisa susu di botol.

    ReplyDelete
  18. Memang alat makan bayi itu harus benar2 bersih ya, karna itu juga banyak yang menyarankan untuk di rebus alat makannya terlebih dahulu. Dan kalau memakai sabun pembersih biasa suka masih bau sabun gitu jadi agak riskan ngasih makan ke bayi dengan peralatan makan itu. Sleek memang bagus ya, aku juga beralih ke sleek, alat makan si dede jadi lebih bersih dan ga meninggalkan bau sabun yang menyengat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake Sleek Baby gak perlu di rebus mba Selvi ♥

      Delete
  19. Inget zaman anak-anak masih bayi, akupake produk sleek untuk nyuci botol susu dan peralatan MPASInya coz tahu sendiri pencernaan bayi masih sensitif jadi rada ragu pake sabun cuci piring yang biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak dyah.
      Terlalu banyak bahan kimia dan takut ada yang ninggal di botol

      Delete
  20. Mengurus anak umur 1000 hari itu memiliki perhatian yang khusus ya mbak, apalagi ada food grade ini membantu para ibu dalam mengurus anaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, karena pencernaan mereka masih rentan sekali

      Delete
  21. Kebersihan itu sih yang harus harus banget dijaga. Karena pengalaman dengan keponakan, meskipun peralatan sudah lengkap dan mahal, kalau kebersihannya kurang terjaga si dedek bisa muntah dan diare.

    Btw mbak, oot nih, fontnya kok warnanya pucat sekali, sehingga kurang nyaman bacanya, mungkin bisa dipreview dulu di hp mba...

    ReplyDelete
  22. Bener banget Kak, urus bayi hingga usia 1000 hari itu nggak mudah, harus ekstra banget. Salah satunya, memperhatikan kebersihan alat-alat makannya. Maklum, pencernaan mereka masih proses berkembang.

    ReplyDelete
  23. Kontenya sangat cocok buat calon ayah (saya) yang sedang menunggu buah hati. Besok jika sudah punya momongan boleh nih pake sleek baby sebagai produk yang direkomendasikan dan menjadi produk unggulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah selamat ya mas. Semoga debay sehat2 dan ibunya nantinya juga sehat dan lancar persalinan

      Delete
  24. Dulu wkt msh menyiapkan asip aku juga selalu cuci pompa asi dan botol asip dgn sleek..
    Lbh aman dan higenis

    ReplyDelete
  25. jadi ndak perlu sanlet atau momolemon ya kalau mau cuci botol bayi, hoho. kan bahaya kalau ada sisa2 jeruk nipis di botol bayi, hahaha.
    makanya pake sleek ajaa...

    ReplyDelete
  26. bener sekali kebersihan botol susu itu ngaruh banget. pengalaman soalnya kalo gak bersih botolnya rasa susu bisa beda dan cepet sekali masam dan suka bikin baby diare

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kak dona. Kasian kalo baby sampe diare. Lemes banget pastinya

      Delete
  27. Gak cm kontainer makanannya aja yg mesti food grade yaa kak Icha,, bahkan sabun buat cuci² alat makannya juga musti food grade ya,,, sip deh

    ReplyDelete
  28. Gak cm kontainer makanannya aja yg mesti food grade yaa kak Icha,, bahkan sabun buat cuci² alat makannya juga musti food grade ya,,, sip deh

    ReplyDelete
  29. Bener kak. Dulu sempet disentri anakku gara2 aku nyuci botolnya gk bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, pasti sedih sekali ya kak Puput kalo anak sampe sakit..

      Delete
  30. 1000 hari pertama bayi ternyata sangat mempengaruhi ya mba, untuk tumbuh kembangnya nanti.
    Selain menu MPASI yang harus lebih bervariasi
    Kebersihan peralatan makan sang anak juga harus diperhatikan agar tetap steril.
    Untung ada Sleek yang mengerti kebutuhan para ibu Milenial masa kini

    ReplyDelete
  31. Ini memang nomor satu ya, Mbak. Soalnya percuma segala nutrisi anak dipenuhi, kalau peralatan tidak higenis, anak bisa sakit. Dan saya juga pas krucil bayi pakai Sleek ini, Mbak.

