Gapura Digital Medan
Sudah anak 5, sudah sibuk - sibuknya malah minta izin ke suami buat ikutan acara dari Google, yakni Gapura Digital. Sempat suami tidak memberi izin karena masih bingung soal anak-anak mau dititip kemana.

Yap, akhirnya diberi izin juga. Emak bersyukur meski anak semakin banyak, suami jadi lebih fleksibel memberi izin. Dulu saat masih tinggal di area Medan, anak masih 2 dan 3, malah gak pernah ke luar ikut komunitas. Paling sesekali boleh ikut pas ekskul almamater dulu mengadakan pagelaran acara teater, selebihnya diam saja di rumah.

Akhirnya,  Sabtu dan Ahad menjadi jadwal emak ikut pelatihan Gapura Digital by Google. Sebenarnya ini bukan kali pertama Google memberikan pelatihan gratis ini, dan emak pun mengikuti sesi yang ke tiga, dimana modul yang emak pelajari di hari pertama adalah modul ke 9 dan ke 10 yaitu tentang iklan Google Search Ads.


Kenapa Harus Beriklan di Google Search Ads
Mungkin bagi pengusaha ataupun orang yang baru memulai bisnis akan bertanya, kenapa sih harus beriklan di Google Search Ads?

Tentu kita sering ya melihat iklan di jalanan,  apakah di billboard dengan cara sewa bulanan,  spanduk, bahkan ada yang membagi - bagikan brosur di jalan. Cara-cara seperti itu belum tentu efektif untuk menarik minat dari target konsumen.

Penyewaan billboard yang mahal belum tentu setiap yang melihat iklan tersebut sesuai dengan target pasar dari produk yang kita tawarkan.  Belum lagi biaya yang tidak sedikit dan juga belum tentu semua melihat iklan tersebut.

Begitu juga dengan brosur yang sering dibagikan, Jujur lah mak, bila mendapat brosur lebih sering dibaca atau segera dilipat tak peduli? Bahkan tak jarang orang yang dibagikan brosur tersebut, membuang kembali brosur dalam jarak 5 meter saja. Sakit nya tuh di sini.. hehe

Dengan iklan Google Search Ads, secara otomatis Google akan menayangkan iklan kita sesuai dengan target pasar dan konsumen. Bisa disesuaikan dengan budget yang kita miliki,  dan bisa kita kendalikan iklan akan muncul di jam berapa. Daaan kita bisa melihat dan menelaah siapa saja sih yang sudah melihat iklan kita.

Tentu ini akan menjadikan langkah beriklan yang efektif dibanding dengan beriklan melalui cara konvensional.

Gapura Digital,  di Swiss Bellin Medan

Hari pertama ada 2 sesi modul yang kita pelajari. Yakni tentang iklan Google Search Ads dan juga iklan Google Display. Keduanya diisi oleh Fasilitator Google yang komunikatif menyampaikan seluruh isi materi. Di hari pertama, saya memfavoritkan pak Marzuki sebagai Fasilitator Google yang baik.  Beliau juga pemilik dari merk Maidanii Pancake Durian


Pak Marzuki,  Fasilitator Google


Ilmu periklanan memang terus berkembang pesan mak. Dulu saat masih kuliah dan belajar tentang iklan, emak hanya tau tujuan berkampanye atau beriklan ada 4 yakni disingkat AIDA. Sekarang bertambah 1 lagi, dengan huruf L, yaitu Loyalty. 

Berikut adalah tujuan beriklan:
1. Awareness. 
Untuk membangun kesadaran target market bisnis anda tentang produk yang anda bangun.

2. Interest
Kampanye untuk membuat orang tertarik mengetahui lebih lanjut tentang produk anda.

3. Desire
Kampanye untuk membuat orang lebih tertarik lagi untuk membeli produk anda.

4. Action
Kampanye untuk membuat orang membeli produk anda.

5. Loyalty
Kampanye untuk membuat orang tetap menggunakan produk anda.



Bagaimana Google Ads bekerja

Menggunakan Google Ads melalui Google Bisnisku

Tujuan beriklan/Kampanye

Di hari pertama, setelah belajar di modul 9, kita masuk ke modul ke 10. Yakni belajar tentang Google Display.  Di sini dijelaskan banyak tentang perbedaan Google Search Ads dan Google Display. Mulai dari tampilan hingga jenis bisnis yang cocok dengan keduanya. 

