Go Clean Waraskan Pikiran Emak


"Kapan ya rumah kita beres.." ucap suami tadi pagi. Sebenarnya ini bukan ucapan pertama. Kalo boleh dihitung ini adalah ucapan ke 2395 kali. Dan reaksi saya sekarang sudah DATAR saja. Haha.


U know lah ya..
Anak emak ada 5. Hal pertama yang menjadi prioritas emak sekarang adalah kewarasan. Saya ulangi lagi ya.. KEWARASAN.

Masih hangat dalam ingatan kita, ibu yang menggelonggong anaknya karena bully verbal yang dialaminya. Bahkan bully verbal itu bukan hanya dari lingkungan sekitar. Tapi juga dari orang terdekat alias suami.

Dan as you know, kalo emak lagi gak waras, kata-kata suami yang menanyakan kebersihan rumah akan emak tanggapi dengan cara gak waras juga. 

Dulu,  sebelum negara api menyerang, anak belum bisa mengotori dan membuat rumah berantakan,  saya adalah tipe istri gak gak bisa liat rumah kotor. Saya hampir mirip orang OCD.  Liat sesuatu yang gak simetris saja rasanya saya mau marah. Pernah saat masih anak satu, si sulung mulai pandai makan. Saat nasi miliknya berjatuhan di ambal, saya langsung merasa kepala ini panas, tensi mulai membara,  ingin mengakhiri proses belajar makan si sulung segera. 

Akhirnya saya tobat,  saat membaca dan memahami bahwa proses belajar si kecil lebih penting daripada rumah yang berserakan. Bukankah dengan pandainya si kecil makan, pertanda ia mandiri. Mulai saat itu saya pun menomorduakan rumah yang rapi. 

Hari ini deadline emak banyak sekali.  Jangan kira ibu rumah tangga gak ada deadline. Jadwal menyetrika sudah memanggil. Baju seragam sekolah tiga anak sudah mau dipakai esok, orderan sabun cuci piring emak sudah minta diantar, baju juga belum dicuci, bekal anak sekolah juga belum diantar. Daripada emak stress sekaligus menjawab tantangan suami, ide langsung muncul di kepala emak. Go CLEAN aja kali mak.. Gak usah maksain diri deh. 

Secara emak emang Obama Self alias All By My self. Gak punya asisten pribadi rumah tangga. Jadi sebisanya aja biar tetep waras membesarkan anak. Terlalu dipikirkan akan mendatangkan bencana stress. Anak pula jadi korban. Amit-amit dah. 

Buka hape suami, kita punya gopay. Yeay! Langsung cuss pake aplikasi go clean. Ini dia tahapannya! 

Pertama, Buka aplikasi go life


Setelah itu pilih go clean. Nah, meskipun setrikaan emak lagi banyak emak lebih perlu rumah yang bersih. Karena emak suka sekali menyetrika. Serius ini.. bagi emak menyetrika seperti emosi release. Ketika melihat baju yang disetrika selesai, tampak rapi, lalu emak pun bahagia.  Ya Allah jadi curhat. Yuk lanjut..



Pilih lah berapa jam yang ingin emak tentukan. Semakin banyak jamnya, semakin murah! Hei,  rumah emak kecil. Emak pilih aja yang 1 jam buat beres rumah, nyapu dan ngepel. 




Jangan lupa, pake voucher biar lebih hemat. Emak rasanya pengen koprol.  Tau gak, dapet diskon 50%. 




Ehh gitu lihat tagihan,  beneran bahagia sampe ke ubun-ubun.  Dasar emak irit hemat. Cuma dipotong gopay sebanyak 22.500 rupiah. Alhamdulillah..



Setelah itu, ia mencari si pemilik pekerjaan alias penyedia layanannya.  Gak sampe semenit, voila...



Terpilih lah ibu Dewi Julita yang berhasil mendapatkan penghargaan membantu emak di rumah. Telpon berbunyi, ibu Dewi katanya langsung meluncur. Sementara nunggu ibu Dewi, emak lanjut bikin bekal anak. Tak lama kemudian, 

"Assalamualaikum" Ibu Dewi tiba.
"Waalaikumsalam,  masuk bu.." jawabku.
Bu Dewi pun melihat rumah kami yang berantakan. Seketika ia pingsan menanyakan,
"Saya mulai sekarang mba?" Tanyanya.
"Ibu sudah sarapan? " Tanya emak balik.
"Sudah mba.." 
"Iya bu, boleh mulai sekarang".

Beginilah yang emak hadapi setiap hari


Sementara bu Dewi membersihkan rumah, saya pun mulai mencuci baju di belakang. Sesekali ia bertanya-tanya dan kami berbincang sambil bekerja.