    ReplyDelete
  32. Buat anak emang harus yang paling aman sih. Jangan tergiur harga murah trus malah bikin bahaya. Cocok banget nih Sleek buat kado kaka saya yg bentar lagi melahirkan hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semoga kakaknya ntar lahiran nya lancar ya mba Endah. Dedek bayinya juga sehat2 ♥

      Delete
  33. Adek saya juga pakai ini nih buat babynya, dari mulai buat cuci mainan, dot, baju, sampai buah-buahan juga. Saya suka aromanya, enak lembut banget gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Nuniek, ada juga produk Sleek khusus detergent baby

      Delete
  34. Dulu aku pakai sleek baby buat cuci botol dan alat makan anak bungsuku, sekrang pakai sleek baby buat cuci lunch box anak2 dan bapaknya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. I Yes mba Irena, gak ninggalin bau lagi di lunch box nya

      Delete
  35. 1000 hari pertama itu sejak janin ya katanya. Kadang para suami ga tahu tuh pentingnya kasih asupan ke ibu hamil dan ikut berkontribusi jaga makan ibu hamil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Pring. Sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun

      Delete
  36. penting banget sih kalo ngomongin soal biaya hidup kita, ,lebih dari apa yang kita dapatkan untuk upgrade kesehatan aku ini lho

    ReplyDelete
  37. Kayaknya sleek ini sudah pada mengenalnya, secara saya juga direkomendasikan untuk menggunakan ini baik yg cuci baju sama botolnya... dan ga kecewa

    ReplyDelete
  38. Klo udah urusan buat si baby emang kebersihan, higienitas itu penting bgt ya mbak..

    Baca2 dlu sambil belajar spaa tau nnti jadi orang tua. Aminnn. Hihi

    ReplyDelete
  39. Dulu saat anak2ku kecil blum.ada pembersih khusus bayi kaya sleek gini enak bngt yaa skrang ada jadi mama2 lebih higienis kalo membersihkan pirantinya anak2 saat bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba Yanti. Ibu ibu sekarang enak banget ♥

      Delete
  40. Aku juga pakai sleek ini untuk sabun cuci piring dan cuci baju anakku soalnya jauh lebih aman gitu apalagi buat anak2

    ReplyDelete
  41. Wah baru tau ternyata produk sleek baby mempunyai formula hypoallergen kebetulan sy tmsk yg sensitive kulitnya ..jadi mau coba ahh..

    ReplyDelete
  42. Sleek memang bagus dan dulu waktu Kezia masih kecil pakai yang baby cream sleek, cocok.

    Btw seneng ya ada produk foodgrade gini jadi aman lah ya kalau membersihkan peralatan baby.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Titip kecup buat Kezia mba ♥
      Senang rasanya kalo anak-anak selalu sehat.

      Delete
  43. Mengandung itu hanya 9 bulan tapi tanggungan mengurus anak itu seumur hidup, apalagi ditahun-tahun pertama pasca kelahiran memang perlu perawatan super ekstra.

    ReplyDelete
  44. Aman dan tenang dengan menggunakan Sleek. Bahkan keluarga teteh sepupu saya juga gunakan Sleek untuk cucu-cucunya. Lebih praktis dan dipercaya banyak keluarga. Karena perlengkapan untuk bayi memang harus khusus pula penanganannya.
    Saya jadi pengen hamil lagi dan merasakan rempongnya jadi ibu dengan anak bayi. Tapi sekarang lebih mudah daripada dulu karena ketersediaan produk dan informasi yang lebih mudah didapat dan diakses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya dukung nih kalo punya momongan , Aamiin

      Delete
  45. wah ternyata ada produk sleek ya, baru tahu apa karena tempat tinggal ku yang masih terpelosok jauh dari jangkauan mini market. setelah baca baca ulasannya jadi ingin coba.

    ReplyDelete
  46. Produk Sleek Baby sekarang lengkap banget yaa...
    Sekarang yang punya baby, uda gaperlu bingung bakalan pakai produk bayi apa yang aman, karena semuanya lengkap variannya di Sleek Baby.