Berikut, jenis produk yang cocok menggunakan Google Display:

1. Bisnis yang ingin membangun atau meningkatkan  kesadaran merk / brand awareness.
2. Bisnis yang ingin mendatangkan metrik ke situsnya. 
3. Bisnis yang sedang menjalankan promosi untuk  meningkatkan penjualan. 
4. Bisnis yang memiliki  daya visual yang kuat.


Contoh ukuran format Google Display

Beberapa syarat dan element penting Google Display

Selesai lah emak di hari pertama, di hari kedua emak belajar modul 11 dan modul makanan.  Kali ini emak sangat tertarik dengan Fasilitator Google yang kedua, yakni kak Mollyta Moehtar. Beliau menjelaskan beberapa teknik pengambilan gambar yang bisa menarik minat pembeli. 

Sungguh ilmu itu memang berkembang. Teknik foto yang dulu dipelajari di bangku kuliah pun mengalami banyak perubahan dan nama. Gak salah memang kalo emak belajar kembali untuk meng-upgrade ilmu.

Modul 11 sih yang kita pelajari kebanyakan pengulangan materi hari pertama dan beberapa dasbor.  Kebanyakan juga kita belajar tentang tombol-tombol yang ada di Google Display. 

Belajar sambil bawa bayi

Beberapa foto menu yang menarik dan alasannya

Beberapa channel Google

Overall, keseluruhan acara Gapura Digital by Google ini sarat manfaat buat emak dan juga pebisnis lain. Di akhir setiap sesi modul kita dipersilakan mengirim feedback ke sebuah alamat.
Nah, yang pengen tau modul apa aja yang kita pelajari boleh buka beberapa link berikut. Semoga bermanfaat.  Dan emak pun berencana akan mengikuti kembali semua modul dari yang pertama hingga akhir. Thanks Google. 

bit.ly/moduleGD09
bit.ly/moduleGD10
bit.ly/moduleGD11
bit.ly/modulemakanan





Kak Mollyta Moehtar

Bersama para wanita kece blogger Sumut


61 Comments

  1. Semoga ilmu yang didapat bisa barokah dan bermanfaat ya Kak Icha. Kemaren akutu gak fokus coz anakku lari-larian di ruangan. Untung suami juga ikut, jadi beliau ajadeh yg menyimak materi dengan baik, hehe

    ReplyDelete
  2. Belum ikutan Gapura Digital nya, masih di kelas basic WomenWill. Mudah2an ada kesempatan lagi utk ikut kelas ini. Salut lho aku mbak, bisa bawa bayi ikutan kelas. Terbaikkkk!!!

    ReplyDelete
  3. Selain itu pak marzuki juga adlah ayahnya zulharmin ya cha....
    Kwkwkkwkw

    Gak bisa colek2 di sini ya.. Hihihi

    ReplyDelete
  4. Hihi kak mia, namanya anak-anak.
    Aamiin

    ReplyDelete
  5. Iya Dev, rencana mau ikut womanwill juga.. Masih nyari jadwal yang pas.
    kalo keseringan keluar rumah takut gak dikasih, wkwk

    ReplyDelete
  6. Iya kah kak vivi? Wkwkwk Kupikir Zulharmin cuma kerja doank di situ.. hehehe

    ReplyDelete
  7. Seru dan hepi pasti bisa ikutan acara Gapura Digital by Google yang sarat manfaat khususnya buat pebisnis ini. Alhamdulillah tambah ilmu dan jaringan baru ya Mbak:)

    ReplyDelete
  8. Semoga nanti gapura juga ada di pekanbaru. hiks, baperlah aku gak bisa ikutan dan bisa baca keseruan kalian.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah saya juga dapat banyak ilmu dari acara serupa di Bandung, malah saya daftar jadi Fasilitator, dan keterima. ^_^

    ReplyDelete
  10. Beruntungnya ya mba salah satu peserta di Gapura Google ya, dan Saya sampai saat ini masih maju mundur ingin pasang iklan google ads di blog,ternyata manfaatnya lumayan ya untuk lebih menjangkau luas tulisan kita