Bu Dewi mulai mengelap meja


Itu anak saya, bukan bu Dewi.  Bu Dewi pegang sapu. 

Mulailah bu Dewi membereskan meja, mengelap dan kemudian menyapu lantai mulai dari kamar, dapur, hingga ke depan. Selesai dengan sapu, ia pun minta alat pel. Mengepel lantai kamar, dapur hingga ke teras.
Akhirnya waktu 1 jam saya berakhir. Cucian saya di mesin juga selesai. Saya bukan lelah, namun bahagia liat rumah juga sudah bersih.










Liat kan? Rumah udah rapi, emak tinggal jemur baju, setrika baju sama buat orderan sabun. Waaah hayati bahagia sekali. 

Sebelum bu Dewi pulang, saya persilahkan minum teh dulu sama makan goreng pisang.  Rasanya pengen langsung kasih bintang 5. Beliau terkejut saat saya bilang anak saya 5. Soalnya yang dilihat cuma bayi dan batita saja. 

Selesai dengan obrolan, bu Dewi pamit undur diri. Semoga kerjaannya lancar ya bu.. Doa saya dalam hati.  Sebelum pulang, saya serahkan titipan suami untuknya, ganti bahan bakar datang ke rumah kami. Alhamdulillah.

Yuk Mak, yang masih rempong beres-beres cobain atuh go clean nya. Mata seger liat rumah beres, pikiran pun tambah waras. Jangan sampe lagi ada berita menyedihkan ibu yang depresi ya.. 
Go Clean, waraskan pikiran emak!




#ReviewGoLife
#PastiAdaJalan

89 Comments

  1. Gilak sih, emang ini, go jek, go food, go massage, go clean, semua nguntungin.

    Ada rencana besok make go clean ah, karena debu kamar sudah ngga karuan ya ampon.

    ReplyDelete
  2. kak, bisa suami blg gitu ya, menohok sekaliiii T-T takut awak nikah rumah gak beres terus dibilang gitu :( kok bs jd datar aja gitu sih wkwkkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, itu because karena sudah biasa rumah awak rapi kan, beserak lagi. Jadi daripada diladenin, mending awak datar aja, wkwk

      Delete
  3. Hahaha...sebelum negara api menyerang...
    Cha...itu go clin bisa bersihin kamar mandi doang ? 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba Ning, tapi sayang lah kalo 1 jam cuma buat kamar mandi. Emang kamar mandi mba Ning ada Selusin? Wkwk

      Delete
  4. Kayaknya perlu dicoba ya pake Go Clean ini. Seringkali badann lagi capek banget, cuma mata gatel liat rumah berantakan. Bisa bikin uring-uringan soalnya.

    ReplyDelete
  5. Aku ketagihan pakai Go Clean kaka 😂

    ReplyDelete
  6. Hahaha.. itu ucapan yang ke 2395 dalam waktu berapa lama, Mbak Icha hahaha.
    Tapi zaman now sudah lebih dipermudah ya, Mbak. Sampai urusan bersih-bersih juga sudah ada yang bantu. Tinggal pakai aplikasi, maka seisi rumah cling. Bayarnya juga mudah dan terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cuma dalam hitungan 2 tahun ke belakang mas. Di saat mulai gak imbang antara yang bersihin rumah sama yang serakin. Jadi mending go clean kan saja lah,. Hehe

      Delete
  7. Hahaha baru tau ini ada orang yg suka nyetrika. Serius mbak buatku nyetrika itu sudahlah pegel berdiri, duduk suka kesenggol setrikaan, panas bikin keringetan. Nyerah deh guweh. Klo disuruh nyuci main air ai malah suka hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ini faktor psikologis turunan kak tika, haha.. soalnya menyetrika adalah pemandangan paling sering yang dilakukan mama kami dulu. 1 celana panjang ayah kami bisa makan waktu 15 menit. Kebayang licinnya kayak apa ya.. hingga sudah dicuci saja masih ada lipatan khas setrika.

      Delete
  8. Wkwkw ... Maaak ... Itu pertanyaan ke 2395 diinstalin aplikasi apaan? Kalau suami janjiin hadiah ke Eropah, jangan lupa ditempelin juga di situ.