    ReplyDelete
  47. manfaat sleek baru saya lihat dari artikel ini, biasanya cuma tau sekedar produknya saja tanpa melihat manfaat yang dirasain.. perlunya perlindungan untuk baby dalam masa usia pertumbuhannya, karna pada masa itu rentan terkena penyakit. produk sleek mungkin solusi yang bagus untuk saat ini

    ReplyDelete
  48. Aku dulu pakai sleek juga kak, terutama untuk produk cairan pencuci botol bayi. rasanya aman aja kalau pakai produk yang food grade gitu. Kan banyak tuh, produk serupa tapi kalau dipakai banyak busa sabunnya. Jadi was-was karena bayi kan mudah terkena kuman dan terpapar banyak hal termasuk sabun yang menempel pada peralatan makan.mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak sita.
      Anehnya banyak orang yang suka bisa berlimpah. Padahal itu kan detergent. Gak baik buat perlengkapan makan. Syukurnya kita mengerti ya

      Delete
  49. Luar biasa, Mbak, energi yang dibutuhkan saat menghadapi anak di fase MPASI. Saya sedang menghadapi sekarang. Dan super luar biasa, melakukannya saat sambil WWL untuk anak keempat.

    Meski tak pernah mengalami, tapi I feel you...
    Big hug ya

    ReplyDelete
  50. Zaman anak2ku masih bayi aku mulai kenal Sleek mbak. Dulu lengkap mu;lai pakai deterjen, sabun cuci, sampai krim ruang. Sampai sekarang masih pakai yang sabun cuci piringnya buat membersihkan kotak bekal sama botol minum yang biasa dia bawa :D

    ReplyDelete
  51. 1000 hari pertama memang harus ekstra sih mba. Karena nutrisi, gizi, dan kebersihan harus terjaga banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba Cindy, kebersihan adalah peran pendukung yang paling penting

      Delete
  52. Dua anak saya dulu juga gitu. Peralatan makan dan detergennya pakai Sleek. Emang bagus sih, jadi tetap setia pakai itu.

    ReplyDelete
  53. Mbak, jadi ngASi 2 ya, anak keempat nyapih, kelima MPASI? hebat dirimu!!
    Btw jamanku punya bayi belum ada Sleek Baby..enak sekali sekarang ya :)

    ReplyDelete
  54. Kalau ada SLeek itu memang ampuh banget untuk membersihkan peralatan makan anak dan juga botol susu. Iparku juga pakai ini mba dan di andalkan karena bersih bener dan bebas kuman :)

    ReplyDelete
  55. Berarti selain faktor genetik, lingkungan, nutrisi dari makanan dan peralatannya yang bersih juga memengaruhi ya.

    ReplyDelete
  56. Wuah keren. Mantap-mantap. Bisalah rekomendasikan ini ke kakak ipar. Hehe ...

    ReplyDelete
  57. aku juga pake ini nih sejak anak mpasi
    ampuh bersihin botol dan pompa asi
    sampe sekarang juga bersihin tumbler pake ini super suka

    ReplyDelete
  58. Karena daya tahan bayi masih rentan, jadi memang harus benar-benar dijaga ya segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuhnya, termasuk makanan dan perlengkapan makannya

    ReplyDelete
  59. Wah mantap bgt nih mba infonya. Jadi memang harus bener2 di jaga segala apapun untuk anak2 kita. Aku jadi mau cobain buat anak nih

    ReplyDelete
  60. Sejak bayi, baju anakku dicuci dengan deterjen dari Sleek. Traveling kit dari Sleek juga sangat membantu supaya badan anak serta perlengkapannya bisa tetap bersih.

    ReplyDelete
  61. Dari jaman Rio bayi, aku juga pakai Sleek :D Soalnya emang udah terbukti banget bedanya pakai sabun biasa sama yang khusus begini.

    ReplyDelete
  62. Wah pakai sleek juga
    9 tahun lalu aku juga pakai sleek buat semua keperluan bayiku
    Memang terbukti bagus, dan aromanya itu lho aku suka sekali

    ReplyDelete
  63. Reviewnya bagus mbak, lumayan tambah-tambah referensi kalo punya anak, hehehe,

    ReplyDelete