    ReplyDelete
  11. waaah. asli aku jadikepingin ikut gapura digital deh! kepingin belajar lebih dalam soal gugel ads

    ReplyDelete
  12. Wah iri lah aku sama mamak-mamak yang satu ini. Semangatnya patut dicontoh. Nice info maaaaaak. Love u

    ReplyDelete
  13. Senangnya bisa ikutan komunitas didukung suami. Dan aku juga jadi lebih tau beriklan yang paling efektif itu dimana, karna aku juga mau memulai usaha juga

    ReplyDelete
  14. Wah, acaranya seru banget mbak. Suka dnegan acara acra begini, bagaimana melakukan branding terhadap sebuah produk, mencari sasaran untuk pasar. Mantaap! Semoga kalau ada Gapura Digiral lagi aku bisa ikutan. Aamiin.

    Satu lagi, salut buat mbak mencari ilmu sambil membawa bayi. Dan salut buat cara yang membolehkan ibu untuk membawa bayi. keren!

    ReplyDelete
  15. Ayo kak dyah, awak doain segera dapet komunitas yang seru di sana ya.. ♡

    ReplyDelete
  16. Wah, keren mas irpan. Semoga makin sukses ya..

    ReplyDelete
  17. Hehe iya mba Zahara.. Ayo semangat

    ReplyDelete
  18. Iya mas Erfano. Acaranya mendukung ibu banget..

    ReplyDelete
  19. Aku belum pernah berkesempatan ikutan acara kyk gini mbak seru dan ilmunya bergizi banget yaaaa.
    Btw aku setuju zaman skrng iklan tu msh memegang peranan penting buat promosiin usaha dll, apalagi zaman digital kyk sekarang ini, kudu belajar manfaatin ads juga yang disediakan oleh Google salah satunya ya :D

    ReplyDelete
  20. Keren acaranya. Apalagi ilmu ya tentang per-google-an. Tapi sayangnya aku belum pernah ikutan acara gede seperti ini. Alasannya mungkin karena tinggal di kota kecil di Jawa Timur. Tapi kalau misal kan ada info dan acara diadakan di kota besar terdekat, Surabaya. Aku sangat tertarik.

    ReplyDelete
  21. Syaang banget aku melewatkan kesempatan emaa untuk belajar soal google search ads ini. pasti bermanfaat banget

    ReplyDelete
  22. ilmu tentang bagaimana dunia google ini memang tidak ada habisnya, terutama periklanan. Tetapi memang sebagain besar iklan bisa menarik konsumen untuk lanjut berbelanja apa yang dijual, karena memang efektif.

    Tapi terlepas dari itu semua, aku belum benar-benar mengerti dengan dunia google karena kian hari algoritmanya selalu update

    ReplyDelete
  23. ilmunya bermanfaat banget kak apalagi buat blogger yang mau monitize blognya lebih profesional, aku mau terapin pelan-pelan dulu aaah

    ReplyDelete
  24. wuah, ada belajar mengenai google adsence ya kak e ? padahal pengen tau ilmu ttggoogl ads ini. tapi monmaap daku salfok ke dedek bayi yang digendong. gemesss masyaAllah.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Iya mas Suga, surabaya termasuk kota besar tempat diadakan gapura digital.

    ReplyDelete
  27. Mas Pring coba cari info deket dari kota besar, biasanya serentak diadakan.

    ReplyDelete
  28. Hehehe mas Ilham, saya juga gak ngerti ttg algoritma itu.. Tapi di sini dipelajari cara membaca trafik dan memperbaiki penjualan bila iklan nya kurang efektif.

    ReplyDelete
  29. Yuk Lance the kita pelajari modul selanjutnya...

    ReplyDelete
  30. Next aq pengen ikutan lagi gapura digital, tapi yang basic dl. Biar runut ilmunya dan memahami perlahan dari yg termudah.
    Yg womenwill juga bagus. Mamak-mamak banget.

    ReplyDelete
  31. Aku juga mau laaaah ikut womanwill tapi pas jadwal sabtu ahad. Tapi Kayaknya bulan 9 enaknya

    ReplyDelete
  32. kak ca, maulah diajarin daftar ke google ads ini.