    Adududu, aku bingung mau komentar apaan. Punya dua anak aja rumahku susah buat rapi. Kertas, gunting, dan potongan kertas, mewarnai hamparan lantai. Gimana atuh dirimu anak lima? Huaaa, itu keren banget, Emaaak! Untuuung ada GoClean, nyak? Tenang deh bisa nyetrika dengan khusyuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo janji ngajak ke eropah bakalan aku tempel di dinding lengkap sama pigura nya kak me.. hehehe

      Delete
  9. Samaaaa kami juga go- clean addict Hahahahha paling males beresin buku di rak buku.. Ngelap satu satu susun ulang sekarang gak sempat sering manggil kakak go clean aja.. Termasuk nyuci dandang kalo arisan hahahaha tos ica

    ReplyDelete
  10. aku juga yang menomorsatukan kewarasanku mak alzam.
    walau pak su akhirnya angkat senjata pamungkas dan menyapu sendiri rumah kami, diriku berusaha untuk mengabaikannya, langsung saja bikinkan kopi dan sediain tempe goreng.

    aku blom pernah pake jasa goclean , mungkin someday akan dipanggi juga tu.
    katanya sekarang ada aplikasi gosen ya, untuk titip absen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, awak pura2 gak liat kak kalo dia udah pegang sapu, wkwk

      Delete
  11. OMG bisa dibayangkan gimana keadaan rumah dengan anak 5 . Dan kasih tepuk tangan yang gemuruh untuk emak yang luar biasa banget ini masih tetap waras dan rajin nulis.

    ReplyDelete
  12. Wah, potongannya ternyata lumayan besar dan menggiurkan banget ya Mbak. Sejam cuma bayar 22 ribu gitu. Saya pikir bayarnya 80 ribuan gitu.
    Alhamdulillah, ya. aplikasi semacam ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan. Ada yang butuh bantuan, ada yang bisa mengerjakan. Berkah semua. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  13. Di daerahku belum ada go clean. Padahal bukan kampung loh

    ReplyDelete
  14. Liat review2 nya go clean tuh bikin mupeng . Jadi penasaran pengen cepet2 nyoba

    ReplyDelete
  15. Kalo hidup di kota besar skrg makin mudah yah... mulai dari jalan, makan hingga bersih2 rumah aja bisa manggil dari aplikasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes bang day. Takutnya udah kemanjaan jadi penduduk kota pas pindah ke daerah terpencil gak bisa survive, hehe

      Delete
  16. Kapan yaa bs make fasilitas Go Clean ini, soalnya gak mgkin yg bersih² ke rmh, awak gak ada di rmh, hehe... insyaallah pas betul² lg perlu nyoba jg ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya ya kak.. yang punya rumah p4. Pergi pagi pulang petang.

      Delete
  17. Baca ini, aku jadi ingat suka nanya ke istri rumah kok gak beres beres. Jadi malu, pengen tetap juga jaga kewarasan istri.

    Go clean ini sudah ada di kotaku, cuma aku belum pernah nyobain. Mau nyobain juga ah... Tfs, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas erfano. Kasian atuh istrinya..
      #eeh
      solidaritas emak2.. haha

      Delete
  18. Setuju banget go clean waraskan emak-emak. Solusiku juga kalau lagi bete sama rumah yang berantakan.
    Jadi #pastiadajalan..go clean aja buat jaga kewarasan

    ReplyDelete
  19. Weeww kebayang deh mbak rumah dengan 5 anak pastilah yaaa dimaklumi, wong aku aja 2 anak udah lelah hihihi. Untung zaman skrng ada go clena ya, kalau kita lelah bisa minta bantuan. Go clean ini cocok buat ibu yang butuh asisten tapi gak suka ada asisten tiap hari datang ke rumah (hahha itu aku sih). Pernah makai go clean jg dan cocok juga alhamdulillah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngerti banget deh kebutuhan emak-emak ya mba April...

      Delete
  20. Lumayan murah mba, aku di lombok 48.000 satu jam dan karena diskon jg jdi cuma bayar 28ribu. Senangnyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emak-emak kalo udah dapet diskon pasti senang tak teringat ya mba.. hehe

      Delete
  21. Aku juga pngguna go-clean garis kerasss! ahahaha. Pokok, kalau lagi ribet banget go-clean adalah solusi

    ReplyDelete
  22. Aku dah lama banget pengen nyobain go clean. Tapi malu karena rumah tinggal di gang rapat berderet. Kuatir orang2 suujon, diriku pengen ngalahin mesjid yang pake fasilitas pembersihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yang suujon coba dulu didaftarin jadi penyedia jasa go clean nya, wkwkwk

      Delete
  23. Aq pengen kali make goclean dr kmaren tapi koq yo malah mahal ya, apa mungkin bukan wilayah medan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake promo kak iid.. Biasanya murah sekali..

      Delete
  24. Ih gemess deh saya kapan dong aplikasi go life ini bisa sampai di Cianjur Selatan? Sudah tidak sabar saya juga pengen merasakan me time sendirian, sementara pekerjaan rumah tangga biar sesekali serakan pada ahlinya...

    ReplyDelete
  25. Go Clean emang membantu banget ya mak, sering ada promo pula... i laaayyykk :)

    ReplyDelete
  26. ternyata go clean tidak semahal yang dibayangkan ya. apalagi kalau bisa dapet potongan harga, beneran bahagia sampai koprol. hehe boleh lah sekali-sekali nge go clean biar emak bisa nyantai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu lah kebahagiaan emak yang sederhana ya mba.. dapet promo.. haha

      Delete
  27. Saya juga dah coba GoClean, satu jam setengah ga cukup ternyata karena debu di rumah buanyak karena itu debu dibersihkan juga sampe detil

    ReplyDelete
  28. alhamdulilah ya mba jadi waras hahaha..soalnya aku juga kalau lelah tinggal order aja GoClean dan udah cobain beuh mantul banget dah hasil kerjanya kinclong semua rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali musti coba ya kan mba.. Biar waras, hehe

      Delete
  29. Saya anak 2 aja rumah sering berantakan huahahaha. Padahal suami juga tiap hari ikut bantu beberes. Sekarang lagi berantakan banget karena lagi direnov. Udah gerah pengen cepet-cepet selesai. Pakai GO CLEAN aja kali ya abis ini :D

    ReplyDelete
  30. Belum pernah euyy nyobain
    Layanan go clean nihh,
    Kapan-kapan aku coba ahh,
    Kak icaaaa stay waras ya semangatttt!!!

    ReplyDelete
  31. Wah seru ya dengan go clean pekerjaan membersihkan rumah jadi lebih mudah, boleh sesekali dicoba nih

    ReplyDelete
  32. satu aplikasi memudahkan buibu buat beraktivitas, karena kegiatan bebenah rumah sekarang bisa menggunakan jasa Go Clean

    ReplyDelete
  33. Biarkanlah si kecil bebas berkreasi dan berekspresi meski rumah jadi sedikit berantakan ya, tapi kan tenang aja ada Go Clean yang siap membuat rumah menjadi rapi kembali

    ReplyDelete
  34. Baru baca langsung fokus ke angka 2395 kali nya..
    Artikelnya mantul kk.
    Curahan hati2 buibu bngat.
    Dan untuk go clean memang sangat membantu biayanya juga gak mahal2 amat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes bang Henry. Emak2 sering deritanya sama, wkwkwk rumah cuma beres sebentar, abis tu bersepah kembali

      Delete
  35. Betul mb, yang terpenting memang kewarasan diri. Untung kemajuan teknologi memudahkan kita ya.. Jadi bisa mencari pertolongan lewat bantuan aplikasi go life untuk hal-hal yang tidak bisa kita tangani, seperti go clean ini.

    ReplyDelete
  36. Baru tahu banget singkatan Emak Obama.
    Hihii~
    Iyaya...emak ini pekerjaan dengan amanah yang luarbiasa.
    Jadi daripada banyak complain, cuuss pesen GoClean.

    ReplyDelete
  37. anak 1 ajah rumah saya kayak kapal pecah, salut dengan mbak e yg ibu 5 anak. bisa sabar gitu yaaa... dan komentar suami kita jg sama: kapan rumah kita bersih? padahal saya nyapu sehari 2 x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener tu mba artha, kerjaan berulang terus itu beres rumah,,

      Delete
  38. Belum pernah nyobain goclean ni mak, maybe next time saat diriku udah rapopo (rapuh porak poranda) kali ya 😂

    ReplyDelete
  39. Wow, go clean sangat membantu untuk emak-emak yang sedang dikejar date line, ya

    ReplyDelete
  40. Go Clean wajib dicoba ya kak. Belum jadi-jadi nih, pengen dapetin diskon 50%nya, hehe..

    ReplyDelete
  41. go clean ini andalanque banget mbaaaakkk... apa lagi kadang suka dapet harga diskon atau promo.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba.. seneng rasanya kalo dapet promo ya.. hehe

      Delete
  42. GO clean emang bisa jadi andalan para emak buat bersih-bersih rumah. Aku juga suka menggunakan jasa go clean.

    ReplyDelete
  43. Pas banget di menjelang akhir tahun banyak banget kerjaan rumah yang gak beres.
    Aku nanti pesan goclean aja biar rumah bersih dan menyambut natal dengan damai.

    ReplyDelete
  44. bayaaadah, si kecik lg telungkup pun on frame dibuat mamaknya ini. hahaha. tapi kelihatan kli ya kak perbedaannya sebelum dan setelah di go clean kan ya kak. meski dicoba nih kayaknya.

    ReplyDelete
  45. Pengen nyobain pakai go clean juga. Tapi enggak dikasih emak. Katanya ada-ada aja. Yo wes legowo deh. Btw adem lihat hasilnya. Mantap sangat.

    ReplyDelete