    ReplyDelete
  33. Waaaahhhh..jd nyesel aku kak gk ikutan acara itu kmrn..😁
    Alnya gk punya bisnis, jadi aku kira ngapain ikut..
    Ternyata ilmunya bagus bgt ya..makasih ya kak udh kasih pencerahan. Lain kali ikutan lah..😁😂

    ReplyDelete
  34. Lance,, Sabtu sama ahad ini ada lagi kelas lanjutan gapura digital.
    Daftar aja di sini bit.ly/daftardigitalmedan

    ReplyDelete
  35. Beberapa kali udah daftar pelatihan Gapura Digital tapi bentrok dengan schedule lain i Jakarta. Semoga aku masih ada kesempatan ya..

    Oia, foto-fotonya kenapa blur Mak?
    Ada beberapa hal yang mau aku tanya soalnya terkait Google Ads...

    ReplyDelete
  36. The power of emak emak kali ya kak. "Usia tidak memberikan batas untuk terus belajar".
    Proud of you kak. Next time, semoga bisa join acara yang bermanfaat ini ya kak. Thanks for sharing modulnya juga

    ReplyDelete
  37. Mas @blogger_eksis coba aja cari jadwal yang pas mas. Fasilitator Google enak kok diajak konsul setelah acara selesai.

    ReplyDelete
  38. Iya syafriana,, Makasih kembali ya ♡

    ReplyDelete
  39. 2 tahun yang lalu saya mengikuti kelas gapura tapi ilmunya belum selengkap ini, semakin keren aja ni Gapura Digital Google jadi mau ikut lagi :)

    ReplyDelete
  40. Yuk Yuk kak iid, barengan kita yuk biar lengkap batch dan modul yang diikuti.

    ReplyDelete
  41. Duduk sebelahan,, emang icha rajin pulak nulis di sele2 itu,, awq cerita2 aja disebelah eh koq sama pemahaman kita ttg ini,, nancep lah ilmunya

    ReplyDelete
  42. Udah lama gak ikutan kegiatannya gapura digital. Alhamdulillah, walau gak datang. Baca tulisannya kakak jadi nambah ilmu tentang adsense juga. Hemm... Makasih sharingnya kak. Next deh pengen ikutan lagi Gacilnya.

    ReplyDelete
  43. Uhuyyyy merasa punya hutang tulisan pas baca ini wkwkwkwk smoga kita ketemu lg ya kak ichaaa

    ReplyDelete
  44. Nii namanya semangat pantang menyerah... Gak ada alasan untk tidak belajar yang namnya ilmu masih ttp kurang dan perlu untuk terus di cari...
    Semoga selalu sukses kk.

    ReplyDelete
  45. Mamak kece dan baby jeniusss 😍😍

    ReplyDelete
  46. Asik banget bisa dapat ilmu yang mantap kak. Bagi bagi dong ilmunya... Alfie pengen belajar juga kak

    ReplyDelete
  47. 3 kak echy, hihi gak rajin2 amat kok kak nulisnya. Ada juga jailnya di grup, wkwkwk

    ReplyDelete
  48. Yuk ah venny kita kopdar grup lagi, rasanya dah lama gak ketemu ya.. ♥

    ReplyDelete
  49. Hihi, elsa...
    nice story yak belajar bareng. Kapan event lain bareng2 lagi, pasti seruu...

    ReplyDelete
  50. Terimakasih bang Henri kunjungan nya...

    ReplyDelete
  51. Aaah una...
    asyik kan semeja kita bertigaan, sambil gossip grup, wkwk

    ReplyDelete
  52. Kak alfiieee kapan lah kita perbaiki ini tampilan blog, hihi.
    Ayok kopdar grup laa

    ReplyDelete
  53. Masya Allah.
    Tetap semangat belajar, kak.
    Usia bukan halangan.

    Semoga ke depannya izin keluar nya dapat lebih banyak lagi y kak

    ReplyDelete
  54. Iya Weni, Alhamdulillah. Semoga kita pun sering ketemu di event2 yang bagus ya..

    ReplyDelete